AAJI Daily News - 10 Februari 2021


Tanggal terbit (10 / 02 / 2021)

 

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 10 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. Harapan Baru Industri Asuransi
  2. Pemerintah Injeksi BPUI untuk Atasi Masalah Polis Jiwasraya
  3. Restrukturisasi Jiwasraya Masih Berjalan
  4. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Berlanjut, Begini Updatenya
  5. Sudah 109.091 Nasabah Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi
  6. 52 Persen Pemegang Polis Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi
  7. Suntik Modal, Sri Mulyani Paparkan Penyelesaian Jiwasraya
  8. Kantor AJB Bumiputera Bakal Diduduki Usai Dana Nasabah Rp10 T Belum Dibayar
  9. Tertarik Beli Asuransi Unit-Link? Pahami Dulu Hal-Hal Ini!
  10. Minim Literasi Asuransi Picu Kesalahpahaman
  11. 52% Pemegang Polis Korporasi Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi

TENTANG AAJI

Harapan Baru Industri Asuransi

Industri asuransi di Tanah Air diyakini terus tumbuh di masa mendatang kendati menghadapi tantangan tidak mudah di masa pendemi. Sentimen positif juga diharapkan muncul setelah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengkonsolidasikan perusahaan asuransi milik negara ke dalam sebuah payung besar berupa holding perasuransian dan penjaminan. Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Hastanto Sri Margi Widodo mengatakan pihaknya meyakini bahwa marwah industri asuransi dalam mengelola risiko atau liabilitas dengan aset yang ada akan menjadi kunci. Optimisme bakal kembali moncernya bisnis asuransi disampaikan Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu. Dia mengungkapkan, industri asuransi di dalam negeri tetap akan berkembang termasuk asuransi jiwa. Beberapa indikator yang mendukung perkembangan industri asuransi jiwa antara lain, membaiknya kondisi ekonomi nasional ditopang program pemulihan ekonomi nasional dan membaiknya pasar modal

sindonews.com / 09-02-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Pemerintah Injeksi BPUI untuk Atasi Masalah Polis Jiwasraya

Pemerintah mengalokasikan anggaran penyertaan modal negara (PMN) ke PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia atau BPUI senilai Rp20 triliun. Alokasi ini akan digunakan pemerintah untuk pelunasan polis nasabah Jiwasraya melalui Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan bernama Indonesia Financial Group (IFG), dengan proses polis dilakukan oleh anak usahanya, IFG Life. Menkeu Sri Mulyani mengatakan proses restrukturisasi polis nasabah Jiwasraya melalui IFG life merupakan upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk asuransi perusahaan BUMN.

Investor Daily, hal. 23 / 10-02-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Masih Berjalan

Sampai dengan 8 Februari 2021, sekitar 52% atau 109.901 nasabah korporasi mengikuti program restrukturisasi Asuransi Jiwasraya. Ada sekitar 25% atau 4.350 nasabah dari kanal bancassurance. Nasabah ritel yang bersedia mengikuti program tersebut mencapai 10% atau 23.848 nasabah. Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya bidang Komunikasi dan Hukum, R. Mahelan Prabantarikso mengatakan adanya peningkatan jumlah nasabah yang mengikuti restrukturisasi karena upaya sosialisasi yang dilakukan tim internal dan pengertian dari nasabah.

Kontan, hal. 10 / 10-02-2021

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Berlanjut, Begini Updatenya

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat, hingga 8 Februari 2020 sudah 52% atau 109.091 pemegang polis korporasi menyetujui proses restrukturisasi polis yang ditawarkan perusahaan. Sedangkan dari pemegang polis Bancassurance, sebanyak 25% atau 4.350 peserta telah bergabung dalam proses tersebut. Sedangkan untuk pemegang polis ritel tercatat sebanyak 10% atau setara dengan 23.848 peserta sejak pertama kali disosialisasikan pada pertengahan Januari 2021.

Cnbcindonesia.com / 09-02-2021

Sudah 109.091 Nasabah Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat terdapat sekitar 52% atau 109.091 peserta dari kategori pemegang polis korporasi yang mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya hingga periode 8 Februari 2021. Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya bidang Komunikasi dan Hukum, R. Mahelan Prabantarikso mengatakan, adanya peningkatan jumlah pemegang polis yang mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya tak lepas dari masifnya upaya sosialisasi yang dilakukan tim internal dan pengertian dari pemegang polis mengenai tujuan restrukturisasi polis Jiwasraya.

Detik.com / 09-02-2021

52 Persen Pemegang Polis Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi

Tim Percepatan Restruksturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat terdapat sekitar 52 persen atau 109.091 peserta dari kategori pemegang polis Korporasi yang mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya hingga periode 8 Februari 2021. Sementara itu, pada periode yang sama juga telah terdapat sekitar 25 persen atau 4.350 perserta dari pemegang polis kategori Bancasassurance yang mengikuti program penyelamatan polis ini. Sedangkan untuk peserta dari pemegang polis kategori ritel yang telah bersedia mengikuti program restrukturisasi polis Jiwasraya, jumlahnya telah mencapai 10 persen atau 23.848 peserta sejak pertama kali disosialisasikan pada pertengahan Januari 2021.

Liputan6.com / 09-02-2021

Suntik Modal, Sri Mulyani Paparkan Penyelesaian Jiwasraya

Pemerintah melalui Kemenkeu mengalokasikan anggaran maksimal Rp 20 triliun untuk disuntik ke PT BPUI (Persero) dalam bentuk PMN. Injeksi ini merupakan langkah pemerintah untuk menyelesaikan masalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Modal sebesar Rp 20 triliun itu diharapkan dapat membuat IFG Life dalam kondisi ‘sehat’ saat menjalankan kegiatan usaha asuransi jiwa dan memenuhi ketentuan OJK untuk menjaga risk based capital (RBC) 120 persen. Sri menuturkan, penyelamatan Jiwasraya melalui suntikan modal ke IFG Life melalui BPUI juga bagian dari upaya pemerintah untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap asuransi BUMN.

Republika.co.id / 09-02-2021

Kantor AJB Bumiputera Bakal Diduduki Usai Dana Nasabah Rp10 T Belum Dibayar

Perwakilan 3,9 juta pemilik polis mengancam akan menduduki kantor AJB Bumiputera , setelah sedikitnya Rp10 trilun dana nasabah belum terbayarkan. Nasabah kasus sengkarut AJB Bumiputera 1912 juga bersiap melakukan aksi demo ke kantor OJK sebagai regulator asuransi. Rencana aksi akan dilakukan hari Kamis tanggal 11 Februari 2021. Nantinya akan dilakukan orasi meminta pertanggungjawaban OJK dan menagih klaim ke AJB Bumiputera 1912. Koordinator Nasabah Korban Bumiputera Nasional, Erwin Nasution menambahkan, pihaknya sudah mengajukan izin ke Polda untuk melakukan aksi dengan jumlah peserta demo sebanyak 50 orang. Jumlah tersebut sudah dibatasi mengikuti syarat PPKM.

Sindonews.com / 09-02-2021

Tertarik Beli Asuransi Unit-Link? Pahami Dulu Hal-Hal Ini!

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menekankan pentingnya memberikan pemahaman produk asuransi jiwa unit link secara utuh kepada nasabah, demi mencegah potensi kesalahpahaman. Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, menjelaskan terkadang masyarakat masih kerap belum bisa membedakan produk asuransi unit link dan saving plan. Perlu dipahami bahwa alokasi dana unit link tidak sepenuhnya dialokasikan pada investasi semata dan imbal hasilnya pun tidak dihitung dari keseluruhan premi yang dibayarkan. Produk unit link biasanya memiliki nilai rendah dalam investasinya karena memang tujuannya adalah untuk investasi jangka panjang.

bisnis.com / 09-02-2021

Minim Literasi Asuransi Picu Kesalahpahaman

Financial Coach Philip Mulyana menyampaikan, literasi asuransi yang belum maksimal menjadi salah satu pemicu kesalahpahaman masyarakat terhadap cara kerja asuransi jiwa unit link. Umumnya, masyarakat membeli produk asuransi jiwa unit link karena tertarik dengan sisi investasi dan potensi imbal hasilnya. Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi menjelaskan, perlu diketahui bahwa unit link bukanlah produk saving plan. Unit link pada dasarnya menawarkan dua manfaat, yakni perlindungan dan investasi. Philip menambahkan, unit link adalah produk perlindungan yang dilengkapi manfaat investasi dengan beragam alokasi dana investasi, yang dapat dipilih sesuai profil risiko.

investor.id / 09-02-2021

52% Pemegang Polis Korporasi Jiwasraya Ikut Program Restrukturisasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat penambahan jumlah peserta pemegang polis yang bersedia mengikuti program restrukturisasi. Per 8 Februari 2021, sebanyak 52 persen atau sekitar 109.091 peserta dari kategori pemegang polis korporasi bersedia mengikuti program tersebut. Lalu sebanyak 25 persen atau sekitar 4.350 peserta dari pemegang polis kategori bancassurance dan 23.848 peserta dari kategori ritel mengikuti program penyelamatan polis. "Tentu saja capaian ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk bisa lebih masif serta maksimal melakukan sosialisasi dan melayani para pemegang polis," kata Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya bidang Komunikasi dan Hukum, R. Mahelan Prabantarikso.

medcom.id / 09-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.025

IHSG (per 09 Februari 2021)

   6.181,67

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, Republika, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Detik.com, Liputan6.com, Republika.co.id, Medcom.id, Sindonews.com.

DOWNLOAD PDF