AAJI Daily News - 6 April 2021


Tanggal terbit (06 / 04 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Selasa, 6 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Kasus Jiwasraya Dinilai Bikin panik Investor
  2. AIA Klarifikasi Tudingan Penipuan Asuransi
  3. Terdakwa Sebut Penegakan Hukum Jiwasraya Merusak Bursa Efek dan Bikin Panik Investor
  4. Begini Curhatan Pemegang Polis Jiwasraya yang Ikut Program Restrukturisasi
  5. Nasabah Rugi 100% & Pemalsuan Data, Ini Tanggapan Prudential
  6. Prudential dorong peningkatan gaya hidup sehat lewat aplikasi Pulse
  7. Terobosan Lembaga Insurtech Lindungi Jiwa Para Nelayan
  8. Tips Jaga Keamanan Data Pribadi bagi Nasabah di Tengah Maraknya Asuransi Digital
  9. Ini yang jadi pangkal persoalan di industri asuransi

INDUSTRI & ASURANSI

Kasus Jiwasraya Dinilai Bikin Panik Investor

Nota keberatan pribadi terdakwa kasus PT Asuransi Jiwasraya (AJS), Piter Rasiman bocor pada Minggu 4 April 2021. Tak diketahui siapa yang membocorkan nota keberatan yang akan disampaikan pada persidangan Senin 5 April 2021 di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Dikutip dalam keterangan yang diterima, terdapat 117 emiten dalam portofolio PT. AJS yang disebutkan dibeli Piter dalam surat dakwaan penuntut umum. Namun tidak diuraikan sama sekali saham mana yang dibeli atau nominee darinya. Surat dakwaan tersebut juga tidak menguraikan dari mana masing-masing saham tersebut didapat. Kini banyak ahli pasar modal sampai Ketua BEI sudah mulai ‘berteriak’ melalui berbagai media massa, menyebutkan bahwa Unrealized Loss bukanlah kerugian. Karena kerugian baru akan terjadi apabila saham tersebut sudah dijual dengan nilai lebih rendah dari perolehannya.

HE Neraca, page 6 / 06-04-2021

AIA Klarifikasi Tudingan Penipuan Asuransi

Tuduhan penipuan yang dialamatkan AKBP Sutomo terhadap asuransi AIA mendapat klarifikasi. Chief Marketing Officer PT AIA Financial Lim Chet Ming menuturkan semua syarat dan ketentuan telah diinformasikan dan disetujui Sutomo selaku pemegang polis. AIA tidak menerima permohonan pembatalan polis asuransi dalam masa free look period sejak diterbitkan pada 2015. Mantan Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Sutomo mengaku telah kehilangan Rp500 juta yang telah disetorkan selama lima tahun belakangan.

Jawa Pos, page 10 / 06-04-2021

Terdakwa Sebut Penegakan Hukum Jiwasraya Merusak Bursa Efek dan Bikin Panik Investor

Nota keberatan atau eksepsi pribadi terdakwa kasus PT Asuransi Jiwasraya (AJS), Piter Rasiman bocor dan sempat viral pada Minggu (4/4). Dalam nota keberatannya, Piter mengklaim segala bentuk transaksi yang dilakukannya selalu dalam koridor hukum sebagaimana yang diatur dalam berbagai Peraturan Pasar Modal. Piter menyebut, terdapat 117 emiten dalam portofolio PT Asuransi Jiwasraya yang disebutkan dibeli Piter dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Namun, jaksa, katanya, tidak menguraikan sama sekali saham mana yang dibeli atau nominee darinya.

Beritasatu.com / 05-04-2021

Begini Curhatan Pemegang Polis Jiwasraya yang Ikut Program Restrukturisasi

Salah satu nasabah bancassurance Jiwasraya, Ivander menceritakan bahwa, program restrukturisasi hal yang berat bagi nasabah. Oleh karena itu, dia butuh komitmen yang tegas dari manajemen baru Jiwasraya dan pemerintah untuk dapat menyelesaikan program penyelamatan polis ini dengan sebaik-baiknya. Komiten itu, kata Ivander, akan membawa kepercayaan masyarakat di industri asuransi ini. Sebab, sepengetahuannya, sudah banyak masyarakat yang tidak percaya dengan instansi keuangan di Indonesia.

Bisnis.com / 05-04-2021

Nasabah Rugi 100% & Pemalsuan Data, Ini Tanggapan Prudential

Prudential Indonesia angkat bicara terkait adanya nasabah asuransi yang teriak dokumen dipalsukan dan mengalami kerugian 100%. Menurut Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia, Luskito Hambali, Prudential Indonesia menghargai sepenuhnya proses investigasi yang sedang berjalan dan berkomitmen untuk selalu kooperatif terhadap proses tersebut. Hal ini sesuai dengan peraturan dan prosedur hukum yang berlaku. Dia juga menyampaikan, Prudential selalu berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan penuh integritas, sesuai dengan tata kelola perusahaan, dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

Cnbcindonesia.com / 05-04-2021

Prudential dorong peningkatan gaya hidup sehat lewat aplikasi Pulse

Sudah satu tahun sejak Prudential Indonesia menghadirkan aplikasi Pulse by Prudential “Pulse" di Indonesia. President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, mengatakan, perusahaan terus berupaya mewujudkan aspirasi dalam membantu masyarakat hidup lebih sehat dan sejahtera agar bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Pulse telah membantu masyarakat untuk mengelola kesehatan secara proaktif kapan pun dan di mana pun didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan informasi real-time.

Kontan.co.id / 05-04-2021

Terobosan Lembaga Insurtech Lindungi Jiwa Para Nelayan

Qoala, bekerja sama dengan start up perikanan Aruna mengembangkan produk asuransi mikro untuk nelayan. Kolaborasi ini juga menggandeng pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan perusahaan asuransi BRI Life. Produk berjenis asuransi jiwa ini dibuat untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan berisiko tinggi. Preminya sangat terjangkau, mulai dari Rp 50 ribu per tahun dengan manfaat hingga Rp 19 juta. Untuk proses klaim terbilang mudah, karena nelayan akan dibantu tim Aruna di Aruna Site dalam penggunaan aplikasi Qoala.

Republika.co.id / 05-04-2021

Tips Jaga Keamanan Data Pribadi bagi Nasabah di Tengah Maraknya Asuransi Digital

Berkembangnya produk asuransi digital turut menyimpan risiko keamanan data pribadi para nasabah. Chief Digital Officer Allianz Life Mike Sutton menilai bahwa kemudahan dari digitalisasi juga mengundang kekhawatiran akan keamanan, terutama terkait privasi data. Mike memberikan sejumlah tips agar data pribadi aman dari pencurian. Berikut tips mengamankan data pribadi: 1. Jangan sembarangan menerima permintaan pertemanan di media sosial, 2. Jangan sembarang klik tautan mencurigakan, 3. Jangan gunakan password yang mudah ditebak, 4. Pastikan keamanan jaringan yang digunakan.

Tempo.co / 05-04-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Ini yang jadi pangkal persoalan di industri asuransi

Azuarini Diah, pengamat asuransi dari Sekolah Tinggi Asuransi Trisakti menyatakan fenomena ini tak terlepas dari banyaknya pemegang polis yang masih awam dalam hal berinvestasi. Lantaran beranggapan dan tidak paham alasan nilai tunai polis bisa turun tanpa menyadari risikonya. Azuarini bilang berdasarkan pengalaman selama ini baik di bank maupun asuransi, pengetahuan akan investasi masih rendah. Bila untung, nasabah cenderung diam namun ketika rugi mengaku tidak tahu.

Kontan.co.id / 05-04-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.515

IHSG (per 5  April 2021)

   5.970,29

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

HE Neraca, Jawapos, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Kontan.co.id, Republika.co.id, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF