AAJI Daily News - 23 April 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Jumat 23 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Ramai Komplain Nasabah, Urgensi Memahami Profil dan Risiko Asuransi Unit Link
  2. OJK Bakal Batasi Pemasaran dan Investasi Unitlink
  3. AIA Dukung Penuh OJK Lindungi Nasabah
  4. Upaya OJK Tindak Tegas Agen Asuransi Nakal Perlu Didukung
  5. Asuransi AIA Keluarkan Triliunan Pastikan Tenaga Pemasar Profesional
  6. Prudential Sebut Aplikasi Pulse Telah Diunduh 6,6 Juta
  7. Aplikasi Pulse diunduh lebih dari 6,6 juta kali sejak Februari 2020
  8. Nasabah Ngeluh Rugi, Begini Tanggapan Bos Prudential Indonesia
  9. Kasus Jiwasraya, KY Akui Terima Laporan Dugaan Hakim Tidak Profesional
  10. Restrukturisasi Jiwasraya Harus Rampung Sesuai Target
  11. OJK akan Awasi Proses Restrukturisasi Jiwasraya
  12. Manjakan Nasabah Milenial, BCA Life Tambah Produk dan Fitur Baru
  13. Terpopuler Bisnis: Prudential Soal Keluhan Nasabah hingga Pabrik Kaca Terbesar
  14. 2,8 Juta Nasabah Tutup Polis Asuransi Unit Link, Ada Apa Ini?

TENTANG AAJI

Ramai Komplain Nasabah, Urgensi Memahami Profil dan Risiko Asuransi Unit Link

Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot melalui keterangan resminya menyarankan konsumen agar memilih asuransi unit link yang terdaftar dan diawasi OJK. Kemudian, konsumen juga memahami kebutuhan dan kemampuan dalam memilih produk asuransi unit link.  Kemudian, konsumen harus menggunakan agen pemasaran bersertifikat khusus dari AAJI atau pialang asuransi. Perlu diingat, asuransi bukan multi-level marketing (MLM) dan nasabah bukan agen pemasaran. Sehingga, konsumen harus waspada iming-iming komisi besar.

Hukumonline.com /22-04-2021

OJK Bakal Batasi Pemasaran dan Investasi Unitlink

OJK bakal membatasi pemasaran dan investasi produk asuransi unitlink. Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah mengatakan, kebijakan aturan untuk investasi produk unitlink ini sedang digodok dan diharapkan bisa selesai pada kuartal II/2021. Lebih lanjut Ahmad menjelaskan produk investasi unitlink memiliki 2 komponen dalam preminya yaitu asuransi dan investasi. Hal ini pula, menurut dia, yang menjadi penyebab produk ini kian digemari masyarakat.

Kompas.com /22-04-2021

INDUSTRI & ASURANSI

AIA Dukung Penuh OJK Lindungi Nasabah

AIA mendukung penuh dan siap bekerja sama dengan OJK untuk melindungi nasabah dan menindak tegas tenaga pemasar asuransi yang melanggar kode etik. Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming mengatakan tenaga pemasar AIA memiliki sertifikasi AAJI dan telah mengikuti proses pelatihan. Meski demikian, pihaknya tidak menoleransi tenaga pemasar asuransi yang melanggar kode etik market conduct. Senada dengan OJK, dia mengatakan perussahaan mengedepankan perlindungan nasabah dan memastikan tenaga pemasarnya bekerja sesuai ketentuan

Cnbcindonesia.com / 22-04-2021

Upaya OJK Tindak Tegas Agen Asuransi Nakal Perlu Didukung

Upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindak tegas tenaga pemasar asuransi yang melanggar kode etik perusahaan dalam menawarkan produk asuransi unit link kepada masyarakat perlu didukung. Chief Marketing Officer AIA Financial Lim Chet Ming mendukung upaya OJK menindak tegas agen asuransi nakal tersebut. Seluruh tenaga pemasar AIA tercatat memiliki sertifikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan telah mengikuti proses pelatihan internal serta pelatihan berkelanjutan.

Sindonews.com /22-04-2021

Asuransi AIA Keluarkan Triliunan Pastikan Tenaga Pemasar Profesional

PT AIA Financial menegaskan komitmennya mendukung langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menindak tegas tenaga pemasar asuransi yang melanggar kode etik perusahaan. Khususnya dalam menjalankan tugas menawarkan produk asuransi kepada masyarakat. AIA telah mengeluarkan anggaran Rp1 triliun pada tahun lalu dalam program AIA Premier Academy. Program itu untuk peningkatan dan kapabilitas para tenaga pemasar asuransi AIA.

Viva.co.id /22-04-2021

Prudential Sebut Aplikasi Pulse Telah Diunduh 6,6 Juta

Aplikasi Pulse produk inovasi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang diluncurkan pada Februari 2020 telah diunduh lebih dari 6,6 juta kali dan dimanfaatkan pengguna untuk mencegah penyakit agar tetap sehat serta menunda penyakit semakin memburuk melalui fitur-fiturnya. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan sejumlah fitur dalam aplikasi Pulse untuk menjaga kesehatan tersebut. Pada 2020, tambah Jens, Prudential Indonesia telah meluncurkan 60 produk dan solusi perlindungan,termasuk di antaranya produk baru dan juga peningkatan dari produk sebelumnya.

HE Neraca, hal. 5 /23-04-2021

Aplikasi Pulse diunduh lebih dari 6,6 juta kali sejak Februari 2020

Aplikasi Pulse produk inovasi PT Prudential Life Assurance yang diluncurkan pada Februari 2020 telah diunduh lebih dari 6,6 juta kali dan dimanfaatkan pengguna untuk mencegah penyakit agar tetap sehat serta menunda penyakit semakin memburuk melalui fitur-fiturnya. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan sejumlah fitur dalam aplikasi Pulse untuk menjaga kesehatan tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga paket berlangganan yang memberikan akses bagi pengguna untuk bisa mengelola kesehatan secara menyeluruh.

Antaranews.com /22-04-2021

Nasabah Ngeluh Rugi, Begini Tanggapan Bos Prudential Indonesia

Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reinsch memastikan perseroan akan menyelesaikan berbagai keluhan yang masuk, khususnya yang ramai belakangan ini, yaitu terkait dengan produk unit-linked. Menurut dia, selama ini misi utama perseroan adalah untuk memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, anjuran dan edukasi untuk nasabah menjadi prioritas utama perseroan. Meskipun demikian, dia mengakui bahwa upaya memuaskan pelanggan tidak mudah karena ada produk-produk yang kompleks, seperti investasi dan asuransi.

Bisnis.com /22-04-2021

Kasus Jiwasraya, KY Akui Terima Laporan Dugaan Hakim Tidak Profesional

KY mengakui menerima laporan dari tim kuasa hukum terdakwa kasus korupsi PT. Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro. Pelaporan itu terkait dugaan ketidakprofesionalan majelis hakim dalam menangani perkara korupsi Jiwasraya. Selain melaporkan ke KY, tim kuasa hukum Benny Tjokrosaputro juga melaporkan majelis hakim yang mengadili perkara korupsi Asuransi Jiwasraya ke Dewas MA. Pelaporan itu, karena dinilai hakim tidak profesional dalam menangani perkara sehingga Benny Tjokrosaputro dijatuhkan hukuman penjara seumur hidup.

Jawapos.com /22-04-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Harus Rampung Sesuai Target

DPR-RI mendukung penuh program restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) agar dapat segera diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan. Pasalnya, program ini dinilai dapat menjadi solusi yang paling realistis, dibandingkan opsi likuidasi yang dampaknya akan menambah kerugian peserta asuransi Jiwasraya dan negara. Sebagaimana diketahui, restrukturisasi Jiwasraya merupakan solusi yang disepakati pemerintah bersama DPR, OJK, hingga sejumlah pemangku kebijakan lain, dalam rangka menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya.

Republika.co.id /22-04-2021

OJK akan Awasi Proses Restrukturisasi Jiwasraya

OJK akan mengawasi proses restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Adapun pengawasan ini dilakukan agar perusahaan asuransi tersebut tidak mengulang kesalahan yang pernah terjadi. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2A OJK Ahmad Nasrullah mengatakan permasalahan yang menimpa perusahaan asuransi tersebut karena adanya unsur fraud. Jika sudah ada unsur tersebut maka perusahaan akan kolaps dan izinnya akan dicabut.

Republika.co.id /22-04-2021

Manjakan Nasabah Milenial, BCA Life Tambah Produk dan Fitur Baru

BCA Life menghadirkan website mylifeguard.id versi baru dengan beragam fitur tambahan. Plus tampilan yang unik nan segar yang memudahkan generasi milenial dalam memilih perlindungan yang cocok. Bersamaan dengan penyegaran tampilan, mylifeguard.id juga meluncurkan dua tambahan produk baru untuk memenuhi kebutuhan para milenial, yaitu BCA Life Pelindung Jiwa, asuransi jiwa berjangka dengan masa bayar fleksibel dan BCA Life Pelindung Kecelakaan, asuransi kecelakaan juga dengan masa pembayaran yang sangat fleksibel.

Sindonews.com /22-04-2021

Terpopuler Bisnis: Prudential Soal Keluhan Nasabah hingga Pabrik Kaca Terbesar

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Rabu, 21 April 2021, dimulai dari Presiden Direktur Prudential Indonesia Jens Reinsch menanggapi soal keluhan nasabah hingga Presiden Jokowi menyebut pabrik kaca yang mungkin menjadi terbesar se-Asia Tenggara di Batang. Adapula berita tentang OJK merespons somasi nasabah yang tidak punya kartu kredit dan berita soal perusahaan yang bayar THR lebih awal.

Tempo.co /22-04-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

2,8 Juta Nasabah Tutup Polis Asuransi Unit Link, Ada Apa Ini?

Sektor asuransi menjadi salah satu yang terdampak berat akibat pandemi Covid-19. Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK, Ahmad Nasrullah mengatakan jumlah tertanggung PAYDI, karena kondisi Covid-19 pada 2020 menurun drastis. Biasanya rata-rata tahun ada sekitar 7 juta pemegang polis, namun pada 2020 turun menjadi hanya 4,2 juta, atau berkurang 2,8 juta. Selain itu total premi unit link mencapai 50% yaitu Rp 100 triliun premi PAYDI dibandingkan dengan premi secara nasional yang jumlahnya Rp 200 triliun.

Cnbcindonesia.com /22-04-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.520

IHSG (per 22 April 2021)

   5.994,18

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Antaranews.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Hukumonline.com, Jawapos.com,  Kompas.com, Republika.co.id, Sindonews.com, Viva.co.id, Tempo.co

DOWNLOAD PDF