AAJI Daily News - 8 Desember 2021


Rabu 08 Desember 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Wajib Ada Rekaman Unitlink
  2. Penawaran Produk Unit-Linked Mesti Terdokumentasi
  3. Penjualan Produk Asuransi Diwacanakan Wajib Direkam, Ini Respons AAJI
  4. AIA-CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Saver Protection
  5. AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Produk Investasi Plus Proteksi
  6. Manulife: Pandemi Buat Masyarakat Kian Peduli Kesehatan
  7. Gandeng Standard Chartered, Prudential Indonesia Luncurkan 2 Dana Investasi Baru
  8. Prudential - Standard Charterd luncurkan dana investasi global
  9. Prudential-Standard Chartered Kenalkan 2 Dana Investasi Baru dengan Profil Risiko Sedang dan Tinggi
  10. Avrist Assurance Raih The Best Performance Insurance di BIFA 2021
  11. BRI Insurance memberi perlindungan asuransi gratis untuk agen BRILink
  12. Marak Penipuan hingga Palsukan Tanda Tangan
  13. Kesaksian Korban Jebakan Asuransi: Agen Palsukan Tanda Tangan Hingga Strategi MLM
  14. Marak Kasus Mis-Selling Asuransi, OJK Buka Opsi Wajib Rekam dan Survei Produk
  15. Kisah Para Korban Asuransi Unit Link, Bagaimana Awal Mereka Terpikat?
  16. Respons Pengaduan ke Komisi XI DPR RI, AIA: Nasabah Selalu Menjadi Prioritas Kami
  17. AXA Mandiri Klaim Sudah Berikan Literasi Agar Nasabah Paham Asuransi
  18. Anggota DPR usulkan moratorium layanan asuransi tipe "Unit Link"
  19. Setelah DPR, komunitas korban asuransi unitlink sambangi Bareksrim Polri
  20. Usai Mengadu ke- DPR, Komunitas Korban Asuransi Unitlink Sambangi Bareksrim Polri
  21. Banyak Unit Link Bermasalah, Misbakhun Dorong OJK Lakukan Moratorium
  22. Soal Unit Link, Misbakhun Minta OJK Moratorium Dulu
  23. OJK Perintahkan IJK Kedepankan Prinsip Perlindungan Konsumen
  24. OJK Perketat Aturan Produk Asuransi
  25. OJK Bakal Perketat Aturan Produk Asuransi Unitlink

TENTANG AAJI

Wajib Ada Rekaman Unitlink

Produk unitlink masih acap menimbulkan polemik. Utamanya menyangkut penjualan produk yang tidak sesuai saat penawaran atau kerap disebut miselling. Itulah sebabnya, alat bukti rekam menjadi bagian rencana Otoritas Jasa Keuangan sebagai kewajiban perusahaan asuransi agar mempermudah penyelesaian polemik. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Freddy Thamrin menyebut rencana tersebut bisa efektif untuk menyelesaikan kasus pengaduan yang sering terjadi.

Kontan /08-12-2021

Penawaran Produk Unit-Linked Mesti Terdokumentasi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyambut baik rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mewajibkan perusahaan asuransi melakukan perekaman saat menawarkan produk asuransi, termasuk produk unit-linked. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin menilai rencana tersebut cukup efektif untuk diterapkan guna memitigasi terjadinya potensi sengketa antara nasabah dengan perusahaan asuransi atas produk asuransi yang dibeli.i

Bisnis Indonesia /07-12-2021

Penjualan Produk Asuransi Diwacanakan Wajib Direkam, Ini Respons AAJI

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyambut baik rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mewajibkan perusahaan asuransi melakukan perekaman saat menawarkan produk asuransi, termasuk produk unit-link. Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen AAJI Freddy Thamrin menilai rencana tersebut cukup efektif untuk diterapkan guna memitigasi terjadinya potensi sengketa antara nasabah dengan perusahaan asuransi atas produk asuransi yang dibeli.

Solopos.com /07-12-2021

INDUSTRI & ASURANSI

AIA-CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Saver Protection

AIA dan CIMB Niaga resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection. Dengan premi yang singkat yakni tiga tahun, Fortuna Saver Protection menawarkan manfaat proteksi hingga 20 tahun dengan manfaat proteksi jiwa 5-10 kali dari premi dasar. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pendapatan premi dari produk unitlink meningkat sebanyak 17 persen pada semester pertama tahun ini, yang sekaligus menunjukkan minat besar masyarakat terhadap lini produk tersebut.

Investor.id /07-12-2021

AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Produk Investasi Plus Proteksi

PT AIA FINANCIAL (AIA) bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection. Produk asuransi unit-link berbasis mata uang dolar Amerika Serikat (USD) ini membantu nasabah menyiapkan proteksi dan rencana keuangan jangka panjang.

Republika.co.id/07-12-2021

Manulife: Pandemi Buat Masyarakat Kian Peduli Kesehatan

Head of Product Management PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Richard Sondakh, mengatakan situasi pandemi Covid-19 membuat masyarakat kian peduli terhadap kesehatan. Ia mengungkapkan, produk asuransi kesehatan Manulife Indonesia di kuartal ketiga 2021 tercatat bertumbuh sebesar 19 persen dari seluruh kanal distribusi dibanding tahun 2020. Komitmen industri asuransi memberikan proteksi terhadap nasabahnya bisa dilihat dari realisasi pembayaran klaim. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI) mencatat, sejak Maret 2020 hingga Juni 2021 total klaim Covid-19 yang dibayarkan industri asuransi sebesar Rp 3,74 triliun.

Republika.co.id /08-12-2021

Gandeng Standard Chartered, Prudential Indonesia Luncurkan 2 Dana Investasi Baru

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi dengan Standard Chartered Bank Indonesia (Standard Chartered) meluncurkan dua dana investasi campuran dalam mata uang rupiah dan dolar AS yaitu PRULink Rupiah Global Managed Income Fund dan PRULink US Dollar Global Managed Income Fund. Kedua dana investasi ini sesuai bagi nasabah dengan profil risiko sedang-tinggi dan memiliki preferensi alokasi dana investasi di luar negeri dengan potensi tambahan nilai investasi bulanan.

Kompas.com /07-12-2021

Prudential - Standard Charterd luncurkan dana investasi global

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi dengan Standard Chartered Bank Indonesia (Standard Chartered) meluncurkan dua dana investasi campuran dalam mata uang rupiah dan dolar AS yaitu PRULink Rupiah Global Managed Income Fund dan PRULink US Dollar Global Managed Income Fund.

Antaranews.com /07-12-2021

Prudential-Standard Chartered Kenalkan 2 Dana Investasi Baru dengan Profil Risiko Sedang dan Tinggi

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Standard Chartered Bank Indonesia (Standard Chartered) merilis meluncurkan dua dana investasi campuran dalam mata uang rupiah dan dolar AS. Produk investasi ini diberi nama PRULink Rupiah Global Managed Income Fund dan PRULink US Dollar Global Managed Income Fund dan menyasar nasabah dengan profil risiko sedang-tinggi.

Tribunnews.com /07-12-2021

Avrist Assurance Raih The Best Performance Insurance di BIFA 2021

Avrist Assurance meraih penghargaan The Best Performance Insurance untuk kategori asuransi jiwa dengan total aset antara Rp8 triliun - Rp25 triliun. Penghargaan itu diberikan dalam ajang Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2021 yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa (7/12/2021).

Bisnis.com /07-12-2021

BRI Insurance memberi perlindungan asuransi gratis untuk agen BRILink

PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) memberikan perlindungan asuransi mikro kerusakan tempat usaha dan asuransi mikro rumahku kepada 1.000 agen BRILink seluruh Indonesia yang bersinergi bersama BRI. Ini merupakan langkah BRI Insurance untuk memberikan perlindungan asuransi mikro kepada pelaku UMKM seluruh Indonesia lewat inisiasi kampanye "Jagain Teman Usaha Mikro".

Kontan.co.id /07-12-2021

Marak Penipuan hingga Palsukan Tanda Tangan

Nasabah Asuransi yang tergabung dalam Komunitas Korban Asuransi ini mengeluhkan praktik pemasaran yang sengaja mengarah kepada mis-selling dan mencurangi calon nasabah. Melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR, Komunitas Asuransi Unitlink yang berasal dari sejumlah perusahaan asuransi mengatakan agar permasalahan dan jeritan dari korban asuransi unitlink ini tak hanya sekadar didengar oleh para wakil rakyat yang ada di DPR. DPR dan OJK diminta untuk membenahi dan merespons keluhan masyarakat yang telah menjadi korban kejahatan asuransi unitlink.

Solo Post /07-12-2021

Kesaksian Korban Jebakan Asuransi: Agen Palsukan Tanda Tangan Hingga Strategi MLM

Komunitas Korban Asuransi Unit-Link mengadu ke Komisi XI DPR terkait dugaan penipuan dari para agen asuransi dikaitkan investasi (paydi) alias unit-link di Gedung Nusantara I DPR, Senin (6/12/2021)

Suara.com /07-12-2021

Marak Kasus Mis-Selling Asuransi, OJK Buka Opsi Wajib Rekam dan Survei Produk

Tidak jarang nasabah asuransi menjadi korban terkait mis-selling penjualan produk asuransi unitlink. Banyak kasus nasabah asuransi unitlink mengeluhkan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Menanggapi permasalahan tersebut, Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan edukasi mengenai produk memang tidak hanya perlu bagi konsumen namun juga agen pemasar.

Bisnis.com /07-12-2021

Kisah Para Korban Asuransi Unit Link, Bagaimana Awal Mereka Terpikat?

Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati (46) mengatakan kedatangannya ke DPR guna mengungkap bobrok penyelenggaraan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-link. Komunitas yang merupakan pemegang polis unit-link dari AXA Mandiri, AIA, dan Prudential ini mengungkap beberapa masalah yang kerap terjadi di lapangan, terutama soal misselling dari para agen, yang dinilai sudah mengarah kepada menjebak dan menipu nasabah. Anggota Dewan Komisioner sekaligus Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan pihaknya telah melakukan kajian terhadap unit link yang merupakan produk asuransi dikaitkan dengan investasi.

Katadata.co.id /07-12-2021

Respons Pengaduan ke Komisi XI DPR RI, AIA: Nasabah Selalu Menjadi Prioritas Kami

Merespons pengaduan ke lembaga legislatif dari Nasabah Unitlink, Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum, Kepatuhan dan Risiko PT AIA Financial mengatkakan, AIA menyambut baik adanya diskusi dua arah dan siap mendukung penuh seluruh pihak termasuk regulator dan pemerintah untuk terus meningkatkan pemahaman masyarakat dan kepuasan nasabah terhadap produk dan layanan asuransi jiwa, khususnya unit link.

Theiconomics.com /07-12-2021

AXA Mandiri Klaim Sudah Berikan Literasi Agar Nasabah Paham Asuransi

PT AXA Mandiri Financial Services memiliki komitmen customer first, sehingga tiap insan di perusahaan punya tanggung jawab untuk melakukan literasi keuangan. Sebagai pelaksanaan dari POJK tersebut, maka AXA Mandiri pun secara berkelanjutan memberikan edukasi mengenai asuransi untuk berkontribusi dalam membantu meningkatkan angka literasi asuransi dengan cara-cara inovatif.

Tribunnews.com /07-12-2021

Anggota DPR usulkan moratorium layanan asuransi tipe "Unit Link"

Anggota Komisi XI DPR RI Vera Febyanthy mengusulkan kepada pemerintah agar melakukan moratorium layanan produk asuransi dengan tipe Unit Link karena layanan tersebut dinilai sudah banyak meresahkan banyak anggota masyarakat tersebut.

Antaranews.com /07-12-2021

Setelah DPR, komunitas korban asuransi unitlink sambangi Bareksrim Polri

Komunitas Korban Asuransi Unitlink AIA, Axa Mandiri dan Prundential  menyambangi markas Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri di Jakarta, Selasa (7/12).  Maria Trihartati, koordinator korban Asuransi Unitlink Indonesia, menjelaskan kedatangannya bersama sejumlah rekannya ini untuk memenuhi panggilan dari pihak Bareskrim.  

Kontan.co.id /07-12-2021

Usai Mengadu ke- DPR, Komunitas Korban Asuransi Unitlink Sambangi Bareksrim Polri

Komunitas Korban Asuransi Unitlink AIA, Axa Mandiri dan Prundential sebagai perwakilan korban yang berasal dari seluruh Indonesia itu menyambangi markas Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri di Jakarta, Selasa (7/12). Maria Trihartati, koordinator korban Asuransi Unitlink Indonesia, menjelaskan kedatangannya bersama sejumlah rekannya ini untuk memenuhi panggilan dari pihak Bareskrim.

Akuratnews.com /07-12-2021

Banyak Unit Link Bermasalah, Misbakhun Dorong OJK Lakukan Moratorium

Merespons banyaknya pengaduan korban produk unit link, Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera memberlakukan penghentian sementara atau moratorium atas penjualan produk asuransi unit link. Menurut Misbakhun, permintaan panja di Komisi XI DPR tersebut akan membuka opsi-opsi tentang boleh atau tidaknya perusahaan asuransi menjual produk unit link di masa depan.

Investor.id /07-12-2021

Soal Unit Link, Misbakhun Minta OJK Moratorium Dulu

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun, mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penghentian sementara, terhadap produk asuransi unit link. Mengingat kata dia, banyak yang mengeluhkan, termasuk melapor ke DPR. Lebih lanjut dijelaskannya, panja di Komisi XI DPR tersebut akan membuka opsi-opsi tentang boleh atau tidaknya produk unit link di masa depan..

Viva.co.id /07-12-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK Perintahkan IJK Kedepankan Prinsip Perlindungan Konsumen

Otoritas Jasa Keuangan memerintahkan lembaga jasa keuangan untuk mengedepankan prinsip perlindungan konsumen dalam perencanaan, pemasaran dan pemanfaatan produk sektor jasa keuangan. Setiap produk keuangan memiliki karakteristik risiko yang harus dipahami oleh konsumen dan harus dijelaskan oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) dengan baik. Dalam asuransi unit link, risiko investasi berada pada pemegang polis sesuai dengan jenis dana investasi yang dipilih. Sehingga konsumen wajib membaca dan memahami kontrak serta melakukan konfirmasi kepada PUJK jika ada hal belum dipahaminya.

Media Indonesia /08-12-2021

OJK Perketat Aturan Produk Asuransi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengeluarkan aturan baru terkait produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI), salah satunya adalah unit link. Aturan baru ini akan memperketat proses penjualan produk hingga pelaporan kinerja produk kepada nasabahnya. Anggota Dewan Komisioner sekaligus Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan targetnya aturan tersebut akan diterbitkan pada Desember 2021 ini. Dalam aturan ini, OJK menitikberatkan pada transparansi dalam penjualan unit link, termasuk masa setelah penjualannya.

Tribun Jabar /08-12-2021

 

OJK Bakal Perketat Aturan Produk Asuransi Unitlink

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengeluarkan aturan baru terkait produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI), salah satunya adalah unit link. Aturan baru ini akan memperketat proses penjualan produk hingga pelaporan kinerja produk kepada nasabahnya. Anggota Dewan Komisioner sekaligus Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan targetnya aturan tersebut akan diterbitkan pada Desember 2021 ini. Dalam aturan ini, OJK menitikberatkan pada transparansi dalam penjualan unit link, termasuk masa setelah penjualannya.

Kompas.com /07-12-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.441.00

IHSG (per 26 November 2021)

6.618,57

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF