AAJI Daily News - 30 Maret 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 30 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. OJK Kebiri Porsi Investasi, Pelaku Bisnis Asuransi Jadi Galau
  2. AIA Klaim Produk Unitlink Sesuai Regulasi OJK
  3. Produk Investasi Asuransi Menuai Keluhan Banyak Nasabah
  4. (Foto) Perlindungan Asuransi
  5. (Foto) Paket Perlindungan Asuransi
  6. BNI Life Bayar Klaim Sisa Pokok Pembiayaan Debitur BSI
  7. Jiwasraya dan Nasabah Bentuk Forum Komunikasi
  8. (Foto) Kolaborasi
  9. Nasabah Jiwasraya Sampaikan Tuntutan Terkait Restrukturisasi Polis Kepada KSP
  10. Restrukturisasi Jiwasraya Sesuai Aturan
  11. Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya ditargetkan Rampung 31 Mei 2011
  12. Restrukturisasi Polis Jiwasraya ditargetkan Rampung Mei Mendatang
  13. Live Now! Geger Asuransi AIA, Awas Kejebak Produk Unit Link!
  14. AIA Gandeng CIMB Niaga Bantu Nasabah Persiapkan Dana Pensiun
  15. Digitalisasi Bawa Asuransi (AXA Mandiri) Terbang Tinggi
  16. Sebelum Memilih Produk Asuransi, Coba Lakukan 3 Langkah Ini

TENTANG AAJI

OJK Kebiri Porsi Investasi, Pelaku Bisnis Asuransi Jadi Galau

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali akan memperketat aturan main penempatan portofolio investasi asuransi jiwa. Sedianya, ketentuan baru tersebut akan dituangkan oleh OJK dalam Surat Edaran (SE) di bidang perasuransian. Kabar tak sedap itu diungkapkan Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Togar menyebut, saat ini OJK tengah menggodok ketentuan baru soal penempatan investasi dana yang dikelola industri asuransi jiwa. Bahkan, AAJI juga dilibatkan regulator dalam perumusan aturan tersebut. Togar bilang, secara total semua jenis investasi hanya diperbolehkan paling banyak 10% dari aset masing-masing subdana, kecuali afiliasi yang terjadi karena penyertaan modal pemerintah.

Law-justice.co / 29-03-2021

AIA Klaim Produk Unitlink Sesuai Regulasi OJK

PT AIA Financial memastikan produk unitlink AIA dirancang dengan fitur dan manfaat yang mengikuti regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). PT AIA Financial memastikan produk unitlink AIA dirancang dengan fitur dan manfaat yang mengikuti regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lim juga menyebutkan kalau tenaga pemasar AIA telah mengikuti proses pelatihan internal dan sertifikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) agar memiliki pengetahuan produk yang baik dan mampu memasarkan seluruh produk sesuai aturan yang berlaku.

cnnindonesia.com / 29-03-2021

Produk Investasi Asuransi Menuai Keluhan Banyak Nasabah

Maria Trihartati, seorang nasabah asuransi, merasa ditipu oleh tiga asuransi sekaligus, yaitu AXA Mandiri Financial Services, AIA Financial, dan Prudential Life Assurance. Ketiga agen asuransi ini tidak menjelaskan produk yang ditawarkan pada ibu berusia 45 tahun ini merupakan produk unitlink. Chief Marketing Officer AIA Financial Lim Chet Ming mengatakan pihaknya tengah mempelajari data keluhan pada laman Facebook tersebut. "Semua tenaga pemasar AIA telah mengikuti proses pelatihan internal dan sertifikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) agar memiliki pengetahuan produk yang baik dan mampu memasarkan seluruh produk sesuai aturan yang berlaku," ujar Lim. Financial Advisor (FA) dan telesales officer AXA Mandiri pun telah menjalani pelatihan yang ketat dan mendapatkan lisensi keagenan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) untuk dapat memasarkan produk asuransi.

katadata.co.id / 29-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

(Foto) Perlindungan Asuransi

Telkomsel berkolaborasi dengan Allianz Utama Indonesia untuk menghadirkan Paket Data Telkomsel Proteksi, paket internet yang menawarkan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri. Seluruh pelanggan prabayar Telkomsel dapat mengaktifkan Paket Data Telkomsel Proteksi melalui aplikasi MyTelkomsel.

HE Neraca, hal. 9 / 30-03-2021

(Foto) Paket Perlindungan Asuransi

Telkomsel berkolaborasi dengan Allianz Utama Indonesia untuk menghadirkan Paket Data Telkomsel Proteksi, paket internet yang menawarkan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri yang didapatkan melalui aplikasi MyTelkomsel.

Investor Daily, hal. 23 / 30-03-2021

BNI Life Bayar Klaim Sisa Pokok Pembiayaan Debitur BSI

PT BNI Life Insurance (BNI Life) membayarkan klaim terkait sisa pokok pembiayaan debitur PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) senilai Rp 2,7 miliar. Klaim itu merupakan manfaat pertanggungan sebesar sisa pokok pembiayaan ketika debitur bank mengalami risiko meninggal. ”Pembayaran uang pertanggungan kepada ahli waris Bapak Nurmansyah Pratomo Sarwon yang merupakan debitur dari BSI dilakukan secara baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya. Penyerahan uang pertanggungan secara simbolis diserahkan langsung oleh Operational Deputy Regional BSI Dadan Riyadi Natadilaga didampingi oleh GM of Sharia BNI Life Agung Jatmika Nurahsid kepada ahli waris nasabah yakni Indro Sarwono dan Akhmad Faizal Prabowo di BSI cabang Asia Afrika Bandung, Senin (23/3).

Investor Daily, hal. 23 / 30-03-2021

Jiwasraya dan Nasabah Bentuk Forum Komunikasi

Asuransi Jiwasraya dan Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ) sepakat untuk membentuk forum komunikasi setelah keduanya melakukan mediasi yang difasilitasi oleh Kantor Staf Presiden (KSP) di Gedung Bina Graha Jakarta, Senin (29/3). Deputi III KSP Panutan Sakti Sulendrakusuma berharap forum komunikasi tersebut bisa berjalan efektif sehingga bisa menampung aspirasi nasabah. FNKJ juga meminta Jiwasraya menghentikan cara-cara yang intimidasi dalam menyampaikan opsi penyelesaian kepada nasabah. Berdasarkan laporan FNKJ, sebanyak 73% nasabah yang menyutujui restrukturisasi diduga mendapatkan intimidasi.

Kontan, hal. 10 / 30-03-2021

Foto) Kolaborasi

Paket Data Telkomsel Proteksi merupakan kolaborasi antara Telkomsel dengan Allianz Utama Indonesia yang tersedia bagi seluruh pelanggan prabayar Telkomsel.

Warta Kota, hal. 5 / 30-03-2021

Nasabah Jiwasraya Sampaikan Tuntutan terkait Restrukturisasi Polis kepada KSP

Kantor Staf Presiden atau KSP telah menerima sejumlah tuntutan dari nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terkait proses restrukturisasi polis ke IFG Life. Tuntutan itu diharapkan dibahas dalam forum komunikasi antara manajemen Jiwasraya dan nasabah. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi III KSP Panutan Sakti Sulendrakusuma selaku mediator dalam pertemuan antara manajemen Jiwasraya dan Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ) pada Senin (29/3/2021). Dia pun menyampaikan aspirasi FNKJ yang meminta Jiwasraya lebih responsif dan atentif dalam proses restrukturisasi polis. FNKJ menyatakan sangat sulit untuk berkomunikasi dengan Jiwasraya, sehingga nasabah sulit menyampaikan keluhan.

Bisnis.com / 29-03-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Sesuai Aturan

Program restrukturisasi yang dijalankan oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai telah sesuai dengan regulasi, karena diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kapler A Marpaung, Dosen Program MM-Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa pengaturan mengenai restrukturisasi terdapat dalam Peraturan OJK Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Reasuransi. Menurutnya, restrukturisasi liabilitas yang dilakukan harus diikuti dengan penambahan modal dan menjadi solusi yang patut dilakukan.

Bisnis.com / 29-03-2021

Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya Ditargetkan Rampung 31 Mei 2021

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tengah mempercepat program restrukturisasi polis asuransi yang dijalankan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kepastian kepada para nasabahnya. Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya bidang Komunikasi dan Hukum R Mahelan Prabantarikso mengatakan meningkatnya jumlah pemegang polis yang mengikuti program restrukturisasi terus meningkat, memberikan semangat dan motivasi Tim Percepatan Restrukturisasi untuk terus bekerja dan melakukan sosialisasi yang lebih intens. Menurut catatan, terdapat lebih dari 1.000 karyawan dan agen Jiwasraya yang terlibat secara langsung dalam upaya sosialisasi program restrukturisasi.

liputan6.com / 29-03-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Ditargetkan Rampung Mei Mendatang

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menargetkan proses restrukturisasi dapat rampung pada tahun ini mendatang. Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso mengatakan manajemen terus melaksanakan program restrukturisasi kepada para pemegang polis Jiwasraya. Mahelan menyampaikan sesuai dengan rencana penyehatan keuangan (RPK), manajemen akan melakukan proses migrasi polis secara bertahap mulai April hingga selesai kepada Indonesia Financial Group (IFG) Life, anak usaha IFG. Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya mencatat terdapat sebanyak 73 persen atau 12.808 peserta dari kategori pemegang polis Bancassurance yang sudah mengikuti program restrukturisasi polis sampai 9 Maret 2021.

republika.co.id / 29-03-2021

Live Now! Geger Asuransi AIA, Awas Kejebak Produk Unit Link!

Ramai pemberitaan soal keluhan nasabah Asuransi AIA pada pekan lalu di media sosial membuat publik menyoroti kembali produk asuransi berbasis investasi yakni unit link. Produk ini adalah gabungan dari proteksi asuransi dan investasi. Berkaca dari kasus ini, bagaimana sebetulnya salah kaprah produk ini sehingga memicu kebimbangan nasabah. Simak pembahasan bersama pengamat asuransi, Irvan Raharjo, LIVE, Senin malam ini (29/3/2021), mulai pukul 18.15 WIB, di Investime, CNBC Indonesia.

Cnbcindonesia.com / 29-03-2021

AIA Gandeng CIMB Niaga Bantu Nasabah Persiapkan Dana Pensiun

PT AIA Financial menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk memberikan keuntungan lebih bagi nasabah pada masa pensiun. Salah satunya, lewat bancassurance Fortuna Golden Plan, yang menawarkan penarikan pendapatan khusus sebagai perencanaan keuangan nasabah di masa pensiun. Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy mengatakan, Fortuna Golden Plan diluncurkan agar nasabah dapat mempersiapkan dana pensiun untuk menjaga kebutuhan hidupnya saat usia senja.

Suara.com / 29-03-2021

Digitalisasi Bawa Asuransi (AXA Mandiri) Terbang Tinggi

Kinerja industri asuransi di Tanah Air diproyeksikan pulih pada 2021 seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi. Berkaitan itu, ada empat hal yang mendukung pertumbuhan bisnis asuransi, salah satunya penerapan digitalisasi. Penggunaan teknologi digital bagi perusahaan asuransi akan melahirkan kemampuan mengolah data-data yang dibutuhkan, sehingga perusahaan asuransi yang semakin mengerti kebutuhan konsumen akan menjadi pilihan utama. Pentingnya digitalisai ini sudah dilakukan oleh manajemen PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) dengan memperkuat layanan digital untuk memudahkan nasabah mendapatkan layanan terbaik di tengah pandemi Covid-19.

Krjogja.com / 29-03-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

Sebelum Memilih Produk Asuransi, Coba Lakukan 3 Langkah Ini

Beberapa hari belakangan, banyak pemegang polis asuransi merasa dibohongi oleh agen asuransi.Perencana keuangan Andi Nugroho menyarankan konsumen melakukan beberapa hal agar tak lagi merasa dibohongi. Berikut langkahnya:1. Literasi keuangan menjadi salah satu ilmu yang bisa kamu gunakan saat menentukan perencanaan keuangan, 2. Cara kedua yang perlu kamu lakukan adalah beradaptasi dan mempelajari produk-produk keuangan yang baru, yang mungkin masih belum kamu mengerti, 3. Membaca dan bertanya dengan yang ahlinya adalah salah satu cara meningkatkan literasi keuangan.

Kompas.com / 29-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.445

IHSG (per 29 Maret 2021)

   6.166,82

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Warta Kota, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, CnbcindonesiaLaw-justice.co, Krjogja.com, Kompas.com, Katadata.co.id, Liputan6.com, Republika.co.id, Suara.com.

DOWNLOAD PDF