AAJI Daily News - 24 Maret 2021


Tanggal terbit (24 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 24 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Hasil Investasi Asuransi Jiwa Membaik
  2. AAJI proyeksi hasil investasi asuransi jiwa bakal tumbuh positif
  3. AAJI proyeksi hasil investasi asuransi jiwa bakal tumbuh positif
  4. PermataBank dan Astra Life Luncurkan AVA Family Protection di Permata Mobile
  5. Kresna Life Mulai Bayar Klaim
  6. Seperti Kudeta, Preseden Buruk di AJB Bumiputera Sungguh Tidak Baik
  7. PKPU Berakhir Damai, Kresna Life Kembali Bayar Para Pemegang Polis
  8. Allianz Life dan HSBC Indonesia Perluas Kerja Sama Bancassurance
  9. Begini tanggapan pelaku usaha terkait aturan manajemen risiko TI sektor non bank
  10. Klaim Asuransi Penggantian Biaya Perawatan Ditolak Padahal Sesuai Polis dan Info Telemarketing
  11. Menit-Menit Panas Air Terjun AJB Bumiputera 1912
  12. Demi Meningkatkan Layanan Produk Asuransi Kesehatan, Prudential Luncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

TENTANG AAJI

Hasil Investasi Asuransi Jiwa Membaik

AAJI memproyeksikan hasil investasi industri asuransi jiwa bisa tumbuh positif tahun 2021. Hal ini seiring dengan potensi kenaikan IHSG dan perbaikan ekonomi nasional. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI, Fauzi Arfan, mengatakan perbaikan investasi mulai terlihat dari pertumbuhan kinerja hasil investasi per kuartal. Berdasarkan data AAJI, hasil investasi kuartal IV 2020 tumbuh 773,3% dari Rp4,07 triliun di kuartal sebelumnya menjadi Rp35,52 triliun.

Kontan, hal. 10 / 24-03-2021

AAJI proyeksi hasil investasi asuransi jiwa bakal tumbuh positif

AAJI memproyeksi hasil investasi industri asuransi jiwa bisa tumbuh positif tahun 2021. Hal ini seiring dengan kenaikan IHSG serta perbaikan ekonomi nasional. Perbaikan investasi juga mulai terlihat pertumbuhan kinerja hasil investasi per kuartal. Berdasarkan data AAJI, hasil investasi kuartal IV 2020 tumbuh hingga 773,3% dari Rp 4,07 triliun di kuartal sebelumnya menjadi Rp 35,52 triliun. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan menyebut, industri mengambil langkah untuk mengalihkan dan penempatan dana investasi secara strategis sehingga hasil investasi pada akhir 2020 mencatatkan perbaikan setelah sempat negatif .

Kontan.co.id / 23-03-2021

AAJI proyeksi hasil investasi asuransi jiwa bakal tumbuh positif

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memproyeksi hasil investasi industri asuransi jiwa bisa tumbuh positif tahun 2021. Hal ini seiring dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta perbaikan ekonomi nasional. "Proyeksi hasil investasi di 2021 akan lebih baik dari 2020 karena ekonomi tumbuh lebih baik," kata Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan. Perbaikan investasi juga mulai terlihat pertumbuhan kinerja hasil investasi per kuartal. Berdasarkan data AAJI, hasil investasi kuartal IV 2020 tumbuh hingga 773,3% dari Rp 4,07 triliun di kuartal sebelumnya menjadi Rp 35,52 triliun.

indonesiaonline.co.id / 23-03-2021

PermataBank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection di PermataMobile X

PermataBank dan Astra Life meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama AVA iFamily Protection di PermataMobile X. AVA iFamily Protection di PermataMobile X diluncurkan melalui virtual press conference dengan menghadirkan narasumber Ancilla Lily selaku Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life, Ursula Sista Pravesthi selaku Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank, dan Alain Tandi selaku Head of Wealth Management Product PermataBank. Menurut Data yang dikeluarkan AAJI pada Maret 2021, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV 2020 meningkat sebesar 81,7% dari Rp 50,56 triliun menjadi Rp 91,86 triliun dan optimis akan terus meningkat. Fakta lainnya adalah angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat yaitu Rp 5,22 triliun di kuartal II 2020 menjadi Rp 9,88 triliun di kuartal IV 2020.

topbusiness.id / 23-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Kresna Life Mulai Bayar Klaim

PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life menyatakan telah memulai pembayaran klaim kepada para pemegang polis. Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau PKPU dinilai berakhir damai seiring adanya skema penyelesaian. Hal tersebut sesuai dengan Putusan Pengesahan Perjanjian Perdamaian (homologasi) Nomor 389/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Jkt. Pst tanggal 18 Februari 2021. Skema penyelesaian tagihan klaim produk Kresna Link Investa (K-LITA) terbagi ke dalam tujuh kelompok premi. Pembagian itu berdasarkan nilai premi yakni dari Rp50–100 juta, Rp100–200 juta, hingga yang tertinggi di atas Rp2,5 miliar.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 24-03-2021

Seperti Kudeta, Preseden Buruk di AJB Bumiputera Sungguh Tidak Baik

Aparat Penegak Hukum  (APH) dalam hal ini Kejaksaan Agung, Kepolisian, Penyidik OJK dll, sudah sangat tepat bertindak tegas menertibkan kegaduhan yang mengganggu norma-norma ketentuan yang berlaku, dan tepat memasukannya ke ranah hukum kasus panas yang melanda AJB Bumiputera 1912. Pengamat Asuransi Diding S Anwar mengatakan, yang terjadi sekarang di AJB Bumiputera 1912 seperti pengambil alihan paksa untuk merobohkan kewenangan kekuasan cara ilegal. Ia berharap semoga tidak tambah sibuk menjadi masuk ke ranah-ranah yang lain-lain misal menjadi pergerakan politik.

Akurat.co / 23-03-2021

PKPU Berakhir Damai, Kresna Life Kembali Bayar Para Pemegang Polis

PKPU terhadap PT Asuransi Jiwa Kresna alias Kresna Life berakhir damai. Kini pembayaran kepada pemegang polis yang sempat ditangguhkan, dilakukan kembali. Pembayaran klaim dilakukan sesuai dengan Skema Penyelesaian dalam Perjanjian Perdamaian. Tercatat sebanyak 94,90 persen kreditor yang hadir menyetujui proposal perdamaian yang diajukan oleh Perseroan. Setelah berakhir damai, Kresna Life bakal melaksanakan skema penyelesaian sebagaimana diatur dalam Perjanjian Perdamaian.

Kompas.com / 23-03-2021

Allianz Life dan HSBC Indonesia Perluas Kerja Sama Bancassurance

Allianz Life dan HSBC Indonesia memperluas kerjasama bancassurance dengan meresmikan kanal distribusi telemarketing. Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo menyampaikan, pihaknya memiliki aspirasi untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan perlindungan asuransi, kedua pihak turut memperkenalkan produk pertama melalui jalur distribusi telemarketing bernama Critical Illness Care Protection.

Investor.id / 22-03-2021

Begini tanggapan pelaku usaha terkait aturan manajemen risiko TI sektor non bank

OJK baru saja merilis aturan mengenai penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi di sektor non-bank sebagaimana tertuang dalam POJK Nomor 4/pojk.05/2021. Kehadiran aturan tersebut mendapat tanggapan beragam dari pelaku usaha no-bank. Vice Chairman of Executive Board Indomobil Finance Gunawan Effendi mengaku siap menerapkan manajemen risiko tersebut sesuai dengan ketentuan regulator. Melalui ketentuan tersebut, ia berharap pengembangan teknologi informasi akan lebih tertata dan terkontrol dengan baik. Dengan begitu, bisa memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pengguna maupun konsumen.

Kontan.co.id / 23-03-2021

Klaim Asuransi Penggantian Biaya Perawatan Ditolak Padahal Sesuai Polis dan Info Telemarketing

Pada 14 Pebuari 2021 saya kirimkan semua kelengkapan data yang diminta via paket dokumen. Kenapa tanggal tersebut karena saya dirawat di RS sebelumnya. Setelah lama menunggu dan berkali-kali harus saya yang proaktif menanyakan perihal klaim asuransi tersebut. Pada tanggal 22 Maret 2021 mendapat jawaban bahwa klaim asuransi ditolak tanpa ada penjelasan. Saya sebagai pihak yang membayar premi tentunya keberatan atas ditolaknya klaim asuransi tersebut karena semua data yang dibutuhkan sudah dikirimkan sesuai dengan arahan pihak BCA Life.

Mediakonsumen.com / 23-03-2021

Menit-Menit Panas Air Terjun AJB Bumiputera 1912

Hanya beberapa menit setelah OJK menetapkan Nurhasanah sebagai tersangka, tiga rombongan pemegang polis AJB Bumiputera 1912 berada di kantor pusat perusahaan dan mulai melakukan pembersihan ruang BPA. Jumat (19/3) pukul 09.52 WIB muncul pemberitahuan dari kelompok media OJK. Kabar tersebut memuat siaran pers yang menyebutkan Ketua Badan Keanggotaan BPA Bumiputera 1912 Nurhasanah sebagai tersangka. Tak lama kemudian, informasi berubah menjadi berita dan langsung menyebar. Namun, ternyata ada yang tak kalah cepat dari pemberitaan di media online, yakni aksi sejumlah pemegang polis di Wisma Bumiputera pada pukul 10.00 WIB.

Polressidrap.com / 23-03-2021

Demi Meningkatkan Layanan Produk Asuransi Kesehatan, Prudential Luncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah

Prudential luncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah. Kedua produk asuransi ini menjawab ketidakpastian yang timbul akibat pandemi Covid-19. Produk tersebut memiliki beberapa keuntungan utama yang ditawarkan pada nasabah. Produk yang menawarkan keunggulan berupa media komplit dan fleksibilitas tinggi, nasabah juga bebas memilih kategori dan batas harga kamar rawat inap. Nasabah akan menerima batas manfaat tahunan hingga 65 miliar rupiah dan dapat dipakai nyaris di seluruh dunia. Bagi nasabah yang menjalani rawat jalan kanker dan cuci darah akan mendapat jaminan sesuai dengan tagihan hunian sakit.

Solotrust.com / 23-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.397

IHSG (per 23 Maret 2021)

   6.252,71

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kontan, Akurat.co, Investor.id, Kontan.co.id, Kompas.com, Indonesiaonline.co.id, Mediakonsumen.com, Polressidrap.com, Solotrust.com, Topbusiness.id.

DOWNLOAD PDF