AAJI Daily News - 25 Oktober 2021
Senin 25 Oktober 2021
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- Tingkatkan Literasi Keuangan Membantu Pemulihan Ekonomi
- Dorong Literasi dan Inklusi Asuransi, AAJI Selenggarakan Pelatihan, Lomba Penulisan, dan Webinar Keuangan
- Warga Pemilik Asuransi Jiwa Hanya 6,5 Persen
- Baru 6,5% Masyarakat Memiliki Perlindungan Asuransi Jiwa
- BERITA FOTO – Pendapatan Premi
- Investasi SBN Rp 92 Triliun, Asuransi Jiwa Dukung Program Pemerintah
- Investasi SBN Rp 92 Triliun, Asuransi Jiwa Dukung Program Pemerintah
- Produk Asuransi Unit Link Bermasalah Diminta Ditindak
- Dasco Desak Polri Tindak Tegas Asuransi
- Asuransi Unit Link Meresahkan, DPR Desak Polri Dalami Kerugian Rakyat
- Yuk, Pahami Profil Dan Risiko Asuransi "UNIT LINK "
- Pandemi Covid-19 menyebabkan kebutuhan dana bagi nasabah asuransi meningkat
- Klaim Tebus Polis Asuransi Jiwa Masih Terus Meningkat
- Simak Penjelasan Pakar Hukum soal Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Daftar Asuransi
- Stigma Negatif Asuransi, Antara Kurangnya Pemahaman & Penyelewengan
- Lega Anaknya Bisa Jalani Operasi
- ASTRA LIFE Ajak Generasi Muda Siapkan Keuangan Keluarga
- Astra Life Ajak Generasi Sandwich Punya Perencanaan Keuangan Baik
- Ajakan Sandwich Generation Lebih Baik - Astra Life Edukasi Perencanaan Keuangan
- Lindungi Keluarga, Astra Life Ajak Generasi Sandwich Miliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan
- ASTRA LIFE Ajak Sandwich Generation Cerdas Finansial
- Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
- Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
- Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
- Luncurkan Produk Baru, FWD Insurance Gandeng Bank Commonwealth
- FWD INSURANCE Luncurkan Produk Baru
- CIMB is Seeking Better Indonesia Deal with AIA Group. Sun Life
- BERITA FOTO – Aturan Unit-Link Terbit Akhir Tahun
TENTANG AAJI
Tingkatkan Literasi Keuangan Membantu Pemulihan Ekonomi
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia bersama regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) terus menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui berbagai kegiatan yang masif dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon meyakini bahwa kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5 % penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa.
Investor.id/22-10-2021
Dorong Literasi dan Inklusi Asuransi, AAJI Selenggarakan Pelatihan, Lomba Penulisan, dan Webinar Keuangan
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menggelar webinar mengenai strategi pengaturan keuangan di masa pandemi bagi kalangan milenial. Kegiatan ini bagian dari upaya AAJI untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. Acara yang dihadiri Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu ini menghadirkan pembicara Rista Zwestika Reni dan Mindfulness Practicioner Raden Prisya. Menurut Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon, AAJI akan berfokus meningkatkan akses publik terhadap perlindungan asuransi jiwa
Investor.id/22-10-2021
Warga Pemilik Asuransi Jiwa Hanya 6,5 Persen
Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan baru 6,5 persen penduduk Indonesia yang terlindungi asuransi jiwa Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampu-bolon mengatakan, literasi dan inklusi layanan jasa keuangan, khususnya asuransi, perlu terus ditingkatkan agar semakin banyak masyarakat yang dapat memetik manfaat jasa asuransi jiwa
Kompas/23-10-2021
Baru 6,5% Masyarakat Memiliki Perlindungan Asuransi Jiwa
Baru sekitar 6,5 % penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan, dengan perlindungan asuransi yang lebih baik, Budi meyakini proses pemulihan ekonomi saat pandemi akan mampu berjalan lebih stabil-positif. Menurut Budi, AAJI bersama segenap insan asuransi Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi asuransi, khususnya kepada kaum millennial sebagai generasi bangsa selanjutnya.
Youngster.id/23-10-2021
BERITA FOTO – Pendapatan Premi
Berdasarkan data AAJI per semester 1/2021, pendapatan premi produk unit-link industri asuransi jiwa mencapai Rp64,44 triliun atau tumbuh 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusinya mencapai 62 persen terhadap total pendapatan premi industri asuransi jiwa.
Investor Daily/23-10-2021
Investasi SBN Rp 92 Triliun, Asuransi Jiwa Dukung Program Pemerintah
Industri asuransi jiwa lewat penempatan investasinya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah melanjutkan berbagai program pembangunan nasional. Hal itu direalisasikan lewat kontribusi investasi surat berharga negara (SBN) dari industri asuransi jiwa mencapai Rp 92,72 triliun hingga Agustus 2021. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu pun menyampaikan, data asosiasi yang dirangkum dari 60 perusahan anggota menemukan bahwa total investasi pada SBN mengalami peningkatan kontribusi sebesar 0,7% (yoy).
Investor.id/25-10-2021
Investasi SBN Rp 92 Triliun, Asuransi Jiwa Dukung Program Pemerintah
Industri asuransi jiwa lewat penempatan investasinya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah melanjutkan berbagai program pembangunan nasional. Hal itu direalisasikan lewat kontribusi investasi surat berharga negara (SBN) dari industri asuransi jiwa mencapai Rp 92,72 triliun hingga Agustus 2021. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu pun menyampaikan, data asosiasi yang dirangkum dari 60 perusahan anggota menemukan bahwa total investasi pada SBN mengalami peningkatan kontribusi sebesar 0,7% (yoy).
Investor Daily/25-10-2021
INDUSTRI & ASURANSI
Produk Asuransi Unit Link Bermasalah Diminta Ditindak
Wakil Ketua DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad meminta aparat untuk menindak produk asuransi bermasalah. Hal ini setelah ia menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait maraknya kasus kerugian investasi nasabah produk asuransi unit link.
Medcom.id/21-10-2021
Dasco Desak Polri Tindak Tegas Asuransi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menerima keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan masih maraknya kasus kerugian investasi nasabah asuransi yang terhubung dengan produk asuransi (unit link). Belakangan diketahui, yang dianggap asuransi hari tua atau asuransi kesehatan, ternyata bukan asuransi. Tetapi, diinvestasikan. Parahnya lagi, dalam beberapa kasus, penawaran produk asuransi unit link, counter-nya bersebelahan dengan customer service (CS) di dalam sebuah bank. Tak jarang juga, CS bank sendiri yang menawarkan unit link kepada calon nasabah. Jadi, banyak masyarakat yang berasumsi, bahwa produk unit link adalah produk bank.
Banpos.co/22-10-2021
Asuransi Unit Link Meresahkan, DPR Desak Polri Dalami Kerugian Rakyat
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada pihak kepolisian untuk mendalami aduan masyarakat terkait maraknya kasus kerugian investasi nasabah asuransi yang terhubung dengan produk asuransi (Unit Link). Menurutnya, Polri perlu mengambil tindakan karena adanya pihak-pihak yang merasa dirugikan. Dalam praktiknya, penyampaian produk asuransi Unit Link oleh agen marketing asuransi hanya terfokus pada penyampaian ilustrasi hasil investasi yang menggiurkan, sehingga tidak sedikit nasabah yang merasa terkelabui.
Law-justice.co/24-10-2021
Yuk, Pahami Profil Dan Risiko Asuransi "UNIT LINK "
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi unit link, pahami dulu profil dan risiko asuransi berikut ini. Pertama, produk asuransi unit link merupakan jenis produk asuransi untuk memenuhi kebutuhan proteksi dan investasi. Kedua, untuk mendapatkan manfaat proteksi, pemegang polis akan dikenai biaya sesuai dengan jenis proteksi yang dipilih. Ketiga, pemegang polis perlu memahami bahwa investasi memiliki risiko naik dan turun nilainya, bergantung pada jenis investasi yang dipilih. Keempat, pahami hak dan kewajiban konsumen dalam polis asuransi.
