AAJI Daily News - 29 November 2021


Senin 29 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Pandemi Tingkatkan Kesadaran Proteksi Diri
  2. Perusahaan Asuransi Perkuat Produk Proteksi
  3. RoboARMS Generali Catat Kinerja Sampai 40% di atas IHSG
  4. RoboARMS Generali Catat Kinerja Sampai 40% Di Atas IHSG
  5. AXA Mandiri & AXA Punya Emma, Platform Asuransi dan Kesehatan Terbaru
  6. AXA Hadirkan Layanan Asisten Virtual Emma Permudah Kelola Polis
  7. FWD Rilis FWD Treasury Untuk Nasabah Commonwealth
  8. FWD Insurance Resmikan Lokasi Baru Kantor Pemasaran di Medan
  9. Asuransi Jiwa BRI ini Cocok untuk Milenial, Premi Mulai Rp 150 Ribu
  10. BRI Life Luncurkan Produk Asuransi Baru Buat Nasabah BBRI. Simak Keunggulannya
  11. In Picture: Peresmian Costumer Center IFG Life
  12. IFG Life Terima Migrasi Polis Jiwasraya
  13. IFG Disuntik Modal Pemerintah Rp20 Triliun
  14. Terobosan IFG Life Gandeng BTN Dan Mandiri Inhealth
  15. Sambut Hari Guru Nasional, BCA-AIA Kolaborasi Gelar Celengan Guru
  16. BCA dan AIA Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan
  17. BCA & AIA Edukasi Literasi Keuangan Bagi Guru
  18. BCA-QOALA Ajak Milenial Berasuransi
  19. Genjot Tingkat Literasi Asuransi, Allianz Indonesia Maksimalkan Kanal Digital
  20. Aset Sequis Life meningkat 6% hingga kuartal ketiga 2021
  21. OJK Keluarkan Sanksi Lagi
  22. Langgar Sejumlah Aturan Perasuransian

INDUSTRI & ASURANSI

Pandemi Tingkatkan Kesadaran Proteksi Diri

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan, hingga semester 1/2021 jumlah tertanggung perorangan sudah mencapai 18,24 juta orang atau tumbuh 7,8% dibandingkan periode yang sama pada 2020. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, peningkatan literasi asuransi dan penetrasi masyarakat adalah salah satu komitmen AAJI dan industri asuransi jiwa yangg akan terus diupayakan untuk mewujudkan peran literasi dan inklusi asuransi jiwa. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkamaen menambahkan, pihaknya terus memperluas jangkauan edukasi mengenai produk dan layanan asuransi kepada masyarakat Indonesia. Termasuk melalui platform digital  

Koran Sindo/29-11-2021

Perusahaan Asuransi Perkuat Produk Proteksi

Menurut Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma, kebutuhan nasabah kini telah berubah dan lebih sadar akan kebutuhan terhadap proteksi. Hal inilah yang mendorong perusahaan untuk beralih fokus menggarap produk asuransi berbasis proteksi ke depan. Sebagai pemain baru di industri asuransi jiwa, anak usaha holding BUMN Asuransi dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) ini secara tegas menyatakan bahwa perseroan akan mengusung produk asuransi jiwa berorientasi proteksi.

Bisnis Indonesia/29-11-2021

RoboARMS Generali Catat Kinerja Sampai 40% di atas IHSG

Fitur pengelolaan unit link PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia), RoboARMS, kembali mencetak kinerja positif. Sebanyak 97% nasabah yang sudah mengaktifkan fitur tersebut di antaranya mencatatkan kinerja lebih dari 40% dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Investor.id/26-11-2021

RoboARMS Generali Catat Kinerja Sampai 40% Di Atas IHSG

Fitur pengelolaan unit link PT Asuransi Jiwa Gencrali Indonesia (Gcner-ali Indonesia), RoboARMS kembali membuktikan kinerja positif. Sebanyak 97% nasabah yang sudah mengaktifkan fitur tersebut di antaranya mencatatkan kinerja lebih dari 40% dari indeks harga saham gabungan (IHSG). CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengungkapkan, pihaknya bahagia melihat dan mendengar langsung nasabah yang benar-benar merasakan manfaat dari RoboARMS.

Investor Daily/27-11-2021

AXA Mandiri & AXA Punya Emma, Platform Asuransi dan Kesehatan Terbaru

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), PT AXA Financial Indonesia (AFI), dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) meluncurkan Emma. Platform layanan asuransi dan kesehatan digital ini menawarkan kemudahan nasabah dalam mengakses dan mengelola polis secara langsung.

Detik.com/26-11-2021

AXA Hadirkan Layanan Asisten Virtual Emma Permudah Kelola Polis

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), PT AXA Financial Indonesia (AFI), dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) meluncurkan layanan asisten virtual bernama Emma. Layanan asuransi dan kesehatan digital ini menyediakan kemudahan dalam mengelola polis dan layanan kesehatan kepada lebih dari 1 juta nasabah entitas AXA di Indonesia.

Bisnis.com/26-11-2021

FWD Rilis FWD Treasury Untuk Nasabah Commonwealth

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), berkolaborasi dengan PT Bank Commonwealth dalam skema bancassurance untuk memasarkan FWD Treasury Armor Link. Produk asuransi jiwa unit link ini menjadi pilihan terbaru bagi nasabah Bank Commonwealth untuk merencanakan kebutuhan perlindungan dan investasi dengan tujuang jangka panjang. Di antara kelebihan produk ini adalah ada manfaat bonus loyalitas (loyalty bonus benefit), dan manfaat bonus investasi (investment bonus benefits).

Majalah Investor/26-11-2021

FWD Insurance Resmikan Lokasi Baru Kantor Pemasaran di Medan

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, meresmikan lokasi baru kantor pemasaran di Medan, Sumatera Utara. Saat ini, FWD Insurance telah memiliki 16 kantor pemasaran di 15 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Merdeka.com/27-11-2021

Asuransi Jiwa BRI ini Cocok untuk Milenial, Premi Mulai Rp 150 Ribu

PT. Asuransi BRI Life resmi menghadirkan Asuransi Jiwa Pelita yang cocok untuk jadi pilihan generasi milenial. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menjelaskan bahwa Asuransi Jiwa Pelita ini memiliki terobosan terbaru yang ditujukan untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan nasabah BRI dalam mempersiapkan masa depannya. Maka dari itu, asuransi jiwa ini cocok untuk generasi milenial dalam mempersiapkan masa depan.

Detik.com/26-11-2021

BRI Life Luncurkan Produk Asuransi Baru Buat Nasabah BBRI. Simak Keunggulannya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) melalui anak usahanya PT Asuransi BRI Life meluncurkan produk bertajuk Asuransi Jiwa Pelita. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menjelaskan bahwa Asuransi Jiwa Pelita merupakan produk asuransi jiwa terobosan terbaru yang ditujukan untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan nasabah BRI, khususnya generasi milenial dalam mempersiapkan masa depannya.

Bisnis.com/26-11-2021

In Picture: Peresmian Costumer Center IFG Life

Direktur Utama IFG Life meresmikan pembukaan Customer Center IFG Life di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (24/11/2021). 

Republika.co.id/26-11-2021

IFG Life Terima Migrasi Polis Jiwasraya

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) siap menerima transfer polis migrasi dari PT Asuransi Jiwasraya. Namun proses migrasi polis masih menunggu persetujuan regulator, sehingga proses migrasi diperkirakan baru akan dimulai pada akhir tahun 2021.

Metrotvnews.com/26-11-2021

IFG Disuntik Modal Pemerintah Rp20 Triliun

Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG), telahmenerima dana dari pemerintah melalui penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai sebesar Rp 20 triliun melalui pengundangan Peraturan Pemerintah (PP) No 102 tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Direktur Utama IFG Robertus Billitea mengatakan penerimaan PMN tunai ini akan dipergunakan sebagai penguatan struktur permodalan anak'usaha yaitu PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Ekonomi Neraca/26-11-2021

Terobosan IFG Life Gandeng BTN Dan Mandiri Inhealth

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menandatangani dua perjanjian kerja sama induk masing-masing dengan PT BankTabungan Negara . (Persero) Tbk dan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia atau Mandiri Inhealth. Kerja sama itu untuk menghadirkan produk asuransi jiwa dan kesehatan yang berfokus kepada proteksi dan kebutuhan nasabah.

Ekonomi Neraca/27-11-2021

Sambut Hari Guru Nasional, BCA-AIA Kolaborasi Gelar Celengan Guru

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bersama dengan AIA dan Putera Sampoerna Foundation mencermati kondisi tersebut dengan memberikan apresiasi bagi pahlawan pendidikan ini melalui webinar literasi keuangan. Phung Magdalena, Direktur Distribusi Kemitraan, PT AIA Financial mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi keuangan masyarakat, terutama literasi tentang asuransi jiwa. Edukasi adalah pilar utama untuk keberlangsungan kehidupan, dalam momentum Hari Guru Nasional 2021 ini, AIA sangat menyambut baik program “Cerdas Kelola Keuangan Guru” bersama BCA

Wartaekonomi.co.id/26-11-2021

BCA dan AIA Edukasi Literasi Keuangan bagi Tenaga Pendidikan

PT Bank Central Asia Tbk ( BCA ) bersama dengan AIA dan Putera Sampoerna Foundation melakuan edukasi literasi keuangan bagi tenaga pendidikan. Direktur Distribusi Kemitraan, PT AIA Financial Phung Magdalena mengatakan AIA berkomitmen meningkatkan literasi keuangan masyarakat, terutama asuransi jiwa. 

Beritasatu.com/28-11-2021

BCA & AIA Edukasi Literasi Keuangan Bagi Guru

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) bersama dengan AIA dan Putera Sampoerna Foundation mencermati kondisi tersebut dengan memberikan apresiasi bagi pahlawan pendidikan ini melalui webinar literasi keuangan. Hari Guru Nasional sendiri ditetapkan sejak tahun 1994 bertepatan dengan hari lahir PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Direktur Distribusi Kemitraan AIA Phung Magdalena mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi keuangan masyarakat, terutama literasi tentang asuransi jiwa.

Radar Bandung/29-11-2021

BCA-QOALA Ajak Milenial Berasuransi

BCA Life bersama Qoala mengajak generasi milenial mulai berasuransi guna mendapatkan perlindungan jiwa sekaligus perencanaan keuangan di masa depan. Produk BCA Life Perlindungan Jiwa yang akan dipasarkan di Qoala, memberikan manfaat uang pertanggungan hingga Rp 500 juta, dengan premi yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 40ribu per bulan. Ditambah lagi manfaat masa bayar 8 tahun untuk mendapatkan perlindungan jiwa 12 tahun, dan manfaat pengembalian premi sebesar 50 persen diakhir tahun ke-12 polis.

Karawang Bekasi Ekspres/26-11-2021

Genjot Tingkat Literasi Asuransi, Allianz Indonesia Maksimalkan Kanal Digital

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menyadari literasi asuransi masih belum merata. Sebab, sosialisasi atau edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait asuransi masih belum dilakukan secara nasional. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen menjelaskan, perusahaan terus fokus melakukan edukasi kepada nasabah dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai segmen dan lapisan masyarakat. Allianz juga memaksimalkan kanal digital untuk memperluas jangkauan edukasi ke masyarakat di berbagai daerah.

Kompas.com/28-11-2021

Aset Sequis Life meningkat 6% hingga kuartal ketiga 2021

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) mencatatkan pertumbuhan total aset 6% secara tahunan di kuartal ketiga 2021. Adapun, total aset Sequis pada akhir September mencapai Rp 19,03 triliun. Felicia Gunawan, Head of Corporate Branding, Marketing Communications Sequis mengatakan bahwa pertumbuhan aset ini merupakan hasil dari strategi perusahaan dalam mengelola dana investasi yang pada periode ini yang juga tumbuh hingga 5,32% dengan nilai Rp 17,89 triliun.

Kontan.co.id/28-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK Keluarkan Sanksi Lagi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjauhkan sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera karena melanggar sejumlah ketentuan di bidang perasuransian. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera melanggar ketentuan mengenai kesehatan keuangan perusahaan asuransi, berupa pemenuhan Jumlah ekuitas minimum dan pemenuhan rasio solvabilitas minimum dana perusahaan.

Tribun Jabar/27-11-2021

Langgar Sejumlah Aturan Perasuransian

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjauhkan sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumipu-tera karena melanggar sejumlah ketentuan di bidang perasuransian. Dalam pengumuman OJK pada 24 November 2021, seperti dikutip Kompas.com pada Jumat (26/11/2021), Asuransi Jiwa Syariah Bumi-putera melanggar ketentuan mengenai kesehatan keuangan perusahaan asuransi, berupa pemenuhan jumlah ekuitas minimum dan pemenuhan rasio solvabilitas minimum dana perusahaan.

Tribun Sumsel/27-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.280.00

IHSG (per 26 November 2021)

6.552,80

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF