AAJI Daily News - 16 Maret 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 16 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1.  Kanal Bancassurance Tetap Melaju
  2. [Foto] Perolehan Premi Asuransi Kesehatan
  3. Alhamdulillah Kami Bisa Tinggal di Rumah Lagi
  4. Jaksa Kasasi Jiwasraya
  5. Peran Strategis Komisaris Mencegah Pidana Korporasi
  6. Prudential Dukung Pembentukan Lembaga Penjamin Polis
  7. [Foto] Kinerja Allianz Life Indonesia
  8. OJK Panggil Manajemen Bumiputera, Serikat Pekerja, dan Nasabah Besok! Ada Apa?
  9. 75 Persen Nasabah Saving Plan Jiwasraya Setuju Restrukturisasi Polis ke IFG Life
  10. Nasib Pengembalian Polis Nasabah Kresna Life Masih Suram
  11. Prudential Indonesia Dukung Lembaga Penjamin Polis Segera Didirikan
  12. Kresna Life Lepas dari PKPU, Polis Nasabah Belum Dibayar
  13. Penyelesaian kasus Khresna Life menunggu putusan kasasi
  14. PRURide Indonesia Kembali Hadir sebagai Sportsfest Virtual Terbesar
  15. Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk

TENTANG AAJI

Kanal Bancassurance Tetap Melaju

Upaya peningkatan kinerja industri asuransi jiwa pada tahun ini dinilai perlu dilakukan melalui optimalisasi kanal pemasaran andalan. Berkaca dari kinerja tahun lalu, bancassurance menjadi satu-satunya kanal yang meraup pertumbuhan premi. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa sepanjang 2020, keagenan dan kanal pemasaran alternatif mengalami perlambatan kinerja. Kanal agensi dan kanal alternatif mengalami penurunan masing-masing 32,1 persen dan 26,45 persen. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan menjelaskan pembatasan sosial berskala besar memengaruhi perolehan premi industri.

Bisnis Indonesia / 16-03-2021 Hal. 15

[Foto] Perolehan Premi Asuransi Kesehatan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat selama tahun 2020 perolehan premi asuransi kesehatan individu mencapai Rp1,11 triliun, naik 21,98% dalam basis year-on-year.

Kontan / 16-03-2021 Hal. 10

Alhamdulillah Kami Bisa Tinggal di Rumah Lagi

MEDIA Group Peduli terus melanjutkan pembangunan huntara atau perbaikan rumah korban terdampak gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Pembangunan yang dilakukan saat ini merupakan donasi dari BenihBaik.com bersama AAJI. Hingga kini, Media Group Peduli turut membantu upaya pemulihan korban gempa di Sulawesi Barat. Upaya pemulihan melalui pembangunan hunian sementara atau perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa, telah memasuki tahap ke empat.

Mediaindonesia.com / 15-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Jaksa Kasasi Jiwasraya

Kejaksaan Agung mengajukan kasasi atas vonis banding yang ditetapkan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap enam terdakwa kasus Jiwasraya. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, upaya hukum kasasi dilakukan jaksa penuntut umum terhadap enam terdakwa yaitu Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, Heru Hidayat, Syahmirwan, Joko Hartono Tirto, dan Benny Tjokrosaputro.

Kontan / 16-03-2021 Hal. 10

Peran Strategis Komisaris Mencegah Pidana Korporasi

Tindakan korporasi tidak semulus yang diharapkan karena ruang pidana kerap mengancam akibat perbuatan hukum kurang profesional dijalankan komisaris sebagai lembaga pengawas yang sangat strategis secara hukum. Sedikitnya dua peran komisaris yang dijalankan supaya korporasi terhindar dari tindakan menyimpang. Pertama, tindakan hukum berupa persetujuan encana kerja. Kedua, tindakan hukum menelaah laportan tahunan.

Investor Daily / 16-03-2021 Hal. 5

Prudential Dukung Pembentukan Lembaga Penjamin Polis

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berharap Lembaga Penjamin Polis segera didirikan. Perseroan juga sepakat peran LPP nantinya lebih pada menjamin produk asuransi tradisional. "Prudential Indonesia berharap agar Lembaga Penjamin Pemegang Polis (LPPP) dapat segera didirikan dan kami siap untuk sepenuhnya mendukung implementasi LPPP," kata President Director Prudential Indonesia Jens Reisch. Menurut Jens, pendirian lembaga penjamin polis merupakan upaya pemerintah untuk memberikan jaminan bagi nasabah asuransi apabila terjadi gagal bayar atas manfaat asuransi oleh perusahaan asuransi. Selain itu, jaminan polis bisa melindungi kesalahan pengelolaan investasi yang dapat mempengaruhi likuiditas dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pemegang polis.

Investor Daily / 16-03-2021 Hal. 23

[Foto] Kinerja Allianz Life Indonesia

Allianz Indonesia saat ini mengelola aset di 62 jenis fund dengan strategi yang tepat sepanjang 2020. Tiga fund paling banyak dipilih nasabah adalah Smartlink Equity Fund dengan dana kelolaan Rp10,26 triliun, Smart Link Balanced Fund dengan dana kelolaan Rp2,08 triliun, dan Smartlink Fixed Income Fund dengan dana kelolaan Rp1,82 triliun.

Media Indonesia / 16-03-2021 Hal. 11

OJK Panggil Manajemen Bumiputera, Serikat Pekerja, dan Nasabah Besok! Ada Apa?

OJK memanggil serikat pekerja dan perwakilan pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 untuk berdialog dengan manajemen perseroan. Otoritas akan memanggil empat pihak dan memfasilitasi pertemuan mereka dengan manajemen Bumiputera pada Selasa (16/3). Kepala Departemen Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Moch. Muchlasin menjelaskan bahwa pihaknya telah mengirimkan dua surat kepada manajemen Bumiputera yang berisi permintaan untuk menghadirkan pihak terkait dan pemegang polis dalam penyelesaian masalah perseroan.

Bisnis.com / 15-03-2021

75 Persen Nasabah Saving Plan Jiwasraya Setuju Restrukturisasi Polis ke IFG Life

Menurut Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya Bidang Komunikasi dan Hukum R. Mahelan Prabantarikso, hingga Jumat (12/3) terdapat 75,51 persen nasabah bancassurance yang telah menyetujui skema restrukturisasi polis. Berdasarkan catatan Bisnis, hingga Januari 2021 terdapat total 17.459 nasabah saving plan di Jiwasraya. Artinya, sekitar 13.183 di antaranya telah menyetujui restrukturisasi polis ke IFG Life. Perkembangan jumlah nasabah yang menyetujui restrukturisasi itu dinilai cukup signifikan, khususnya di segmen nasabah saving plan yang mencatatkan nilai kewajiban tinggi dan nasabah korporasi yang jumlah tertanggungnya banyak.

Bisnis.com / 15-03-2021

Nasib Pengembalian Polis Nasabah Kresna Life Masih Suram

Kasus gagal bayar pada Asuransi Jiwa Kresna hingga pertengahan Maret 2021 ini belum menemukan titik terang. Nasabah menyebut belum ada perkembangan untuk pembayaran polis ini. Kuasa Hukum nasabah korban gagal bayar Kresna Life Alvin Lim mengungkapkan memang proses ini belum ada kelanjutan untuk penyelesaiannya. Alvin mengungkapkan memang status PKPU ini sejak dulu tak pernah menguntungkan pemegang polis dan hanya menguntungkan debitur. Menurut Alvin, pemerintah juga harus turun tangan untuk membereskan gagal bayar Kresna Life ini.

Detik.com / 15-03-2021

Prudential Indonesia Dukung Lembaga Penjamin Polis Segera Didirikan

PT Prudential Life Assurance  berharap Lembaga Penjamin Polis segera didirikan. Perseroan juga sepakat peran LPP nantinya lebih pada menjamin produk asuransi tradisional. Menurut President Director Prudential Indonesia Jens Reisch, pendirian lembaga penjamin polis merupakan upaya pemerintah untuk memberikan jaminan bagi nasabah asuransi apabila terjadi gagal bayar atas manfaat asuransi oleh perusahaan asuransi. Selain itu, jaminan polis bisa melindungi kesalahan pengelolaan investasi yang dapat mempengaruhi likuiditas dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pemegang polis.

Investor.id / 15-03-2021

Kresna Life Lepas dari PKPU, Polis Nasabah Belum Dibayar

PT Asuransi Jiwa Kresna atau yang dikenal Kresna Life telah lepas dari status homologasi PKPU pada Februari lalu. Namun, hingga kini nasabah belum juga mendapatkan pembayaran atas polisnya.  Alvin Lim, Kuasa hukum nasabah Kresna Life, mengatakan belum ada satu pun polis yang dibayarkan Kresna Life. Alvin mengatakan status PKPU tidak pernah menguntungkan pemegang polis melainkan debitur. PKPU hanya berfungsi untuk menunda pembayaran polis yang menjadi kewajiban Kresna Life.

Katadata.co.id / 15-03-2021

Penyelesaian kasus Khresna Life menunggu putusan kasasi

Dilansir dari laman resmi Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, perkara PKPU Kresna Life telah menghasilkan putusan perdamaian tertanggal 10 Februari 2021. Ketua Tim Penyelesaian Polis Kresna Life, Supriyadi mengatakan bahwa saat ini proses perdamaian dengan kreditur sudah disahkan. Ia bilang bahwa Kresna akan menjalankan isi perjanjian perdamaian yang berisi skema pembayaran dan tahapan penyelesaian. Hanya saja, Supriyadi mengatakan bahwa proses menjalankan rencana masih tertunda dikarenakan beberapa kreditur melakukan upaya kasasi.

Kontan.co.id / 14-03-2021

PRURide Indonesia Kembali Hadir sebagai Sportsfest Virtual Terbesar

PT Prudential Life Assurance akan kembali menyelenggarakan PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride, pada 1-17 Agustus 2021 mendatang. Penyelenggaraan acara ini, sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Ini PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride akan mengusung konsep sportsfest virtual dan menjadi festival olahraga terbesar virtual pertama Prudential Indonesia dengan menghadirkan berbagai pilihan olahraga favorit selain bersepeda sebagai agenda utamanya.

Mediaasuransinews.co.id / 15-03-2021

Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk

Pemerintah harus segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP) menyusul kasus beruntun asuransi jiwa bermasalah yang telah mendegradasi kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi. Terlebih lagi, pembentukan LPP merupakan amanat Undang-Undang Perasuransian No 40 Tahun 2014 yang semestinya sudah harus terwujud pada 2017. Kalangan DPR, pelaku industri asuransi jiwa, dan pengamat mendukung segera dibentuknya LPP. Namun mereka juga mengingatkan agar lembaga ini jangan sampai menimbulkan moral hazard.

Investor.id / 15-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.403

IHSG (per 15 Maret 2021)

   6.324,26

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Bisnis.com, Detik.com, Investor.id, Katadata.co.id, Kontan.co.id, Mediaasuransinews.co.id, Mediaindonesia.com.

DOWNLOAD PDF