AAJI Daily News - 4 Mei 2021


Tanggal terbit (04 / 05 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 4 Mei 2021

HEADLINE NEWS

  1. AIA Financial Bukukan Aset Rp 53 Triliun Sepanjang 2020
  2. Premi Asuransi Jiwa Selalu Capai Rekor Pada Januari, Ternyata Karena ini
  3. OJK Minta Direksi Bumiputera Jalankan Kesepakatan Pembentukam Panitia Pemilihan BPA
  4. Nasabah Kresna Menjerit, Buat Surat Terbuka Ke Mahfud MD
  5. Jaga Momentum Penyaluran Kredit untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi
  6. BPSK Gelar Sidang Mediasi Nasabah dan Manajemen Wana Artha Life
  7. Jaga Momentum Penyaluran Kredit untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi
  8. Nasabah Unitlink Diwajibkan Punya Nomor Identitas Investor
  9. Aturan Unitlink: SID Unitlink Bantu Nasabah Pahami Risiko Investasi

INDUSTRI  & ASURANSI

AIA Financial Bukukan Aset Rp 53 Triliun Sepanjang 2020

PT AIA Financial mencatatkan kinerja di tahun buku 2020 dengan mengumpulkan aset sebesar Rp 53,3 triliun, meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 50 triliun. Sementara itu pendapatan premi yang dibukukan senilai Rp 13,5 triliun dengan rasio pencapaian solvabilitas hingga 630 persen. Adapun total klaim dan manfaatnya yang dibayarkan kepada nasabah sepanjang 2020 sebesar Rp 3,2 triliun dari produk asuransi konvensional serta unit syariah

Kompas.com/ 03-05-2021

Premi Asuransi Jiwa Selalu Capai Rekor Pada Januari, Ternyata Karena ini.

Industri asuransi jiwa mencatatkan premi tertinggi pada bulan Januari dalam kuartal I beberapa tahun terakhir. Berdasarkan statistik asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maret 2021, sepanjang kuartal  I/2021 industri asuransi jiwa mencatatkan premi Rp50,8 triliun. Jumlah itu tumbuh 24,7 persen (year-on-year/yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp40,7 triliun. Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu, beberapa tahun terakhir catatan premi bulan Januari cenderung lebih tinggi karena faktor periode pembayaran premi. Premi-premi tahunan dibayarkan pada Januari atau awal tahun memang tidak menghimpun data-data tersebut secara khusus, tetapi banyaknya polis dengan pembayaran premi secara tahunan yang cukup besar. Selain itun, pendekatan agen kepada calon pemegang polis pada tahun sebelumnya yang baru close pada Januari.

Bisnis.com/ 03-05-2021

OJK Minta Direksi Bumiputera Jalankan Kesepakatan Pembentukam Panitia Pemilihan BPA

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memerintahkan Direksi AJB Bumiputera 1912 untuk membentuk kesepakatan terkait pembentukan panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA). Panitia Teknis Pusat dengan Ketua: Dena Chaerudin (Direksi), Firman Alamsyah (Wakil Ketua), Reni Anggraeni (Sekretaris), Tigtuma Evderia Rinto Panitia (Bendahara),  Panitia Seleksi dengan Ketua Ketua: Nirwan Daud (Kornas) dan anggota; Sukardi Pujohutomo, Amri Sahri, Jaka Irwanta (Pempol Bumi), Imam Basuki (NKGB). Panitia Pengawas dengan Ketua: Hery Darmawansyah (Sekper Bumiputera) dan anggota Yayat Supriyatna (Kornas), Erwinsyah Nasution (Kornas), Dameyanti Tarigan (Kornas), Fien Mangiri (NKGB), Rudhi Mukhtar Eko Putera (NKGB), Mohammad Syakur Usman (NKGB), Warsiti (Pempol Bumi), Supri (Pempol Bumi), Islandri (AABI) 10. Alex Kurniawan (AABI), Suradji (AABI) 12. Rizky Yudha Pratama (SP NIBA), Panser Karo-Karo (SP NIBA) 14. F. Ghulam Naja (SP NIBA).

Bisnis.com/03-05-2021

Nasabah Kresna Menjerit, Buat Surat Terbuka Ke Mahfud MD

Salah seorang nasabah Asuransi Jiwa Kresna (AJK) atau Kresna Life, Ady Saputra membuat surat terbuka kepada Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD karena pencairan klaim yang berbelit dan belum dibayarkan. Ady Saputra dan keluarganya adalah satu dari sekian banyak nasabah AJK yang menginvestasikan dana cukup besar di AJK. Namun kenyataannya justru berkebalikan, Kresna Life gagal memenuhi janjinya dan menolak untuk mencairkan tabungan Ady dan keluarga yang telah jatuh tempo.

CNBCIndonesia.com/ 03-05-2021

Pendapatan premi naik, laba MSIG Life tumbuh 41,5% sepanjang 2020

Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi sepanjang tahun 2020 tidak menyurutkan kinerja PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (MSG Life). Perusahaan masih mampu membukukan pertumbuhan laba hingga 41,5% you menjadi Rp 332,7 miliar. Pertumbuhan laba tersebut juga dipengaruhi oleh kenaikan pendapatan premi yang ditorehkan oleh perusahaan. Tercatat, pendapatan premi MSIG Life naik 11,5% yoy atau menjadi Rp 3,7 triliun. Meskipun demikian, kondisi pandemi covid-19 tampaknya masih memberikan pengaruh terhadap beban klaim yang harus dibayar oleh perusahaan. Ada kenaikan beban klaim dan manfaat yang harus dibayar menjadi Rp 2,3 triliun dan berarti naik sebesar 12% yoy.

Kontan.co.id / 03-05-2021

BPSK Gelar Sidang Mediasi Nasabah dan Manajemen Wana Artha Life

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) menggelar sidang ketiga terkait gagal bayar klaim antara nasabah dan manajemen PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life). Setelah pada sidang-sidang sebelumnya tidak dihadiri oleh pihak WanaArtha Life, kali ini sidang dihadiri oleh kuasa hukumnya. Namun sidang juga belum menghasilkan penyelesaian yang diharapkan nasabah dan akan digelar lagi pada 17 Mei 2021. WanaArtha Life dituntut atas gagal bayar klaim kepada nasabahnya.

Investor Daily / 04-05-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Jaga Momentum Penyaluran Kredit untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi

OJK mencermati indikator perbaikan data perekonomian global dan domestik untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi yang didukung oleh pelaksanaan vaksinasi sebagai game changer dan stimulus yang dikeluarkan OJK, Pemerintah dan Bank Indonesia. Peran keuangan syariah juga didorong dalam membantu pemulihan ekonomi nasional. OJK secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap keberhasilan proses restrukturisasi yang dilakukan lembaga jasa keuangan, termasuk memperhitungkan kecukupan langkah mitigasi dalam menjaga kestabilan sistem keuangan serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. OJK mencatat bahwa berdasarkan data Maret 2021, kinerja intermediasi sektor jasa keuangan masih sejalan dengan perkembangan perekonomian nasional. Risk-Based Capital industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing sebesar 667 persen dan 348 persen, jauh di atas ambang batas ketentuan sebesar 120 persen. Begitupun gearing ratio perusahaan pembiayaan yang sebesar 2,03x, jauh di bawah batas maksimum 10x.

Detik.com/ 03-05-2021

Nasabah Unitlink Diwajibkan Punya Nomor Identitas Investor

Otoritas Jasa Keuanga (OJK) akan menerbitkan peraturan mengenai pemasaran dan investasi produk unitlink pada tahun ini. Melalui ketentuan tersebut, nasabah asuransi unitlink wajib memiliki nomor identitas investor pasar modal atau dikenal dengan single investor identification (SID). Penyusunan aturan tersebut diperlukan agar pemegang polis memahami risiko investasi pada instrumen pasar modal. AAJI menyatakan industri asuransi siap menerapkan sesuai ketentuan regulatir. Penggunaan SID dinilai menguntungkan nasabah karena bisa mengentahui perkembangan investasi secara mandiri. Draft peraturan tersebut juga mengatur pembatasan investasi unilink. Di antaranya mengatur pembatasan investasi pda grup terafiliasi atau satu pihak agar risiko tidak terpusat pada satu tempat. OJK saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi untuk memantau portofolio dan pergerakan investasi di idustri asuransi. Sehinga, regulator tidak perlu menunggu laporan investasi yang dilaporkan setiap bulan oleh perusahaan asuransi.

Kontan.co.id / 03-05-2021

Aturan Unitlink: SID Unitlink Bantu Nasabah Pahami Risiko Investasi

Otoritas Jasa Keuanga (OJK) akan menerbitkan peraturan mengenai pemasaran dan investasi produk unitlink pada tahun ini. Melalui ketentuan tersebut, nasabah asuransi unitlink wajib memiliki nomor identitas investor pasar modal atau dikenal dengan single investor identification (SID). Penyusunan aturan tersebut diperlukan agar pemegang polis memahami risiko investasi pada instrumen pasar modal. AAJI menyatakan industri asuransi siap menerapkan sesuai ketentuan regulatir. Penggunaan SID dinilai menguntungkan nasabah karena bisa mengentahui perkembangan investasi secara mandiri. Draft peraturan tersebut juga mengatur pembatasan investasi unilink. Di antaranya mengatur pembatasan investasi pda grup terafiliasi atau satu pihak agar risiko tidak terpusat pada satu tempat. OJK saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi untuk memantau portofolio dan pergerakan investasi di idustri asuransi.Sehinga, regulator tidak perlu menunggu laporan investasi yang dilaporkan setiap bulan oleh perusahaan asuransi.

Kontan / 04-05-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.453,01

IHSG (per 3 Mei 2021)

   5.952,60

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan, Investor Daily, Kompas.com, Bisnis.com, Kontan.co.id, Detik.com, CNBCIndonesia.com.

DOWNLOAD PDF