AAJI Daily News - 26 Januari 2021


Tanggal terbit (26 / 01 / 2021)

Selasa, 26 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Kinerja Bancassurance Dipacu
  2. BNI Life Bidik Premi Bancassurance Tumbuh 32 Persen Tahun Ini
  3. Outlook Asuransi Syariah 2021
  4. FWD Group Tunggu Izin Masuk BRI Life
  5. FWD Life dan FWD Insurance Resmi Merger
  6. Tuntas Merger, FWD Insurance Lebih Mudah Adaptasi
  7. FWD Tuntaskan Proses Penggabungan
  8. Mudahnya Mempersiapkan Warisan dengan Asuransi Jiwa
  9. Mudahnya Mempersiapkan Warisan dengan Asuransi Jiwa
  10. Jika Dilikuidasi, Dana Nasabah Jiwasraya Berpotensi Dikembalikan 2 Tahun
  11. Asuransi global mulai buat pembatasan, khawatir pandemi berkepanjangan

TENTANG AAJI

Kinerja Bancassurance Dipacu

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai kondisi pandemi belum menunjukkan tanda perbaikan. Perbaikan kinerja bancassurance tetap bertolak pada penanganan pandemi dan kondisi ekonomi. AAJI mencatat bisnis bancassurance tumbuh 4% yoy pada Q3 2020. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan jika kondisi pandemi belum membaik, penjualan melalui kanal bancassurance setidaknya akan berada di posisi sama seperti 2020. Togar menilai salah satu strategi yang dapat dilakukan pemain bancassurance adalah menempatkan produknya di layanan digital perbankan. Togar pun menyarankan agar perusahaan-perusahaan asuransi yang belum menjalin kerja sama bancassurance untuk menggarap kanal pemasaran tersebut.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 26-01-2021

BNI Life Bidik Premi Bancassurance Tumbuh 32 Persen Tahun Ini

PT BNI Life Insurance menyatakan bahwa pandemi virus corona memberikan hambatan cukup signifikan bagi pemasaran asuransi melalui kanal bancassurance. Meskipun begitu, perseroan menargetkan pertumbuhan perolehan premi dari kanal tersebut pada 2021. Direktur Keuangan BNI Life Eben Eser Nainggolan menjabarkan bahwa kanal bancassurance masih menjadi penopang utama bisnis perseroan. Hal itu tercermin dari kontribusi bancassurance yang mencakup 58 persen dari total premi BNI Life pada 2020 yang berkisar Rp4,6 triliun.

Bisnis.com / 25-01-2021

Outlook Asuransi Syariah 2021

Ada empat faktor yang mendorong perkembangan asuransi syariah tahun 2021: Qanun di Aceh yang mewajibkan layanan syariah bagi semua lembaga keuangan, beberapa inisiatif perbankan yang akan melakukan konversi menjadi syariah memberi efek domino, efek domino merger Bank Syariah Indonesia yang memerlukan mitra asuransi berskala besar dan layanan syariah Tapera dan layanan syariah Jamsostek akan memberi efek domino naiknya permintaan asuransi syariah. Sejumlah perusahaan asuransi dituntut bergerak ke jalur digital untuk tetap bertahan di masa pandemi.

Republika.co.id / 25-01-2021

INDUSTRI & ASURANSI

FWD Group Tunggu Izin Masuk BRI Life

FWD Group terus memperluas bisnis asuransi jiwa di Indonesia. Setelah mengakuisisi PT Commonwealth Life lewat PT FWD Insurance Indonesia, FWD Group juga bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di bisnis BRI Life. Pada Juni 2020, FWD dan BRI menandatangani conditional share subscription agreement (CSSA) BRI Life. Sekretaris Perusahaan BRI, Aestika Oryza Gunarto, menyebutkan agenda itu masih menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk perubahan struktur pemegang saham. Total aset BRI Life pada 30 September 2020 mencapai Rp12,03 triliun. Total pendapatan premi sembilan bulan pertama 2020 mencapai Rp4,43 triliun.

Kontan, hal. 10 / 26-01-2021

FWD Life dan FWD Insurance Resmi Merger

Pacu pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi, PT FWD Life Indonesia dan PT FWD Insurance Indonesia telah resmi melakukan merger menjadi PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). “Penggabungan ini memungkinkan pendekatan yang fresh dan didukung teknologi digital serta jaringan luas,” kata Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance. Pencapaian ini juga menandai peluncuran kampanye Everyday Heroes di Indonesia. Pada tahun 2020, FWD Life mengakuisisi dan melakukan rebranding PT Commonwealth Life (PTCL) yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1993.

HE Neraca, hal. 3 / 26-01-2021

Tuntas Merger, FWD Insurance Lebih Mudah Adaptasi

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) dan PT FWD Insurance Indonesia telah menyelesaikan proses penggabungan (merger), selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). Penggabungan dari FWD Life dan FWD Insurance memperkuat fondasi bagi FWD Insurance untuk melanjutkan pengalamannya selama 28 tahun di Indonesia. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan menyampaikan, penggabungan usaha juga turut meleburkan pendekatan yang lebih segar dengan sokongan teknologi informasi. CEO FWD Group Huynh Thanh Phong yang menambahkan bahwa FWD telah membangun brand asuransi yang lebih segar dan dinamis hanya dalam beberapa tahun singkat sejak masuk ke Indonesia.

Investor Daily, hal. 35 / 26-01-2021

FWD Tuntaskan Proses Penggabungan

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) dan PT FWD Insurance Indonesia telah menyelesaikan proses penggabungan (merger), selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance). Pada 2020, FWD Life mengakuisisi dan rebranding PT Commonwealth Life (PTCL). Penggabungan ini merupakan butki keyakinan kami yang kuat terhadap potensi pasar asuransi Indonesia, kata CEO FWD Group Huynh Thanh Phong. Penggabungan dari FWD Life dan FWD Insurance memperkuat fondasi bagi FWD Insurance untuk melanjutkan pengalamannya selama 28 tahun di Indonesia, kata Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan. Pencapaian ini juga menandai peluncuran kampanye Everyday Heroes di Indonesia.

Suara Pembaruan, hal. 7 / 26-01-2021

Mudahnya Mempersiapkan Warisan dengan Asuransi Jiwa

Prudential Indonesia baru saja merilis PRUWarisan. Sebagai asuransi tradisional yang inovatif, PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat. Nasabah yang memiliki PRUWarisan bisa memiliki fleksibilitas masa pembayaran premi mengingat tidak ada kondisi keuangan yang pasti. Kamu bisa membayarkan premi dengan rentang waktu 5, 10, atu 15 tahun. Serta uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun. Manfaat perlindungan dari asuransi jiwa ini sudah dapat dirasakan meski baru membayar premi 1-2 kali.

Fimela.com / 25-01-2021

Mudahnya Mempersiapkan Warisan dengan Asuransi Jiwa

Prudential Indonesia baru saja merilis PRUWarisan. Sebagai asuransi tradisional yang inovatif, PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat. Nasabah yang memiliki PRUWarisan bisa memiliki fleksibilitas masa pembayaran premi mengingat tidak ada kondisi keuangan yang pasti. Kamu bisa membayarkan premi dengan rentang waktu 5, 10, atu 15 tahun. Serta uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun. Manfaat perlindungan dari asuransi jiwa ini sudah dapat dirasakan meski baru membayar premi 1-2 kali.

Yahoo.com / 25-01-2021

Jika Dilikuidasi, Dana Nasabah Jiwasraya Berpotensi Dikembalikan 2 Tahun

Rencana Penyelamatan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) turut mencanangkan pengembalian izin usaha di akhir tahun 2021. Para nasabah yang menolak restrukturisasi akan melalui proses likuidasi, sehingga dana berpotensi dikembalikan dalam waktu dua tahun dan dibayarkan kurang dari 20% dari nilai pokok. Direktur Kepatuhan dan SDM Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso mengungkapkan, pihaknya berharap semua nasabah berkenan mengikuti proses restrukturisasi polis hingga 31 Mei 2021. Sampai saat itu, persentase pemegang polis yang menyetujui atau menolak baru bisa diketahui. Polis hasil restrukturisasi akan mulai ditransfer ke perusahaan baru IFG Life pada Juni 2021.

Investor.id / 25-01-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

Asuransi global mulai buat pembatasan, khawatir pandemi berkepanjangan

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa global mengambil langkah untuk mengekang pembayaran yang berasal dari pandemi Virus Corona, termasuk konsekuensi kesehatan jangka panjang yang belum sepenuhnya dipahami. Prudential Financial Inc dan Aviva PLC, sekarang memberlakukan masa tunggu sebelum pasien COVID-19, termasuk mereka yang telah pulih, dapat mengajukan pertanggungan. Perubahan ini terjadi karena beberapa perusahaan reasuransi meminta perlindungan baru dari perusahaan asuransi jiwa yang mereka hentikan, dan saat industri berupaya memastikan sejauh mana masalah yang disebabkan oleh COVID-19.

Antaranews.com / 25-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.023

IHSG (per 25 Januari 2021)

   6.258,57

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Suara Pembaruan, Bisnis.com, Fimela.com, Antaranews.com, Yahoo.com, Investor.id, Republika.co.id.

 

DOWNLOAD PDF