Kompas/23-10-2021
Pandemi Covid-19 menyebabkan kebutuhan dana bagi nasabah asuransi meningkat
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hingga semester I-2021 yang lalu, tercatat data klaim asuransi jiwa mengalami peningkatan sebesar 2,5% secara yoy dari Rp 42,29 triliun menjadi Rp 43,35 triliun. BRI Life mencatat pertumbuhan total klaim hingga September 2021 sekitar 25 ribu, atau sekitar 5% dari total polis dan sekitar 10% dari pertambahan polis baru. PT BNI Life Insurance (BNI Life) justru mengalami penurunan klaim . Sampai dengan September 2021 total klaim tercatat lebih dari Rp 830 miliar, mengalami penurunan sebesar lebih dari 3%
Kontan.co.id/23-10-2021
Klaim Tebus Polis Asuransi Jiwa Masih Terus Meningkat
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hingga semester 1-2021 yang lalu, tercatat data klaim surrender asuransi Jiwa mengalami peningkatan sebesar 2.5 persen secara yoy dan Rp 42.29 triliun menjadi Rp 43.35 triliun. BRI Life mencatat pertumbuhan total klaim surrender hingga September 2021 sekitar 25 ribu, atau sekitar 5 persen dari total polis dan sekitar 10 persen dan pertambahan polis baru. Sampai dengan akhir tahun 2021 BRI Life memroyekslkan klaim surrender terus tumbuh meskipun kondisi pandemi memberikan tantangan tersendiri.
Tribun Medan/23-10-2021
Simak Penjelasan Pakar Hukum soal Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Daftar Asuransi
Advokat asal Surakarta, Taufiq Nugroho, menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan masyarakat sebelum mendaftar asuransi. Hal pertama yang harus diperhatikan yakni soal kredibilitas perusahaan asuransi terkait. Hal kedua yaitu berkaitan dengan perjanjian atau kontrak. Taufiq mengatakan, perjanjian asuransi akan berlaku mengikat seperti undang-undang bagi pihak yang bersepakat, baik itu nasabah maupun perusahaan.
Tribunnews.com/22-10-2021
Stigma Negatif Asuransi, Antara Kurangnya Pemahaman & Penyelewengan
CNBC Indonesia melaporkan , terdapat sebuah forum di Facebook dengan nama "Korban Penipuan Asuransi AIA" yang beranggotakan 3.600 akun. Sebagian mengaku kehilangan sejumlah dana pada salah satu perusahaan asuransi. Tirto pun pernah melaporkan cerita beberapa nasabah PT AXA Mandiri yang merasa tertipu sebab mereka kehilangan uang tiap bulan karena didaftarkan untuk asuransi tanpa persetujuan. Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menjelaskan mis-selling terjadi ketika agen asuransi buru-buru ingin menjual produk asuransi untuk mengejar target, sehingga penjelasan yang diberikan tidak menyeluruh.
Tirto.id/23-10-2021
Lega Anaknya Bisa Jalani Operasi
Artis Wanda Hamidah kini bisa bernapas lega setelah semua biaya operasi anaknya akan ditanggung oleh asuransi. Wanda Hamidah mencurahkan isi hatinya melalui posting-an di Instagram Story. Sebelumnya, Wanda sempat mencurahkan kekece- waannya pada sebuah perusahaan asuransi lantaran tidak menanggung penuh semua biaya operasi anaknya. Dia kecewa karena merasa ditipu, padahal ia tetap rutin membayar premi bulanan
Batam Pos/22-10-2021
ASTRA LIFE Ajak Generasi Muda Siapkan Keuangan Keluarga
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menginisiasi kampanye Better-Sandwich Gen Dimulai dari Kamu. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan, melalui kampanye ini, pihaknya ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi sandwich generation yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial. Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan generasi sandwich dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).
Koran Sindo/22-10-2021
Astra Life Ajak Generasi Sandwich Punya Perencanaan Keuangan Baik
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengajak generasi milenial yang masuk dalam sandwich generation untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik dalam mencapai kesiapan finansial. Astra Life menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kamu. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan, melalui kampanye ini, pihaknya ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi sandwich generation yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial.
Bisnis.com/22-10-2021
Ajakan Sandwich Generation Lebih Baik - Astra Life Edukasi Perencanaan Keuangan
PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kamu. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan, melalui kampanye ini, pihaknya ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial. Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan Sandiwch Generation dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) yang dipasarkan melalui jalur distribusi Bank dan Direct Business Astra Life maupun produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional dengan kemudahan layanan digital
Neraca.co.id/22-10-2021
Lindungi Keluarga, Astra Life Ajak Generasi Sandwich Miliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan
Astra Life menginisiasi untuk mengajak generasi sandwich memulai perubahan dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik. Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) Windawati Tjahjadi, pada acara perluncuran kampanye #BetterSandwichGen secara virtual, Kamis (21/10/2021). Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan Sandiwch Generation dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) yang dipasarkan melalui jalur distribusi Bank dan Direct Business Astra Life maupun produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional dengan kemudahan layanan digital
Beritasatu.com/21-10-2021
ASTRA LIFE Ajak Sandwich Generation Cerdas Finansial
Astra Life mengusung kampanye bertajuk #Better-SandwichGen-Dimulai Dari Kamu, sebagai bagian dari program Bulan Inklusi Keuangan 2021. Program tersebut dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama bulan Oktober hingga November 2021. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menyampaikan ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi lebih baik. Terutama dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial.
Investor Daily/22-10-2021
Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
Untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai situasi dan kondisi terkini, Allianz Life Indonesia berinisiatif menyelenggarakan Webinar Kesehatan untuk para pemegang polis asuransi kesehatan kumpulan. Acara webinar bertajuk "Mungkinkah Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19?", menghadirkan Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia sebagai perwakilan manajemen Allianz dan dr. Lula Kamal M.Sc seorang ahli dalam Pemerhati Kesehatan, Public Figure, dan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19.
Industry.co.id/22-10-2021
Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
Untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai situasi dan kondisi terkini, Allianz Life Indonesia berinisiatif menyelenggarakan Webinar Kesehatan untuk para pemegang polis asuransi kesehatan kumpulan. Acara webinar bertajuk "Mungkinkah Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19?", menghadirkan Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia sebagai perwakilan manajemen Allianz dan dr. Lula Kamal M.Sc seorang ahli dalam Pemerhati Kesehatan, Public Figure, dan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19.
Pressrelease.kontan.co.id/22-10-2021
Allianz Indonesia Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru
Untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai situasi dan kondisi terkini, Allianz Life Indonesia berinisiatif menyelenggarakan Webinar Kesehatan untuk para pemegang polis asuransi kesehatan kumpulan. Acara webinar bertajuk "Mungkinkah Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19?", menghadirkan Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia sebagai perwakilan manajemen Allianz dan dr. Lula Kamal M.Sc seorang ahli dalam Pemerhati Kesehatan, Public Figure, dan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19.
Gatra.com/22-10-2021
Luncurkan Produk Baru, FWD Insurance Gandeng Bank Commonwealth
PT FWD Insurance Indonesia mengumumkan kemitraannya dengan Bank Commonwealth. Dengan kemitraan ini, FWD dapat memasarkan produk terbarunya, yaitu FWD Treasure Armor Link melalui jalur distribusi bancassurance Bank Commonwealth. FWD Treasure Armor Link adalah produk asuransi jiwa unit-link unit-link. Produk ini dapat dibeli melalui seluruh kantor cabang Bank Commonwealth di Indonesia.
Marketeers.com/23-10-2021
FWD INSURANCE Luncurkan Produk Baru
PT FWD Insurance Indonesia memperkenalkan produk asuransi jiwa dengan skema investasi atau unit-linked, FWD Treasury Armor Link. Produk itu dipasarkan dengan menggandeng PT Bank Commonwealth. Direktur, Chief of Operations, Product Proposition & Syariah FWD Insurance Ade Bungsu mengatakan bahwa pemasaran produk itu merupakan bagian dari kemitraan distribusi produk asuransi selama 15 tahun dengan Bank Commonwealth.
Bisnis Indonesia/25-10-2021
CIMB is Seeking Better Indonesia Deal with AIA Group. Sun Life
Malaysian lender CIMB Group Holdings Bhd is considering renegotiating terms of its bancassurance partnerships in Indonesia, according to people familiar with the matter, amid increasing interest from insurers seeking to expand in Southeast Asia. CIMB is holding talks with existing insurance partners Hong Kong-based AIA Group Ltd. and Canada’s Sun Life Financial Inc.
Bloomberg.com/21-10-2021
REGULASI & EKONOMI MAKRO
BERITA FOTO – Aturan Unit-Link Terbit Akhir Tahun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan aturan baru mengenai produk Asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau lebih dikenal sebagai unit-link dapat diterbitkan pada akhir tahun ini. Aturan baru ini akan menyempurnakan aturan unit-link sebelumnya yang dibuat oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada 2006.
Bisnis Indonesia/23-10-2021
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.133.00 |
IHSG (per 22 Oktober 2021) |
6.643,74 |
BI Rate |
3,50% |
Sumber Media:
Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com
