AAJI daily News - 27 Januari 2021


Tanggal terbit (27 / 01 / 2021)

Rabu, 27 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. AAJI: Kinerja Bancassurance Sangat Bergantung pada Ekonomi Makro
  2. Urgensi Pajak Klaim Asuransi
  3. OJK Lanjutkan Pemanggilan Pejabat
  4. [Foto] Peluang Peningkatan Permintaan Asuransi
  5. Digitalisasi Jadi Kunci
  6. BPJS Ketenagakerjaan Tak Terkait Jiwasraya
  7. Jaksa Menyidik Kasus di AJB Bumiputera
  8. Tak Berkaitan Jiwasraya
  9. Pelaku ASABRI dan Jiwasraya Sama
  10. Generali Indonesia: Likuiditas Perbankan Ikut Tingkatkan Permintaan Asuransi
  11. FWD Insurance Siap Garap Potensi Pasar Asuransi di Indonesia
  12. FWD Group suntik modal dalam bentuk beli saham BRI life, ini kata BRI
  13. Beri Pengalaman Lebih Nasabah dengan Teknologi Digital
  14. Tiga Tersangka Kasus Penipuan AJB Bumiputera 1912 Segera Disidang
  15. Asuransi Global Mulai Buat Pembatasan, Khawatir Covid-19 Berkepanjangan

TENTANG AAJI

AAJI: Kinerja Bancassurance Sangat Bergantung pada Ekonomi Makro

AAJI menilai bahwa kinerja bancassurance pada tahun ini akan sangat bergantung kepada kondisi ekonomi makro yang ditentukan oleh penanganan pandemi virus corona. Dalam skenario terburuk, bisnis bancassurance setidaknya akan sama seperti capaian 2020. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menilai bahwa asuransi merupakan kebutuhan tersier bagi masyarakat, sehingga dalam kondisi pandemi tidak menjadi layanan yang paling dicari. Namun, keberadaan bancassurance dapat cukup membantu karena banyak masyarakat yang tetap membutuhkan layanan perbankan.

Bisnis.com / 25-01-2021

URGENSI PAJAK KLAIM ASURANSI

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyampaikan bahwa AAJI tidak sepakat jika asuransi unit link dikenai pajak lagi. Namun, Direktur Penyuluhan dan Pelayanan DJP Kemenkeu Hestu Yoga Saksama menjelaskan bahwa telah terjadi perbedaan pemahaman akan objek PPH klaim asuransi yang akan diberlakukan kepada pemegang polis. Ia mengatakan ketentuan PPH tidak berubah meskipun UU Cipta Kerja terdapat perubahan redaksi. Hal tersebut tidak mengubah substansi yang ada dalam UU PPH yang selama ini sudah berjalan. Togar Pasaribu mengatakan AAJI akan siap membantu terkait sosialisasi dan literasi kepada para pemegang polis selama terdapat aturan yang jelas mengenai ketentuan pajak. Pemajakan bagi asuransi jiwa harus memiliki aturan turunan yang sesuai dengan yang tertulis di batang tubuh supaya tidak muncul permasalahan di lapangan.

CNBC TV Indonesia / 21-01-2021

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Lanjutkan Pemanggilan Pejabat

OJK melanjutkan pemanggilan sejumlah pejabat Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 atas dugaan tindak pidana mengabaikan, tidak memenuhi atau menghambat kewenangan regulator. OJK memanggil ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) Bumiputera, Nurhasanah, dan diminta menghadap penyidik OJK Jus Marfinoor dan Tim Kantor OJK Lampung pada Rabu (27/1). Penyidik Eksekutif Senior OJK, Andries Hermanto, menjelaskan bahwa Nurhasanah akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana di sektor jasa keuangan.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 27-01-2021

[Foto] Peluang Peningkatan Permintaan Asuransi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menilai likuiditas perbankan turut meningkatkan permintaan asuransi, khususnya melalui kanal bancassurance. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman menilai bahwa bancassurance merupakan salah satu kanal pemasaran asuransi yang sangat prospektif. Perkembangan simpanan dan perputaran dana pihak ketiga di perbankan dinilai perlu dicermati sebagai peluang bagi peningkatan permintaan asuransi.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 27-01-2021

Digitalisasi Jadi Kunci

CEO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, Edy Tuhirman menilai bancassurance merupakan salah satu kanal pemasaran yang sangat prospektif. Adanya keharusan physical distancing dalam proses penjualan dan layanan pascapenjualan membuat digitalisasi menjadi krusial. Berdasarkan Survei Perbankan Bank Indonesia, DPK pada kuartal I/2021 melambat menjadi 17,1%. Direktur & Chief Distribution Officer BCA Life Antonius Widodo Mulyono menyatakan 2020 menjadi tahun menantang bagi seluruh bisnis dan salah satu dampak dari pandemi adalah sulitnya pemasaran tatap muka. BCA Life akan memaksimalkan pemasaran produk asuransji jiwa tradisional untuk menggenjot kinerja.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 27-01-2021

BPJS Ketenagakerjaan Tak Terkait Jiwasraya

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan kasus dugaan korupsi pengelolaan investasi di BPJS Ketenagakerjaan tak berhubungan dengan penanganan kasus dugaan korupsi di PT Asuransi JIwasraya. Burhanuddin juga mengatakan, terkait dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya sudah memeriksa 20 orang. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan penyidik memeriksa sembilan saksi termasuk AS atau Agus Susanto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan.

Kompas, hal. 7 / 27-01-2021

Jaksa Menyidik Kasus di AJB Bumiputera

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan telah menahan mantan Direktur Teknik dan Aktuaria AJB (2013) Mohammad Irsyad, mantan Kepala Divisi Syariah AJB (2011) Yon Maryono dan mantan Chief Marketing Officer (2013) Agustiar Hendro. Satu orang lagi yang ditahan yakni Kepala Bagian Aktuaria Hendro Subagio. Kasi Intel Kejari Jaksel Sri Odit Megonondo mengatakan pada 2013 direksi memberikan persetujuan terhadap biaya apresiasi agen senilai RP8,47 miliar ke pegawai yang merupakan tim negosiasi dengan melibatkan dua orang agen. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo, menjelaskan Pasal 38 bisa meminta Sidang Luar Biasa Badan Perwakilan Anggota (BPA)/Rapat Umum ANggota RUA mengambil keputusan saat perusahaan merugi. Hingga enam kali revisi, OJK belum menyetujui RPK karena belum memadainya mengatasi permasalahan fundamental.

Kontan, hal. 10 / 27-01-2021

Tak Berkaitan Jiwasraya

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyebut kasus BPJS Jamsostek berdiri sendiri dan tak berkaitan dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya. Burhanuddin mengatakan saat ini masih dalam tahapan penyidikan dan telah dilakukan pemeriksaan terhadap 20 orang. Tim Jaksa Penyidik Jampidsus Kejagung memeriksa enam orang sebagai saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan keuangan dan dana investasi BP Jamsostek.

Kontan, hal. 10 / 27-01-2021

Pelaku ASABRI dan Jiwasraya Sama

Kejaksaan Agung mengeklaim telah mengantongi tujuh nama tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) periode 2012-2019. Dari tujuh nama tersebut, dua di antaranya adalah orang yang sama dalam kasus Jiwasraya. Dia mengungkapkan, dugaan kerugian negara akibat kasus tersebut mencapai Rp 22 triliun. Ia menjelaskan, ada 18 saksi telah diperiksa dalam kasus tersebut. Kejakgung juga sudah menyita aset para tersangka sebesar Rp 18 triliun. Salah satu nama terpidana kasus Jiwasraya yang juga disebut terkait kasus Asabri adalah Benny Tjokro. Ia telah divonis penjara seumur hidup dalam kasus Jiwasraya yang merugikan negara mencapai Rp 16,8 triliun. Terpidana lain dalam kasus Jiwasraya yang berasal dari pengusaha adalah Heru Hidayat dan Joko Hartono Trito. Komisi III DPR akan menjadwalkan kembali, rapat dengan Kejakgung yang agenda utamanya adalah membahas kasus ASABRI.

Republika, hal. 2 / 27-01-2021

Generali Indonesia: Likuiditas Perbankan Ikut Tingkatkan Permintaan Asuransi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menilai bahwa likuiditas perbankan turut meningkatkan permintaan asuransi, khususnya melalui kanal bancassurance. Upaya menggaet nasabah perbankan disertai penguatan digitalisasi menjadi strategi jitu Generali pada tahun ini. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman menilai bahwa bancassurance merupakan salah satu kanal pemasaran asuransi yang sangat prospektif. Dia pun menyatakan bahwa meningkatnya likiuditas perbankan turut meningkatkan demand terhadap asuransi.

Bisnis.com / 26-01-2021

FWD Insurance Siap Garap Potensi Pasar Asuransi di Indonesia

FWD Life dan PT FWD Insurance Indonesia resmi menyelesaikan proses penggabungan yang membawa kedua entitas menjadi satu yang selanjutnya disebut FWD Insurance. Aksi korporasi ini diharap FWD Insurance bisa memacu bisnis mengingat potensi di Indonesia masih sangat besar. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan menambahkan dengan gabungan kekuatan yaitu pendekatan dan didukung oleh teknologi digital serta jaringan layanan yang luas dan basis nasabah yang kuat, FWD siap melayani nasabah dan meningkatkan pengalaman berasuransi mereka.

Medcom.id / 25-01-2021

FWD Group suntik modal dalam bentuk beli saham BRI life, ini kata BRI

FWD Group terus memperluas bisnis asuransi jiwa di Indonesia dengan bekerja sama dengan BRI. Kerja sama ini dilakukan dengan melakukan menandatangani conditional share subscription agreement (CSSA) untuk menyuntikkan modal dalam bentuk saham baru ke BRI Life pada Juni 2020 lalu. Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, FWD Group sangat unggul dalam bidang teknologi dan establish di berbagai negara. Juga memahami best practice internasional di bidang asuransi. Sehingga strategic partner international (FWD) ini, BRI berharap akan membawa expertise dan terjadi transfer of knowledge ke BRI Life.

Kontan.co.id / 26-01-2021

Beri Pengalaman Lebih Nasabah dengan Teknologi Digital

PT FWD Insurance Indonesia telah menuntaskan proses penggabungan usahanya dengan PT FWD Life Indonesia. CEO FWD Group Huynh Thanh Phong memastikan, akan memberikan pelayanan lebih baik dengan didukung teknologi digital. Dia juga berkomitmen, akan berupaya meningkatkan literasi masyarakat Indonesia tentang industri jasa keuangan. Khususnya, cara pandang tentang asuransi. Direktur Utama FWD Anantharaman Sridharan menuturkan, melalui teknologi digital dan jaringan layanan yang luas akan menambah pengalaman berasuransi nasabah.

Jawapos.com / 26-01-2021

Tiga Tersangka Kasus Penipuan AJB Bumiputera 1912 Segera Disidang

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melakukan pelimpahan tahap II berupa berkas perkara dan tersangka kasus penggelapan di AJB Bumiputera 1912 ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Ketiga tersangka ialah mantan Chief Marketing Officer Agustiar Hendro, mantan Kepala Bagian Teknik AJB Bumiputera Kanwil Pematang Siantar Muhammad Joni Nasution, serta mantan Kepala Divisi Syariah AJB Bumiputera Yon Maryono. Tiga tersangka dan berkas perkaranya dilimpahkan Kejari Jakarta Selatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Mediaindonesia.com / 26-01-2021

MAKRO EKONOMI & REGULASI

Asuransi Global Mulai Buat Pembatasan, Khawatir Covid-19 Berkepanjangan

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa global mengambil langkah untuk mengekang pembayaran yang berasal dari pandemi Virus Corona. Prudential Financial Inc dan Aviva PLC, sekarang memberlakukan masa tunggu sebelum pasien Covid-19, termasuk mereka yang telah pulih, dapat mengajukan pertanggungan, kata eksekutif dan juru bicara. Beberapa juga membatasi cakupan untuk kelompok usia tertentu. Hal ini karena beberapa perusahaan reasuransi meminta perlindungan baru dari perusahaan asuransi jiwa yang mereka hentikan, dan saat industri berupaya memastikan sejauh mana masalah yang disebabkan oleh Covid-19.

Bisnis.com / 25-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.065

IHSG (per 26 Januari 2021)

   6.140,17

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Kompas, Kontan, Republika, Bisnis.com, Medcom.id, Kontan.co.id, Jawapos.com, Mediaindonesia.com.

DOWNLOAD PDF