AAJI Daily News - 15 Maret 2021


Tanggal terbit (15 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin, 15 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. AAJI Harap OJK Tidak Batasi Investasi Unit Link pada Reksa Dana
  2. Life Insurance Eye Double-Digit Growth in 2021 Amid Recovery (Perusahaan Asuransi Jiwa Mengincar 'Pertumbuhan Dua Digit' pada Tahun 2021 di Tengah Pemulihan)
  3. Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk
  4. Nasabah bakal kena pajak, AAJI berencana ajukan judicial review omnibus law ke MK
  5. Nasabah bakal kena pajak, AAJI berencana ajukan judicial review omnibus law ke MK
  6. AAJI akan Ajukan Uji Materiel UU PPh yang Diubah UU Cipta Kerja
  7. Soal Rencana AAJI Gugat UU Cipta Kerja, Begini Jawaban DJP
  8. Kanal Bancassurance Jadi Penyumbang Premi Terbesar Asuransi Jiwa
  9. Pemegang Polis Asuransi Bakal Dipajaki, AAJI Siap Ajukan Juducial Review
  10. Awal Maret, Jiwasraya Restrukturisasi 73% Polis Bancassurance
  11. Kresna Masih Proses PKPU
  12. Jumlah Peserta Restrukturisasi Polis Bertambah
  13. Produk Baru Asuransi Jiwa
  14. Kick Off 2021 Pemasaran Asuransi di Tengah Pandemi Covid-19
  15. Prudential Indonesia Meluncurkan Produk PRUWarisan
  16. Peluncuran AIA Vitality
  17. Allianz Life Tawarkan Tiga Produk Kepada Nasabah Bank Hana
  18. Chubb Life Indonesia Siapkan Sejumlah Strategi Hadapi 2021
  19. Generali Hadirkan Platfrm Akuberbagi.com, Fitur Wakaf Asuransi
  20. Alasan Asuransi Bumiputera Gagal Bayar Terungkap
  21. Nasib Jiwasraya Bertahan di Tengah Modal Negatif Rp 38 Triliun
  22. Pengadilan Tinggi DKI Pangkas Vonis Eks Dirut Jiwasraya Jadi 20 Tahun Penjara
  23. Generali & Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack untuk Penuhi Layanan Obat-obatan
  24. AJB Bumiputera Dinilai Bisa Dikenakan Sanksi Pidana
  25. Putusan Banding Ubah Hukuman Mantan Dirut Jiwasraya Jadi 20 Tahun Penjara
  26. Beda Nasib 6 Terdakwa Korupsi Jiwasraya di Putusan Banding
  27. Pemangkasan Hukuman Terpidana Korupsi Jiwasraya Dinilai Rugikan Negara dan Nasabah
  28. Penuhi Kebutuhan Layanan Obat-obatan, Generali & Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack
  29. Pemotongan Hukuman Terdakwa Kasus Jiwasraya, Komisi III Nilai Kepedulian Hakim Rendah
  30. Ajak Prixa dan Apotek Online LIfepack, Asuransi Generali Rilis Fitur Tebus Obat Aplikasi Dokter Leo
  31. Penuhi Kebutuhan Layanan Obat-obatan, Generali; Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack
  32. Kejagung Ajukan Kasasi Putusan Banding Kasus Jiwasraya
  33. Generali dan Prixa Gandeng Lifepack untuk Penuhi Kebutuhan Layanan Kesehatan
  34. 18 Tahun Beroperasi di Indonesia, AXA Mandiri Terus Berkomitmen Berikan Perlindungan
  35. Jiwasraya menargetkan restrukturisasi polis rampung Mei 2021
  36. Harap Kasus Jiwasraya-Asabri Tak Terulang, Mardani Ali Sera: Praktik Pengelolaan Aset Publik Lebih Transparan
  37. Mendesak, Lembaga Penjamin Polis

TENTANG AAJI

AAJI Harap OJK Tidak Batasi Investasi Unit Link pada Reksa Dana

AAJI berhadap OJK tidak membatasi penempatan investasi pada PAYDI pada reksa dana. Adapun produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi unit link terus meningkat, dan berkontribusi terhadap hampir 64% dari premi asuransi jiwa yang sebesar Rp187,59 triliun. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan berharap OJK bisa memperhatikan aturan penempatan PAYDI. Fauzi optimistis, tahun ini hasil investasi akan tumbuh double digit, seiring perbaikan ekonomi dan kesuksesan program vaksinasi Covid-19 yang menjadi salah satu indikator pengungkitnya.

Investor Daily / 13-14 Maret 2021 Hal. 5

Life Insurance Eye Double-Digit Growth in 2021 Amid Recovery (Perusahaan Asuransi Jiwa Mengincar ‘Pertumbuhan Dua Digit’ pada Tahun 2021 di Tengah Pemulihan)

AAJI mengharapkan untuk membukukan pertumbuhan pendapatan dua digit pada tahun 2021, setelah itu mengalami kontraksi 8,6 persen yoy menjadi Rp 215,42 triliun tahun lalu. Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko AAJI Fauzi Arfan mengatakan, asosiasi telah mencatat peningkatan pendapatan dan pendapatan premi sejak kuartal keempat tahun lalu, sebagian karena dampak program pemulihan ekonomi nasional pemerintah yang diperpanjang hingga tahun ini. Pemerintah menjanjikan dana sebesar Rp 699,43 triliun untuk program pemulihan yang meliputi pemberian vaksin, pemberian keringanan pajak, dan bantuan langsung tunai.

The Jakarta Post / 13-03-2021 Hal. 5

Lembaga Penjamin Polis Harus Segera Dibentuk

Pemerintah harus segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP) menyusul kasus beruntun asuransi jiwa bermasalah. Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan IKNB OJK Riswinandi menyatakan pembentukan LPP masih dalam proses. Direktur Eksekutif AAJI togar Pasaribu menegaskan pembentukan LPP sangat mendesak. Dengan kehadiran LPP, kata Togar, regulator akan diuntungkan karena bisa lebih tegas dan tidak lagi ragu dalam mengambil tindakan. AAJI juga mengusulkan LPP satu atap dengan LPS agar tidak ada biaya operasional baru dan biaya-biaya lain.

Investor Daily /  15 Maret 2021 Hal. 1&2

Nasabah bakal kena pajak, AAJI berencana ajukan judicial review omnibus law ke MK

Pemerintah berencana mengenakan pajak penghasilan kepada pemegang polis asuransi sebagaimana tertuang dalam omnibus law atau UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan, pemajakan itu dikenakan kepada pemegang polis yang mendapatkan keuntungan dari manfaat polis yang mereka terima. Untuk memperjelas ketentuan itu, asosiasi sepakat akan mengajukan judicial review atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena omnibus law sudah masuk UU.

Kontan.co.id / 11-03-2021

Nasabah bakal kena pajak, AAJI berencana ajukan judicial review omnibus law ke MK

Pemerintah berencana mengenakan pajak penghasilan kepada pemegang polis asuransi sebagaimana tertuang dalam omnibus law atau UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan, pemajakan itu dikenakan kepada pemegang polis yang mendapatkan keuntungan dari manfaat polis yang mereka terima. Untuk memperjelas ketentuan itu, asosiasi sepakat akan mengajukan judicial review atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena omnibus law sudah masuk UU.

Today.line.me / 12-03-2021

AAJI akan Ajukan Uji Materiel UU PPh yang Diubah UU Cipta Kerja

AAJI berencana untuk mengajukan uji materiel atas Pasal 4 ayat (3) huruf e UU PPh yang diubah melalui UU 11/2021 tentang Cipta Kerja.Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan perubahan Pasal 4 ayat (3) huruf e mengenai pengecualian pembayaran perusahaan asuransi dari objek pajak tersebut cenderung kontraproduktif terhadap tumbuh kembang industri asuransi jiwa. Togar mengatakan AAJI akan mengajukan permohonan uji materiie kepada Mahkamah Konstitusi (MK) secepat mungkin.

Ddtc.co.id / 14-03-2021

Soal Rencana AAJI Gugat UU Cipta Kerja, Begini Jawaban DJP

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP Neilmaldrin Noor mengatakan bila pembayaran dari perusahaan asuransi kepada orang pribadi adalah manfaat investasi berupa kelebihan nilai tanggungan dari premi yang dibayar, maka pembayaran dari perusahaan asuransi tersebut tidak termasuk dalam penggantian atau santunan. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan dalam Pasal 4 ayat (3) huruf e UU PPh yang direvisi UU Cipta Kerja tertulis pembayaran dari perusahaan asuransi karena kecelakaan, sakit, atau karena meninggalnya orang yang tertanggung, dan pembayaran asuransi beasiswa dikecualikan dari objek pajak.

Ddtc.co.id / 14-03-2021

Kanal Bancassurance Jadi Penyumbang Premi Terbesar Asuransi Jiwa

AAJI mencatat bahwa sepanjang 2020, keagenan dan kanal pemasaran alternatif mengalami perlambatan kinerja. Kanal agensi mencatatkan premi Rp25,15 triliun atau turun 32,1 persen (yoy) dari 2019 senilai Rp37,04 triliun, sedangkan kanal alternatif meraup Rp18,7 triliun atau turun 26,45 persen (yoy). Adapun, pada 2020, kanal pemasaran bancassurance mencatatkan premi Rp70,89 triliun, tumbuh 11,73 persen (yoy) dari sebelumnya Rp62,45 triliun. Kanal itu pun menyumbangkan premi terbesar bagi industri asuransi jiwa dalam beberapa tahun terakhir.

Bisnis.com / 11-03-2021

Pemegang Polis Asuransi Bakal Dipajaki, AAJI Siap Ajukan Juducial Review

Rencana pemerintah mengenakan pajak penghasilan pada pemegang polis asuransi mendapat reaksi dari Asosiasi AAJI. Demi menolak aturan itu, Untuk memperjelas ketentuan itu, asosiasi sepakat akan mengajukan judicial review atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena omnibus law sudah masuk UU. Sehingga tidak bisa diselesaikan dengan aturan di bawahnya. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan, pemajakan itu dikenakan kepada pemegang polis yang mendapatkan keuntungan dari manfaat polis yang mereka terima.

Tribunnews.com / 12-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Awal Maret, Jiwasraya Restrukturisasi 73% Polis Bancassurance

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) melaporkan hingga 9 Maret 2021 sebanyak 73% atau 12.808 peserta dari kategori pemegang polis bancassurance sudah mengikuti program restrukturisasi polis. Jumlah itu tercatat meningkat pesat, begitu juga pada kategori pemegang polis korporasi dan ritel. Jumlah pemegang polis yang setuju direstrukturisasi pada 18 Januari 2021 sebanyak 101.295 peserta dari 884 perusahaan. Sedangkan pada 9 Maret 2021 tercatat sudah terdapat 128.766 peserta atau mencakup 62% dari total peserta pemegang polis korporasi, kata Koordinator Juru Bicara Tim Restrukturisasi Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso.

Investor Daily / 15 Maret 2021 Hal. 23

Kresna Masih Proses PKPU

Proses perdamaian antara kreditur dengan PT Kresna Life dalam perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) belum bisa berjalan karena ara kreditur Kresna yang mengajukan keberatan atas putusan perdamaian. Ketua Tim Penyelesaian Polis Kresna Life, Supriyagi, mengatakan bahwa saat ini proses perdamaian dengan kreditur sudah disahkan.

Kontan / 15 Maret 2021 Hal. 10

Jumlah Peserta Restrukturisasi Polis Bertambah

Proses restrukturisasi polis asuransi Jiwasraya terus bergulir. Hingga Jumat (12/3), sudah 75,51% pemegang polis bancassurance menyetujui restrukturisasi dari total polis segmen ini. Sementara pemegang polis korporasi dan ritel masing-masing mencapai 63,90% dan 33,35%. Dengan realisasi ini, manajemen Jiwasraya menargetkan program restrukturisasi bisa rampung pada 31 Mei 2021, kata Koordinator Juru Bicara Tim Restrukturisasi Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso.

Kontan / 15 Maret 2021 Hal. 10

Produk Baru Asuransi Jiwa

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengeluarkan dua produk perlindungan jiwa dan kesehatan unggulan yang mencakup segala segmen yaitu Flexi Health. Dengan manfaat santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari dan produk asuransi tambahan yang memberikan manfaat jaminan perawatan medis, kami ingin memberikan jawaban atas kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan, kata Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life. Tokio Marine Life juga meluncurkan dua produk baru bernama TM Idaman dan TM Warisan.

Kontan /  15 Maret 2021 Hal. 10

Kick Off 2021 Pemasar Asuransi di Tengah Pandemi Covid-19

Allianz Life Indonesia dengan menggelar acara Allianz Star Networkk (ASN) Kick off 2021 secara virtual dan online pada 12-13 Januari 2021. Menurut Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia Ginawati Djuandi, kunci strategis keberhasilan Allianz Life Indonesia adalah dengan melahirkan sarana sisem digital yang inovatif. Selain itu, Asuransi Astra turut menyelenggarakan Kick off Marketing 2021 dengan tema RESILIENT secara online pad 15 Januari 2021. Asuransi Astra Rudy Chen mengatakan, perusahaan mampu menjaga kepercayaan pelanggan dan survive tidak lepas dari peran Mitra Garda Oto.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 36-37

Prudential Indonesia Meluncurkan Produk PRUWarisan (Photo)

Prudential Indonesia meluncurkan Asuransi Jiwa PRUWarisan, 20 Januaru 2021. President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch dan Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia, Himawan Purnama, dokter Mesty Ariotedjo dan Dani Rachmat, seorang pegiat perencana keuangan saat diskusi dalam acara peluncuran PRUWarisan.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 56

Peluncuran AIA Vitality

AIA mengawali kegiatan di tahun 2021 dengan meluncurkan AIA Vitality. Program ini, merupakan suatu terobosan program health & wellness yang akan terhubung dengan layanan inti perlindungan jiwa AIA di Indonesia. President Director AIA, Sainthan Satyamoorthy dan Brand Ambassador AIA Indonesia, Christian Sugiono saat jumpa pers peluncuran AIA Vitality secara online, 3 Januari 2021.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 56

Allianz Life Tawarkan Tiga Produk Kepada Nasabah Bank Hana

Allianz Life Indonesia menggandeng PT Bank KEB Hana Indonesia menyediakan tiga produk unitlink bagi nasabah Bank Hana. Director & Chief of Partnership Distribution Allianz Life Indonesia mengatakan, kemitraan yang dijalin dengan Bank Hana berdasarkan visi yang sama untuk memberikan solusi keuangan yang dibutuhkan nasabah untuk melindungi rencana masa depannya. Untuk mengawali kerja sama strategis ini, Bank Hana mulai mendistribusikan produk asuransi jiwa Allianz Life Indonesia sejak 13 Januari 2021 dan telah mendapat sambutan positif.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 56

Chubb Life Indonesia Siapkan Sejumlah Strategi Hadapi 2021

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia Kumaran Chinan menyampaikan, guna mencapai ketahanan finansial di tahun 2021 adalah dengan melakukan perencanaan jangka panjang. Di Chubb Life, menurut Kumaran, perseroan telah merancang berbagai solusi keuangan yang membantu banyak orang menjalani hidup dengan percaya diri. Solusi yang dihadirkan berupa asuransi perlindungan jwa.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 57

Generali Hadirkan Platform Akuberbagi.com, Fitur Wakaf Asuransi

Generali Indonesia menghadirkan digital social platform Akuberbagi.com, yang dilengkapi fitur wakaf asuransi. Social platform berbasis syariah ini diluncurkan pertama kalinya di industri asuransi sebagai inovasi digital end to end untuk memudahkan masyarakat berdonasi atau wakaf sekaligus mendapatkan proteksi asuransi. CEO Generali Indonesia, Edy Tuhirman mengungkapkan, Akuberbagi.com emnjadi sebuah cara baru bagi masyarakat untuk dapat berkontribusi lebih bagi sesama.

Media Asuransi / Ed Februari 2021 Hal. 58

Alasan Asuransi Bumiputera Gagal Bayar Terungkap

Industri asuransi nasional masih ada banyak masalah. Mulai dari asuransi Jiwasraya sampai Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Pengamat asuransi sekaligus penulis buku Robohnya Asuransi Kami Irvan Rahardjo mengungkapkan masalah juga terjadi karena lemahnya tata kelola, lemahnya pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan kurangnya pemahaman tentang asset liability management.

Detik.com / 11-03-2021

Nasib Jiwasraya Bertahan di Tengah Modal Negatif Rp 38 Triliun

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tercatat memiliki ekuitas negatif mencapai Rp 38,4 triliun per Desember 2020. Tingkat solvabilitas Jiwasraya per akhir tahun lalu bahkan negatif 993,3%. Meski likuiditasnya tertekan, Jiwasraya tetap beroperasi hingga saat ini dengan menerapkan sejumlah langkah agar tetap mampu memberikan hak nasabah sebelum sepakat untuk direstrukturisasi. Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya Mahelan Prabantarikso mengatakan, salah satu transformasi yang telah dilakukan perusahaan adalah terkait pendanaan. Hingga saat ini, sudah ada beberapa langkah pendanaan yang sudah dilakukan.

Katadata.co.id / 11-03-2021

Pengadilan Tinggi DKI Pangkas Vonis Eks Dirut Jiwasraya Jadi 20 Tahun Penjara

Majelis hakim PT DKI Jakarta manjatuhkan vonis 20 tahun penjara kepada Dirut PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim. Hukuman ini lebih rendah dari yang ditetapkan peradilan tingkat pertama dengan hukuman seumur hidup. Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap Hendrisman Rahim. Dengan demikian, PT DKI memangkas atau mengurangi hukuman Hendrisman Rahim yang sebelum divonis seumur hidup menjadi 20 tahun penjara.

Idxchannel.com / 12-03-2021

Generali & Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack untuk Penuhi Layanan Obat-obatan

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia bersama dengan Prixa, platform manajemen kesehatan terpadu berbasis Artificial Intelligence, mengajak apotek online Lifepack bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan layanan obat-obatan nasabah Generali Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada bulan Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo,  Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerja sama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick.

Jpnn.com / 12-03-2021

AJB Bumiputera Dinilai Bisa Dikenakan Sanksi Pidana

Masalah gagal bayar AJB Bumiputera 1912 sudah bergulir sejak lama dan belum menemui titik terang. Padahal, Anggaran Dasar Bumiputera telah mengatur mekanisme kerugian. Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo menyampaikan Bumiputera belum mau menjalankan Perintah Tertulis OJK untuk mentaati dan menjalankan Anggaran Dasar Bumiputera. Khususnya dalam Pasal 38 tentang Mekanisme Kerugian. Karena tidak mentaati itu, sehingga belum ada jalan keluar penyelesaian gagal bayar. Berpotensi dikenakan sanksi pidana karena melanggar Undang-Undang tentang OJK.

Katadata.co.id / 12-03-2021

Putusan Banding Ubah Hukuman Mantan Dirut Jiwasraya Jadi 20 Tahun Penjara

Majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengubah hukuman penjara seumur hidup yang dijatuhkan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim. Majelis hakim banding memvonis Hendrisman dengan hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan karena dinyatakan bersalah melakukan korupsi dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Selain itu, majelis hakim PT DKI memerintahkan agar Hendrisman tetap ditahan.

Kompas.com / 12-03-2021

Beda Nasib 6 Terdakwa Korupsi Jiwasraya di Putusan Banding

Proses hukum para terdakwa kasus korupsi Jiwasraya belum usai. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta beberapa waktu lalu menerbitkan putusan banding terhadap enam orang terdakwa.Mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan divonis 18 tahun penjara. Hary Prasetyo sebagai Direktur Keuangan Jiwasraya pada tingkat banding divonis 20 tahun penjara.  Hendrisman Rahim dijatuhi vonis 20 tahun penjara.Heru Hidayat,Hendrisman Rahim, Syahmirwan, Benny Tjokosaputro dan Joko Hartono Tirto divonis seumur hidup

Merdeka.com / 12-03-2021

Pemangkasan Hukuman Terpidana Korupsi Jiwasraya Dinilai Rugikan Negara dan Nasabah

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memangkas hukuman sejumlah terpidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Keputusan hakim tersebut dinilai telah menciderai keadilan rakyat, terutama para nasabah yang telah menjadi korban. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi. Uchok mengatakan putusan yang meringankan vonis terhadap pelaku korupsi Jiwasraya tersebut akan memberi imbas buruk terhadap kredibilitas dan komitmen penegak hukum untuk memerangi tindak korupsi. Selain itu, kata dia, putusan tersebut dirasa tidak memberi efek jera bagi pelaku korupsi.

Tribunnews.com / 12-03-2021

Penuhi Kebutuhan Layanan Obat-obatan, Generali & Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack

Generali Indonesia bersama dengan Prixa, platform manajemen kesehatan terpadu berbasis AI, mengajak apotek online Lifepack bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan layanan obat-obatan nasabah Generali. Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada bulan Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo, yang sudah diluncurkan di tahun 2020 melalui kolaborasi dengan Prixa. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerja sama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya.

Akurat.co / 13-03-2021

Pemotongan Hukuman Terdakwa Kasus Jiwasraya, Komisi III Nilai Kepedulian Hakim Rendah

Komisi III DPR RI menyesalkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta (PT DKI) yang mengurangi hukuman terdakwa kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Anggota Komisi III DPR RI Benny K. Harman menyebut pemangkasan vonis menjadi bukti rendahnya kepedulian para hakim dalam pemberantasan korupsi. Pemotongan vonis terdakwa kasus Jiwasraya mencerminkan kesenjangan rasa keadilan yang diterima masyarakat. Benny meminta para hakim untuk menggali dan menyelami rasa keadilan hukum yang hidup di tengah masyarakat sebelum memutus suatu perkara. Apalagi, perkara yang menyebabkan kerugian keuangan negara.

Liputan6.com / 13-03-2021

Ajak Prixa dan Apotek Online Lifepack, Asuransi Generali Rilis Fitur Tebus Obat Aplikasi Dokter Leo

Generali Indonesia memberikan layanan obat-obatan bagi para nasabahnya dengan menggandeng Prixa dan apotek online Lifepack. Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada bulan Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo, yang sudah diluncurkan di tahun 2020 melalui kolaborasi dengan Prixa. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerjasama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya.

Tribunnews.com / 13-03-2021

Penuhi Kebutuhan Layanan Obat-obatan, Generali; Prixa Gandeng Apotek Online Lifepack

Generali Indonesia memberikan layanan obat-obatan bagi para nasabahnya dengan menggandeng Prixa dan apotek online Lifepack. Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada bulan Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo, yang sudah diluncurkan di tahun 2020 melalui kolaborasi dengan Prixa. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerjasama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya.

Tribunnews.com / 13-03-2021

Kejagung Ajukan Kasasi Putusan Banding Kasus Jiwasraya

Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Ali Mukartono mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung terkait putusan banding enam terdakwa kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya (persero). Ali menjelaskan, permohonan kasasi yang akan diajukan pihaknya tak hanya didasari oleh perubahan masa tahanan para terdakwa saja. Jaksa juga melihat, denda dan barang bukti yang berubah pada putusan banding itu.

Validnews.id / 13-03-2021

Generali dan Prixa Gandeng Lifepack untuk Penuhi Kebutuhan Layanan Kesehatan

Generali Indonesia bersama dengan Prixa, platform manajemen kesehatan terpadu berbasis AI, mengajak apotek online Lifepack bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan layanan obat-obatan nasabah Generali. Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo, yang sudah diluncurkan di tahun 2020 melalui kolaborasi dengan Prixa. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerjasama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya.

Grid.id / 14-03-2021

18 Tahun Beroperasi di Indonesia, AXA Mandiri Terus Berkomitmen Berikan Perlindungan

Seorang ibu mencari informasi tentang asuransi kesehatan melalui website AXA Mandiri di Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/3). Memasuki usia ke-18 tahun beroperasi di Indonesia, AXA Mandiri telah melewati berbagai tantangan termasuk saat ini, ketika pandemi Covid-19. Pandemi telah mengubah banyak hal dan menimbulkan dampak luar biasa pada semua lini kehidupan manusia. Dengan komitmen tinggi, AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan bagi lebih dari 4 juta masyarakat di seluruh Indonesia.

Idxchannel.com / 14-03-2021

Jiwasraya menargetkan restrukturisasi polis rampung Mei 2021

Proses restrukturisasi polis asuransi PT Asuransi Jiwasraya terus berjalan. Seiring waktu, jumlah pemegang polis yang menyetujui restrukturisasi kian bertambah, baik dari segmen bancassurance, ritel maupun korporasi. Hingga Jumat (12/3), sudah 75,51% pemegang polis bancassurance menyetujui restrukturisasi dari total polis dari segmen ini. Sementara pemegang polis dari korporasi dan ritel masing-masing sudah mencapai 63,90% dan 33,35%. Dengan realisasi itu, manajemen Jiwasraya menargetkan program restrukturisasi bisa rampung pada 31 Mei 2021 depan.

Kontan.co.id / 14-03-2021

Kenaikan Imbal Hasil Obligasi AS Dinilai Hanya Sementara

Kenaikan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) dinilai hanya sementara. Hal ini mengingat sektor tenaga kerja AS yang berkontribusi besar terhadap ekonomi Amerika Serikat masih belum pulih. Dalam catatan, Direktur dan Chief Investment Officer, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Ezra Nazula menuturkan, Ketua The Federal Reserve Jerome Powell berusaha meredam kekhawatiran pasar tentang peningkatan ekspektasi inflasi. The Federal Reserve mengindikasikan, pemulihan ekonomi mengalami moderasi terutama pada sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19.

Liputan6.com / 14-03-2021

Harap Kasus Jiwasraya-Asabri Tak Terulang, Mardani Ali Sera: Praktik Pengelolaan Aset Publik Lebih Transparan

Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS, Mardani Ali Sera kembali menyoroti kasus dua perusahaan BUMN Asabri dan Jiwasraya yang telah merugikan negara. Dalam unggahan yang ditulisnya melalui akun media sosial Twitter pribadinya, agar kasus di Jiwasraya dan Asabri tak terulang, Mardani Ali Sera meminta praktik pengelolaan aset publik harus dibuat lebih transparan. Lebih lanjut, Mardani Ali Sera menuturkan bahwa hal itu dilakukan guna menghindari adanya berbagai kejahatan finansial yang terjadi di dalam perusahaan milik negara.

Tasikmalaya.pikiran-rakyat.com / 14-03-2021

Mendesak, Lembaga Penjamin Polis

Empat tahun berlalu, Lembaga Penjamin Polis (LPP) yang diamanatkan UU belum juga beroperasi. Pendirian LPP diamanatkan UU No. 40/2014 tentang Perasuransian. OJK bukan pihak yang memiliki kewenangan untuk mengajukan draf pembentukan LPP, melainkan Kementerian Keuangan.  Mengingat modalnya yang mencapai Rp4 triliun, ada pihak yang menyarankan agar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga menjamin pemegang polis asuransi. Penetrasi asuransi masih minim Baru satu dari 17 orang Indonesia yang memiliki produk asuransi jiwa. Kondisi ini menunjukkan betapa sulitnya seseorang menjadi nasabah asuransi.

Investor Daily / 15 Maret 2021 Hal. 5

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.385

IHSG (per 12 Maret 2021)

   6.358,21

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, The Jakarta Post, Today.line.me, Ddtc.co.id, Kontan.co.id, Akurat.com, Bisnis.com, Detik.com, Katadata.co.id, Bareksa.com, Grid.id, Idxchannel.com, Jpnn.com, Katadata.co.id, Kompas.com, Liputan6.com, Merdeka.com, Tribunnews.com,  Pikiran-rakyat.com, Validnews.id.

DOWNLOAD PDF