AAJI Daily News - 3 Maret 2021


Tanggal terbit (03 / 03 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Rabu, 3 Maret 2021

HEADLINE NEWS

  1. Yield Unitlink Saham Mulai Menjanjikan
  2. Unitlink jadi produk asuransi jiwa yang paling diminati di kanal digital
  3. Asuransi Semakin Serius Menggarap Bisnis Digital
  4. Grab dan PFI Mega Life Luncurkan Asuransi Penyakit Kritis
  5. Nasabah Jiwasraya Desak Restrukturisasi Polis Dibatalkan
  6. Asuransi optimalkan pemasaran secara digital saat pandemi
  7. Avrist Assurance Bayarkan Klaim untuk Peserta Korporat Senilai Rp 424 Miliar
  8. Restrukturisasi Jiwasraya Bisa Jadi Role Model Penyelesaian Gagal Bayar Asuransi
  9. Benny Tjokrosaputro Gugat Ketua BPK ke PTUN Jakarta Terkait Kasus Jiwasraya
  10. Setahun Covid-19, Pemberantasan Korupsi Tak Terhalang Pandemi

TENTANG AAJI

Yield Unitlink Saham Mulai Menjanjikan

Setelah sempat tertekan di Januari 2021, imbal hasil atau yield unitlink di Februari mulai membaik. Kinerja paling mengesankan terjadi pada unitlink saham. Per Februari 2021 ini bisa positif 4,76%, mengikuti pergerakan IHSG yang bisa positif 6,47%. Pendorongnya adalah sentimen positif berupa stimulus fiskal dan moneter dalam memperbaiki ekonomi di tengah pandemi Covid-19. AAJI juga memproyeksikan kalau produk unitlink masih akan diminati masyarakat. Menurut Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu, hal ini menunjukkan unitlink masih sangat diminati di kalangan masyarakat serta adanya kebijakan relaksasi penjualan unitlink secara digital.

Kontan, page 10 / 03-03-2021

Unitlink jadi produk asuransi jiwa yang paling diminati di kanal digital

Unitlink menjadi produk asuransi jiwa yang paling diminati di pasar digital. Hingga kuartal III 2020, produk tersebut berkontribusi 63,9% dari total keseluruhan premi menurut data AAJI. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu berharap pemasaran produk asuransi jiwa secara digital terus berkembang, sebagai bagian dari upaya konsisten dalam meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia dan mendorong pertumbuhan industri asuransi jiwa di Indonesia. Asosiasi mendorong para pelaku usaha terus bersikap beradaptasi dan melakukan inovasi dalam menghadapi perkembangan digital.

Kontan.co.id / 02-03-2021

Asuransi Semakin Serius Menggarap Bisnis Digital

Perusahaan asuransi menggenjot produk melalui layanan digital. Ada yang memperkuat jalur distribusi digital melalui aplikasi hingga menggandeng e-commerce dan platform pembayaran digital. PT Asuransi Allianz Life Indonesia menggandeng PasarPolis untuk memasarkan Hostpial Cash Plan Allianz di layanan Go Sure. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merilis aplikasi digital iPropose. Calon nasabah dapat melakukan pembelian seluruh produk asuransi Generali secara digital. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu meminta pelaku industri asuransi jiwa terus beradaptasi dan melakukan inovasi menghadapi perkembangan digital.

Kontan, page 10 / 03-03-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Grab dan PFI Mega Life Luncurkan Asuransi Penyakit Kritis

Grab Financial Group (GFG) meluncurkan Sobat Proteksi, yaitu produk asuransi penyakit kritis di Indonesia pertama yang bermitra dengan PFI Mega Life dan dapat diakses melalui aplikasi Grab. "Dengan harga yang lebih terjangkau, kami mendorong masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perlindungan asuransi pada saat-saat yang paling dibutuhkan,” kata Country Managing Director  Grab Indonesia, Neneng Goenadi. Konsumen yang mendaftar untuk Sobat Proteksi membayar premi bulanan yang mencakup untuk 36 penyakit kritis termasuk kanker, penyakit jantung dan stroke, di mana akan mendapatkan sejumlah uang tanggungan hingga Rp 100 juta, yang akan dibayarkan saat mereka didiagnosis. Melalui peluncuran solusi inovatif ini,  PFI Mega Life berkomitmen untuk melindungi kesehatan nasabah Indonesia,” kata Samdarshi Sumit, Presiden Direktur & CEO PT PFI Mega Life Insurance.

Investor Daily, page 14 / 03-03-2021

Nasabah Jiwasraya Desak Restrukturisasi Polis Dibatalkan

Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ) mendesak Presiden Joko Widodo turun tangan membatalkan program restrukturisasi polis PT Jiwasraya lantaran akan membuat 5,3 juta nasabah menderita. Melalui change.org, hingga kemarin petisi tersebut telah ditandatangani 2.661 orang. Dalam restrukturisasi ini, Jiwasraya akan menghentikan pengembalian dana nasabah yang sudah jatuh tempo dan mengembalikannya melalui cara cicilan sampai 15 tahun tanpa bunga.

Media Indonesia, page 10 / 03-03-2021

Asuransi optimalkan pemasaran secara digital saat pandemi

Adanya pembatasan sosial untuk menekan penyebaran Covid-19 telah mendorong perusahaan asuransi jiwa untuk beradaptasi memanfaatkan teknologi informasi. Berbagai inovasi terus dikembangkan perusahaan asuransi untuk memberikan layanan proteksi dan investasi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Salah satunya melalui produk dan layanan digital. Misalnya saja, Allianz Life menggandeng PasarPolis untuk memasarkan Hospital Cash Plan Allianz di layanan GoSure (martCare Protection) melalui aplikasi Gojek. Sementara PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merilis aplikasi digital iPropose.

Kontan.co.id / 02-03-2021

Avrist Assurance Bayarkan Klaim untuk Peserta Korporat Senilai Rp 424 Miliar

PT Avrist Assurance mencatat membayarkan klaim sebesar Rp 424 miliar melalui kanal distribusi asuransi kumpulan atau Employee Benefit Division (EBD). Klaim tersebut didominasi oleh klaim atas Group Medical Service, yakni perlindungan kesehatan untuk nasabah korporat sebesar Rp 397 miliar, kemudian disusul dengan klaim atas Group Life Service senilai Rp 27 miliar. Selain perlindungan kesehatan, kanal distribusi asuransi kumpulan dari Avrist Assurance juga memberikan perlindungan jiwa.

Kompas.com / 02-03-2021

Restrukturisasi Jiwasraya Bisa Jadi Role Model Penyelesaian Gagal Bayar Asuransi

Program restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dinilai menjadi jalan yang tepat dalam penyelamatan pemegang polis perusahaan, sehingga bisa menjadi role model penyelesaian kasus gagal bayar serupa. Pengamat Asuransi sekaligus Dosen Program MM Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Kapler A Marpaung mengatakan bahwa program restrukturisasi bisa menjadi role model dalam penyelesaian kasus gagal bayar di industri keuangan, karena pemerintah selaku pemegang saham di Jiwasraya hadir untuk menyelamatkan pemegang polis melalui program restrukturisasi.

Bisnis.com / 02-03-2021

Benny Tjokrosaputro Gugat Ketua BPK ke PTUN Jakarta Terkait Kasus Jiwasraya

Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro menggugat Ketua Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Kuasa hukum Benny Tjokro, Bob Hasan mengungkapkan, gugatan itu dilayangkan terkait Laporan Hasil Pemeriksaan Investigatif BPK atas kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang menjerat kliennya. BPK juga diminta membayar ganti rugi kepada Benny. Berikutnya, Benny ingin agar status dan martabatnya direhabilitasi.

Kompas.com / 02-03-2021

Setahun Covid-19, Pemberantasan Korupsi Tak Terhalang Pandemi

2 Maret 2020 menjadi hari bersejarah lantaran Pemerintah Indonesia mengumumkan kasus pertama pasien terinfeksi virus Corona Covid-19. Namun, Penanganan kasus hukum tetap dijalankan oleh para penegak hukum. Termasuk pemberantasan tindak pidana korupsi. Seperti Kejagung tetap menyelesaikan perkara korupsi di PT Jiwasraya. Kejagung juga mengusut kasus skandal Djoko Soegiarto Tjandra. Sementara KPK, lembaga yang fokus menangani kasus korupsi menyatakan pandemi Covid-19 tak akan memengaruhi kinerja pemberantasan korupsi.

Liputan6.com / 02-03-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.325

IHSG (per 2 Maret 2021)

   6.359,21

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Kontan.co.id, Kompas.com, Bisnis.com, Liputan6.com.

DOWNLOAD PDF