AAJI Daily News - 5 Mei 2021


Tanggal terbit (05 / 05 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 5 Mei 2021

HEADLINE NEWS

  1. Reformasi BUMN-Jiwasraya Jadi Pijakan Awal
  2. Resmi! IFG Life Gabung menjadi Anggota AAJI
  3. 'Juru Selamat' Jiwasraya Resmi Gabung AAJI, Ini Dampaknya
  4. IFG Life resmi menjadi anggota asosiasi asuransi jiwa
  5. AIA Financial (AIA) catatkan aset tumbuh 6,6% menjadi Rp 53,3 triliun pada 2020
  6. Tingkatkan Profesionalisme, Asuransi IFG Life Resmi Gabung AAJI
  7. IFG Gabung ke AAJI
  8. Premi Asuransi Jiwa Mulai Meningkat
  9. Bisnis Asuransi Digital Astra Life Tumbuh 500%
  10. Gabung ke AAJI, IFG Life PErkuat Industri Asuransi Jiwa
  11. Bisnis asuransi jiwa meningkat pada kuartal I, ini pendorongnya
  12. Inovasi Bisnis Asuransi Digital Astra Life Tumbuh Hingga 500 Persen

INDUSTRI  & ASURANSI

Reformasi BUMN-Jiwasraya Jadi Pijakan Awal

Restrukturisasi Asuransi Jiwasraya tengah digulirkan pemerintah sebagai reformasi BUMN. Pemerintah melalui holding asuransi telah membentuk PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life yang fokus pada asuransi jiwa dan kesehatan sekaligus menerima migrasi polis Jiwasraya. Menurut Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo opsi restrukturisasi, transfer dan bail in merupakan solusi terbaik dan sudah disetujui oleh sebagaian besar pemegang polis Jiwasraya. Sedangkan menurut pakar asuransi, Kornelius Simanjuntak kasus Jiwasraya dapat menjadi contoh penanganan kasus gagal bayar di industri asuransi. Batas akhir restrukturisasi ditetapkan pada 31 Mei 2021.

Bisnis Indonesia / 04-05-2021

Resmi! IFG Life Gabung menjadi Anggota AAJI

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) telah bergabung menjadi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI secara resmi. Menurut Direktur Utama IFG Life Andy Samuel masuknya IFG Life sebagai anggota AAJI merupakan momentum penting bagi anak usaha Indonesia Financial Group (IFG) untuk memperoleh aspirasi untuk meningkatkan profesionalisme di industri asuransi jiwa. IFG Life sudah mengantongi izin operasional perusahaan melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No KEP-19/D.05/2021. IFG Life siap beroperasi dengan tiga pilar bisnis yaitu portfolio JIwasraya, bisnis baru yang berbasis jiwa dan kesehatan, dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Sementara Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon IFG Life berharap keberadaan IFG Life dapat memberi kontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan, khususnya mengenai jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun.

Bisnis.com / 04-05-2021

'Juru Selamat' Jiwasraya Resmi Gabung AAJI, Ini Dampaknya

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) resmi menjadi anggota Asuransi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). AAJI merupakan organisasi yang memiliki sarana untuk berkomunikasi dalam menyampaikan aspirasi dan peningkatan profesionalisme para pelaku asuransi jiwa dan reasuransi di Indonesia sekaligus mitra pemerintahdalam hal pembinaan dan pengawasan kegiatan usaha asuransi jiwa dan reasuransi.Direktur Utama IFG Life Andy Samuel berharap bergabungnya IFG Life sebagai anggota AAJI diharapkan terus meningkatkan profesionalisme di industri asuransi jiwa. IFG life akan berorientasi kepada proteksi baik asuransi jiwa maupun kesehatan. Saat ini, IFG Life diketahui sudah mengantongi izin operasional perusahaan melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No KEP-19/D.05/2021. Dengan izin itu, IFG Life siap beroperasi dengan tiga pilar bisnis yakni portfolio Jiwasraya hasil dari program restrukturisasi polis, bisnis baru yang berbasis jiwa dan kesehatan serta dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Pasar utama yang akan digarap oleh IFG Life adalah ekosistem BUMN, mulai dari korporasi, pegawai, nasabah serta pelanggan BUMN. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menyambut baik terdaftarnya IFG Life sebagai anggota baru di AAJI dan berharap keberadaan IFG Life dapat memberi kontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan khususnya mengenai jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun.

Detik.com / 04-5-2021                                           

IFG Life resmi menjadi anggota asosiasi asuransi jiwa

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) resmi bergabung menjadi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Menurut Direktur Utama IFG Life, Andy Samuel masuknya IFG Life menjadi anggota AAJI, diharapkan bisa ikut memelihara dan memupuk kerja sama yang saling memberikan manfaat dalam pengembangan usaha asuransi jiwa di Indonesia. IFG sudah mengantongi izin operasional perusahaan melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No KEP-19/D.05/2021. Sementara Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon berharap keberadaan IFG Life dapat memberi warna baru di dalam industri asuransi jiw lewat tiga pilar bisnisnya yakni portfolio JIwasraya, bisnis baru yang berbasis jiwa dan kesehatan, dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Kontan.co.id / 04-05-2021

AIA Financial (AIA) catatkan aset tumbuh 6,6% menjadi Rp 53,3 triliun pada 2020

PT AIA Financial (AIA) mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi dengan aset sebesar Rp 53,3 triliun meningkat 6,6% dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar Rp 50 triliun.Menurut Lim Chet Ming, Chief Marketing Officer AIA Indonesia, AIA menduduki posisi nomor 1 untuk kinerja produk bancassurance dari segi new business total weighted premium income dan posisi teratas dalam jumlah Uang Pertanggungan yang mencapai Rp 686 triliun. Kinerja positif ini juga didukung dari sektor syariah AIA yang didukung dengan mitra bank AIA, yaitu CIMB Niaga dan Bukopin.

Kontan.co.id/ 04-05-2021

Tingkatkan Profesionalisme, Asuransi IFG Life Resmi Gabung AAJI

PT Asuransi Jiwa IFG atau yang dikenal IFG Life secara resmi bergabung menjadi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Direktur Utama IFG Life Andy Samuel berharap  masuknya IFG Life sebagai anggota AAJI diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme perusahaan yang bergerak di industri asuransi jiwa di Indonesia. Produk IFG menyasar tiga pilar bisnis yaitu portofolio Jiwasraya hasil dari program restrukturisasi polis. Kedua, bisnis baru yang berbasis jiwa dan kesehatan yang berorientasi pada proteksi. Ketiga, mengelola dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). IFG Life sudah mengantongi izin operasional perusahaan melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK No KEP-19/D.05/2021. Sementara Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyambut baik terdaftarnya IFG Life sebagai anggota baru di AAJI. Kehadiran IFG Life diharapkan memberi kontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan khususnya mengenai jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun.

Kompas.com/ 04-05-2021

IFG Gabung ke AAJI

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) resmi bergabung menjadi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Menurut Direktur Utama IFG Life, Andy Samuel bergabungnya IFG ini dapat ikut memelihara dan memupuk kerja sama dalam pengembangan usaha asuransi jiwa di Indonesia. Pasar utama IFG Life adalah ekosistem BUMN serta kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan.

Kontan / 05-05-2021

Premi Asuransi Jiwa Mulai Meningkat

Setelah sempat tertekan pandemi, bisnis asuransi jiwa kian membaik. Di tiga bulan pertama 2021, industri asuransi jiwa berhasil mencatatkan pertumbuhan signifikan dari bulan-bulan sebelumnya. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mencatat premi industri asuransi jiwa naik hingga 24,77% yoy menjadi Rp 50,86 triliun per Maret 2021. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia memprediksi premi asuransi jiwa bisa tumbuh dobel digit di akhir 2021. Beberapa faktor pendorong peningkatan tersebut menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah pembelian asuransi yang naik di awal tahun, daya beli masyarakat membaik, kesadaran masyarakat akan perlindungan diri juga kian meningkat serta edukasi dari asosiasi untuk meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat. Sementara BRI Life mencatatkan pertumbuhan premi 13,88% yoy menjadi Rp1,64 triliun pada triwulan I 2021. BRI Life menargetkan pertumbuhan premi Rp 5,57 triliun di tahun ini.

Kontan / 05-05-2021

Bisnis Asuransi Digital Astra Life Tumbuh 500%

Asuransi digital Astra Life mencatatkan pertumbuhan per Februari 2021 mencapai 500% secara tahunan. Pengingkatan pertumbuhan angka pada asuransi digital ini dipicu perubahan karakteristik landscape industri yaitu hygiene, low touch, less crowrd dan low mobility terutama di masa pandemi berdasarkan hasil lembaga riset Inventure.id Insurance Insustry Outlook 2021. Sementara menurut Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi, Astra Life berkomitmen penuh untuk hadir di tengah masyarakat dengan fokus pada pengembangan infrastruktur berbasis digital.

Investor Daily / 05-05-2021

Gabung ke AAJI, IFG Life PErkuat Industri Asuransi Jiwa

Masuknya PT IFG Life ke Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) diharapkan dapat mampu membangun citra profesionalitas di Industri asuransi jiwa. Menurut Direktur Utama IFG Life, Andy Samuel dengan bergabungnya IFG ke AAJI dapat ikut memelihara dan memupuk kerja sama dalam pengembangan usaha asuransi jiwa di Indonesia. Sementara Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyambut baik terdaftarnya IFG Life sebagai anggota baru di AAJI. IFG Life akan fokus member kontribusi pada tiga pilar bisnis mengenai jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun.

Bisnis Indonesiia/ 05-05-2021

Bisnis asuransi jiwa meningkat pada kuartal I, ini pendorongnya

Bisnis asuransi jiwa mulai membaik. Pada tiga bulan pertama 2021, industri asuransi jiwa berhasil mencatatkan pertumbuhan signifikan dari bulan - bulan sebelumnya. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mencatat premi industri asuransi jiwa naik hingga 24,77% yoy menjadi Rp 50,86 triliun per Maret 2021. Sedangkan premi tahun sebelumnya lebih rendah yaitu Rp 40,76 triliun. Premi asuransi diperkirakan bisa tumbuh dobel digital hingga akhir 2021. Beberapa faktor pendorong peningkatan tersebut menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah pembelian asuransi yang naik di awal tahun, daya beli masyarakat membaik, kesadaran masyarakat akan perlindungan diri juga kian meningkat serta edukasi dari asosiasi untuk meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat. Sementara BRI Life mencatatkan pertumbuhan premi 13,88% yoy menjadi Rp1,64 triliun pada triwulan I 2021. BRI Life menargetkan pertumbuhan premi Rp 5,57 triliun di tahun ini.

Kontan.co.id / 05-05-2021            

Inovasi Bisnis Asuransi Digital Astra Life Tumbuh Hingga 500 Persen

Astra Life berinovasi untuk memberikan pelayanan secara digital. Alhasil,  fokus Astra Life pada bisnis asuransi digital sejak awal pandemi mampu mendongkrak pertumbuhan hingga 500 persen berdasarkan data penjualan pada bulan Februari 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadin, mengatakan bahwa pandemi menjadi katalis bagi masyarakat dan industri asuransi untuk beralih ke digital. Terlebih, dengan dilakukannya pembatasan sosial berskala besar, maka seluruh kegiatan masyarakat ‘dipaksa’ untuk beralih pada digital online. Tak heran jika kemudian adopsi digital mengalami percepatan pertumbuhan atau hyper growth dan transformasi digital di seluruh industri menjadi prioritas pelaku bisnis untuk bisa beradaptasi dan tetap kompetitif di masa pandemi. Dengan memiliki infrastruktur berbasis digital, Astra Life telah meluncurkan berbagai jalur distribusi dan layanan berbasis digital yang saat ini menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Mediaasuransinews.co.id/ 05-05-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.467,01

IHSG (per 3 Mei 2021)

   5.963,82

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily, Bisnis.com, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Mediaasuransinews.co.id

DOWNLOAD PDF