AAJI Daily News - 18 Maret 2021


Tanggal terbit (18 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 18 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Pebisnis Perlu Transformasi
  2. Bebas Khawatir, PermataBank dan Astra Life Tawarkan Asuransi dengan Premi 100% Kembali
  3. Bank Permata dan Astra Life Rilis AVA iFamily Protection di PermataMobile X
  4. Seteru Baru Panitia BPA
  5. (Foto) MiPrecious
  6. (Foto) Manulife Luncurkan Miprecious
  7. PSI: Selamatkan Pensiunan Nasabah Jiwasraya
  8. Agustus 2021, Virtual Ride Kembali Hadir
  9. Gagal Bayar AJB Bumiputera, Pengamat : Lebih Baik OJK Bentuk Pengelola Statuter
  10. Serikat Pekerja: Penyehatan Bumiputera Harus Utamakan Nasib Karyawan dan Pemegang Polis
  11. AXA Mandiri Tawarkan Asuransi Proteksi Jangka Panjang Mandiri Secure Wealth
  12. Konsultasi Medis Virtual Hingga Layanan Tebus Obat dengan Praktis
  13. Kuasa Hukum soal Dampak Kerugian Perkara Jiwasraya
  14. Incar Nasabah Tajir, Manulife Luncurkan Produk Premium MiPrecious
  15. Incar Segmentasi Menengah-Atas, Manulife Luncurkan MiPrecious
  16. Bentuk panitia pemilihan, AJB Bumiputera siap bentuk badan perwakilan anggota baru
  17. PKPU masuk tahap homologasi, nasabah Kresna Life ini kecewa dengan hasilnya
  18. Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJB Bumiputera) Siap Memilih BPA Baru
  19. Tanggapan BRI Life atas Surat Bapak Hardiyanto
  20. Negara Alami Kerugian Rp 40,537 Triliun, Dua Orang Ini Terlibat Kasus Asabri Sekaligus Jiwasraya
  21. Polemik Asuransi Bumiputera 1912 di Batam, Desloritzu: Kami Alami Masalah Keuangan

TENTANG AAJI

Pebisnis Perlu Transformasi

OJK data mencatat 12 perusahaan asuransi telah mengantongi izin penjualan PAYDI melalui sarana digital. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi mengatakan PAYDI atau unit linked menjadi perhatian otoritas karena porsinya yang dominan di industry. Hingga akhir tahun lalu, premi unit linked mencakup 63,1% dari total portofolio industri. AAJI mencatat pada 2020 bahwa jumlah perusahaan yang menjadi anggotanya sebanyak 59 asuransi jiwa. Jika mengacu jumlah tersebut, baru 20,3% perusahaan asuransi jiwa yan gmelakukan penjualan unit-linked secara digital. Direktur AAJI Togar Pasaribu mengatakan pihaknya mengupayakan penerapan permanen terkait penjualan PAYDI atau unit linked melalui sarana digital.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 18-03-2021

Bebas Khawatir, PermataBank dan Astra Life Tawarkan Asuransi dengan Premi 100% Kembali

PermataBank dan Astra Life resmi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama AVA iFamily Protection di aplikasi mobile, PermataMobile X. Selain mudah diakses dan premi terjangkau, asuransi kesehatan untuk keluarga ini juga menawarkan fitur teranyarnya yakni opsi premi 100% kembali meski nasabah pernah melakukan klaim santunan rawat inap dan santunan rawat inap ICU. Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life Ancilla Lily mengatakan, selama masa Pandemi Covid-19, pihaknya fokus meningkatkan layanan digital demi memudahkan nasabah.

Wartaekonomi.co.id / 17-03-2021

Bank Permata dan Astra Life Rilis AVA iFamily Protection di PermataMobile X

PT Bank Permata Tbk. dan Astra Life hari ini resmi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama AVA iFamily Protection di PermataMobile X. Hasil kerja sama antara PermataBank dan Astra Life yang sudah terjalin selama 6 tahun ini dijalankan melalui jalur e-Bancassurance PermataMobile X ini telah mencatat hasil yang positif yaitu peningkatan penjualan lebih dari tujuh ratus kali lipat pada akhir semester dua 2020 dibandingkan saat peluncurannya pada Februari 2020.

Bisnis.com / 16-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Seteru Baru Panitia BPA

Menyusul pembentukan panitia pemilihan BPA AJB Bumiputera pada Selasa (16/3), muncul adanya klaim dari pejabat sebelumnya terkait komposisi calon BPA. Mantan Ketua BPA AJB Bumiputera, Nurhasanah, menyatakan manajemen AJB Bumiputera sudah memiliki panitia pemilihan anggota BPA pada 10 Februari 2021 dalam sidang luar biasa (SLB) BPA. Susunan panitia itu terdiri atas unsur BPA, direksi, karyawan, dan unsur independen antara lain Komaruddin, Suyanto, Nirva, Soekardi, dan Amrih.

Bisnis Indonesia, hal. 15 / 18-03-2021

(Foto) MiPrecious

Manulife Indonesia menyediakan layanan premium MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi High Net-Worth (HNW).

Media Indonesia, hal. 23 / 18-03-2021

(Foto) Manulife Luncurkan Miprecious

Head of Corporate Real Estate Manulife Indonesia Priscilla S. Tobing bersama tim karyawan pada Selasa (16/3).  Manulife Indonesia meluncurkan MiPrecious merupakan produk asuransi jiwa yang dirancang memberikan manfaat perlindungan jangka panjang untuk mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah khususnya mereka dengan segmentasi High Net-Worth (HNW).

Media Indonesia, hal. 23 / 18-03-2021

PSI: Selamatkan Pensiunan Nasabah Jiwasraya

PSI mengingatkan Direksi PT Asuransi Jiwasraya agar melakukan restrukturisasi secara transparan dan manusiawi. PSI berharap PT Jiwasraya tidak merugikan rakyat sebagai nasabah. Juru Bicara DPP PSI Andre Vincent Wenas mengatakan, mayoritas nasabah, sekitar dua juta orang, adalah para pensiunan yang menitipkan uang dengan harapan bisa hidup nyaman dan tenang di usia senjasebagian besar dari nasabah tersebut juga berasal kelompok ekonomi menengah ke bawah. Banyak di antara mereka tak punya uang lain selain yang ditaruh di Jiwasraya.

Beritasatu.com / 16-03-2021

Agustus 2021, Virtual Ride Kembali Hadir

Prudential Indonesia kembali menyelenggarakan Pruride Indonesia 2021 Virtual Ride, pada 1-17 Agustus 2021 mendatang. Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan selama dua tahun terakhir, kali ini Pruride Indonesia 2021 Virtual Ride akan mengusung konsep sportsfest virtual dan menjadi festival olahraga terbesar virtual pertama Prudential Indonesia dengan menghadirkan berbagai pilihan olahraga favorit selain bersepeda sebagai agenda utamanya. Luskito Hambali, Chief Marketing & Communications Officer Prudential Indonesia mengungkapkan, kunci untuk hidup lebih sehat adalah terus bergerak aktif dengan semangat yang tidak terbatas.

Beritasatu.com / 17-03-2021

Gagal Bayar AJB Bumiputera, Pengamat : Lebih Baik OJK Bentuk Pengelola Statuter

OJK diminta menggunakan kewenangannya yang diberikan undang-undang untuk menyelesaikan permasalahan gagal bayar di Bumiputera yang menahun. Pengamat asuransi Diding S. Anwar menuturkan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan yang hanya memfasilitasi pertemuan sejumlah pemegang polis dengan manajemen dan komisaris lalu mengeluarkan nama calon panitia penyelenggara pemilihan badan perwakilan anggota tidaklah cukup. Pasalnya, model ini masih harus dibawa ke manajemen Bumiputera untuk disahkan dan ditetapkan oleh pengadilan karena hanya ada 1 direksi yang sah.

Bisnis.com / 17-03-2021

Serikat Pekerja: Penyehatan Bumiputera Harus Utamakan Nasib Karyawan dan Pemegang Polis

Serikat pekerja AJB Bumiputera 1912 menyatakan bahwa penyelamatan karyawan dan pemegang polis perseroan menjadi perhatian utama dalam berbagai upaya penyelesaian masalah, termasuk dalam pembentukan panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota atau BPA. Ketua Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (SP NIBA) Bumiputera Rizky Yudha Pratama menyatakan bahwa pihaknya berharap penyehatan perseroan dapat berjalan dengan berbagai upaya yang ada saat ini. Serikat pekerja mengutamakan tiga poin dalam gerakannya.

Bisnis.com / 17-03-2021

AXA Mandiri Tawarkan Asuransi Proteksi Jangka Panjang Mandiri Secure Wealth

PT AXA Mandiri Financial Services menawarkan produk diwguna atau endowment Asuransi Mandiri Secure Wealth. Produk tersebut memberikan masa proteksi lebih lama lima tahun dari masa pembayaran premi. Direktur AXA Mandiri Henky Oktavianus menyatakan bahwa produk Asuransi Mandiri Secure Wealth merupakan solusi perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan jangka panjang. Produk itu dinilai sesuai untuk mendorong perencanaan keuangan dalam menghadapi ketidakpastian, termasuk akibat pandemi saat ini.

Bisnis.com / 17-03-2021

Konsultasi Medis Virtual Hingga Layanan Tebus Obat dengan Praktis

Generali Indonesia sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa, bersama dengan Prixa, platform manajemen kesehatan terpadu berbasis Artificial Intelligence (AI), mengajak apotek online Lifepack bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan layanan obat-obatan nasabah Generali. Secara resmi, layanan tebus obat ini telah diluncurkan pada bulan Februari 2021. Layanan ini melengkapi layanan konsultasi medis virtual Dokter Leo, yang sudah diluncurkan di tahun 2020 melalui kolaborasi dengan Prixa. Fitur tebus obat di aplikasi Dokter Leo hasil kerjasama dengan Lifepack ini dapat diakses kapan saja dengan mudah hanya melalui aplikasi Gen iClick yang dirancang secara khusus oleh Generali untuk seluruh nasabahnya.

Fimela.com / 17-03-2021

Kuasa Hukum soal Dampak Kerugian Perkara Jiwasraya

Kuasa hukum terdakwa Benny Tjokrosaputro (Bentjok), Bob Hasan, menyebut bahwa BPK tidak mempunyai uraian yang jelas tentang kerugian keuangan atau perekonomian negara dalam pekara Jiwasraya. BPK hanya sebut ada kerugian negara Rp16,8 trilun. Lalu dilokalisir ke Benny Tjokro harus ganti rugi Rp6 triliun tanpa ada perinciannya. Menurutnya, BPK hanya menggeneraliris kerugian negara sebesar Rp6 triliun kepada Bentjok. Akibat dari itu, dinilai bakal memiliki dampak luas pada keadilan hukum.

Gatra.com / 17-03-2021

Incar Nasabah Tajir, Manulife Luncurkan Produk Premium MiPrecious

Manulife Indonesia terus melakukan inovasi untuk nasabah. Kali ini, asuransi terpercaya ini mengeluarkan produk layanan perlindungan premium bernama MiPreparation Legacy for Our Assurance (MiPrecious). MiPrecious membidik segmentasi menengah-atas. Produk asuransi jiwa ini dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan jangka panjang dan mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah bagi segmentasi The High Net-Worth (HNW). Director & General Manager Agency, Kevin Kwon menyebut pandemi telah memberikan pembelajaran, salah satunya mempersiapkan finansial bagi kebutuhan saat ini maupun masa depan dengan baik.

Idxchannel.com / 17-03-2021

Incar Segmentasi Menengah-Atas, Manulife Luncurkan MiPrecious

Manulife mengeluarkan produk layanan perlindungan premium bernama MiPrecious. MiPrecious membidik segmentasi menengah-atas. Produk asuransi jiwa ini dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan jangka panjang dan mempersiapkan Dana Masa Depan sesuai kebutuhan nasabah bagi segmentasi The High Net-Worth. Manulife Indonesia telah berinovasi melalui MiPrecious untuk memberikan bekal, persiapan dana masa depan yang ditujukan orang-orang terkasih dalam menghadapi kondisi yang penuh dengan ketidakpastian.

Kanalsatu.com / 17-03-2021

Bentuk panitia pemilihan, AJB Bumiputera siap bentuk badan perwakilan anggota baru

Rencana pembentukan BPA AJB Bumiputera mulai menemukan titik terang. Sebab, pihak manajemen, pemegang polis, serikat pekerja hingga asosiasi agen sepakat untuk membentuk panitia pemilihan BPA setelah bertemu dengan OJK Selasa (16/3). Nantinya, panitia pemilihan anggota BPA berjumlah 15 orang terdiri dari unsur pemegang polis, asosiasi agen, dan serikat pekerja. Selanjutnya, akan dipilih 11 anggota BPA baru dari 11 daerah sebagaimana anggaran dasar dan akan dilakukan melalui proses e-voting.

Kontan.co.id / 17-03-2021

 

PKPU masuk tahap homologasi, nasabah Kresna Life ini kecewa dengan hasilnya

Proses gugatan PKPU yang menyeret Kresna Life telah mencapai putusan perdamaian yang menghasilkan perjanjian perdamaian atau disebut tahap homologasi pada 10 Februari 2021 lalu. Hanya saja, masih ada kekecewaan yang dialami nasabah Kresna Life terkait isi homologasi tersebut. Kekecewaan terjadi lantaran skema pembayaran yang terkandung dalam hasil homologasi, lebih buruk dari skema pembayaran yang pernah diberikan Kresna Life pada 7 September 2020. Perbedaan tersebut ada terlihat dari nilai pembayaran awal yang sebelumnya Rp 50 juta menjadi Rp 20 juta.

Kontan.co.id / 17-03-2021

Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJB Bumiputera) Siap Memilih BPA Baru

AJB Bumiputera segera memiliki Badan Perwakilan Anggota (BPA) baru. Pembentukan BPA baru ini diharapkan bisa mengurangi sengkarut pembayaran klaim ke nasabah. Manajemen AJB bersama dengan para pemegang polis, serikat pekerja hingga asosiasi agen sepakat untuk membentuk panitia pemilihan BPA setelah bertemu dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Selasa (16/3).

Kontan.co.id / 17-03-2021

Tanggapan BRI Life atas Surat Bapak Hardiyanto

Menanggapi keluhan yang disampaikan oleh nasabah BRI Life atas nama Bapak Hardiyanto Wongsodiredjo, melalui platform media online ”Media Konsumen” pada tanggal 16 Februari 2021 dengan judul “Kecewa dengan Asuransi BRI Life”, Kami telah menghubungi Bapak Hardiyanto untuk melakukan sejumlah klarifikasi serta verifikasi atas kesalahpahaman yang terjadi (diantaranya; penyertaan dokumen klaim yang tidak lengkap).

Mediakonsumen.com / 17-03-2021

Negara Alami Kerugian Rp 40,537 Triliun, Dua Orang Ini Terlibat Kasus Asabri Sekaligus Jiwasraya

Negara alami kerugian sebesar Rp23,73 triliun untuk kasus tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero). Selain itu, negara juga mengalami kerugian sebesar Rp16,807 triliun karena kasus tindak pidana korupsi PT Jiwasraya (Persero). Oleh karena itu, total kerugian negara karena kasus tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero) dan PT Jiwasraya (Persero) senilai Rp40,537 triliun. Mengejutkan, ternyata dari dua kasus tersebut ditemukan dua nama yang sama yaitu Benny Tjokrosaputro selaku Dirut PT Hanson International Tbk, dan Heru Hidayat selaku Komisaris PT Trada Alam Minera.

Tasikmalaya.pikiran-rakyat.com / 17-03-2021

 

Polemik Asuransi Bumiputera 1912 di Batam, Desloritzu: Kami Alami Masalah Keuangan

Polemik nasabah dengan Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 masih bergulir. Sejumlah nasabah masih berjuang untuk menuntut pembayaran polis, dalam hal ini uang yang sudah lama mereka setorkan. Rapat Dengar Pendapat di DPRD Batam pun kembali digelar. Salah seorang nasabah, Yorinda, menuntut AJB Bumiputera untuk segera membayarkan premi asuransi yang dijanjikan. Koordinator nasabah korban AJB Bumiputera 1912, meminta perusahaan Bumiputera cabang Batam agar menjawab tuntutan nasabah tersebut.

Tribunnews.com / 16-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.428

IHSG (per 17  Maret 2021)

   6.277,23

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Media Indonesia, Beritasatu.com, Bisnis.com, Fimela.com, Gatra.com, Idxchannel.com, Kanalsatu.com, Kontan.co.id, Mediakonsumen.com, Pikiran-rakyat.com, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF