AAJI Daily News - 19 Maret 2021


FM-CC-AAJI-06-001

Jumat, 19 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Efek Pandemi, Nasabah Asuransi Turun
  2. [Foto] Klaim Asuransi Terkait Covid-19
  3. AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth
  4. AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Jiwa Anyar
  5. [Foto] Produk Baru Asuransi
  6. Dear Nasabah, Ini Skema Baru Pembayaran Klaim Kresna Life. Ada yang Berubah
  7. Terkait Korupsi Jiwasraya, 13 Tersangka Korporasi Segera Diadili
  8. Manajemen dan Nasabah Sepakat Bentuk Panitia BPA Bumiputera
  9. Maksimalkan Multi Peran, Side Hustle Jadi Peluang Perempuan untuk Terus Berdaya dan Bermakna
  10. Satu Polis untuk Satu Keluarga dalam Asuransi AVA iFamily Protection
  11. Pertemukan AJB Bumiputera dan Pemegang Polis
  12. Berkas Perkara 13 Korporasi Tersangka Kasus Jiwasraya Dilimpahkan ke Kejari Jakpus
  13. Di tengah pandemi, nasabah Asuransi BRI Life masih tumbuh 9%
  14. AXA Mandiri luncurkan asuransi Mandiri Secure Wealth
  15. Kolaborasi PermataBank dan Astra Life Beri Perlindungan Kesehatan di Tengah Pandemi
  16. Korupsi Jiwasraya, Barang Bukti dan 13 Tersangka Korporasi Manajer Investasi Diserahkan ke JPU
  17. Pandemi Berikan Pelajaran, Persiapkan Finansial Jangka Panjang untuk Masa Depan Lewat Asuransi Jiwa
  18. Kenali Asuransi Jiwa Unit Link Serta Manfaat Nilai Tunai

TENTANG AAJI

Efek Pandemi, Nasabah Asuransi Turun

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, hingga kuartal IV 2020 jumlah nasabah atau tertanggung turun 7,0% year on year (yoy) menjadi 63,69 juta orang. Dari situ, nasabah perorangan dan kumpulan masing - masing turun 2,7% dan 8,6% secara tahunan. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan penurunan nasabah perorangan merupakan dampak ketidakpastian ekonomi akibat Covid-19. Efeknya, masyarakat mengurangi atau menunda pembelian polis. AAJI optimistis situasi akan membaik tahun ini. Hal ini terlihat dari tren peningkatan total pendapatan industri dari kuartal III ke IV tahun 2020 sebesar 82%.

Kontan, hal. 10 / 19-03-2021

[Foto] Klaim Asuransi Terkait Covid-19

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat jumlah klaim perusahaan asuransi jiwa terkait Covid-19 mencapai Rp661,46 miliar. Nilai itu merupakan pembayaran 9.128 polis perusahaan hingga Oktober 2020.

Kontan, hal. 10 / 19-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menghadirkan solusi perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan jangka panjang terbaru, Asuransi Mandiri Secure Wealth. Asuransi Mandiri Secure Wealth sebagai solusi perlindungan jiwa dwiguna (endowment) tersedia dalam dua pilihan plan, yaitu Plan 5 dan Plan 10. Nasabah bisa mendapatkan manfaat maksimal, yaitu perlindungan selama 10 tahun hanya dengan membayar premi selama 5 tahun bagi yang memilih Plan 5 dan perlindungan selama 15 tahun hanya dengan membayar premi selama 10 tahun bagi yang memilih Plan 10. Direktur AXA Mandiri Henky Oktavianus menjelaskan bahwa hadirnya solusi perlindungan terbaru ini menggarisbawahi komitmen AXA Mandiri untuk terus berinovasi dalam memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

HE Neraca, hal. 5 / 19-03-2021

AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Jiwa Anyar

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) meluncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth yang menyediakan perlindungan jiwa serta perencanaan jangka panjang. Direktur AXA Mandiri, Henky Oktavianus, mengatakan, kehadiran produk tersebut agar nasabah mempunyai perencana keuangan yang baik, khususnya menghadapi ketidakpastian akibat pandemi. Produk endowment ini tersedia dalam dua pilihan yaitu Plan 5 dan Plan 10. Untuk Plan 5, nasabah bisa mendapatkan manfaat maksimal berupa perlindungan selama 10 tahun  dengan membayar premi selama 5 tahun. Dengan Plan 10, nasabah bisa mendapat perlindungan 15 tahun dengan membayar premi 10 tahun.

Kontan, hal. 10 / 19-03-2021

[Foto] Produk Baru Asuransi

Head of Corporate Real Estate Manulife Indonesia, Pricsilla S. Tobing, bersama tim di kantor Manulife Indonesia, Selasa (16/3). Manulife Indonesia meluncurkan MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi High Net-Worth (HNW).

Kontan, hal. 10 / 19-03-2021

Dear Nasabah, Ini Skema Baru Pembayaran Klaim Kresna Life. Ada yang Berubah

Rencana penyelesaian klaim Kresna Life tercantum dalam putusan perjanjian perdamaian atau homologasi terbaru, sebagai tindak lanjut dari gugatan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang atau PKPU. Skema penyelesaian tagihan klaim produk Kresna Link Investa (K-LITA) terbagi ke dalam tujuh kelompok premi. Jangka waktu pembayaran klaim terpanjang ada untuk kelompok polis dengan premi di atas Rp2,5 miliar, yakni hingga Desember 2025. Pembayaran dilakukan bertahap mulai 2 persen pada Oktober 2021, 4 persen April 2022, 5 persen Oktober 2022, dan terus berlanjut hingga sisa 20 persen dibayarkan pada akhir 2025.

Bisnis.com / 18-03-2021

Terkait Korupsi Jiwasraya, 13 Tersangka Korporasi Segera Diadili

Kejagung melakukan pelimpahan tahap dua berupa barang bukti dan 13 tersangka korporasi terkait perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Kepala Pusat Penerangan Hukum pada Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengemukakan bahwa 13 tersangka korporasi dan barang bukti kini menjadi tanggungjawab pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejagung untuk ditindaklanjuti dengan menyusun surat dakwaan dan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Bisnis.com / 18-03-2021

Manajemen dan Nasabah Sepakat Bentuk Panitia BPA Bumiputera

Manajemen AJB Bumiputera 1912 bersama perwakilan Perkumpulan Pemegang Polis AJB Bumiputera 1912 dan serikat pekerja AJB Bumiputera 1912 menyepakati pembentukan panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA). Pembentukan panitia pemilihan anggota BPA itu juga mendapatkan restu dari OJK. Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK M. Ihsanuddin mengatakan pihaknya telah memfasilitasi pertemuan semua pihak terkait AJB Bumiputera 1912 tersebut pada Selasa (16/3). Akhirnya, terpilih 15 orang sebagai panitia pemilihan anggota BPA, Mereka terdiri dari unsur pemegang polis, asosiasi agen, dan serikat pekerja.

Cnnindonesia.com / 18-03-2021

Maksimalkan Multi Peran, Side Hustle Jadi Peluang Perempuan untuk Terus Berdaya dan Bermakna

Sun Life Indonesia turut merayakan momen Hari Perempuan Internasional 2021, dengan memberikan dukungan kepada perempuan Indonesia untuk lebih bermakna, berdaya dan berjaya. Kali ini, Sun Life membuka kesempatan kepada para perempuan Indonesia untuk lebih produktif serta memiliki side hustle, dengan menjadi bagian dari tenaga pemasar, yang memiliki peran kunci dalam meningkatkan literasi asuransi, sekaligus membantu lebih banyak keluarga Indonesia untuk meraih kesejahteraan finansial.

Fimela.com / 18-03-2021

Satu Polis untuk Satu Keluarga dalam Asuransi AVA iFamily Protection

PermataBank dan Astra Life berkolaborasi meluncurkan produk e-bancassurance AVA iFamily Protection di PermataMobile X. Produk ini merupakan asuransi kesehatan untuk keluarga Indonesia dengan aksesnya mudah. Menariknya, produk ini memungkinkan perlindungan bagi satu keluarga cukup dengan satu polis saja. Bahkan, bisa mencapai maksimal 7 orang dalam satu keluarga inti, yakni ayah, ibu, dan sampai 5 orang anak. Jadi, lebih praktis satu polis untuk semua. Preminya mulai dari Rp500.000 per tahun dan santunan Rawat Inap hingga Rp3.000.000 per hari. 

Grid.id / 18-03-2021

Pertemukan AJB Bumiputera dan Pemegang Polis

OJK memfasilitasi pertemuan antara manajemen AJB Bumiputera 1912 dan perwakilan beberapa perkumpulan pemegang polis serta serikat pekerja AJB Bumiputera 1912. Upaya tersebut akhirnya dilakukan otoritas di sektor jasa keuangan itu karena sebelumnya manajemen AJB Bumiputera belum melakukan pertemuan dengan pemegang polis yang juga merupakan pemegang saham perusahaan mutual seperti AJB Bumiputera. OJK menilai pertemuan itu cukup baik terselenggara tanpa kehadiran langsung dari pihak OJK karena manajemen dan perwakilan pemegang polis membahas beberapa isu terkait penentuan masa depan AJB Bumiputera (AJBB).

Jawapos.com / 18-03-2021

Berkas Perkara 13 Korporasi Tersangka Kasus Jiwasraya Dilimpahkan ke Kejari Jakpus

Tim jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung telah menyerahkan 13 berkas perkara tersangka korporasi manajer investasi (MI) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Asuransi Jiwasraya ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (18/3). Setelah itu, tim jaksa penuntut umum (JPU) akan segera menyiapkan surat dakwaan untuk kelengkapan pelimpahan ketiga belas berkas perkara tersebut ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kompas.com / 18-03-2021

Di tengah pandemi, nasabah Asuransi BRI Life masih tumbuh 9%

BRI Life mencatatkan kinerja cemerlang pada tahun lalu. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, di akhir 2020, jumlah tertanggung kami mencapai sekitar 12,34 juta orang atau tumbuh 9% yoy. Dengan realisasi itu, perusahaan makin optimistis menatap tahun 2021. Perseroan percaya, bahwa masih banyak ruang untuk tumbuh. Salah satunya melalui penetrasi asuransi ke masyarakat. Guna mencapai target tersebut, perusahaan akan terus mengembangkan produk proteksi sederhana demi menjangkau banyak nasabah melalui dukungan teknologi.

Kontan.co.id / 18-03-2021

AXA Mandiri luncurkan asuransi Mandiri Secure Wealth

PT AXA Mandiri Financial Services  meluncurkan Asuransi Mandiri Secure Wealth yang menyediakan perlindungan jiwa serta perencanaan jangka panjang. Direktur AXA Mandiri mengatakan, kehadiran produk tersebut agar nasabah mempunyai perencana keuangan yang baik. Produk ini memberikan manfaat  tunai yang bisa dinikmati selama masa asuransi.  Dengan begitu, nasabah dapat mempersiapkan dana yang cukup untuk rencana masa depan, baik untuk perencanaan berumah tangga, renovasi rumah, kebutuhan anak, perjalanan ibadah atau bahkan menikmati liburan.

Kontan.co.id / 18-03-2021

Kolaborasi PermataBank dan Astra Life Beri Perlindungan Kesehatan di Tengah Pandemi

PermataBank bekerjasama dengan Astra Life mengajak masyarakat untuk memproteksi diri dengan fitur E-Bancassurance hasil kolaborasi keduanya lewat super app PermataMobile X. Beberapa keunggulan yang ditawarkan, meliputi opsi premi kembali 100 persen di akhir masa kontrak nasabah sehingga tidak membebani keuangan keluarga, jaminan perlindungan bagi seluruh keluarga dalam 1 polis yang sama (hingga lebih dari 5 anggota keluarga), dan adanya diskon premi untuk setiap penambahan jumlah tertanggung hingga 20 persen.

Liputan6.com / 18-03-2021

Korupsi Jiwasraya, Barang Bukti dan 13 Tersangka Korporasi Manajer Investasi Diserahkan ke JPU

Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, telah melakukan serah terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti 13 berkas perkara tersangka korporasi perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kerugian negara dalam korupsi tersebut mencapai Rp 12,157 triliun. Hal itu berdasarkan laporan hasil pemeriksaan investigatif BPK RI periode 2008-2018 dengan Nomor: 06/LHP/XXI/03/2020 tanggal 9 Maret 2020. Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Leonard Eben Ezer mengatakan, seluruh berkas perkara itu diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Tribunnews.com / 18-03-2021

Pandemi Berikan Pelajaran, Persiapkan Finansial Jangka Panjang untuk Masa Depan Lewat Asuransi Jiwa

Manulife Indonesia meluncurkan MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi The High Net-Worth (HNW). Kevin Kwon, Director & General Manager Agency menjelaskan jika pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Fimela.com / 18-03-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

Kenali Asuransi Jiwa Unit Link Serta Manfaat Nilai Tunai

Berbeda dengan asuransi lainnya, asuransi jiwa unit link menawarkan dua manfaat, yaitu manfaat perlindungan jiwa dan manfaat investasi di dalamnya, yang mana nilainya tidak dijamin. Unit link dapat menjadi pilihan bagi individu yang ingin berinvestasi tanpa harus repot mempelajari banyak detail untuk berinvestasi. Nilai tunai pada asuransi jiwa unit link bergerak fluktuatif seiring dengan perkembangan pasar modal atau risiko pasar. risiko pasar disebabkan oleh kondisi ekonomi dan/atau sentimen pasar modal yang dapat menyebabkan nilai investasi mengalami penurunan, akibatnya nilai unit yang dimiliki oleh pemegang polis juga bisa berkurang.

Liputan6.com / 18-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.410

IHSG (per 18  Maret 2021)

   6.347,83

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan, HE Neraca, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Fimela.com, Grid.id, Jawapos.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Tribunnews.com.

DOWNLOAD PDF