AAJI Daily News - 19 Oktober 2021


Selasa 19 Oktober 2021                                                                                                                                  

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.  Hari Asuransi: Ini 6 Sorotan Nasabah soal Unit-Link, Mau Mengadu ke Jokowi
  2.   Keluhan Wanda Hamidah soal asuransi anak terselesaikan
  3.   Komplain Wanda Hamidah soal Asuransi Anaknya Mencapai Titik Terang, Seperti Apa?
  4.   Keluhan Wanda Hamidah Capai Titik Terang
  5. Kinerja Unitlink Saham Dan Campuran Positif
  6. Kesadaran Asuransi Meningkat saat Pandemi, Pahami Prinsip Dasar Asuransi Ini
  7. Pandemi Bikin Kesadaran Akan Asuransi Kesehatan Meningkat, Perhatikan Juga Prinsip Ini
  8. Dinilai Semakin Penting, Simak Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi
  9.  Rencanakan keuangan dengan baik, simak tips pilih asuransi
  10. Earlier Financial Planning Helps You Face Tomorrow’s Uncertainty
  11.  Berikut Ini 4 Tips Memanfaatkan Media Sosial Secara Produktif dan Kreatif
  12. Digitalisasi Industri Asuransi Makin Cepat
  13. Manulife Jalankan Digitalisasi Di Bisnis Asuransi
  14. Manulife Dorong Digitalisasi Di Bisnis Asuransi
  15. Manulife Kejar Layanan Digital
  16. Nasabah Asuransi Wanaartha Apresiasi Putusan Keberatan Sita Rekening Kasus Jiwasraya
  17.  Telekonsultasi Solusi bagi Masyarakat Dapatkan Akses Layanan Kesehatan Cepat
  18.  OJK resmi buka pameran jasa keuangan, berlangsung hingga 2 November
  19.  OJK Yakin Target Inklusi Keuangan 90 Persen di 2024 Bisa Tercapai

INDUSTRI & ASURANSI

Hari Asuransi: Ini 6 Sorotan Nasabah soal Unit-Link, Mau Mengadu ke Jokowi

Menyambut Hari Asuransi atau Insurance Day pada 18 Oktober, perkumpulan korban produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unitlink bertajuk Komunitas Korban Asuransi justru mengungkap kekecewaan terhadap industri.. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mengungkap setidaknya ada 6 praktik-praktik pemasaran yang sengaja mengarah kepada mis-selling , yang akan pihaknya adukan langsung melalui surat terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo.

Bisnis.com/18-10-2021

Keluhan Wanda Hamidah soal asuransi anak terselesaikan

Keluhan selebritas Wanda Hamidah kepada perusahaan asuransi PT Prudential Assurance Indonesia (Prudential) telah terselesaikan. Pengajuan rencana penjaminan rawat inap dari polis atas nama anaknya, telah disetujui oleh Prudential.

Antaranews.com/18-10-2021

Komplain Wanda Hamidah soal Asuransi Anaknya Mencapai Titik Terang, Seperti Apa?

Keluhan soal asuransi kesehatan yang dicuit pada 10 Oktober 2021 ini mencapai titik terang. Sabtu (16//10/2021), Wanda Hamidah mengabarkan lewat medsos bahwa pengajuan rencana penjaminan rawat inap dari polis atas nama anaknya, telah disetujui.

Liputan6.com/18-10-2021

Keluhan Wanda Hamidah Capai Titik Terang

Keluhan aktris yang juga publik figur Wanda Hamidah kepada perusahaan asuransi PT Prudential Assurance Indonesia (Prudential) telah terselesaikan. Dalam akun media sosialnya tersebut, ia menyatakan rasa syukur, bahwa pengajuan rencana penjaminan rawat inap dari polis atas nama anaknya, telah disetuji oleh Prudential.

Investor.id/17-10-2021

Kinerja Unitlink Saham Dan Campuran Positif

Membaiknya pasar saham di bulan September 2021 t urut mendorong kinerja unitlink, termasuk instrumen saham dan campuran. Hal ini sejalan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang bulan September yang naik 2,22%. Direktur Keuangan BNI Life, Eben Eser Nainggolan mengatakan, produk unitlink yang memberikan imbal hasil yang lebih baik adalah unitlink pendapatan tetap. Ini jika dibandingkan jenis unitlink yang lain.

Kontan/18-10-2021

Kesadaran Asuransi Meningkat saat Pandemi, Pahami Prinsip Dasar Asuransi Ini

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 OJK Kristianto Andi Handoko dalam sebuah diskusi secara webinar baru-baru ini (15/9/2021), telah terjadi peningkatan penetrasi asuransi hingga 3,11% selama Pandemi hingga periode Juli 2021. Melalui peningkatan pemahaman asuransi serta prinsip-prinsip asuransi, masyarakat diharapkan akan terhindar dari kesalahpahaman, dan yang lebih penting, mengetahui dengan jelas manfaat yang diperoleh dari asuransi sehingga dapat meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi di Indonesia.

Mnctrijaya.com/18-10-2021

Pandemi Bikin Kesadaran Akan Asuransi Kesehatan Meningkat, Perhatikan Juga Prinsip Ini

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 OJK Kristianto Andi Handoko dalam sebuah diskusi secara webinar baru-baru ini (15/9/2021) menjelaskan, telah terjadi peningkatan penetrasi asuransi hingga 3,11 persen selama Pandemi hingga periode Juli 2021. Melalui peningkatan pemahaman asuransi serta prinsip-prinsip asuransi, masyarakat diharapkan akan terhindar dari kesalahpahaman, dan yang lebih penting, mengetahui dengan jelas manfaat yang diperoleh dari asuransi sehingga dapat meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi di Indonesia.

Suara.com/18-10-2021

Dinilai Semakin Penting, Simak Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi

Pandemi ternyata menciptakan peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap berbagai risiko kehidupan. Windi Teguh, banker dan certified financial planner, seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi kebutuhan dasar. Terdapat beragam jenis asuransi yang penting untuk diketahui serta dipahami agar tidak keliru dalam memilih sesuai kebutuhan.

Tribunnews.com/18-10-2021

Rencanakan keuangan dengan baik, simak tips pilih asuransi

Asuransi disebut Mohamad Andoko, perencana keuangan, menjadi produk finansial yang paling dicari saat pandemi. Menurut Windi Teguh, banker dan certified financial planner , seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi kebutuhan dasar. Karin Zulkarnaen Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia menambahkan, asuransi jiwa berfokus pada memberikan proteksi terhadap diri nasabah atas risiko meninggal dunia, sedangkan asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap risiko finansial

Antaranews.com/18-10-2021

Earlier Financial Planning Helps You Face Tomorrow’s Uncertainty

Sun Life Indonesia’s president director Elin Waty said, when Indonesian families start nancial planning for their future, there are three key areas that they need to focus on. These three areas are mostly forgotten when preparing for the future: education funds, health and retirement. Trust from customers continues to affirm Sun Life’s commitment to realizing its mission in Indonesia to help Indonesian families achieve nancial security and live healthier. Sun Life also continues to support government programs through the OJK routinely, by organizing educational programs and nancial literacy to various segments of society.

Jakarta Post/18-10-2021

Berikut Ini 4 Tips Memanfaatkan Media Sosial Secara Produktif dan Kreatif

Aloysius Wemby, Risk Management Consultant PT Prudential Indonesia mengatakan, seiring perkembangan zaman kehadiran media sosial semakin beragam. Lebih jauh dia pun memberikan tips agar setiap orang bisa memanfaatkan media sosial secara lebih produktif dan kreatif.

Industry.co.id/18-10-2021

Digitalisasi Industri Asuransi Makin Cepat

Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal di Jakarta, Jumat (15/10) mengakui pandemi mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi. Dia mencontohkan, sebelum pandemi pelayanan tatap muka di customer service kantor pusat Manulife Jakarta rata-rata sekitar 100-200 orang per hari. Manulife telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan pelayanan digital jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebab, Manulife saat itu menyadari layanan asuransi ke depan bakal mengarah ke digitalisasi.

Rctiplus.com/18-10-2021

Manulife Jalankan Digitalisasi Di Bisnis Asuransi

Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal di Jakarta, Jumat (15/10) mengakui pandemi mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi. Dia mencontohkan, sebelum pandemi pelayanan tatap muka di customer service kantor pusat Manulife Jakarta rata-rata sekitar 100-200 orang per hari. Manulife telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan pelayanan digital jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebab, Manulife saat itu menyadari layanan asuransi ke depan bakal mengarah ke digitalisasi.

Sumut Pos/18-10-2021

Manulife Dorong Digitalisasi Di Bisnis Asuransi

Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal di Jakarta, Jumat (15/10) mengakui pandemi mempercepat proses migrasi pelayanan dari tatap muka ke digitalisasi. Dia mencontohkan, sebelum pandemi pelayanan tatap muka di customer service kantor pusat Manulife Jakarta rata-rata sekitar 100-200 orang per hari. Manulife telah berinvestasi cukup besar untuk mengembangkan pelayanan digital jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebab, Manulife saat itu menyadari layanan asuransi ke depan bakal mengarah ke digitalisasi.

Koran Sindo/18-10-2021

Manulife Kejar Layanan Digital

Sebelum pandemi pelayanan tatap muka customer Service kantor pusat Manulife Jakarta rata-rata sekitar 100-200 orang per hari. Saat pandemi angka kunjungan ini turun 50 persen karena konsumen sudah beralih ke layanan digital. Direktur dan Chief of Product & Inforce PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife), Hans De Waal menambahkan, data menunjukkan selama pandemi, Manulife ra-ta-rata mendapatkan 800 email dan panggilan lewat telepon sekitar 700 setiap hari. Manulife menyadari layanan asuransi ke depan bakal mengarah ke digitalisasi.

Tribun Bali/18-10-2021

Nasabah Asuransi Wanaartha Apresiasi Putusan Keberatan Sita Rekening Kasus Jiwasraya

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (11/10) pekan lalu, mengabulkan permohonan keberatan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha) atas perkara pemblokiran rekening perusahaan nomor 15Pid.Sus-TPK/Keberatan/2020/PN.Jkt.Pst dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya). Terhadap putusan ini, nasabah pemegang polis asuransi Wanaartha mengapresiasi putusan hakim yang telah menerima keberatan pihak Wanaartha .

Insight.kontan.co.id/18-10-2021

Telekonsultasi Solusi bagi Masyarakat Dapatkan Akses Layanan Kesehatan Cepat

MNC Life meluncurkan layanan telekonsultasi untuk para nasabahnya. Di samping itu, ke depannya pihak MNC Life akan terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital, serta optimalisasi teknologi lain. Hal ini demi meningkatkan layanan bagi para nasabah, serta memenuhi kebutuhan proteksi yang lebih banyak bagi masyarakat.

Sindonews.com/18-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK resmi buka pameran jasa keuangan, berlangsung hingga 2 November

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara resmi membuka pameran produk dan layanan jasa keuangan atau FinEXPO BIK 2021 yang berlangsung mulai 18 Oktober sampai 2 November 2021. FinEXPO BIK 2021 dapat dijadikan sarana atau platform bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan produk keuangan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat

Antaranews.com/18-10-2021

OJK Yakin Target Inklusi Keuangan 90 Persen di 2024 Bisa Tercapai

Sejumlah penyedia jasa keuangan di Indonesia kembali menggelar Financial Expo (Finexpo) dalam rangkaian bulan Inklusi keuangan (BIK) 2021. Meresmikan gelaran ini, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) optimistis target inklusi keuangan dapat tercapai.

Liputan6.com/18-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.084.00

IHSG (per 18 Oktober 2021)

6.665,72

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF