AAJI Daily News - 30 November 2021


Selasa 30 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Agar Tidak Merugi, Kenali Produk Asuransi Jiwa yang Ada di Indonesia
  2. 2022, Premi Asuransi Jiwa Diproyeksi Tumbuh Double Digit
  3. Allianz Life Indonesia Incar Potensi Pertumbuhan Minat Asuransi di Masa Pandemi
  4. Kinerja ROBOARMS Generali Tembus Lebih dari 40% di atas IHSG
  5. Fitur Unitlink Generali
  6. Berita Foto - Kinerja ROBO ARMS Generali
  7. BCA Life Gandeng Qoala Penuhi Kebutuhan Milenial
  8. Gandeng Bank CTBC Indonesia, Sequis Financial Luncurkan Dua Produk Baru
  9. Gandeng Bank CTBC, Sequis Financial Luncurkan Dua Produk Asuransi Tambahan
  10. Yang Teruji di Masa Sulit
  11. BCA dan AIA Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan
  12. Berita Foto - Aset Investasi Industri Asuransi Jiwa
  13. Aset Sequis Life Membesar
  14. Jasindo Targetkan Jual Beli Saham Tuntas Tahun Ini
  15. Sepanjang Kuartal III 2021, Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58%
  16. Ini Cara Ajukan Pra-Pendaftaran dengan RS bagi Nasabah Asuransi Jiwa
  17. Marak Penolakan Klaim Asuransi Korban COVID-19, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

INDUSTRI & ASURANSI

Agar Tidak Merugi, Kenali Produk Asuransi Jiwa yang Ada di Indonesia

Produk asuransi jiwa kian diminati semenjak pandemi Covid-19 merebak. Hal ini terefleksikan dari pertumbuhan jumlah polis asuransi jiwa nasional. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), hingga kuartal II-2021 jumlah polis asuransi jiwa mencapai 17,78 juta. Angka ini meningkat 1,8 persen secara tahunan (year on year/yoy). Saat ini di Indonesia sudah terdapat berbagai jenis asuransi jiwa dengan manfaat yang berbeda-beda, yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi unit link.  

Kompas.com/29-11-2021

2022, Premi Asuransi Jiwa Diproyeksi Tumbuh Double Digit

Premi industri asuransi jiwa diproyeksi tumbuh double digit pada 2022. Sementara itu, sampai dengan Oktober 2021 asuransi jiwa membukukan pertumbuhan pendapatan premi sebesar 7,89% secara tahunan (yearonyear/yoy) menjadi Rp 150,53 triliun.Ketua Bidang Aktuaria, Produk dan Risk Management Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan menyampaikan, industri asuransi jiwa berpandangan optimistis bahwa situasi akan terus membaik. Terutama pada akhir tahun 2021 sejalan dengan mulai diberikannya vaksin Covid-19 di awal tahun ini.

Investor Daily/30-11-2021

Allianz Life Indonesia Incar Potensi Pertumbuhan Minat Asuransi di Masa Pandemi

Pandemi dinilai telah mengubah gaya hidup masyarakat, menjadi lebih sadar pentingnya kepemilikan produk asuransi jiwa atau kesehatan. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, dengan semakin tingginya minat dan kebutuhan terhadap produk asuransi, Allianz Life berupaya menciptakan produk yang lebih mudah diakses oleh nasabah. Maksimalisasi kanal digital menjadi tidak terhindarkan untuk merealisasikan upaya tersebut.

Kompas.com/29-11-2021

Kinerja ROBOARMS Generali Tembus Lebih dari 40% di atas IHSG

ROBOARMS dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) terus membuktikan kinerja positifnya. Meski kondisi pandemi berlangsung dalam 2 tahun terakhir, polis nasabah dengan ROBOARMS mayoritas menunjukkan kinerja dan tumbuh optimal di atas IHSG. Hingga September 2021, 97% nasabah yang sudah mengaktifkan ROBOARMS, kinerjanya di atas IHSG, bahkan diantaranya mencapai lebih dari 40%..

Infobrand.id/29-11-2021

Fitur Unitlink Generali

ROBOARMS dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) terus membuktikan kinerja positifnya. Meski kondisi pandemi berlangsung dalam 2 tahun terakhir, polis nasabah dengan ROBOARMS mayoritas menunjukkan kinerja dan tumbuh optimal di atas IHSG. Hingga September 2021, 97% nasabah yang sudah mengaktifkan ROBOARMS, kinerjanya di atas IHSG, bahkan diantaranya mencapai lebih dari 40%..

Kontan/30-11-2021

Berita Foto - Kinerja ROBOARMS Generali

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), PT AXA Financial Indonesia (AFI), dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) meluncurkan layanan asisten virtual bernama Emma. Layanan asuransi dan kesehatan digital ini menyediakan kemudahan dalam mengelola polis dan layanan kesehatan kepada lebih dari 1 juta nasabah entitas AXA di Indonesia.

Media Indonesia/30-11-2021

BCA Life Gandeng Qoala Penuhi Kebutuhan Milenial

BCA Life mengembangkan kerja sama pemasaran dengan Qoala, khususnya produk yang dipasarkan lewat jalur pemasaran digital. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa yang menyasar anak-anak muda di Indonesia. Melalui kolaborasi ini diharapkan BCA Life dapat menjadi pilihan yang tepat bagi generasi milenial untuk mendapatkan perlindungan jiwa bagi perencanaan keuangan mereka di masa depan. Produk yang kami tawarkan ini bisa menjadi solusi kenyamanan keuangan para milenial.

Infobrand.id/29-11-2021

Gandeng Bank CTBC Indonesia, Sequis Financial Luncurkan Dua Produk Baru

PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC) meluncurkan dua produk rider atau asuransi tambahan baru, yaitu Q Payor Rider dan Q Hospital Rider. Kedua produk ini dapat dimanfaatkan oleh nasabah Bank CTBC sebagai pelengkap portofolio proteksi dan investasi nasabah.

Bisnis.com/29-11-2021

Gandeng Bank CTBC, Sequis Financial Luncurkan Dua Produk Asuransi Tambahan

PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC) meluncurkan dua produk asuransi tambahan {rider) baru yaitu Q Payor Rider dan Q Hospital Rider. Peluncuran kedua produk itu diyakini dapat memperkuat sinergi dan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan. Peluncuran produk baru bancassurance tersebut dilakukan secara virtual oleh Presiden Direktur Scquis Financial Edisjah dan Presiden Direktur Bank CTBC Indonesia Iwan Satawidinata. Turut menyaksikan Sales Director Scquis Financial Rizal Prajuga dan Retail Banking Executive Director Bank CTBC Indonesia Bambang Simmon Simarno.

Investor Daily/30-11-2021

Yang Teruji di Masa Sulit

Sebanyak 14 perusahaan asuransi jiwa layak mendapat apresiasi dalam "Top 20 Lembaga Keuangan 2021" yang digelar The Finance. Perusahaan-perusahaan itu terbukti mempunyai resilience dan bekerja keras untuk mempertahankan kinerja agar berhasil melewati masa sulit. Di kelompok premi bruto Rp5 triliun ke atas, empat perusahaan berhasil meraih predikat "sangat bagus", yaitu Asuransi Allianz Life Indonesia, Capital Life Indonesia, BRI Life, dan AXA Mandiri Financial Services. Selanjutnya, di kelompok premi bruto Rp1 triliun sampai dengan di bawah Rp5 triliun, lima perusahaan meraih predikat "sangat bagus". Tiga teratas adalah Asuransi Jiwa Taspen, Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, dan Great Eastern Life Indonesia.

Majalah The Finance/29-11-2021

BCA dan AIA Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan AIA dan Putera Sampoerna Foundation melakuan edukasi literasi keuangan bagi tenaga pendidikan. EVP CSR BCA Inge Setiawati, mengatakan guru merupakan ujung tombak yang menjadi jembatan antara pelajar dengan pendidikan di sekolah. Untuk itu kami berinisiatif memberikan edukasi bagi tenaga pendidik, tidak hanya seputar keuangan secara umum, melainkan pengelolaan keuangan untuk rumah tangga.

indonesiaterkini.com/29-11-2021

Berita Foto - Aset Investasi Industri Asuransi Jiwa

Industri asuransi jiwa masih mencatatkan pertumbuhan aset investasi seiring kondisi volatilitas pasar modal yang sudah tidak terlalu tinggi. Per September 2021, aset investasi industri asuransi jiwa tumbuh 10,8% yoy menjadi Rp 494,17 triliun. 

Investor Daily/30-11-2021

Aset Sequis Life Membesar

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 6% secara tahunan di kuartal III kemarin Adapun total nilai aset Sequis Life mencapai Rp 19,03 triliun. Felicia Gunawan Head of Corporate Branding, Marketing Communications Sequis mengatakan bahwa pertumbuhan aset ini merupakan hasil dari strategi perusahaan dalam mengelola dana investasi pada periode ini, yang tumbuh hingga 5,32% menjadi Rp 17,89 triliun

Kontan/30-11-2021

Jasindo Targetkan Jual Beli Saham Tuntas Tahun Ini

Proses jual beli 10% saham PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia yang dikuasai oleh PT Asuransi Jasa Indonesia diproyeksikan tuntas pada akhir tahun ini. Jasindo telah menandatangani kerja sama dengan Indonesia Financial Group atau IFG.EFG nantinya akan menguasai 10% saham Asuransi Inhealth. IFG merupakan hol-ding perusahaan asuransi dan penjaminan milik pemerintah.Jasindo dan IFG telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sales and purchase agreement/ CSPA) tersebut pada 8 November 2021, guna memperkuat posisi holding di pasar asuransi.

Bisnis Indonesia/30-11-2021

Sepanjang Kuartal III 2021, Astra Life Bukukan Pertumbuhan Premi 58%

PT Asuransi Jiwa Astra terus menunjukkan pertumbuhan positif di kuartal III tahun 2021. Kondisi ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi diri yang lebih baik. Pencapaian positif Astra Life di kuartal III tahun 2021 terlihat dari pertumbuhan Gross Written Premium/GWP sebesar 58% dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2020 yaitu Rp4 Triliun dengan total tertanggung mencapai 3,4 juta per September 2021.

cerdasbelanja.grid.id/27-11-2021

Ini Cara Ajukan Pra-Pendaftaran dengan RS bagi Nasabah Asuransi Jiwa

Salah satu proses yang dapat dilakukan nasabah guna memiliki persiapan yang lebih matang sebelum melaksanakan tindakan medis di rumah sakit adalah dengan melakukan pra-pendaftaran dengan rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia dr. Dian Budiani menjelaskan proses pra-pendaftaran membantu nasabah melakukan persiapan yang lebih matang sebelum melakukan tindakan medis di rumah sakit, karena memberikan informasi tentang estimasi biaya yang dijamin perusahaan asuransi.

Detik.com/30-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Marak Penolakan Klaim Asuransi Korban COVID-19, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Dalam dua tahun terakhir banyak orang meninggal karena Covid-19, sehingga mereka yang sebelumnya punya asuransi jiwa mengajukan klaim meninggal ke perusahaan asuransi. Ahli waris dari Hendra Liong yang diketahui meninggal karena Covid 19 pun mengajukan klaim Asuransi ke Panin Dai Chi. Namun, jawaban dari Panin Dai Chi sangat mengejutkan karena berisi alasan bahwa Tertanggung dianggap tidak jujur dan tidak menyebutkan di PPAJ (Pengajuan Polisi Asuransi Jiwa) bahwa sebelumnya di 2019 pernah ada batu ginjal. Dengan alasan dianggap tidak jujur, maka klaim meninggal ditolak oleh Panin Dai Chi.

Era.id/29-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.280.00

IHSG (per 26 November 2021)

6.626,25

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF