AAJI daily News - 8 Februari 2021


Tanggal terbit (08 / 02 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 8 Februari 2021

HEADLINE NEWS

  1. Asuransi Jiwa Tawarkan Beragam Solusi Lewat Kanal Bancassurance
  2. Masih Melihat Peluang Tingkatkan Bisnis Bancassurance
  3. Pandemi Menjadi Momen Menguatkan Kanal Agency
  4. AAJI dan AAUI jalin kerja sama sertifikasi agen PAYDI bagi asuransi umum
  5. Prudential luncurkan program santunan rawat inap pascavaksinasi
  6. Manulife Peduli Kesehatan Nasabah
  7. Tips dari Sequis Jaga Financial dan Jiwa Saat Terkena Kanker
  8. Astra Life Gandeng Traveloka Pasarkan Asuransi Secara Digital
  9. Allianz Menguasai Penuh Perusahaan Asuransi di China
  10. OJK Akui Masalah AJB Bumiputera Kian Pelik
  11. PRUFast Permudah Masyarakat Mengakses Perencanaan Pensiun
  12. PRULife Harvest Plan untuk Persiapan Pensiun
  13. Allianz akan memperoleh kepemilikan penuh atas usaha asuransi jiwa China
  14. OJK Sebut Masalah Asuransi Bumiputera Pelik
  15. OJK Buka-bukaan soal Peliknya Masalah AJB Bumiputera
  16. [Foto] Asuransi Melalui E-Commerce

TENTANG AAJI

Asuransi Jiwa Tawarkan Beragam Solusi Lewat Kanal Bancassurance

Di tengah pandemi Covid-19, bancassurance merupakan jalur distribusi yang memberikan kontribusi terbesar bagi pendapatan premi industri asuransi di Tanah Air. Kanal bancassurance berkontribusi mencapai 21,8 persen dari total premi industri asuransi per September 2020. Wakil Ketua Dewan Pengurus AAJI, Maryoso Sumaryono mengatakan hingga September 2020 kanal bancassurance mengalami kenaikan 4,8 persen di periode Januari-September 2020. CEO Generali Indonesia mengatakan, bancassurance merupakan salah satu kanal distribusi yang terus berevolusi sesuai pergerakan dinamis pangsa pasar asuransi, selain jalur distribusi keagenan.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 hal. 10-11

Bianto Surodjo: Masih Melihat Peluang Tingkatkan Bisnis Bancassurance

PT Asuransi Allianz Life Indonesia telah lama melakukan sinergi dengan perbankan untuk melakukan penjualan banassurance. Melalui kemitraanya dengan bank-bank besar Indonesia seperti Maybank, HSBC, BTPN, dan QNB, menurut Chief Partnership Distribution Officer & Direktur Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo, Allianz Indonesia menawarkan produk-produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah bank. Di tahun 2020, kanal distribusi Bancassurance Allianz Life mampu membukukan pertumbuhan GWP sebesar kurang lebih setengah dari total GWP Allianz dalam satu tahun, di tengah-tengah pertumbuhan industri yang negatif.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 hal. 17

Pandemi Menjadi Momen Menguatkan Kanal Agency

PT Chubb Life Indonesia optimistis dengan masa depan keagenan asuransi. Presien Direkur Chubb Life Indonesia, Kumaran Chiann mengatakan, untuk menggantikan agen dengan teknologi otomatis bukan jawaban. Marketing and Communication Group Head of Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama menambahkan, jalur distribusi agency di Generali Indonesia memberi kontribusi terbesar hingga 66 persen dari total pendapatan premi. Pertumbuhan tenaga pemasar asuransi jiwa di tengah pandemi juga ditunjukkan oleh data AAJI yang menyebutkan pada kuartal III/2020 adanya peningkatan jumlah pemasar berlisensi sebesar 2,1 persen.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 Hal. 38-39

AAJI dan AAUI jalin kerja sama sertifikasi agen PAYDI bagi asuransi umum

OJK dalam waktu dekat bakal merilis Surat Edaran (SE) OJK tentang PAYDI. Ketentuan ini bakal memungkinkan asuransi umum menjual produk PAYDI yang lebih dahulu dipasarkan oleh asuransi jiwa. Ketua Umum AAUI Hastanto S M Widodo menyatakan saat ini asuransi umum belum memiliki lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang bisa memproses sertifikasi pemasar PAYDI. Oleh sebab itu, AAUI mengandeng LSP milik AAJI untuk hal tersebut, namun pengeluaran sertifikasi ini tetap dari AAUI.

Kontan.co.id / 05-02-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Prudential luncurkan program santunan rawat inap pascavaksinasi

PT Prudential Life Assurance meluncurkan inisiatif Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi yang tersedia di aplikasi Pulse by Prudential (Pulse) untuk mendukung kesuksesan program vaksinasi pemerintah Indonesia, termasuk vaksinasi COVID-19. Melalui Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi, Prudential memberikan santunan tunai sebesar Rp 1 juta per hari (maksimal 10 hari) sebagai bantuan jika penerima vaksin harus dirawat di rumah sakit karena mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam kurun waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi.

Kontan.co.id / 07-02-2021

Manulife Peduli Kesehatan Nasabah

Manulife Indonesia senantiasa memfokuskan diri kepada kebutuhan nasabah yang kian beragam dan berubah seiring tantangan kehidupan yang dinamis saat ini. Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland mengatakan masalah kesehatan dan tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19, menjadi salah satu perhatian Manulife Indonesia. Ia mengatakan, di 2021 Manulife Indonesia akan terus memberikan solusi perencanaan keuangan terkait biaya kesehatan dan proteksi keuangan keluarga, mengingat pandemi Covid-19 masih akan mewarnai perjalanan pada tahun depan.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 hal. 59

Tips dari Sequis: Jaga Finansial dan Jiwa Saat Terkena Kanker

Jika didiagnosa menderita kanker, keputusan bijaksana yang dapat kita lakukan adalah mematuhi jadwal pengobatan rutin dan berupaya meningkatkan kesehatan fisik semampunya. Tidak kalah pending, mempersiapkan diri dari segala kemungkinann karena butuh buaya besar selama proses pengobatannya. Penyakit kritis, seperti kanker dijawab oleh Sequis melalui produk Sequis Q Infiniti MedCare Rider dengan X Booster yang fokus pada perlindungan penyakit kritis.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 hal. 60

Astra Life Gandeng Traveloka Pasarkan Asuransi Secara Digital

Direktur Asuransi Jiwa Astra Sri Agung Handayani bersama Senior Vice President of Financial Services & Partnership Traveloka Yady Guitana memperkenalkan produk asuransi jiwa yang dijual secara digital oleh Traveloka, 21 Desember 2020. Astra Life menggandeng Traveloka guna memperluas jangkauan distribusi produk secara digital.

Media Asuransi / Edisi Januari 2021 hal. 61

Allianz Menguasai Penuh Perusahaan Asuransi di China

Allianz semakin kuat menancapkan bisnisnya di Tiongkok dan bakal memperoleh kepemilikan penuh atas bisnis asuransi jiwa dari China, setelah setuju membeli 49% saham yang belum dimiliki dalam sebuah usaha patungan. Allianz akan mengakuisisi saham minoritas di Allianz Life Insurance Co China dari mitra usaha patungannya, Citic Trust. “Allianz telah mengejar 100% kepemilikan asuransi jiwa kami sejak langkah-langkah pembukaan diumumkan pada 2019,” kata Sergio Balbinot, Chairman Allianz Insurance Holding Co. Pada Januari 2021, Allianz memperoleh persetujuan pemerintah untuk mendirikan perusahaan manajemen aset asuransi milik asing pertama di Beijing.

Kontan, hal. 14 / 08-02-2021

OJK Akui Masalah AJB Bumiputera Kian Pelik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku pihaknya bekerja keras agar semua kasus nasabah yang dirugikan oleh asuransi dapat memiliki solusi. Salah satu masalah asuransi yang pelik adalah AJB Bumiputera 1912. Pasalnya, banyak pemilik polis tidak paham bentuk Bumiputera merupakan mutual atau usaha bersama. ""Khusus Bumiputera itu mutual, yaitu pemegang polis adalah pemilik perusahaan," kata Ketua DK Otoritas Jasa Keuangan OJK Wimboh Santoso. OJK akan selalu transparan dalam sektor keuangan Indonesia. Namun keunikan Bumiputera karena satu-satunya asuransi mutual di Indonesia, bahkan di seluruh dunia pun sudah tidak banyak jumlahnya. Dikabarkan kondisi terakhir AJB Bumiputera sedang mengalami krisis terbaru. Belum lama ini para pemegang polis secara sepihak memberontak menyiapkan anggaran dasar AJB Bumiputera yang baru. Begitupun calon direksi dan komisioner yang diklaim lebih profesional.

Koran Sindo, hal. 7 / 08-02-2021

PRUFast Permudah Masyarakat Mengakses Perencanaan Pensiun

Standard Chartered bersama Prudential Indonesia meluncurkan PRULife Harvest Plan yang merupakan aplikasi digital milik Prudential. Melalui aplikasi tersebut, nasabah bersama dengan FSC dapat mengisi aplikasi pengajuan asuransi jiwa secara online setelah menerima informasi produk PRULife Harvest Plan. Nasabah juga dapat berkonsultasi dengan FSC secara virtual melalui PRUCekatan. Ini merupakan salah satu pilihan produk finansial yang memberikan perlindungan jiwa, memudahkan nasabah dalam mengelola keuangannya. Sekaligus memberikan ketahanan finansial di masa pensiun.

Sindonews.com / 05-02-2021

PRULife Harvest Plan untuk Persiapan Pensiun

Standard Chartered bersama dengan Prudential Indonesia pada 3 Februari 2021 meluncurkan produk asuransi jiwa PRULife Harvest Plan. Produk ini merupakan salah satu pilihan produk finansial yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, namun juga memudahkan nasabah mengelola keuangan mereka, sekaligus memberikan ketahanan finansial di masa pensiun. Melalui produk ini, nasabah dapat memilih antara 5 dan 10 tahun masa pengumpulan dana dan masa pensiun mulai dari usia 45, 50, 55, atau 60 tahun.

Tempo.co / 05-02-2021

Allianz akan memperoleh kepemilikan penuh atas usaha asuransi jiwa China

Allianz akan memperoleh kepemilikan penuh atas bisnis asuransi jiwa dari China setelah setuju untuk membeli 49% saham yang belum dimilikinya dalam usaha patungan China. Dilansir dari Reuters, Minggu (7/2), Allianz, melalui perusahaan induk di China, akan mengakuisisi saham minoritas di Allianz Life Insurance Co China dari mitra usaha patungan Tiongkok, Citic Trust. Pembelian saham tersebut dilakukan sebulan setelah China dan Uni Eropa mencapai Perjanjian Investasi China-UE untuk mempromosikan kerja sama mereka.

Kontan.co.id / 06-02-2021

OJK Sebut Masalah Asuransi Bumiputera Pelik

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pihaknya bekerja keras agar kasus nasabah dirugikan asuransi mendapat solusi. Salah satu kasus asuransi yang pelik adalah AJB Bumiputera 1912. Dia menegaskan OJK akan selalu transparan dalam sektor keuangan. Namun keunikan Bumiputera karena satu-satunya asuransi mutual di Indonesia, bahkan di seluruh dunia sudah tidak banyak jumlahnya.  Saat ini, banyak asuransi dalam proses penanganan.

Inews.id / 07-02-2021

OJK Buka-bukaan soal Peliknya Masalah AJB Bumiputera

OJK bekerja keras agar semua kasus nasabah yang dirugikan oleh asuransi dapat memiliki solusinya. Salah satu masalah asuransi yang pelik menurutnya adalah AJB Bumiputera 1912. Dia menegaskan OJK akan selalu transparan dalam sektor keuangan Indonesia. Namun keunikan Bumiputera karena satu-satunya asuransi mutual di Indonesia, bahkan di seluruh dunia pun sudah tidak banyak jumlahnya. Saat ini memang banyak asuransi dalam proses penanganan. Pihaknya akan minta pertanggungjawaban apa yang sudah dilakukan pengurus/pemilik asuransi.

Okezone.com / 07-02-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

[Foto] Asuransi Melalui E-Commerce

Riset Swiss Re Institute mencatat 76% masyarakat Indonesia tertarik membeli produk asuransi secara daring. Platform yang paling banyak dipilih adalah dagang elektronik (e-commerce) dan teknologi finansial (fintech).

Kontan, hal. 10 / 08-02-2021

 

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.030

IHSG (per 5 Februari 2021)

   6.151,73

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Media Asuransi, Kontan, Koran Sindo, Bisnis.com, Kontan.co.id, Sindonews.com, Inews.id, Okezone.com, Tempo.co.

DOWNLOAD PDF