AAJI Daily News - 7 Oktober 2021


Kamis 7 Oktober 2021                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Komunitas Korban Asuransi Unit Link Adukan Nasib ke DPR
  2. Nasabah Unit-linked Mengadu ke DPR, Agen Asuransi Jadi Sorotan
  3. Nasabah Unit-linked Mengadu ke DPR, Agen Asuransi Jadi Sorotan
  4. Ke DPR, Nasabah Korban Unit Link Beberkan Berbagai Modus Penipuan Asuransi
  5. Cari Keadilan, Komunitas Korban Asuransi Datangi DPR
  6.  Mengadu ke DPR, Korban Asuransi Unit Link Beberkan Masalah
  7.  DPR Bakal Panggil OJK Bahas Perselisihan Penjualan Unit Link
  8. DPR Bakal Panggil OJK Bahas Perselisihan Penjualan Unit Link
  9. Aduan Nasabah Soal Unitlink Semakin Meluas
  10. Pendapatan Premi Unit Link Allianz Life Indonesia Tumbuh 50 Persen Pada Kuartal II/2021
  11. Tren Belanja Online Meningkat, Bagaimana Cara Aman Bertransaksi?
  12. Tips Persiapan Finansial Pasca Pandemi, Apa yang Harus Dipersiapkan?
  13. Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Isolasi Mandiri
  14. AIA Dan Prodia Kompak Kampanyekan Pentingnya Medical Check-up Rutin
  15. AIA Gandeng Prodia Tingkatkan Gaya Hidup Sehat ke Nasabah
  16. Jumlah Nasabah Terus Bertumbuh, Cigna Komitmen Tingkatkan Pelayanan
  17. Cigna siapkan solusi finansial untuk tingkatkan kesehatan nasabah
  18. SURVEI CIGNA: Masyarakat Makin Peduli Terhadap Kesehatan
  19. CIGNA Peduli Terhadap Kesehatan Masyarakat
  20. Kesediaan Bayar Premi Meningkat Saat Pandemi
  21. Terus Berinovasi Dan Tingkatkan Layanan
  22. Industri asuransi himpun premi Rp 20,9 triliun per Agustus 2021
  23. Industri Sambut Baik Task Force
  24. 11 Perusahaan Asuransi Tergabung dalam Task Force Keuangan Berkelanjutan

INDUSTRI & ASURANSI

Komunitas Korban Asuransi Unit Link Adukan Nasib ke DPR

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman dari Komisi III DPR menerima perwakilan komunitas korban asuransi unit link yang menyampaikan langsung persoalannya di ruang Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Rabu (6/10/2021). Maria Trihartati, koordinator korban asuransi unit link , menjelaskan asuransi unit link itu ternyata penuh dengan biaya yang harus ditanggung oleh para nasabah. 

Beritasatu.com/6-10-2021

Nasabah Unit-linked Mengadu ke DPR, Agen Asuransi Jadi Sorotan

Nasabah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-linked yang dirugikan oleh beberapa perusahaan asuransi jiwa, menemui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengadu dan menuntut adanya reformasi di industri asuransi. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati (46) berharap DPR menindaklanjuti pengaduan ini dengan memanggil pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menurutnya tidak mampu melindungi kepentingan masyarakat Indonesia.

Bisnis.com/6-10-2021

Ke DPR, Nasabah Korban Unit Link Beberkan Berbagai Modus Penipuan Asuransi

Sejumlah nasabah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau sering disebut unit link yang merasa dirugikan oleh perusahaan asuransi jiwa pada hari ini menemui anggota Dewan Perwakilan Rakyat.Mereka mengadukan sejumlah masalah yang dihadapi, khususnya terkait praktik pemasaran oleh industri asuransi yang mengarah ke mis-sellingdan mencurangi calon nasabah.

Tempo.co/6-10-2021

Cari Keadilan, Komunitas Korban Asuransi Datangi DPR

Komunitas korban asuransi unit link menyampaikan persoalan mereka secara langsung ke DPR RI. Pertemuan tersebut diterima oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman dari Komisi III DPR Jakarta, Rabu (6/10). Koordinator korban, Maria Trihartati menjelaskan asuransi unit link itu ternyata penuh dengan biaya yang harus ditanggung oleh para nasabah. Namun, semua biaya itu tidak pernah dijelaskan secara jujur pada saat awal penawaran.

Jpnn.com/6-10-2021

Mengadu ke DPR, Korban Asuransi Unit Link Beberkan Masalah

Perwakilan komunitas korban asuransi unit link menyampaikan persoalannya secara langsung ke DPR RI. Pertemuan tersebut diterima oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman dari Komisi III DPR RI di ruang Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu (6/10). Maria Trihartati, koordinator korban asuransi unit link, menjelaskan asuransi unit link itu ternyata penuh dengan biaya yang harus ditanggung oleh para nasabah. Sayangnya, semua biaya itu tidak pernah dijelaskan secara jujur pada saat awal penawaran.

Republika.co.id/6-10-2021

DPR Bakal Panggil OJK Bahas Perselisihan Penjualan Unit Link

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait perselisihan ( dispute ) yang terjadi pada penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link . DPR juga mengaku tengah melakukan investigasi atas berbagai keluhan nasabah menyangkut produk tersebut.

Investor.id/6-10-2021

DPR Bakal Panggil OJK Bahas Perselisihan Penjualan Unit Link

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait perselisihan ( dispute ) yang terjadi pada penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link . DPR juga mengaku tengah melakukan investigasi atas berbagai keluhan nasabah menyangkut produk tersebut.

Investor Daily/7-10-2021

Aduan Nasabah Soal Unitlink Semakin Meluas

Aduan nasabah unitlink terus bergulir. Sebanyak delapan orang perwakilan nasabah asuransi yang menjadi korban terkait mis-setting penjualan produk unitlink meminta bantuan ke DPR terkait persoalan pengembalian dana nasabah asuransi unitlink yang tidak sesuai dengan perjanjian awal.

Kontan/7-10-2021

Pendapatan Premi Unit Link Allianz Life Indonesia Tumbuh 50 Persen Pada Kuartal II/2021

Sampai dengan kuartal II 2021, pendapatan premi unit link Allianz Life Indonesia baik dari bisnis baru maupun perpanjangan atau renewal sebesar Rp 9,7 triliun, atau tumbuh 50 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Bisnis.com/6-10-2021

Tren Belanja Online Meningkat, Bagaimana Cara Aman Bertransaksi?

Allianz menghadirkan OptimAll, portal distribusi asuransi digital yang menyediakan berbagai pilihan produk, salah satunya yaitu Asuransi Kesehatan. Selain memberikan kenyamanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi secara online, OptimAll juga telah tersertifikasi ISO 27001: 2013 yang berarti calon nasabah tidak perlu khawatir terhadap keamanan data mereka.

Detik.com/6-10-2021

Tips Persiapan Finansial Pasca Pandemi, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Allianz Indonesia baru-baru ini menggelar Webinar Series dengan topik "Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan".  Pada webinar series kali ini, Allianz Indonesia menghadirkan Melvin Mumpuni, ST., MBA., CFP(r), QWP(r), seorang perencana keuangan dan CEO Finansialku.com yang akan berbagi tips mengenai persiapan keuangan pasca pandemi dengan manajemen risiko serta pengaturan cash flow.

Suara.com/6-10-2021

Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Isolasi Mandiri

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan bagi nasabah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) memberikan manfaat tambahan untuk tertanggung yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri (ISOMAN).

Sinarharapan.id/6-10-2021

AIA Dan Prodia Kompak Kampanyekan Pentingnya Medical Check-up Rutin

PT AIA FINANCIAL (AIA) dan PT Prodia Widyahusada Tbk sepakat bekerjasama untuk menggalakkan kampanye di masyarakat terkait pentingnya melakukan medical check-up secara rutin agar kondisi tubuh terkini dapat diketahui secara update . Melalui AIA Vitality, kampanye tersebut juga dibarengi dorong an untuk penerapan gaya hidup sehat , sebagai terobosan program health and wellness yang terhubung dengan produk asuransi AIA 

Wartaekonomi.co.id/6-10-2021

 

AIA Gandeng Prodia Tingkatkan Gaya Hidup Sehat ke Nasabah

PT AIA Financial (AIA) bekerjasama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) paparkan fakta pentingnya medical check-up secara rutin sekaligus mendorong penerapan gaya hidup sehat dengan memantau kondisi kesehatan melalui AIA Vitality.

Sindonews.com/6-10-2021

Jumlah Nasabah Terus Bertumbuh, Cigna Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Hasil survei Skor Kesejahteraan 360° yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18.000 responden di 21 negara, termasuk Indonesia, pada kuartal kedua 2021, menyimpulkan bahwa masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. President Director & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds di Jakarta, Rabu (6/10) mengungkapkan, dari survei ini, Cigna bertujuan memberi solusi terhadap pengelolaan finansial terkait kesehatan dan kesejahteraan sesuai kebutuhan mereka.

Mediaindonesia.com/6-10-2021

Cigna siapkan solusi finansial untuk tingkatkan kesehatan nasabah

Perusahaan asuransi jiwa Cigna Indonesia berkomitmen menyediakan solusi perlindungan asuransi yang mampu membantu nasabah meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan ketenangan pikiran sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Antaranews.com/6-10-2021

SURVEI CIGNA: Masyarakat Makin Peduli Terhadap Kesehatan

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Hal itu terungkap dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360 yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18 ribu responden di 21 negara pada kuartal II-2021. Presiden Direktur dan CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, Dari survei ini Cigna bertujuan memberi solusi terhadap pengelolaan finansial terkait kesehatan dan kesejahteraan sesuai kebutuhan mereka. 

Investor Daily/7-10-2021

CIGNA Peduli Terhadap Kesehatan Masyarakat

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Hal itu terungkap dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360 yang dilakukan Cigna secara global terhadap 18 ribu responden di 21 negara pada kuartal II-2021. Presiden Direktur dan CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, Dari survei ini Cigna bertujuan memberi solusi terhadap pengelolaan finansial terkait kesehatan dan kesejahteraan sesuai kebutuhan mereka.

Koran Sindo/7-10-2021

Kesediaan Bayar Premi Meningkat Saat Pandemi

Kesediaan masyarakat untuk membeli asuransi dan membayar premi meningkat dalam dua tahun terakhir. Pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Dua hal itu saling mengonfirmasi hasil survei Skor Kesejahteraan 360 yang dilakukan Cigna secara global dan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK). President Director & CEO Cigna Indonesia Phil Reynolds mengatakan, berdasarkan hasil survei itu, Cigna bisa melakukan inovasi.

Media Indonesia/7-10-2021

Terus Berinovasi Dan Tingkatkan Layanan

Survei Manulife Asia Care, dilaksanakan pada akhir Mei 2021, menargetkan 300 nasabah asuransi di Indonesia yang memiliki polis Manulife atau asuransi perusahaan lainnya. Semua responden mengungkapkan kekhawatiran mengenai dampak pandemi jangka panjang terhadap ekonomi lokal. Ryan Charland, President dan CEO Manulife Indonesia mengatakan, perusahaan memahami kebutuhan nasabah yang beragam, Produk Manulife dilengkapi dengan perlindungan kesehatan dan asuransi tambahan yang dapat menjadi solusi lengkap untuk keluarga Indonesia

Galamedia/7-10-2021

Industri asuransi himpun premi Rp 20,9 triliun per Agustus 2021

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo mengungkapkan, industri asuransi berhasil menghimpun total premi Rp 20,9 triliun pada Agustus 2021. Dengan rincian industri asuransi jiwa sebesar Rp13,6 triliun, asuransi umum dan reasuransi sebesar Rp7,3 triliun. RBC industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing sebesar 633,6% dan 336,8%, jauh di atas ambang batas ketentuan OJK sebesar 120%.

Kontan.co.id/7-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Industri Sambut Baik Task Force

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan di Sektor Jasa Keuangan (SJK). Satuan tugas lnl berperan mengembangkan ekosistem keuangan secara berkelanjutan. Sejumlah pemain dan pemangku kepentingan di sektor jasa keuangan menyambut positif pembentukan satuan tugas tersebut.

Tribun Medan/6-10-2021

11 Perusahaan Asuransi Tergabung dalam Task Force Keuangan Berkelanjutan

Sebanyak 11 perusahaan asuransi menjadi anggota task force keuangan berkelanjutan di sektor jasa keuangan yang dibentuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) . Pembentukan task force ini sebagai upaya mewujudkan pengembangan ekosistem keuangan berkelanjutan , serta bentuk dukungan komitmen OJK pada upaya mitigasi serta adaptasi perubahan iklim yang tertuang dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Bisnis.com/6-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.260.00

IHSG (per 6 Oktober 2021)

6.417,32

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF