AAJI Daily News - 10 Agustus 2021


Tanggal terbit (10 / 08 / 2021)

Selasa 10 Agustus 2021                                                                                                                                                      

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.    BERITA FOTO – Ekuitas Asuransi Jiwa
  2. BERITA FOTO – Struktur Permodalan Industri Asuransi Jiwa
  3.     OJK: Total aset industri asuransi tercatat mencapai Rp 768,49 triliun per Juni 2021
  4. Industri Asuransi Tumbuh 11 Persen di Tengah Pandemi Covid-19
  5. Hingga Semester I Aset Industri Asuransi Melesat
  6. Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Meningkat
  7. Inovasi Di Berbagai Customer Journey
  8. Keluarkan Produk Baru, BNI LIFE Gandeng BANK BJB
  9.     bank bjb dan BNI Life Kolaborasi Luncurkan Produk Bancassurance
  10.  Perkuat kanal bancassurance, BNI Life gandeng Bank BJB
  11. BNI Life Gaet Bank BJB, Dorong Bancassurance dengan Asuransi Nasabah Prioritas
  12.  Asuransi Jiwa bank bjb-BNI Life Tawarkan Pertanggungan hingga Rp 20 M
  13.  Utamakan keamanan data nasabah, Generali lolos uji sertifikasi ISO 27001
  14. Nasabah Kelas Kakap Makin Cari Proteksi, Peluang bagi Industri Asuransi

TENTANG AAJI

BERITA FOTO – Ekuitas Asuransi Jiwa

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjabarkan: kuartal 1/2021, industri asuransi jiwa mencatatkan ekuitas Rp 135,85 triliun atau tumbuh 8,5% (year-on-year/yoy) dari kuartal I/2020 senilai Rp 125,01 triliun.

Kontan/10-08-2021

BERITA FOTO – Struktur Permodalan Industri Asuransi Jiwa

Industri asuransi jiwa mulai mengerek ekuitas pada tahun ini, setelah sempat terpukul pandemi Covid-19 sepanjang 2020. Struktur permodalan yang lebih kuat dinilai mampu menunjang pertumbuhan kinerja pada sisa tahun berjalan dan ketahanan keuangan menjadi perhatian industri asuransi di tengah pagebluk saat ini.

Bisnis Indonesia/10-08-2021

INDUSTRI & ASURANSI

OJK: Total aset industri asuransi tercatat mencapai Rp 768,49 triliun per Juni 2021

Berdasarkan statistik asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Juni 2021 total aset industri asuransi tercatat mencapai Rp 768,49 triliun atau tumbuh 11% ( /yoy) dari sebelumnya yang sebesar Rp 692,36 triliun. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK Kristianto Andi Handoko mengungkapkan, pertumbuhan aset pada penghujung semester I/2021 dipengaruhi oleh perolehan premi yang juga tumbuh baik. Menurutnya, motor penggerak industri secara keseluruhan adalah asuransi jiwa, yang preminya tumbuh hingga dobel digit

Kontan.co.id/9-08-2021

Industri Asuransi Tumbuh 11 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Berdasarkan statistik asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Juni 2021 total aset industri asuransi tercatat mencapai Rp 768,49 triliun atau tumbuh 11% (year-on-year/yoy) dari sebelumnya yang sebesar Rp 692,36 triliun. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK Kristianto Andi Handoko mengungkapkan, pertumbuhan aset pada penghujung semester I/2021 dipengaruhi oleh perolehan premi yang juga tumbuh baik. Menurutnya, motor penggerak industri secara keseluruhan adalah asuransi jiwa, yang preminya tumbuh hingga dobel digit. Hingga Juni 2021, kenaikan preminya mencapai 18,35% untuk asuransi jiwa, masih menjadi primadona dari konsumen atau para pemegang polis di Indonesia.

Tribunnews.com/9-08-2021

Hingga Semester I Aset Industri Asuransi Melesat

Aset industri asuransi masih bisa bertumbuh. Berdasarkan statistik asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Juni 2021 total aset industri asuransi tercatat mencapai Rp 768,49 triliun atau tumbuh 11% year-on-year (yoy) dari sebelumnya yang sebesar Rp 692,36 triliun. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK Kristianto Andi Handoko mengungkapkan, pertumbuhan aset pada penghujung semester I/2021 dipengaruhi oleh perolehan premi yang juga tumbuh baik. Menurutnya, motor penggerak industri secara keseluruhan adalah asuransi jiwa, yang preminya tumbuh hingga dobel digit

Kontan/10-08-2021

Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Meningkat

Tingginya kasus Covid-19 di Indonesia membuat klaim asuransi terkait Covid-19 ikut melonjak. Jika menilik data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa telah membayarkan total klaim Covid-19 senilai Rp 1,46 triliun pada periode Maret 2020 hingga Februari 2021. Klaim tersebut telah dibayarkan kepada 24.997 polis. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai, klaim Covid-19 nilainya akan terus meningkat, di sisi lain juga akan berpotensi memperkuat bisnis industri asuransi. Sejak awal pandemi sampai dengan Juni 2021 BNI Life telah membayar klaim terkait Covid-19 lebih dari Rp 189 miliar.

Tribun Medan/9-08-2021

Inovasi Di Berbagai Customer Journey

Allianz Life Indonesia menyiasati pandemi dengan sejumlah amunisi berbalut inovasi layanan digital. Tidak hanya memudahkan, fitur-fitur unggulan ini terbukti efektif mendongkrak kinerja perusahaan. Menurut Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, sejauh ini Allianz fokus untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia atau insuring more people. Komitmen tersebut juga yang menjadi latar belakang dari setiap inovasi layanan dan produk yang dilakukan. Ekosistem digital tersebut meliputi Allianz eAZy Connect, Allianz eAZy Payment, Allianz eAZy Cover, dan Allianz Smart Point. Serangkaian inovasi ini merupakan fitur yang tersedia pada website Allianz Life Indonesia di Allianz.co.id. Semua interaksi baik pembelian, konsultasi, ataupun klaim antara nasabah dan perusahaan asuransi dilakukan secara online.

Marketing/10-08-2021

Keluarkan Produk Baru, BNI LIFE Gandeng BANK BJB

PT BNI Life Insurance (BNI Life) meluncurkan produk asuransi baru bekerjasama dengan PT Bauk Pembangunan Daerah Jawa Bai at dan Banten, Tbk (Bank BJB) melalui kanal bancassurance. Adapun produk asuransi yang diluncurkan BNI Life bernama Solusi Proteksi Prima dan ditujukan bagi nasabah prioritas Bank BJB. Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriani mengatakan, BNI Life dapat menjadi partner yang baik bagi Bank BJB sehingga kerjasama ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan terus berkembang di masa yang akan datang

Kontan/10-08-2021

bank bjb dan BNI Life Kolaborasi Luncurkan Produk Bancassurance

Sebagai salah satu langkah memperluas jalinan kerjasama perusahaan, bank bjb dan PT BNI Life Insurance (BNI Life) meluncurkan produk asuransi baru yakni Solusi Proteksi Prima. Peluncuran dilaksanakan secara virtual pada Kamis 22 Juli 2021 dihadiri oleh Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini serta Direktur Bisnis BNI Life Neny Asriany.

Jawapos.com/9-08-2021

Perkuat kanal bancassurance, BNI Life gandeng Bank BJB

PT BNI Life Insurance (BNI Life) meluncurkan produk asuransi baru bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) melalui kanal bancassurance. Produk asuransi yang diluncurkan BNI Life bernama Solusi Proteksi Prima dan ditujukan bagi nasabah prioritas Bank BJB.

Kontan.co.id/9-08-2021

BNI Life Gaet Bank BJB, Dorong Bancassurance dengan Asuransi Nasabah Prioritas

PT BNI Life Insurance menjalin kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB dalam mengembangkan produk asuransi bagi nasabah prioritas. Produk itu akan dipasarkan melalui kanal bancassurance.
Bisnis.com/9-08-2021

Asuransi Jiwa bank bjb-BNI Life Tawarkan Pertanggungan hingga Rp 20 M

bank bjb bersama PT BNI Life Insurance (BNI Life) memiliki produk asuransi baru bernama Solusi Proteksi Prima. Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini menerangkan produk asuransi tersebut dibuat dengan tujuan memberikan proteksi diri dan rasa aman secara finansial kepada para pihak tertanggung secara maksimal dalam mengantisipasi hal-hal tidak terduga di masa yang akan datang. 

Detik.com/9-08-2021

Utamakan keamanan data nasabah, Generali lolos uji sertifikasi ISO 27001

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) berhasil meraih sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi tersebut merupakan penilaian standar internasional yang menetapkan persyaratan dari sistem manajemen dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk membangun, mengimplementasikan, mengoperasikan, memantau, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi. Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit menjelaskan, asabah dan calon nasabah merasa tenang untuk keamanan data saat berinteraksi secara digital dengan Generali. Transaksi keuangan secara digital pun semakin mudah, aman dan nyaman

Kontan.co.id/9-08-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.369.00

IHSG (per 9 Agustus 2021)

6.127,46

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF