AAJI Daily News - 16 Agustus 2021


Jum’at 16 Agustus 2021                                                                                                                                                    

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. BERITA FOTO – Ekuitas Industri asuransi Jiwa
  2. Bank Genjot Komisi Dari Produk Asuransi
  3.     Agen asuransi masih jadi penyumbang premi terbesar di beberapa asuransi jiwa
  4. Ada Pembatasan, Agen Asuransi Tetap Jadi Andalan
  5. Waspadai Praktik Mis-selling Dalam Penjualan Produk Bancassurance
  6.     Hingga 30 Juni, Generali telah bayarkan klaim covid-19 lebih dari Rp 134,6 miliar
  7.     Inovasi Antar Allianz Life Cetak Pertumbuhan 2,5 Kali Lebih Tinggi
  8. AXA MANDIRI Cover Biaya Pasien Covid-19
  9.     AXA Mandiri Beri Manfaat Tambahan Bagi Nasabah yang Sedang Isolasi Mandiri
  10.  AXA Mandiri Berikan Manfaat Tambahan untuk Pasien Isoman, Siapa Saja yang Bisa Dapat?
  11. Berikan Manfaat dan Kemudahan Tambahan, AXA Mandiri Utamakan Nasabah yang Sedang Isoman
  12.  AXA Mandiri Menyediakan Manfaat Khusus dan Kemudahan Tambahan bagi Nasabah
  13.  Macam-Macam Bentuk Dukungan Orangtua Agar Anak Tumbuh Bahagia
  14. Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Fungsi Proteksi dan Investasi Bagi Kaum Milenial
  15. Hoaks dan Kebocoran Data Masih Marak, Literasi Digital Pemerintah Belum Optimal

TENTANG AAJI

BERITA FOTO – Ekuitas Industri asuransi Jiwa

Pada kuartal 1/2021, industri asuransi jiwa mencatatkan ekuitas Rp 135,85 triliun atau tumbuh 8,5% {year-on-yearlyoy) dari kuartal 1/2020 senilai Rp 125,01 triliun.

Investor Daily/16-08-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Bank Genjot Komisi Dari Produk Asuransi

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) menjalin kerjasama dengan PT BNI Life Insurance (BNI Life) dalam memasarkan produk bancassurance. Akhir Juli lalu, BJB dan BNI Life meluncurkan produk asuransi baru yang diberi nama Solusi Proteksi Prima,  produk asuransi jiwa yang memilliki fitur pertanggungan maksimal hingga Rp 20 miliar. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa nasabah bank tertarik membeli produk asuransi melalui kanal bancassurance. Di antaranya, selain karena lebih efisien, nasabah bisa sekaligus mengurus keperluannya di bank.

Tabloid Kontan/16-08-2021

Agen asuransi masih jadi penyumbang premi terbesar di beberapa asuransi jiwa

 Jalur keagenan masih memberikan kontribusi terbesar bagi perolehan premi di beberapa perusahaan asuransi jiwa. GM of Corsec, Legal & Corcomm BNI Life Arry Herwindo mengatakan, berdasarkan data industri kontribusi kanal keagenan terhadap pendapatan premi industri lebih dari 30%. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti mengatakan, pada kuartal II-2021 jalur keagenan memberikan kontribusi sebesar 62% dari total perolehan premi perusahaan. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, BRI Life terus melakukan digitalisasi proses dan menyiapkan para agen untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung proses bisnis

Kontan.co.id/15-08-2021

Ada Pembatasan, Agen Asuransi Tetap Jadi Andalan

Hingga kini, jalur keagenan masih terus memberikan kontribusi terbesar bagi perolehan premi beberapa perusahaan asuransi jiwa. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti menyatakan, pada kuartal II-2021, jalur keagenan memberikan kontribusi sebesar 62% dari total perolehan premi perusahaan asuransi itu. GM of Corsec, Legal & Corcomm BNI Life Arry Herwindo mengatakan, berdasarkan data industri kontribusi kanal keagenan terhadap pendapatan premi industri lebih dari 30%. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, BRI Life terus melakukan digitalisasi proses dan menyiapkan para agen untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung proses bisnis

Kontan/16-08-2021

Waspadai Praktik Mis-selling Dalam Penjualan Produk Bancassurance

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, praktik mis-selling masih sering terjadi dalam penjualan produk bancassurance. Banyak nasabah bank yang kecewa mendapatkan imbal hasil produk asuransi investasi tak sesuai yang dijanjikan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat angka aduan masyarakat meningkat dua kali lipat pada tahun 2020 yaitu sebanyak 593 laporan. Aduan tersebut didominasi oleh praktik mis-selling yang dilakukan oleh agen penjual produk asuransi. Tapi, aduan itu juga muncul akibat kelalaian konsumen yang tidak memahami polis tertulis.  Irvan menyarankan, sebelum membeli produk asuransi yang ditawarkan bank, calon nasabah harus memahami terlebih dahulu untung ruginya.

Tabloid Kontan/16-08-2021

Hingga 30 Juni, Generali telah bayarkan klaim covid-19 lebih dari Rp 134,6 miliar

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) konsisten membayarkan klaim terkait covid-19. Tercatat hingga 30 Juni 2021, Generali sudah mendampingi lebih dari 2,700 keluarga Indonesia melalui pembayaran klaim tersebut sebesar lebih dari Rp 134,6 miliar. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti menjelaskan, perusahaan memberikan perlindungan finansial dengan membayarkan klaim dan mendirikan Sentra Vaksinasi di Gedung Generali Tower. Pandemi COVID-19 juga mendorong Generali untuk terus memperkuat automatisasi dan digitalisasi untuk layanan nasabah. Memaksimalkan aplikasi nasabah Gen iClick yang dilengkapi dengan fitur

Kontan.co.id/13-08-2021

Inovasi Antar Allianz Life Cetak Pertumbuhan 2,5 Kali Lebih Tinggi

Allianz Life Indonesia menyediakan produk-produk terbaik dan cocok dengan perkembangan kebutuhan nasabah, antara lain produk perlindungan asuransi untuk nasabah perbankan segmen priority yang diluncurkan tahun 2020. Produk ini dapat digunakan untuk perencanaan warisan, sekaligus perlindungan terhadap penyakit kritis atau critical illness yang manfaatnya dapat di-reset. Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia, Bianto Surodjo mengatakan, pihaknya tengah  menambah jalur distribusi dengan Hanabank, bank bjb dan tiga bank lain yang sedang dalam proses untuk kerjasama di tahun ini.

Investor.id/14-08-2021

AXA MANDIRI Cover Biaya Pasien Covid-19

Mulai tanggal 12 Agustus 2021, para pemegang polis asuransi AXA Mandiri mendapatkan beragam manfaat tambahan dengan syarat menunjukkan hasil PCR/Swab tes atau surat keterangan dokter atas diagnosis COVID-19. Handojo G. Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri mengatakan, inisitaif ini merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk membantu nasabah melindungi hal terpenting mereka. 

Tribun Sumsel/13-08-2021

AXA Mandiri Beri Manfaat Tambahan Bagi Nasabah yang Sedang Isolasi Mandiri

Mulai tanggal 12 Agustus 2021, para pemegang polis asuransi AXA Mandiri mendapatkan beragam manfaat tambahan dengan syarat menunjukkan hasil PCR/Swab tes atau surat keterangan dokter atas diagnosis COVID-19. Manfaat tambahan ini termasuk pertanggungan biaya-biaya obat dan suplemen yang diperlukan, biaya konsultasi dokter, konsultasi dokter 24 jam secara online, pengiriman obat, layanan uji swab/PCR di rumah nasabah, dan jasa catering makanan sehat.

Marketing.co.id/13-08-2021

AXA Mandiri Berikan Manfaat Tambahan untuk Pasien Isoman, Siapa Saja yang Bisa Dapat?

Mulai tanggal 12 Agustus 2021, para pemegang polis asuransi AXA Mandiri mendapatkan beragam manfaat tambahan dengan syarat menunjukkan hasil PCR/Swab tes atau surat keterangan dokter atas diagnosis COVID-19. Manfaat tambahan ini termasuk pertanggungan biaya-biaya obat dan suplemen yang diperlukan, biaya konsultasi dokter, konsultasi dokter 24 jam secara online, pengiriman obat, layanan uji swab/PCR di rumah nasabah, dan jasa catering makanan sehat.

Theiconomics.com/13-08-2021

Berikan Manfaat dan Kemudahan Tambahan, AXA Mandiri Utamakan Nasabah yang Sedang Isoman

Mulai tanggal 12 Agustus 2021, para pemegang polis asuransi AXA Mandiri mendapatkan beragam manfaat tambahan dengan syarat menunjukkan hasil PCR/Swab tes atau surat keterangan dokter atas diagnosis COVID-19. Manfaat tambahan ini termasuk pertanggungan biaya-biaya obat dan suplemen yang diperlukan, biaya konsultasi dokter, konsultasi dokter 24 jam secara online, pengiriman obat, layanan uji swab/PCR di rumah nasabah, dan jasa catering makanan sehat.

Infobrand.id/13-08-2021

AXA Mandiri Menyediakan Manfaat Khusus dan Kemudahan Tambahan bagi Nasabah

Mulai tanggal 12 Agustus 2021, para pemegang polis asuransi AXA Mandiri mendapatkan beragam manfaat tambahan dengan syarat menunjukkan hasil PCR/Swab tes atau surat keterangan dokter atas diagnosis COVID-19. Manfaat tambahan ini termasuk pertanggungan biaya-biaya obat dan suplemen yang diperlukan, biaya konsultasi dokter, konsultasi dokter 24 jam secara online, pengiriman obat, layanan uji swab/PCR di rumah nasabah, dan jasa catering makanan sehat.

Prorakyat.co/14-08-2021

Macam-Macam Bentuk Dukungan Orangtua Agar Anak Tumbuh Bahagia

The Hewlett-Packard Company dalam studi New Asian Learning Experience (NALE) pada 2019 menyebut bahwa 73 persen orangtua menganggap kebahagiaan anak ketika tumbuh dewasa merupakan hal yang penting. Perencana keuangan, Annisa Steviani, menyatakan, proteksi berupa asuransi kesehatandan asuransi jiwa sifatnya jadi wajib saat kita memiliki anak. Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen menambahkan, Allianz Indonesia hadir memberikan perlindungan melalui berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan proteksi keluarga Indonesia

Liputan6.com/13-08-2021

Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Fungsi Proteksi dan Investasi Bagi Kaum Milenial

Chief of Proposition, Direct Marketing & Partnership AXA Financial Indonesia Yudhistira Dharmawata mengemukakan bahwa terdapat 3 jenis asuransi tradisional yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih asuransi yang tepat, yakni asuransi berjangka ( term life insurance ), asuransi jiwa seumur hidup ( whole life insurance ), dan juga asuransi dwiguna ( endowment insurance ). Dalam hal ini, asuransi dwiguna sangat cocok bagi para kaum milenial yang memang ingin fokus dalam perencanaan keuangannya untuk investasi, tetapi sekaligus memberikan proteksi terhadap dirinya sendiri selama jangka waktu yang ditentukan.

Fimela.com/13-08-2021

Hoaks dan Kebocoran Data Masih Marak, Literasi Digital Pemerintah Belum Optimal

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan bahwa untuk mengukur program literasi digital yang digalakkan pemerintah dapat dilihat dari intensitas hoaks yang terjadi. Jika hoaks menurun, maka literasi digital cukup berhasil. Sayangnya, hoaks masih banyak beredar. Menurutnya, pemerintah masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam mempercepat transformasi digital menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Heru menambahkan, kebocoran data masih terjadi dengan ujung kasusnya menguap begitu saja. Seperti diketahui, pada akhir Juli 2021, akun @UnderTheBreach memposting penjualan data 2 juta nasabah BRI Life seharga US$7000 atau sekitar Rp110 juta.

Bisnis.com/15-08-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.389.00

IHSG (per 13 Agustus 2021)

6.144,94

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF