AAJI Daily News - 1 April 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 1 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Momentum Percepatan Digitalisasi Asuransi Kesehatan
  2. Pembangunan Huntara dari Media Group Peduli Bantu Korban Gempa Sulsel Bangkit
  3. Dana Hilang, Ribuan Nasabah Protes Keras Asuransi Jiwa AIA
  4. Mayoritas Pemegang Polis Jiwasraya Ikuti Program Restrukturisasi
  5. Komplain Berjamaah dan Pembelaan Manajemen AIA – Prudential
  6. Asuransi Jiwa Bumiputera Dikeluhkan, Klaim Nasabah Tak Dibayar
  7. Nasabah Protes, AIA Diminta Bersikap Terbuka dan Jujur
  8. Pulse, Solusi Prudential Peningkatan Gaya Hidup Sehat Warga

TENTANG AAJI

Momentum Percepatan Digitalisasi Asuransi Kesehatan

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan proteksi tercermin dalam data AAJI sepanjang 2020, yakni masih adanya kinerja positif pada pendapatan, perolehan premi, hasil investasi, dan pembayaran klaim serta manfaat kepada nasabah di industri asuransi di tengah perlambatan ekonomi. Merujuk data, pendapatan industri asuransi jiwa mencapai Rp 215,42 triliun dengan rincian pendapatan di kuartal IV 2020 sebesar Rp 91,86 triliun, tumbuh 81,7% dari kuartal sebelumnya senilai Rp 50,56 triliun. Dari sisi pendapatan premi sebesar Rp 187,59 triliun, baik premi baru maupun premi lanjutan masing - masing berkontribusi Rp 114,75 triliun dan Rp 72,84 triliun.

Akurat.co / 31-03-2021

Pembangunan Huntara dari Media Group Peduli Bantu Korban Gempa Sulsel Bangkit

Media Group Peduli bersama BenihBaik.com dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) membangun huntara dan memperbaiki rumah korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Hal tersebut membuat korban gempa berhasil bangkit dan roda ekonomi berhasil jalan jelang Ramadan.

Metrotvnews.com / 31-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Dana Hilang, Ribuan Nasabah Protes Keras Asuransi Jiwa AIA

Ribuan nasabah AIA menyampaikan protes atas hilangnya sebagian dana mereka ketika hendak dicairkan. Penulis buku Public Relations Crisis, Dr. Firsan Nova, menyarankan dalam menyikapi kasus ini pihak AIA harus terbuka dan jujur dalam masalah ini. Menurut Firsan lagi, agar tak membesar dan semakin parah, AIA perlu melakukan empat isolasi yaitu, isolasi isu, isolasi stakeholder, isolasi dampak krisis dan isolasi media. Sebagaimana diketahui sebuah grup di Facebook bernama "Korban Penipuan Asuransi AIA" terus bertambah jumlah anggotanya.

Ayobandung.com / 31-03-2021

Mayoritas Pemegang Polis Jiwasraya Ikuti Program Restrukturisasi

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyebutkan mayoritas pemegang polis mengikuti program restrukturisasi. Hingga 30 Maret 2021, terdapat 87% atau 15.123 peserta pemegang polis kategori Bancassurance mengikuti program restrukturisasi Jiwasraya. Pada saat yang sama, sekitar 71% atau 131.111 peserta dari kategori pemegang polis korporasi dan sekitar 80% atau sebanyak 110.829 peserta dari kategori pemegang polis ritel juga telah mengikuti program restrukturisasi.

Bisnis.com / 31-03-2021

Komplain Berjamaah dan Pembelaan Manajemen AIA – Prudential

Sebuah forum dibuat di Facebook dengan nama "Korban Penipuan Asuransi AIA" dan telah menjaring setidaknya 3.600 anggota. Sebagian mengalami hal serupa. Yang terbaru, tepatnya pada 13 Maret 2021, seorang bernama Maria Trihartati membuat sebuah pengumuman. Maria Trihartati mengaku sudah menghubungi agent atau kontak person yang dulunya menawarkan asuransi tersebut. Namun sayangnya, yang bersangkutan sudah tidak lagi menjadi agen asuransi. Akhirnya dia mengambil langkah untuk mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Cnbcindonesia.com / 31-03-2021

Asuransi Jiwa Bumiputera Dikeluhkan, Klaim Nasabah Tak Dibayar

Sejumlah nasabah perusahaan Asuransi Jiwa Bumiputera di Kota Parepare mengeluh. Pasalnya, klaim asuransi mereka tak kunjung dibayar. Parahnya, kejadian itu sudah berbulan-bulan lamanya. Hal itu terungkap, saat Anggota DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir yang juga menjadi korban mendatangi Kantor Bumiputera. Kaharuddin mengatakan, sudah berulang kali mendatangi kantor Bumiputera untuk meminta kejelasan. Namun tak ada hasil. Tak hanya Kaharuddin Kadir yang mendapat ketidaknyamanan tersebut. Salah seorang nasabah Andi Sharibanong juga menjadi korban.

Pijarnews.com / 31-03-2021

Nasabah Protes, AIA Diminta Bersikap Terbuka dan Jujur

Ribuan nasabah AIA menyampaikan protes atas hilangnya sebagian dana mereka ketika hendak dicairkan. Penulis buku Public Relations Crisis, Dr. Firsan Nova, menyarankan dalam menyikapi kasus ini pihak AIA harus terbuka dan jujur dalam masalah ini. Menurut Firsan lagi, agar tak membesar dan semakin parah, AIA perlu melakukan empat isolasi yaitu, isolasi isu, isolasi stakeholder, isolasi dampak krisis dan isolasi media. Sebagaimana diketahui sebuah grup di Facebook bernama "Korban Penipuan Asuransi AIA" terus bertambah jumlah anggotanya.

Republika.co.id / 31-03-2021

Pulse, Solusi Prudential Peningkatan Gaya Hidup Sehat Warga

Sudah satu tahun sejak PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menghadirkan aplikasi Pulse by Prudential “Pulse" di Indonesia. Menelisik lebih dalam data The Pulse of Asia - The Health of Asia Barometer mengungkap bahwa peran teknologi digital semakin besar untuk membantu meningkatkan kesehatan  masyarakat Indonesia. Pulse telah membantu masyarakat untuk mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan informasi real-time.

Republika.co.id / 31-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.525

IHSG (per 31 Maret 2021)

   5.985,52

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Akurat.co, Metrotvnews.com, Ayobandung.com, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Liputan6.com, Pijarnews.com, Republika.co.id.

DOWNLOAD PDF