AAJI Daily News - 15 Oktober 2021


Jumat 15 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.  Nasabah Diminta Pahami Produk Sebelum Pilih Asuransi Jiwa
  2. Wanda Hamidah Minta Jokowi Lindungi dari Kebrutalan Asuransi
  3. Wanda Hamidah Cerita Alasannya Buka Masalah dengan Prudential ke Publik
  4. Wanda Hamidah Ketemu Manajemen Prudential: Agak Terlambat
  5. OJK Buka Pintu Bagi Wanda Hamidah Laporkan Resmi Kasusnya dengan Prudential
  6. Berkaca dari Kasus Wanda Hamidah, Ini Tips Sebelum Beli Asuransi
  7.      Mengenal Pre-Existing Condition, yang Bisa Bikin Klaim Asuransi Kesehatan Dibatalkan
  8.      Nasabah Asuransi Perlu Pahami Pre-Existing Condition
  9. Polis Asuransi Jiwa Meningkat Pesat Selama Pandemi
  10. Solusi Proteksi Kesehatan Dari Cigna
  11. Cigna Hadirkan Solusi Proteksi Kesehatan Keluarga
  12. Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik Pasca PPKM
  13.  Kado Love Life, Inovasi Produk Digital Astra Life
  14.  Astra Life Hadirkan Asli Flexi Life Protection
  15. Tok! Wanaartha Menang, Blokir Rekening Rp 2,4 T Bisa Dibuka
  16.  Asuransi Wanaartha Menang Gugatan Keberatan Sita Rekening Rp 2,4 T di Kasus Jiwasraya
  17.  4 Tahun Berjalan, OVO Terus Perluas Layanan Keuangan
  18.  Kejar Komisi, Sales Asuransi Palsukan Tanda Tangan Nasabah
  19.  Jasa asuransi akan dikenakan PPN, ini efeknya terhadap premi asuransi
  20. Insurance Agents Fret Over Planned 2 Percent VAT
  21. Pajak Asuransi Bisa Dongkrak Harga Produk

TENTANG AAJI

Nasabah Diminta Pahami Produk Sebelum Pilih Asuransi Jiwa

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu meminta nasabah untuk memahami opsi produk sebelum memilih asuransi jiwa secara tepat. Ia turut mengatakan produk yang akan dipilih harus disesuaikan pula dengan kebutuhan, apabila produk asuransi menawarkan nilai investasi, pahamilah selalu bahwa investasi yang menawarkan imbal balik tinggi juga memiliki risiko. Beberapa produk asuransi juga harus dibandingkan sebelum membuat keputusan

Ekonomi Neraca/13-10-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Wanda Hamidah Minta Jokowi Lindungi dari Kebrutalan Asuransi

Artis dan politikus Wanda Hamidah meminta Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) untuk melindungi masyarakat dari kebrutalan asuransi. Sebelumnya, Wanda merasa tertipu oleh Prudential Indonesia. Perasaan itu muncul terkait klaim yang ia ajukan ke layanan perusahaan asuransi yang berbasis di Inggris tersebut. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali menyatakan bahwa pihaknya telah menghubungi Wanda pada Minggu (10/10) untuk memberikan penjelasan atas keluhan manfaat polis yang dimilikinya.

Cnnindonesia.com/14-10-2021

Wanda Hamidah Cerita Alasannya Buka Masalah dengan Prudential ke Publik

Aktris Wanda Hamidah telah membuka masalah dugaan penipuan yang merasa dialaminya dengan layanan asuransi kesehatan Prudential. Menurut Wanda, masalah itu diungkapannya ke publik karena sejumlah upaya klaim yang dilakukan bersama sang agen Prudential tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali menyebut pihaknya sudah menghubungi langsung Wanda pada hari yang sama saat keluhan disampaikan di media sosial. Hasilnya, Prudential menyebut pencairan klaim sudah sesuai aturan.

Tempo.co/14-10-2021

Wanda Hamidah Ketemu Manajemen Prudential: Agak Terlambat

Politikus Wanda Hamidah akhirnya bertemu dengan manajemen Prudential Indonesia usai komplain yang dilancarkannya viral di media sosial. Wanda menilai pertemuan itu agak terlambat. Menurut Wanda, manajemen Prudential berjanji untuk meninjau ulang kasus klaim asuransi yang jadi keluhannya.

Cnnindonesia.com/14-10-2021

OJK Buka Pintu Bagi Wanda Hamidah Laporkan Resmi Kasusnya dengan Prudential

Otoritas Jasa Keuangan membuka pintu bagi aktris senior Wanda Hamidah melaporkan kasusnya dengan Prudential secara resmi kepada otoritas. Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengatakan, lembaganya terus mengikuti perkembangan kasus Wanda Hamidah dengan Prudential. Harapannya, persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik sesuai koridor ketentuan yang ada.

Tempo.co/15-10-2021

Berkaca dari Kasus Wanda Hamidah, Ini Tips Sebelum Beli Asuransi

Keluhan Wanda Hamidah di media sosial terkait asuransi membuat dunia asuransi gonjang ganjing. Wanda merasa dibohongi oleh perusahaan asuransi tempat dia membeli produk. Ada beberapa tips supaya tidak terjadi mis-selling dalam penjualan ini. Pengamat asuransi yang juga akademisi di Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) Kapler Marpaung mengungkapkan tak cuma calon pemegang polis yang harus memahami dengan seksama. Perusahaan juga harus mengedukasi dengan detil dan sejelas-jelasnya kepada calon nasabahnya.

Detik.com/15-10-2021

Mengenal Pre-Existing Condition, yang Bisa Bikin Klaim Asuransi Kesehatan Dibatalkan

Belakangan ramai Wanda Hamidah yang protes soal klaim asuransi kesehatan yang tidak sesuai harapan. Ia mengaku kecewa karena manfaat pertanggunan yang didapatkan tidak sesuai yang dijanjikan. Setelah mencoba merekonstruksi kronologi cerita yang terbangun dalam akun di media sosial tadi, pemilik akun dalam kolom komentar itu menyimpulkan bahwa apa yang dialami nasabah adalah terjadinya klausul pre-existing condition dalam asuransi, yang memang bisa berujung pada pembatalan perjanjian dan klaim dari perusahaan asuransi.

Suara.com/14-10-2021

Nasabah Asuransi Perlu Pahami Pre-Existing Condition

Baru-baru ini beredar viral cerita selebritas tanah air, yang mencurahkan rasa kecewanya terhadap sebuah perusahaan asuransi di akun media sosial miliknya. Setelah mencoba merekonstruksi kronologi cerita yang terbangun dalam akun di media sosial tadi, pemilik akun dalam kolom komentar menyimpulkan, apa yang dialami nasabah adalah terjadinya klausul pre-existing condition dalam asuransi, yang memang bisa berujung pada pembatalan perjanjian dan klaim dari perusahaan asuransi.

Beritasatu.com/15-10-2021

Polis Asuransi Jiwa Meningkat Pesat Selama Pandemi

Perusahaan asuransi swasta Cigna Indonesia memberi proteksi kesehatan keluarga yang melalui produk Cigna Medlcal Pro (CMP) dengan cara pembayaran nontunal (cashless). Presldent Dlrector & CEO Cigna Indonesia Phll Reynolds mengatakan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan bisnis asuransi pihaknya menghadirkan produk yang beragam dan sesuai kebutuhan konsumen.

Tribun Kaltim/14-10-2021

Solusi Proteksi Kesehatan Dari Cigna

Cigna Indonesia menawarkan solusi proteksi kesehatan keluarga yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat tersebut yakni Cigna Medical Pro(CMP). President Director&CEO Cigna Indonesia, Phil Reynolds mengatakan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan bisnis asuransi dan penguasaan pangsa pasar asuransi, Cigna terus berinovasi menghadirkan produkyang beragam dan sesuai kebutuhan konsumen.

Sumut Pos/14-10-2021

Cigna Hadirkan Solusi Proteksi Kesehatan Keluarga

Cigna Indonesia menawarkan solusi proteksi kesehatan keluarga vang dapat menjawab kebutuhan masyarakat tersebut yakni Cigna Medical Pro (CMP) dengan cara pembayaran nontunai (cashless). President Director & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds di Jakarta, Rabu (13/10) mengatakan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan bisnis asuransi dan penguasaan pangsa pasar asuransi, Cigna terus berinovasi menghadirkan produk yang beragam dan sesuai kebutuhan konsumen.

Waspada/14-10-2021

Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik Pasca PPKM

Di tengah pandemi, masyarakat harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain agar tidak terpapar Covid-19. Kebutuhan itu telah dipenuhi industry asuransi dengan mengggunakan layanan digital. Melalui Cigna Medical Pro (CMP) yang bisa menggunakan pembayaran nontunai (cashless)."Konsumen dapat memilih manfaat penggantian biaya perawatan menurut kebutuhannya, dengan pembayaran cashless sesuai tagihan dari rumah sakit

Balikpapan Post/14-10-2021

ASTRA LIFE BAYAR RP 74 MILIAR UNTUK KLAIM TERKAIT COVID-19

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) tercatat mulai dari Februari 2020 hingga Juli 2021, Astra Life telah membayarkan klaim terkait Covid-19 sebesar lebih dari Rp 74 Miliar. Klaim ini terdiri dari klaim rawat inap sebesar sebesar Rp 15,9 Miliar dan klaim kematian sebesar Rp 58,1 Miliar. 

Balikpapan Post/14-10-2021

Kado Love Life, Inovasi Produk Digital Astra Life

Kado Love Life, inovasi produk perlindungan jiwa digital persembahan dari PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life). Bila asuransi jiwa pada umumnya hanya bisa diberikan kepada keluarga inti atau sesuai prinsip insurable interest, Kado Love Life dapat diberikan kepada siapa saja. Dengan proses yang mudah semudah belanja online melalui platform e-commerce Astra Life di ilovelife.co.id

Investor.id/14-10-2021

Astra Life Hadirkan Asli Flexi Life Protection

PT ASURANSI JIWA ASTRA (ASTRA LIFE) menghadirkan ASLI Flexi Life Protection. Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life menjelaskan, produk ASLI Flexi Life Protection mengedepankan fleksibilitas dalam mengatur manfaat asuransi sesuai dengan perubahan gaya hidup maupun kebutuhan nasabah disetiap tahap kehidupan. Produk yang dipasarkan melalui jalur distribusi Direct Channel ini dapat memberikan manfaat perlindungan jiwa maksimal hingga Rp5 Miliar

Bisnistoday.com/14-10-2021

Tok! Wanaartha Menang, Blokir Rekening Rp 2,4 T Bisa Dibuka

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat mengabulkan permohonan keberatan terkait pemblokiran rekening efek milik nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, atau Wanaartha Life senilai Rp 2,4 triliun. Perwakilan nasabah Wanaartha, Stephanie, kepada menuturkan, rekening efek nasabah tak berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi Asuransi Jiwasraya.

Cnbcindonesia.com/14-10-2021

Asuransi Wanaartha Menang Gugatan Keberatan Sita Rekening Rp 2,4 T di Kasus Jiwasraya

Nasabah pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha) mungkin kini bisa sedikit merasa lega. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (11/10) kemarin, mengabulkan permohonan keberatan Wanaartha atas perkara pemblokiran rekening perusahaan nomor 15Pid.Sus-TPK/Keberatan/2020/PN.Jkt.Pst dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya).

Insight.kontan.co.id/14-10-2021

4 Tahun Berjalan, OVO Terus Perluas Layanan Keuangan

Selama 4 tahun perjalanannya, kehadiran transformasi pembayaran digital OVO menjadi penghubung bagi beragam layanan keuangan yang komprehensif dan multi bidang, baik transaksi online maupun offline. OVO hadir dengan OVO | Proteksi, dimana OVO meluncurkan produk PRUTect Care - Hospital Cash, produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Prudential Indonesia 

Waspada.co.id/14-10-2021

Kejar Komisi, Sales Asuransi Palsukan Tanda Tangan Nasabah

Bryan Malvin beberapa kali menawarkan promo asuransi Prudential kepada Ong Siauw Jong pada 2019. Namun, Ongyang menjadi nasabah asuransi itu sejak dua tahun sebelumnya menolak. Bryan kemudian nekat memalsukan tanda tangan nasabahnya tersebut untuk diikutkan promo. Jaksa penuntut umum Lujeng Andayani dalam dakwaannya menjelaskan, Ong awalnya menjadi nasabah asuransi Prudential setelah ditawari produk asuransi PRULink Assurance Account oleh terdakwa Bryan.

Radar Bromo/14-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Jasa asuransi akan dikenakan PPN, ini efeknya terhadap premi asuransi

Undang-Undang (UU) tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) menimbulkan keresahan di industri asuransi.. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila juga mengungkapkan, memang pengenaan pajak ini akan menurunkan take home pay para agen, sehingga jika tidak disikapi dengan baik, akan berdampak pada peningkatan premi. Saat ini kami bersama dengan asosiasi AAJI sedang mengupayakan agar hal ini dapat ditinjau kembali, untuk mengurangi beban usaha dan beban masyarakat

Kontan.co.id/14-10-2021

Insurance Agents Fret Over Planned 2 Percent VAT

The Indonesian Insurance Agents Association (PAAI) has voiced its opposition to the government’s plan to impose a 2 percent value-added tax (VAT) on insurance agent services after years of fighting for a lower rate. PAAI founder Wong Sandy Surya told Kontan on Tuesday that the association rejected the plan in part because agents were subject to income tax. In a letter sent to the Taxation Directorate General, the association had lobbied for a VAT rate of no more than 1 percent.

Jakarta Post/15-10-2021

Pajak Asuransi Bisa Dongkrak Harga Produk

Rencana pemungutan pajak terhadap bisnis jasa asuransi yang akan kena pajak pertambahan nilai (PPN) minimal 5% bisa juga berdampak ke konsumen langsung. Meski belum ada hitungan resmi, rencana pengenaan PPN tersebut bisa membuat biaya premi ke konsumen naik. Direktur Utama BRI Life, Iwan Pasila juga mengungkapkan bahwa, memang pengenaan pajak ini akan menurunkan take home pay para agen, sehingga jika tidak disikapi dengan baik, akan berdampak pada penurunan premi.

Kontan/15-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.115.00

IHSG (per 14 Oktober 2021)

6.626,11

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF