AAJI Daily News - 2 Agustus 2021


Tanggal terbit (02 / 08 / 2021)

   FM-CC-AAJI-006-00

Senin 2 Agustus 2021                                                                                                                                                      

HEADLINE NEWS

  1.     BERITA FOTO – Polis Asuransi Jiwa Meningkat
  2. Pandemi Hadirkan Peluang Bagi Para Agen Asuransi
  3. Asuransi Jiwa Syariah PRUCERAH
  4. Ada Laporan Kebocoran Data BRI LIFE
  5. Pengamat Beberkan Faktor Penyebab Data Perusahaan Mudah Dibobol
  6. BRI LIFE Kebocoran Data Nasabah
  7. BRI LIFE Klaim Kebocoran Data Tak Benar
  8. Cegah Pencurian Data Konsumen
  9.     Pakar Keamanan Siber Apresiasi Langkah Cepat BRI Life Atasi Kebocoran Data
  10. POLRI Terima Satu Laporan Terkait BRI LIFE
  11. Terungkap, Data Nasabah BRI Life Bocor via Komputer Karyawan
  12.  BRI Life: Hacker Hanya Bobol Sistem Syariah
  13.  Berkat Robo ARMS, kinerja investasi unitlink Generali berada di atas IHSG
  14.  Kontribusi anak perusahaan 12,47% terhadap laba Bank Mandiri di semester I 2021
  15. Bank MANDIRI Bukukan Laba Bersih Rp 12,5 Triliun
  16. Kontribusi Anak Kurang Maksimal
  17. Pandemi Covid-19 Tak Halangi Manulife Indonesia Berikan Layanan Perlindungan untuk Nasabah
  18.  Ajak Masyarakat Punya Asuransi, FWD Insurance Gelar Kampanye #ProteksiOn
  19. BERITA FOTO – Kolaborasi Bank Dan Asuransi
  20.  Kolaborasi IPB University dan Prudential Kaji Strategi Kelola Manajemen Risiko
  21.  Bertahan Hadapi Pandemi dengan Asuransi Jiwa dan Kesehatan
  22. Sektor Jasa Keuangan Stabil
  23. OJK: Sektor Jasa Keuangan Stabil Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi
  24. Premi industri asuransi sentuh Rp 62 triliun hingga Juni 2021
  25. Masih terjaga, RBC industri asuransi jiwa capai 647,7% pada akhir semester I
  26. Kabar Baik! Penetrasi Asuransi Tumbuh pada Semester I/2021, Tembus 3 Persen

TENTANG AAJI

BERITA FOTO – Polis Asuransi Jiwa Meningkat

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di kuartal 1-2021, nilai tebus atau pembatalan (surrender) polis asuransi jiwa meningkat 30,61 % yoy menjadi Rp 28,54 triliun. Sebagai perbandingan, di kuartal I-2020, nilai surrender sebesar Rp 21,85 triliun.
Kontan/31-07-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Pandemi Hadirkan Peluang Bagi Para Agen Asuransi

Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia selama hampir dua tahun membuat banyak agen asuransi dihadapkan dengan ketidakpastian. Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2021, Johan Fanggara. menyatakan para agen didorong terus berinovasi sehingga memberikan dampak positif pada pencapaian produksi pribadi (.personal selling) dan peningkatan kompetensi leadership.

Media Indonesia /30-07-2021

Asuransi Jiwa Syariah PRUCERAH

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali berinovasi dengan meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah (PRUCerah). Ini merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia menjelaskan, PRUCerah ditujukan bagi orang tua berusia 19 hingga 55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak mereka (usia 1-18 tahun). Dengan pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel, yaitu selama lima tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Women’s Obsession /30-07-2021

Ada Laporan Kebocoran Data BRI LIFE

Akhirnya ada juga yang melaporkan kasus kebocoran data. Ada satu laporan terkait ilegal akses kebocoran data nasabah BRI Life. Demikian dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di Jakarta, Minggu (1/8). Dia belum merinci secara detail perkembangan proses pendalaman kebocoran data BRI Life yang dilakukan Polri karena penyidik masih mendalami laporan tersebut

Koran Jakarta /2-08-2021

Pengamat Beberkan Faktor Penyebab Data Perusahaan Mudah Dibobol

Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) Ardi Sutedja mengatakan biasanya data perusahaan atau lembaga dapat bocor secara bertahap dan pembobolan bisa terjadi pada waktu tertentu seperti libur panjang. Seperti diketahui, baru-baru ini, industri asuransi dikejutkan oleh dugaan kebocoran data dari PT Asuransi BRI Life, yang dikabarkan berisi data dua juta nasabah. Data itu dijual di situs Raid Forums, forum yang juga menjadi tempat dugaan kebocoran data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJSKesehatan. Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan perkembangan informasi lebih lanjut. Asosiasi pun mengajak masyarakat untuk menunggu kejelasan informasi terlebih dahulu. Corporate Secretary BRI Life Ade Ahmad Nasution menjelaskan bahwa pihaknya bersama dengan tim independen sedang melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi.

bisnis.com/31-07-2021

BRI LIFE Kebocoran Data Nasabah

Terkait beredarnya informasi mengenai bocornya data nasabah BRILife, PT Asuransi BRI Life menyatakan bahwa pihaknya telah bergerak cepat melakukan investigasi internal atas kejadian tersebut, dan ditemukan bukti bahwa pelaku kejahatan cyber melakukan intrusi ke dalam sistem BRILife Syariah yang merupakan stand alone sy-stem dan terpisah dari core system BRILife. Ade Ahmad Nasution. Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT Asuransi BRILife menjelaskan, pada sistem tersebut terdapat tidak lebih dari 25 ribu pemegang polis syariah individu, dimana data tersebut tidak berkaitan dengan data BRILife maupun BRI Group lainnya.

Tribun Kaltim/30-07-2021

BRI LIFE Klaim Kebocoran Data Tak Benar

Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (29/7/2021) mengatakan, berdasarkan hasil investigasi hingga Rabu (28/7) kemarin, ditemukan fakta-fakta salah satunya yaitu klaim jumlah kebocoran data yang tidak benar. Menurutnya, BRILife telah bergerak cepat melakukan inBRI Life Klaim Kebocoran Data tak Benar vestigasi internal atas kejadian dimaksud dan ditemukan bukti bahwa pelaku kejahatan siber melakukan intrusi ke dalam sistem BRILife Syariah yang merupakan stand alone system dan terpisah dari core system BRILife.

Pelita Baru/30-07-2021

Cegah Pencurian Data Konsumen

Perusahaan-perusahaan asuransi dinilai perlu memproteksi dirinya dengan asuransi kejahatan siber untuk mencegah risiko seperti intrusi dan pencurian data. Keamanan siber kembali menjadi sorotan setelah terjadinya dugaan pencurian data PT Asuransi BRI Life. Dosen Program MM-Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pengamat asuransi Kapler A. Marpaung menjelaskan bahwa lembaga jasa keuangan yang memiliki data nasabah memang rentan menjadi target serangan siber oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Perusahaan asuransi pun perlu melakukan mitigasi risiko.

Tangerang Ekspress/30-07-2021

Pakar Keamanan Siber Apresiasi Langkah Cepat BRI Life Atasi Kebocoran Data

Pakar Keamanan Siber, Alfons Tanujaya, mengapresiasi langkah cepat BRI Life dalam mengatasi dugaan kebocoran data yang terjadi belum lama ini. Menurut Alfons, secara logika, jika peretas ingin mengambil keuntungan dengan manipulasi data sistem yang diretas, ia akan melakukan aksi senyap. Dalam hal ini peretas tidak mempublikasikan aksinya, terlebih menjual data tersebut. Alfons menduga, kemungkinan besar tidak ada data nasabah yang dimanipulasi oleh peretas.

Liputan6.com/30-07-2021

POLRI Terima Satu Laporan Terkait BRI LIFE

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menerima satu laporan masyarakat terkait ilegal akses kebocoran data nasabah BRI Life. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, pelapor tersebut berasal dari karyawan swasta. Rusdi belum memerinci secara detail perkembangan proses pendalaman kebocoran data BRI Life yang dilakukan Polri, tetapi penyidik masih mendalami laporan tersebut. 

Republika/2-08-2021

Terungkap, Data Nasabah BRI Life Bocor via Komputer Karyawan

Menurut perusahaan keamanan siber Hudson Rock, kebocoran data tersebut disebabkan komputer milik karyawan BRI dan BRI Life disusupi. Peretasan disebut mebobol data BRI Life sebesar 250 GB, berupa kartu tanda pengenal atau KTP nasabah dan dokumen lainnya.

Headtopics.com/30-07-2021

BRI Life: Hacker Hanya Bobol Sistem Syariah

Pengusutan kasus kebocoran data nasabah BRI Life terus bergulir. PT Asuransi BRI Life mengklaim bahwa hacker hanya membobol sistem BRI Life Syariah. Sedangkan data nasabah BRI maupun BRI Group tetap aman. Temuan itu terungkap dari hasil investigasi dan penelusuran jejak digital yang dilakukan PT Asuransi BRI Life. Kemarin (29/7) Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution menyatakan bahwa pihaknya telah menemukan bukti pelaku kejahatan siber yang menerobos sistem BRI Life Syariah. Ade menjelaskan, dalam sistem tersebut terdapat kurang dari 25 ribu pemegang polis syariah individu. Dia menjamin data-data itu tidak berkaitan dengan data nasabah BRI maupun BRI Group.

Batampos.id/30-07-2021

Berkat Robo ARMS, kinerja investasi unitlink Generali berada di atas IHSG

Di tengah volatilitas pasar yang tidak menentu, kinerja Program Robo Auto Risk Management System atau Robo ARMS PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) justru mencatatkan kinerja imbal investasi positif pada semester I 2021. Per 30 Juni 2021, Kinerja porsi investasi nasabah dengan Robo ARMS 94% di atas IHSG, bahkan diantaranya bisa mencapai 37% di atas IHSG. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama mengatakan, Robo ARMS Generali mampu lebih mengoptimalkan kinerja unit link nasabah jika dibandingkan dengan unit link biasa. produk yang paling bertumbuh saat ini adalah produk-produk unit link, seperti iPLAN dan GenSMART.

Kontan.co.id/1-08-2021

Kontribusi anak perusahaan 12,47% terhadap laba Bank Mandiri di semester I 2021

Anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk masih mampu memberikan kontribusi kepada laba konsolidasi di tengah pandemi. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pencapaian laba bersih anak usaha perseroan tumbuh 21,45% year on year (yoy) dari Rp 10,29 triliun menjadi Rp 12,5 triliun. AXA Mandiri Financial Services mampu membukakan pertumbuhan laba 21% yoy menjadi Rp 226,3 miliar atau menyumbang 1,8%.

Kontan.co.id/1-08-2021

Bank MANDIRI Bukukan Laba Bersih Rp 12,5 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sepanjang semester I-2021 membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 12,5 triliun, meningkat 21,45% secara tahunan iyear on year/yoy). Perseroan melihat pertumbuhan tersebut sebagai sinyal positif perbaikan ke depan. Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengungkapkan, perseroan berhasil memperbaiki kinerja pada kuartal II-2021 setelah terdampak pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Membaiknya kinerja finansial Bank. PT BankSyariah Indonesia Tbk (BSI) me-ngontribusi laba Rp 881,3 miliar, AXA Mandiri Rp 226,3 miliar, Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) Rp 178,5 miliar, Mandiri Sekuritas Rp 124,3 miliar, dan anak usaha lainnya Rp 149,7 miliar.

Investor Daily/30-07-2021

Kontribusi Anak Kurang Maksimal

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, anak perusahaan memberikan kontribusi laba bersih senilai Rp 1,56 triliun atau 12,47% dari total laba Bank Mandiri di semester 1-2021 yang mencapai Rp 12,5 triliun. Nilai ini menurun dibandingkan kontribusi pada Juni 2020 yang senilai Rp 2 triliun atau menyumbang 19,6% dari total laba Bank Mandiri. AXA Mandiri Financial Services mampu membukukan pertumbuhan laba 21% menjadi Rp 226,3 miliar atau menyumbang 1,8%.

Kontan/2-08-2021

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Manulife Indonesia Berikan Layanan Perlindungan untuk Nasabah

Selama situasi pandemi Covid-19, Manulife Indonesia tetap berupaya memaksimalkan layanan kepada para nasabah dengan mengarahkan pelayanan melalui customer contact center. Selain itu, layanan email dan layanan tanpa tatap muka dipilih untuk menghindari penularan virus corona. Nasabah dapat mengajukan klaim secara online melalui MiEClaim. Selain mempermudah dalam pengajuan, Manulife Indonesia juga melengkapi manfaat asuransi dengan memasukkan risiko Covid-19 sebagai bagian perlindungan. Manulife Indonesia telah membayarkan klaim terkait Covid-19 senilai total Rp 313 miliar hingga 22 Juli 2021.
Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia Ryan Charland mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak dan pemangku kepentingan, seperti pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank partner, tenaga pemasar, karyawan, dan nasabah, tepat pada acara peringatan hari ulang tahun Manulife Indonesia ke 36 tahun pada hari minggu lalu (18/7).

Kompas.com/30-07-2021

Ajak Masyarakat Punya Asuransi, FWD Insurance Gelar Kampanye #ProteksiOn

Perusahaan asuransi PT FWD Insurance Indonesia, merayakan ulang tahunnya ke-29 sambil melakukan kampanye bertajuk #ProteksiOn. Kampanye ini ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya asuransi agar dapat menjalankan hidup yang penuh dengan passion yang selalu on. Chief of Proposition & Syariah di FWD Insurance Direktur, Ade Bungsu menuturkan jika sejak pandemi COVID-19 minat masyarakat untuk melakukan perlindungan asuransi ikut meningkat. Ade menambahkan, menurut data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia mencatat jumlah tertanggung perseorangan tumbuh sebanyak 2,6 persen. Data tersebut melibatkan 426 ribu orang dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com/30-07-2021

BERITA FOTO – Kolaborasi Bank Dan Asuransi

CAR Life Insurance dan Bank Ina Perdana turut mendukung program pemerintah, dengan menyediakan vaksinasi bagi keluarga nasabah dan masyarakat umum serta anak-anak berusia 12 tahun ke atas pada 28-29 juli 2021, secara gratis dan pemberian manfaat pertanggungan asuransi kecelakaan sebesar Rp 25 juta.

Kontan/30-07-2021

Kolaborasi IPB University dan Prudential Kaji Strategi Kelola Manajemen Risiko

 IPB Univeristy bersama dengan PT Prudential Life Assurance gelar Financial Risk Management in Product Design and Implementation,Kamis (29/7/2021). Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University mengungkapkan bahwa manajemen risiko hal penting terutama dalam beberapa tahun terakhir. Chief Human Resources Officer PT Prudential Life Assurance Indrijati Rahayoe mengungkapkan komitmen perusahaannya untuk selalu dekat dengan mahasiswa. Prudential adalah salah satu perusahaan yang berusaha men-support terlaksananya kampus merdeka yang menjadi arahan pemerintah untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia usaha.

Bogor-kita.com/30-07-2021

Bertahan Hadapi Pandemi dengan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Public Relation Manager Qoala, Nikky Sirait, mengatakan di tengah situasi kasus covid-19 masih tinggi di Indonesia, penting untuk punya proteksi. Semakin awal semakin baik, karena dapat memberikan ketenangan pikiran dan menjadi jaringan pengaman bagi diri, keluarga dan orang-orang tersayang. Nikky menjelaskan, asuransi kesehatan menjamin biaya pengobatan dan tindakan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga yang ditanggung, dari anak hingga orang tua. Sedangkan untuk meningkatkan perlindungan jiwa selama pandemi covid-19, sambung Nikky, Qoala menghadirkan produk asuransi jiwa. Konsumen bisa memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan. Qoala bekerja sama dengan perusahaan asuransi kredibel untuk menghadirkan beragam manfaat asuransi jiwa terbaik

Beritasatu.com/30-07-2021

Sektor Jasa Keuangan Stabil

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga semester I 2021, sektor jasa keuangan tetap stabil dilihat dengan membaiknya sejumlah indikator seperti intermediasi perbankan, penghimpunan dana di pasar modal, dan terjaganya rasio kehati-hatian (prudensial) di lembaga jasa keuangan. Penghimpunan dana di pasar modal hingga 27 Juli 2021 telah mencapai nilai Rp 116,6 triliun atau meningkat 211 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan 27 emiten baru yang melakukan IPO. Sektor asuransi mencatatkan penghimpunan premi pada Juni 2021 sebesar Rp31,0 triliun dengan rincian Asuransi Jiwa sebesar Rp21,l triliun, Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar Rp 9,9 triliun.

Tribun Medan/30-07-2021

OJK: Sektor Jasa Keuangan Stabil Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga semester I 2021, sektor jasa keuangan tetap stabil dilihat dengan membaiknya sejumlah indikator seperti intermediasi perbankan, penghimpunan dana di pasar modal, dan terjaganya rasio kehati-hatian (prudensial) di lembaga jasa keuangan. Penghimpunan dana di pasar modal hingga 27 Juli 2021 telah mencapai nilai Rp 116,6 triliun atau meningkat 211 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan 27 emiten baru yang melakukan IPO. Sektor asuransi mencatatkan penghimpunan premi pada Juni 2021 sebesar Rp31,0 triliun dengan rincian Asuransi Jiwa sebesar Rp21,l triliun, Asuransi Umum dan Reasuransi sebesar Rp 9,9 triliun.

Katadata.co.id/30-07-2021

Premi industri asuransi sentuh Rp 62 triliun hingga Juni 2021

Industri asuransi terus mencatatkan pertumbuhan premi selama pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di tanah air. Kenaikan disumbang oleh beberapa sektor asuransi sehingga total premi yang berhasil dihimpun mencapai Rp 62 triliun hingga akhir Juni 2021. Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anto Prabowo, dalam keterangan resmi menjelaskan, sektor asuransi mencatatkan penghimpunan premi pada Juni 2021 sebesar Rp 31 triliun dengan rincian asuransi jiwa sebesar Rp 21,1 triliun, asuransi umum dan reasuransi sebesar Rp 9,9 triliun

Kontan.co.id/2-08-2021

Masih terjaga, RBC industri asuransi jiwa capai 647,7% pada akhir semester I

Rasio solvabilitas (RBC) industri asuransi masih terjaga selama pandemi. Hingga Juni 2021, RBC industri melebih 120% sebagaimana yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, RBC industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing tercatat sebesar 647,7% dan 314,8%

Kontan.co.id/1-08-2021

Kabar Baik! Penetrasi Asuransi Tumbuh pada Semester I/2021, Tembus 3 Persen

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mencatat adanya kenaikan penetrasi asuransi pada semester I/2021 seiring tumbuhnya kinerja industri asuransi. Kenaikan itu dinilai mencerminkan tingginya kebutuhan asuransi di masa pandemi Covid-19. Deputi Direktur Pengawasan Asuransi OJK Kristianto Andi Handoko menjelaskan bahwa terjadi tren positif dari penetrasi asuransi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, penetrasi asuransi di Indonesia relatif stagnan dan masih berada di angka yang kecil. Berdasarkan catatan OJK, industri asuransi jiwa membukukan pertumbuhan premi 18,35 persen per Juni 2021, sedangkan asuransi umum tumbuh 2,5 persen pada paruh pertama tahun ini.

bisnis.com/30-07-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.491.00

IHSG (per 30 Juli 2021)

6.070,04

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF