AAJI Daily News - 21 Januari 2021


Tanggal terbit (21 / 01 / 2021)

Kamis, 21 Januari 2021

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Agen dan Broker Asuransi
  2. Hingga Juni 2020, Aset Bumiputera Rp 10,1 Triliun
  3. Produk Baru Prudential
  4. Indonesia Luncurkan PruWarisan
  5. Generali Hadirkan Social Platform Akuberbagi.com
  6. [Foto] Kampanye Hidup Sehat Allianz Indonesia
  7. Luncurkan PRUWarisan, Prudential Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan
  8. Nasabah Kecewa dengan Proposal Perdamaian Kresna Life
  9. Mantan Direksi: Pemerintah Harus Turun Tangan Selesaikan Sengkarut AJB Bumiputera
  10. Prudential Luncurkan Asuransi Jiwa PRUWarisan
  11. Dua Pekan Dibuka, Peminat Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai 102.000 Peserta
  12. Optimalkan asuransi syariah, Generali luncurkan platform Akuberbagi.com

TENTANG AAJI

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Agen dan Broker Asuransi

Agen dan broker asuransi merupakan perantara antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Broker asuransi mewakili kepentingan nasabah, sedangkan agen asuransi mewakili kepentingan perusahaan asuransi. Agen asuransi harus terdaftar dan berlisensi agar dapat menjual produk asuransi. Untuk asuransi jiwa, penyelenggara pendaftaran dan lisensi keagenan adalah AAJI. Broker asuransi merupakan perusahaan yang mewakili kepentingan klien dan bertanggung jawab untuk menangani masalah pengelolaan risiko perusahaan serta membuat desain asuransi sesuai risiko bisnis.

Jurnalpost.com / 20-01-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Hingga Juni 2020, Aset Bumiputera Rp 10,1 Triliun

Kinerja Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 semakin tertekan. Dalam permohonan dan putusan judicial review, aset perusahaan tercatat sebesar Rp10,1 triliun hingga Juni 2020. Manajemen menyebutkan aset Bumiputera sempat berada di angka Rp14,2 triliun tahun 2014 lalu naik Rp15 triliun tahun berikutnya. Jumlah aset AJB Bumiputera 1912 tidak termasuk aset lain berupa cadangan premi yang ditangguhkan sebesar Rp12,34 triliun. Hingga Juni 2020, terdapat total 2,85 juta nasabah, terdiri dari dua juta nasabah perorangan dan 847.246 peserta asuransi kumpulan.

Kontan, hal. 10 / 21-01-2021

Produk Baru Prudential

PT Prudential Life Assurance meluncurkan Asuransi Jiwa PRUWarisan untuk memenuhi kebutuhan harta warisan bagi masyarakat. Presiden Direktur Prudential Indonesia, Jens Reisch, menyatakan pandemi Covid-19 telah mengajarkan masyarakat memiliki persiapan demi masa depan. Managing Director for Costumer Solution & Delight Prudential Indonesia, Himawan Purnama, menyebutkan PRUWarisan menawarkan manfaat berupa periodE pembayaran premi fleksibel yaitu 5, 10, atau 15 tahun.

Kontan, hal. 10 / 21-01-2021

Prudential Indonesia Luncurkan PruWarisan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan solusi perlindungan Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan). Asuransi tradisional inovatif itu dihadirkan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki harta warisan yang optimal. President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengungkapkan, pandemi mengajarkan untuk memiliki persiapan terbaik demi masa depan. Survei GoBear Financial Health Index 2020 mengungkap bahwa 8 dari 10 responden mengakui lebih hati-hati dalam mengelola keuangan dan setengahnya merasa kondisi keuangan mereka cukup terancam. Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia Himawan Purnama menerangkan, PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat seperti fleksibilitas masa pembayaran premi dan uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun.

Investor Daily, hal. 23 / 21-01-2021

Generali Hadirkan Social Platform Akuberbagi.com

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menghadirkan Digital Social Platform Akuberbagi.com yang dilengkapi dengan fitur wakaf asuransi. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, Akuberbagi.com menjadi sebuah cara baru bagi masyarakat untuk bisa berkontribusi lebih bagi sesama. Di platform itu, kata Edy, nasabah dapat berbagi kepada sesama melalui konsep wakaf yang sangat terjangkau, dengan kontribusi Rp 60 ribu per bulan atau Rp 2 ribu per hari. Dengan pembayaran kontribusi hanya selama 5 tahun, nasabah bisa terlindungi seumur hidup dengan metode pembayaran yang mudah dan aman melalui e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA, serta auto debet kartu kredit.

Investor Daily, hal. 23 / 21-01-2021

[Foto] Kampanye Hidup Sehat Allianz Indonesia

Perwakilan Allianz Indonesia Aditya Sumirat bersama atlet paracycling M. Fadli dan pendiri Komunitas Olahraga Lari Yasha Chatab pada acara webinar Allianz Indonesia di Jakarta berjudul “Bersama Menguatkan Diri: Pantang Menyerah, Kini, dan Nanti”. Allianz memberikan kemudahan pembiayaan Covid-19 dari pengobatan, hingga hotel rujukan pemerintah.

HE Neraca, hal. 4 / 21-01-2021

Luncurkan PRUWarisan, Prudential Ajak Masyarakat Miliki Harta Warisan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali meluncurkan solusi perlindungan yang inovatif yaitu Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan). Asuransi tradisional inovatif ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki harta warisan yang optimal. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan pandemi mengajarkan kita untuk memiliki persiapan terbaik demi masa depan. Himawan Purnama, Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia menyampaikan PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat seperti fleksibilitas masa pembayaran premi dan uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun.

Suara Pembaruan, hal. 6 / 21-01-2021

Nasabah Kecewa dengan Proposal Perdamaian Kresna Life

Rapat PKPU PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) kembali digelar, Selasa (20/1) dengan agenda pembahasan proposal perdamaian yang ditawarkan pihak Kresna Life ke nasabah atau kreditur. Sebagian kreditur mengaku masih tak puas dengan proposal yang sebelumnya telah dibahas pada Jumat (15/1) itu. Diantaranya adalah Djengiskan Julianto Bensari dan Susino selaku kuasa hukum 93 kreditur Kresna Life. Menurut Djengiskan, proposal yang ditawarkan belum memenuhi harapan kliennya. Kresna Life diharapkan memperbaiki proposal perdamaian yang mereka tawarkan kepada nasabah.

Beritasatu.com / 20-01-2021

Mantan Direksi: Pemerintah Harus Turun Tangan Selesaikan Sengkarut AJB Bumiputera

Pemerintah dinilai perlu segera turun tangan dalam menyelesaikan sengkarut Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912, meskipun perusahaan itu bukan pelat merah. Mantan Direktur SDM Bumiputera Ana Mustamin menilai bahwa kondisi perseroan saat ini sangat runyam, baik kondisi keuangannya yang sangat kritis maupun banyaknya pihak yang bergulat di dalam perusahaan. Tidak kunjung terdapat perbaikan kondisi di Bumiputera. Dalam kondisi yang kritis ini, menurutnya, pemerintah harus segera turun tangan menyelamatkan nasib para nasabah.

Bisnis.com / 20-01-2021

Prudential Luncurkan Asuransi Jiwa PRUWarisan

Prudential Indonesia meluncurkan Asuransi Jiwa PRUWarisan (PRUWarisan). Asuransi tradisional inovatif ini menurut Jens hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki harta warisan optimal demi kesejahteraan masa depan. Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia, Himawan Purnama menyebut PRUWarisan dapat menjadi peninggalan berharga yang efektif dengan sejumlah manfaat seperti fleksibilitas masa pembayaran premi dan uang pertanggungan yang optimal selama masa perlindungan hingga 99 tahun.

Gatra.com / 20-01-2021

Dua Pekan Dibuka, Peminat Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya Capai 102.000 Peserta

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat, hingga Senin (18/1), sudah ada 102.856 peserta yang mengikuti restrukturisasi polis. Dari jumlah tersebut, total pemegang polis kategori korporasi sebanyak 101.294 peserta yang berasal dari 884 perusahaan. Koordinator Tim Satuan Tugas (Satgas) Restrukturisasi Polis Jiwasraya Bidang Komunikasi dan Hukum R Mahelan Prabantarikso menyampaikan, jumlah peserta yang mengikuti program restrukturisasi polis mengalami peningkatan signifikan dalam dua pekan terakhir.

Kompas.com / 20-01-2021

Optimalkan asuransi syariah, Generali luncurkan platform Akuberbagi.com

Generali Indonesia meluncurkan platform sosial digital Akuberbagi.com yang dilengkapi dengan fitur wakaf asuransi. Platform sosial ini berbasis syariah sebagai inovasi digital end to end yang dapat memudahkan masyarakat untuk saling membantu dengan berdonasi atau wakaf sekaligus mendapatkan proteksi asuransi. Pada platform ini, nasabah dapat berbagi kepada sesama melalui konsep wakaf yang sangat terjangkau, dengan kontribusi Rp 60.000 per bulan atau Rp 2.000 per hari. Wakaf yang umum dikenal masyarakat adalah berupa lahan ataupun dalam bentuk donasi aset lainnya.

Kontan.co.id / 20-01-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.035

IHSG (per 20 Januari 2021)

   6.435,21

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Kontan. Investor Daily, Suara Pembaruan, Beritasatu.com, Bisnis.com, Gatra.com, Jurnalpost.com, Kompas.com, Kontan.co.id.

 

DOWNLOAD PDF