AAJI Daily News - 7 Juni 2021


Tanggal terbit (07 / 06 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Senin 7 Juni 2021

 HEADLINE NEWS

  1. 2041, IFG Proyeksi Pertumbuhan Aset Asuransi terhadap PDB Capai 5%
  2. Berita Foto – Aset Asuransi Jiwa
  3. Astra Life Luncurkan Layanan E-card
  4. Pada tahun 2020, Allianz Life telah bayar klaim Rp 11,21 triliun
  5. BSSN masih selidiki dugaan bocornya data BPJS Kesehatan
  6. Investigasi BPJS Kesehatan Butuh Enam Bulan
  7. Investigasi BPJS Kesehatan Butuh Enam Bulan
  8. Return unitlink saham dan unitlink campuran loyo di bulan Mei 2021
  9. Imbal Hasil Unitlink Masih Belum Pulih
  10. Tahun ini Imbal Hasil Unitlink Masih Terus Memble

INDUSTRI  & ASURANSI

2041, IFG Proyeksi Pertumbuhan Aset Asuransi terhadap PDB Capai 5%

Indonesia Financial Group (IFG) memproyeksi pertumbuhan aset industri asuransi di Tanah Air terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 5% dalam 20 tahun mendatang. Komisaris Utama IFG Fauzi Ichsan menyampaikan, industri asuransi di Indonesia berhasil bertahan meski ikut terdampak pandemi Covid-19. Dalam tempo 20 tahun, aset industri asuransi sebagai persentase dari PDB naik dari 2% ke kisaran 5%. Yang harus diperhatikan adalah jumlah aset di perusahaan bergantung dengan kualitas aset dan besarnya klaim/provisi yang bisa menggerus modal. Walaupun potensi pertumbuhan industri asuransi besar namun membutuhkan tambahan modal, konsolidasi dan SDM spesialis asuransi. Menurut dia, saat ini Industri asuransi Indonesia masih di dominasi oleh asuransi jiwa. Mengacu data OJK, industri asuransi jiwa tiga kali lebih besar jika dibandingkan asuransi umum lainnya Selama tahun 2015-2019, penerimaan premi bruto asuransi jiwa rata-rata tumbuh 6,3% per tahun, sementara nonjiwa tumbuh 6,1%.

Investor Daily/5-06-2021

Berita Foto – Aset Asuransi Jiwa

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri asuransi jiwa mampu mencatatkan aset Rp 552,08 triliun pada April 2021. Nilai itu meningkat 10,80% dibandingkan dengan April tahun lalu yang senilai Rp 498,23 triliun.

Kontan/5-06-2021

Astra Life Luncurkan Layanan E-card

 PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) meluncurkan layanan e-Card, yaitu layanan kartu digital yang diberikan Astra Life kepada peserta asuransi kumpulan (grup/kantor) Astra Life, di mana peserta dapat melakukan pembayaran di rumah sakit rekanan Astra Life tanpa perlu membawa kartu secara fisik, semua hanya dari telepon genggam melalui aplikasi Buddies milik Astra Life.
Tribun Jabar/5-06-2021

Pada tahun 2020, Allianz Life telah bayar klaim Rp 11,21 triliun

Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) telah membayarkan klaim Rp 11,21 triliun, atau naik dari realisasi tahun sebelumnya yakni Rp 7,83 triliun. Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier pekan lalu mengatakan, kondisi kesehatan keuangan perusahaan sepanjang tahun juga tercatat sangat baik sepanjang tahun, dengan salah satu indikator tingkat rasio kecukupan modal (RBC) sebesar 472% per Desember 2020, jauh berada di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator

Kontan.co.id/7-06-2021

Regulasi & Makro Ekonomi

BSSN masih selidiki dugaan bocornya data BPJS Kesehatan

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga saat ini masih menyelidiki dugaan bocornya data pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang terkuak Mei lalu. Data 279 juta pengguna BPJS Kesehatan diduga bocor pada Mei lalu dan diperdagangkan di situs gelap RaidForums. Peretas mengklaim 20 data tersebut memiliki foto. Peretas juga mengklaim mengantongi satu juta sampel data yang bisa diunduh secara gratis. Kominfo dan BPJS Kesehatan belum menginformasikan lagi perkembangan penyelidikan kasus ini.

Antaranews.com/5-06-2021

Investigasi BPJS Kesehatan Butuh Enam Bulan

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Achmad Yurianto mengaku investigasi dugaan bocornya data pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih dilakukan. Investigasi ini dilakukan bersama dengan Bareskrim dan juga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pakar keamanan siber Pratama Persadha menyatakan pencurian data yang masih terjadi di Indonesia berpengaruh terhadap minat investor. Hingga saat ini, pemerintah dan DPR juga belum terlihat serius menyelesaikan pembahasan Rancangan Un-dang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

Republika/7-06-2021

Investigasi BPJS Kesehatan Butuh Enam Bulan

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Achmad Yurianto mengaku investigasi dugaan bocornya data pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih dilakukan. Investigasi ini dilakukan bersama dengan Bareskrim dan juga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pakar keamanan siber Pratama Persadha menyatakan pencurian data yang masih terjadi di Indonesia berpengaruh terhadap minat investor. Hingga saat ini, pemerintah dan DPR juga belum terlihat serius menyelesaikan pembahasan Rancangan Un-dang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

republika.co.id/7-06-2021

Return unitlink saham dan unitlink campuran loyo di bulan Mei 2021

Hingga Mei 2021, return atau imbal hasil beberapa produk unitlink mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, seperti yang terjadi pada unitlink saham dan unitlink campuran yang loyo. Sebaliknya, unitlink pendapatan tetap tetap memberikan imbal hasil yang terus membaik meskipun masih minus. Infovesta mencatat hingga 31 Mei 2021, rata-rata imbal hasil untuk unitlink pendapatan tetap sebesar -0,24% ytd. Selanjutnya, ada unitlink campuran yang memberikan imbal hasil -1,68% ytd dan unitlink saham dengan imbal hasil -1,72% ytd.

Kontan.co.id/6-06-2021

Imbal Hasil Unitlink Masih Belum Pulih

Hingga Mei 2021, imbal hasil atau return produk unitlink turun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. PT Infovesta Utama mencatat, hingga 31 Mei 2021, rata-rata imbal hasil unitlink pendapatan tetap tahun ini atau year to date sebesar -0,24% . Selanjutnya, unitlink campuran memberikan imbal hasil -1,68% dan unitlink saham memberikan vetimi -1,72%. Senior Research Analyst Infovesta Utama Praska Putrantyo menjelaskan, penurunan yang terjadi pada unitlink campuran dan unitlink saham merupakan dampak kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang turun. Praska optimistis, kinerja unitlink pasar uang dan pendapatan tetap masih bisa tercatat positif di tahun ini. Hanya saja, Praska masih belum yakin untuk unitlink saham karena tekanan di pasar modal tampaknya terus akan terjadi hingga akhir tahun. BNI Life juga mengaku bahwa kinerja unitlink pendapatan tetap lebih bagus dibandingkan dengan jenis lainnya

Kontan/7-06-2021 

Tahun ini Imbal Hasil Unitlink Masih Terus Memble

Hingga Mei 2021, return produk unitlink mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. PT Infovesta Utama mencatat hingga 31 Mei 2021, rata-rata imbal hasil untuk unitlink pendapatan tetap sebesar -0,24% ytd. Selanjutnya, ada unitlink campuran yang memberikan imbal hasil -1,68% ytd dan unitlink saham dengan imbal hasil -1,72% ytd.

Kontan.co.id/7-06-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.270

IHSG (per 7 Juni 2021)

6.058,82

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF