AAJI Daily News - 5 April 2021


Tanggal terbit (05 / 04 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 5 April 2021

HEADLINE NEWS

  1. Begini Cara Klaim Asuransi Korban Terorisme
  2. Terorisme Ancam Nyawa, Kalau Jadi Korban Dicover Asuransi?
  3. Korban Aksi Terorisme Ditanggung Asuransi, Begini Cara Klaimnya
  4. AXA Mandiri Terpopuler 7 Tahun Beruntun
  5. Pahami Risiko, Produk Unitlink Juga bisa merugi
  6. Restrukturisasi Polis Jiwasraya Nyaris 90%
  7. Korban Prudential Teriak: Dokumen Dipalsukan, Ngaku Rugi 100%
  8. 87 Persen Nasabah Jiwasraya Diklaim Sepakat Restrukturisasi
  9. Gandeng BRI Life dan Qoala, Aruna Luncurkan Asuransi Jiwa Khusus untuk Nelayan
  10. Prudential Jawab Soal Nasabah yang Mengaku Rugi dan Dokumen Dipalsukan
  11. Allianz Indonesia Dukung Remaja Jadi Entrepreneur
  12. Pulse dari Prudential Tingkatkan Gaya Hidup Sehat
  13. Ancaman Pencurian Data Pribadi via Online, Begini Tips Aman dari Allianz Life Indonesia
  14. Eksepsi Piter Rasiman: Penegakan Hukum Jiwasraya Bikin Panik Investo
  15. Digugat Perwira Polri soal Produk Asuransi Jiwa, Ini Kata AIA
  16. Restrukturisasi polis Jiwasraya ditargetkan rampung 31 Mei 2021

TENTANG AAJI

Begini Cara Klaim Asuransi Korban Terorisme

Perusahaan asuransi bisa memberikan pertanggungan jika salah satu pemegang polis atau nasabahnya menjadi korban terorisme. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan ‘jika korban luka atau korban meninggal ini memiliki polis asuransi jiwa atau kesehatan maka dia bisa melakukan klaim setelah insiden tersebut terjadi Bisa diklaim, caranya sama dengan klaim pada umumnya. Ahli waris bisa memproses pengajuan klaim kepada perusahaan. Biasanya pemegang polis atau ahli waris juga harus menyiapkan syarat-syarat yang sudah ditentukan ketika ingin melakukan klaim.

Detik.com / 02-04-2021

Terorisme Ancam Nyawa, Kalau Jadi Korban Dicover Asuransi?

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan perusahaan asuransi pasi mengcover korban yang terdampak. Hal ini berlaku untuk seluruh perusahaan asuransi jiwa. Lalu jika korban meninggal dunia dan memiliki polis asuransi jiwa, maka perusahaan asuransi juga akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris korban. Dalam hal ini ahli waris bisa istri atau suami, anak dan orang tua.

Detik.com / 02-04-2021

Korban Aksi Terorisme Ditanggung Asuransi, Begini Cara Klaimnya

AAJI menyatakan korban aksi terorisme bisa mendapatkan pertanggungan dari perusahaan asuransi tempat dia membeli polis. Pihak asosiasi menekankan yang bisa mengajukan klaim adalah korban. Untuk pelaku, aturan ini tak berlaku sama sekali. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan perusahaan asuransi pasti mengcover korban. Togar menegaskan hal ini berlaku untuk seluruh perusahaan asuransi jiwa. Togar menambahkan pemegang polis atau ahli waris harus menyiapkan syarat-syarat yang sudah ditentukan sebelum melakukan klaim.

Detik.com / 02-04-2021

INDUSTRI & ASURANSI

AXA Mandiri Terpopuler 7 Tahun Beruntun

Berdasarkan survei ‘Digital Brand of The Year 2021’, AXA Mandiri ini paling banyak diperbincangkan netizen dengan total buzz sebanyak 9.321 kali. Total indeks yang diraih perusahaan ini 4.975. Torehan ini mengukuhkan AXA Mandiri sebagai perusahaan asuransi jiwa terpopuler selama tujuh tahun berturut-turut tanpa putus. Dari total buzz, AXA Mandiri mencatatkan 3.159 komentar bertone very positive, 171 positive, 3.181 neutral, dan sisanya bertone negative. Volume buzz tertinggi pada pertengahan 2020 ketika perusahaan ini menyalurkan APD senilai Rp 456 juta ke beberapa RS.

Infobank / Ed. April 2021

Pahami Risiko, Produk Unitlink Juga Bisa Merugi

Jagat sosial media dihebohkan para pemegang polis produk asuransi berbalut investasi (unitlink) yang ramai membahas kerugian investasi mereka di produk itu. Risiko di pasar saham jika sedang berfluktuasi bisa membuat hasil investasi menjadi minus. Itu yang terkadang tidak diketahui nasabah awam, kata Azuarini Diah, pengamat asuransi dari Sekolah Tinggi Asuransi Trisakti. OJK sendiri sedang membuat aturan pemasaran produk asuransi dengan investasi, yakni ada penjelasan spesifik produk atau transparansi produk.

Kontan, hal. 10 / 05-04-2021

Restrukturisasi Polis Jiwasraya Nyaris 90%

Hingga 30 Maret 2021, sekitar 87% atau 15.123 pemegang polis kanal bancassurane Jiwasraya menyetujui program restrukturisasi polis. Sebanyak 71% atau 131.111 peserta korporasi juga menyetujui program tersebut. Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya R. Mahelan Prabantarikso mengungkapkan tren meningkatnya jumlah pemegang polis juga diikuti 110.829 pemegang polis ritel. Untuk menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya dan migrasi ke IFG Life, pemerintah telah menyiapkan dana RP2 triliun bersumber dari Penyertaan Modal Negara dan Rp4,7 triliun dari upaya fund raising IFG (induk usaha IFG Life).

Kontan, hal. 10 / 05-04-2021

Korban Prudential Teriak: Dokumen Dipalsukan, Ngaku Rugi 100%

Para nasabah asuransi jiwa di Indonesia yang mengalami kerugian investasi mulai mengadu. Protes tersebut dilayangkan kepada perusahaan asuransi besar yakni AIA Financial dan kemudian belakangan Prudential Indonesia. Para nasabah mengeluh karena investasi mereka menguap setelah masuk dalam produk unit link. Andrew Rafaella, salah satu korban nasabah asuransi unit link Prudential mengaku tidak mendapatkan penjelasan secara rinci untuk produk investasinya di perusahaan asuransi. Bahkan, Andrew mengaku mengalami pemalsuan dokumen asuransinya.

Cnbcindonesia.com / 01-04-2021

87 Persen Nasabah Jiwasraya Diklaim Sepakat Restrukturisasi

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengklaim hingga 30 Maret 2021, ada 87 persen atau 15.123 pemegang polis produk bancassurance yang sepakat ikut restrukturisasi polis perusahaan asuransi jiwa BUMN tersebut. Mahelan menyatakan pihaknya mengarahkan lebih dari 1.000 karyawan dan agen Jiwasraya guna mensosialisasikan program restrukturisasi polis Jiwasraya. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi lengkap mengenai tujuan dari program restrukturisasi.

Cnnindonesia.com / 01-04-2021

Gandeng BRI Life dan Qoala, Aruna Luncurkan Asuransi Jiwa Khusus untuk Nelayan

Menginjak tahun ke-5, Aruna bekerja sama dengan startup insurance technology (insurtech) Qoala dan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama untuk memberikan asuransi dengan premi terjangkau mulai dari 50 ribu per tahun kepada para nelayan, dengan manfaat hingga sembilan belas juta Rupiah. Inisiatif ini merupakan kerja sama Aruna dengan Qoala untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Tidak hanya terjangkau, pengajuan asuransi ini juga mudah.

Industry.co.id / 02-04-2021

Prudential Jawab Soal Nasabah yang Mengaku Rugi dan Dokumen Dipalsukan

Prudential Indonesia merespons ihwal nasabah yang mengaku rugi dan dokumen dipalsukan. Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali mengatakan, terkait dengan keluhan salah satu nasabah serta laporannya kepada pihak kepolisian yang ditayangkan dalam bentuk video di salah satu media online, perlu pihaknya sampaikan bahwa proses hukum sedang berlangsung dan ditangani oleh pihak yang berwajib. Prudential menghargai sepenuhnya proses investigasi yang sedang berjalan dan berkomitmen untuk selalu kooperatif terhadap proses tersebut.

Tempo.co / 02-04-2021

Allianz Indonesia Dukung Remaja Jadi Entrepreneur

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan BTPN Jenius, CewekBanget.id dan HAI Online baru-baru ini menyelenggarakan webinar Youth Talks dengan judul Earn Hard, Plan Hard. Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian acara tahunan "Global Money Wee"k, yang diperingati setiap Maret (22 – 28 Maret 2021), dan pelaksanaan tahun ini mengusung tema “Take Care of Yourself, Take Care of Your Money”. Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli secara aktif dan konsisten mendukung penuh program tahunan ini sejak 2013.

Beritasatu.com / 03-04-2021

Pulse dari Prudential Tingkatkan Gaya Hidup Sehat

Prudential Indonesia menghadirkan aplikasi Pulse di Indonesia sejak setahun lalu. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan. Pulse memudahkan pengguna dalam bertukar informasi tentang kesehatan, memperoleh gambaran umum kondisi kesehatan dengan bantuan AI, paket berlangganan hidup sehat, layanan konsultasi dokter umum serta spesialis secara online hingga akses perlindungan asuransi jiwa dan layanan khusus bagi Nasabah Prudential Indonesia.

Tempo.co / 03-04-2021

Ancaman Pencurian Data Pribadi via Online, Begini Tips Aman dari Allianz Life Indonesia

Denny Santoso, Founder dan CEO, Tribelio, menyebut jika masyarakat Indonesia memang sudah mengarah ke transformasi digital dan dengan adanya pandemi Covid-19 justru makin mengakselerasi pertumbuhannya. Allianz Indonesia telah mengedepankan digitalisasi sejak fase awal nasabah bergabung hingga melakukan klaim untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang memberikan kemudahan serta pelayanan yang berkesan. Hal ini salah satunya diwujudkan melalui layanan Allianz Eazy Connect yang memudahkan nasabah untuk terkoneksi dengan layanan digital Allianz.

Wartaekonomi.co.id / 03-04-2021

Eksepsi Piter Rasiman: Penegakan Hukum Jiwasraya Bikin Panik Investor

Nota keberatan pribadi terdakwa kasus PT Asuransi Jiwasraya , Piter Rasiman bocor dan sempat viral . Tak diketahui siapa yang membocorkan nota keberatan yang sedianya baru akan disampaikan pada persidangan Senin 5 April 2021 di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Dalam nota keberatannya, Piter menyebutkan segala bentuk transaksi yang dilakukannya selalu dalam koridor hukum sebagaimana yang diatur dalam berbagai Peraturan Pasar Modal. Sebab hingga kini saat ini dirinya sama sekali tidak pernah menerima sanksi dari BEI, OJK ataupun lembaga lainnya yang terkait.

Akurat.co / 04-04-2021

Digugat Perwira Polri soal Produk Asuransi Jiwa, Ini Kata AIA

Perwira Polri Ajun Kombes AKBP Sutomo menggugat AIA Financial ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Kerugian akibat produk asuransi jiwa tersebut ditaksir mencapai Rp500 juta. Chief Marketing Officer PT AIA Financial Lim Chet Ming mengklaim, seluruh tenaga pemasar telah melaksanakan pekerjaannya dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam kasus Sutomo, syarat dan ketentuan Polis Maxi Personal telah diinformasikan dan disetujui pemegang polis.

Inews.id / 04-04-2021

Restrukturisasi polis Jiwasraya ditargetkan rampung 31 Mei 2021

PT Asuransi Jiwasraya terus mempercepat program restrukturisasi polis yang masih berjalan. Jika tak ada halangan, proses migrasi polis dari Jiwasraya ke IFG Life bisa dilakukan pada 31 Mei 2021, atau bertepatan dengan batas akhir dari waktu yang ditargetkan terkait pelaksanaan program restrukturisasi. Program restrukturisasi polis merupakan program yang diinisiasi oleh pemerintah yaitu Kementerian BUMN dan Kemenkeu selaku pemegang saham Jiwasraya guna menyelesaikan sengkarut masalah yang terjadi pada perusahaan selama satu dekade terakhir. Untuk menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya dan melakukan migrasi ke IFG Life, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 22 triliun.

Kontan.co.id / 04-04-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.525

IHSG (per 1 April 2021)

   6.011,46

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Infobank, Kontan, Akurat.co, Detik.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia, Industry.co.id, Inews.id, Kontan.co.id, Tempo.co, Beritasatu.com, Tempo.co, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF