AAJI Daily News - 11 Februari 2021


Tanggal terbit (11 / 02 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 11 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. Keberadaan BPA Baru Ditolak
  2. OJK Tolak Pembentukan BPA Tandingan oleh Pemegang Polis AJB Bumiputera
  3. Satu Lagi Tersangka Korupsi Jiwasraya Segera Diadili, Ini Profilnya
  4. KSPI: Jangan Sampai Kasus Kerugian Jiwasraya dan Asabri Terjadi di BPJS Ketenagakerjaan!
  5. Prudential Luncurkan Program Santunan Rawat Inap Pasca Vaksinasi
  6. OJK Sebut Masalah Bumiptera Pelik, Ketua SP NIBA: Pendekatannya Tak Sesuai
  7. Agen Asuransi Jiwasraya Perlu Dipanggil Terkait Kasus Gagal Bayar

INDUSTRI & ASURANSI

Keberadaan BPA Baru Ditolak

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pembentukan Badan Perwakilan Anggota (BPA) tandingan oleh Perkumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera 1912 tidak sesuai aturan sehingga akan diproses. Hal ini tercantum dalam surat OJK nomor S-7/NB.23/2021 yang diterbitkan Senin (8/2). Kepala Departemen Pengawasan Khusus Industri Keuangan Nonbank OJK, Moch. Muchlasin, menyatakan berdasarkan pasal 7 ayat 2, pemegang polis memiliki hak memilih dan dipilih sebagai anggota BPA sehingga susunan BPA tandingan tidak akan terbentuk secara resmi. Sesuai ketentuan Anggaran Dasar, pengelolaan aset hanya bisa dilakukan direksi dan diawasi dewan komisaris.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 11-02-2021

OJK Tolak Pembentukan BPA Tandingan oleh Pemegang Polis AJB Bumiputera

OJK menyatakan pembentukan BPA tandingan oleh Perkumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera 1912 tidak sesuai aturan sehingga tidak akan diproses. Otoritas pun menyatakan bahwa pembentukan BPA oleh Perkumpulan Pemegang Polis Bumiputera Indonesia tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, otoritas pun menilai bahwa rencana Perkumpulan Pemegang Polis Bumiputera Indonesia untuk mengambil alih aset perseoan dalam rangka pembayaran klaim tidak dapat dilakukan. Sesuai ketentuan Anggaran Dasar, pengelolaan aset hanya bisa dilakukan oleh direksi dan diawasi dewan komisaris.

Bisnis.com / 10-02-2021

Satu Lagi Tersangka Korupsi Jiwasraya Segera Diadili, Ini Profilnya

Salah satu tersangka korupsi dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (AJS), Pieter Rasiman, segera diadili setelah penyidik Jaksa Penyidik pada Kejaksaan Agung, menyerahkan berkas perkara tahap II (kedua) ke penuntut umum. Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan bahwa Pieter Rasiman adalah tersangka yang kedelapan, menyusul 6 (enam) orang tersangka sebelumnya yang sudah menjadi Terdakwa dan diputuskan bersalah. Menurut Leonard, duduk perkara singkat atau kasus posisi tindak pidana korupsi ini bermula pada tahun 2008 - 2018.

Bisnis.com / 10-02-2021

KSPI: Jangan Sampai Kasus Kerugian Jiwasraya dan Asabri Terjadi di BPJS Ketenagakerjaan!

KSPI mengkhawatirkan dua faktor penyebab kerugian PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri turut terjadi di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan. Ketua KSPI Saiq Iqbal menjabarkan bahwa terdapat dua unsur utama penyebab kerugian dalam kasus megaskandal Jiwasraya dan Asabri. Kedua faktor itu terkait dengan pengelolaan investasi yang berdampak terhadap pemenuhan kewajiban bagi peserta atau nasabah.

Bisnis.com / 10-02-2021

Prudential Luncurkan Program Santunan Rawat Inap Pasca Vaksinasi

Prudential Indonesia meluncurkan inisiatif Program Santunan Rawat Inap Pasca Vaksinasi yang tersedia di Pulse untuk mendukung kesuksesan program-program vaksinasi Pemerintah Indonesia, termasuk vaksinasi Covid-19. Program bebas biaya ini ditujukan bagi nasabah maupun non nasabah Prudential. Melalui Program Santunan Rawat Inap Pasca Vaksinasi, Prudential Indonesia memberikan santunan tunai sebesar Rp 1 juta per hari (maks 10 hari) sebagai bantuan jika penerima vaksin harus dirawat di rumah sakit karena mengalami KIPI dalam kurun waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi.

Investor.id / 10-02-2021

OJK Sebut Masalah Bumiptera Pelik, Ketua SP NIBA: Pendekatannya Tak Sesuai

Ketua Umum Serikat Pekerja (SP) NIBA AJB Bumiputera 1912 Rizky Yudha P. mengkritisi OJK untuk menggunakan pendekatan yang tepat dalam mengurusi AJB Bumiputera. Menurutnya, OJK tidak menggunakan pendekatan yang benar untuk Bumiputera, yaitu usaha bersama atau mutual. Ia mengatakan, menurut Ketua DK OJK Wimboh Santoso masalah Bumiputera pelik. Itu karena tidak digunakan pendekatan yang sesuai dengan mutual selama ini.

Sindonews.com / 10-02-2021

Agen Asuransi Jiwasraya Perlu Dipanggil Terkait Kasus Gagal Bayar

Koordinator Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi mengatakan, dalam kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero), aparat penegak hukum bisa saja memanggil agen asuransi untuk dimintai keterangan dan pertanggungjawaban. Pasalnya banyak nasabah yang merasa ditipu oleh agen asurasi dengan menyampaikan informasi yang palsu atau tidak benar saat penawaran asuransi berlangsung. Bahkan saat gagal bayar terjadi, banyak agen asuransi terkait yang tidak lagi bisa dihubungi oleh nasabah.

Suara.com / 10-02-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.983

IHSG (per 10 Februari 2021)

   6.201,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Bisnis.com, Investor.id, Sindonews.com, Suara.com.

 

DOWNLOAD PDF