AAJI Daily News - 29 Juli 2021


Tanggal terbit (29 / 07 / 2021)

 FM-CC-AAJI-006-00

Kamis 29 Juli 2021                                                                                                                                                             

HEADLINE NEWS

  1.     Dua Juta Data BRI Life Diduga Bocor, Ini Tanggapan AAJI
  2. Pandemi Jadi Momentum Agen Asuransi Tetap Produktif
  3. FWD INSURANCE Dorong Literasi Keuangan Masyarakat
  4. FWD INSURANCE Dorong Literasi Keuangan Masyarakat
  5. FWD Insurance Ajak Masyarakat Lebih Sadar Pentingnya Proteksi Kesehatan dan Keuangan
  6.     FWD Insurance Luncurkan Kampanye #ProteksiON
  7.     FWD Kampanyekan Perlindungan Asuransi di Hari Jadi ke-29
  8. FWD Insurance Meluncurkan Kampanye Undian ProteksiOn Lucky Draw untuk Merayakan Hari Jadinya yang ke-29
  9.     FWD Insurance Ajak Masyarakat Mengaktifkan Perlindungan Asuransi
  10.  Commonwealth Bank catatkan pertumbuhan FBI dari bisnis bancassurance sebesar 15%  
  11.  Pandemi Jadi Monentum Para Agen Asuransi Jiwa untuk Terus Berinovasi, Meraih Harapan Baru di 2021
  12.  Pandemi Covid-19, Anggota MDRT Indonesia Justru Meningkat 33%
  13. Allianz Siap Dirikan Perusahaan Manajemen Aset Usai Akuisisi RHB Asset Management
  14. KRESNA SEKURITAS Beri Waktu 30 Hari Kepada Nasabah Untuk Pindah
  15.  Chubb Life Indonesia menyasar nasabah High Net Worth melalui Asuransi Loyalty Link
  16. Saham Perusahaan Teknologi Global Kini Jadi Incaran Investor Indonesia
  17. Prudential Luncurkan Layanan Dana Investasi dalam Dolar AS
  18. Hadirkan Dana Investasi
  19. PRUDENTIAL INDONESIA Kenalkan PRULINK US DOLLAR GLOBAL TECH EQUITY FUND
  20. Kebocoran Data Nasabah BRI LIFE Diselidiki
  21. Data Bocor Diduga Hasil Pembobolan
  22. BRI LIFE Selidiki Dugaan Kebocoran Data
  23. BRI LIFE Jamin Keamanan Polis Nasabah
  24. Waktunya Perkokoh Keamanan Siber
  25. BRI LIFE Jamin Keamanan Polis Nasabah
  26. Polisi Dalami Kasus Dugaan Kebocoran 2 Juta Data Nasabah BRI Life
  27. Komisi I DPR Ajak Pemerintah Segera Selesaikan RUU Perlindungan Data Pribadi
  28. Kementerian Kominfo Investigasi Soal Kebocoran Data Nasabah BRI Life
  29. BRI Life Jamin Keamanan Polis Nasabah
  30. Kominfo-BRI Life tangani dugaan data bocor
  31. BRI Life Investigasi Dugaan Kebocoran Data Nasabah
  32. Kominfo Masih Selidiki Dugaan Bocornya Data BRI Life

TENTANG AAJI

Dua Juta Data BRI Life Diduga Bocor, Ini Tanggapan AAJI

Informasi bocornya data BRI Life diunggah oleh akun Twitter Alon Gal (@UnderTheBreach) pada Selasa (27/7/2021). Berdasarkan cuitan itu, peretas mengaku memiliki data dua juta nasabah BRI Life dan 463.000 dokumen. Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan perkembangan informasi lebih lanjut. Asosiasi pun mengajak masyarakat untuk menunggu kejelasan informasi terlebih dahulu. Corporate Secretary BRI Life Ade Ahmad Nasution menjelaskan bahwa pihaknya bersama dengan tim independen yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan digital sedang melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi.

bisnis.com/28-07-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Pandemi Jadi Momentum Agen Asuransi Tetap Produktif

Pandemi Covid-19 membuat kesadaran masyarakat untuk berasuransi meningkat. Hal itu disebut sebagai momentum bagi para agen asuransi, khususnya anggota Million Dollar Round Table (MDRT) tetap produktif menawarkan produk asuransi kesehatan sampai kebutuhan finansial lainnya. Country ChairMDKT Indonesia Miliana Marten mengatakan, para agen untuk tetap bertahan dan produktif kendati pandemi. Para agen perlu memanfaatkan teknologi untuk mengatasi pembatasan perjumpaan fisik. Apalagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan kelonggaran dalam hal penjualan produk secara digital. Selain itu, para agen asuransi jiwa harus paham kebutuhan masyarakat saat ini seperti proteksi kesehatan

Investor Daily/29-07-2021

FWD INSURANCE Dorong Literasi Keuangan Masyarakat

PTFWD Insurance Indonesia mendorong literasi keuangan masyarakat meningkat dan sadar akan proteksi asuransi. Hal itu diwujudkan perusahaan dengan memastikan asuransi lebih mudah dipahami, mudah dibeli, dan mudah dalam klaim. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, pihaknya  berharap kampanye #ProteksiOn Lucky Draw ini dapat menginspirasi masyarakat untuk semakin sadar pentingnya asuransi, meningkatkan tingkat literasi keuangan mereka sehingga lebih banyak lagi orang dapat terlindungi

Investor Daily/29-07-2021

FWD INSURANCE Dorong Literasi Keuangan Masyarakat

PTFWD Insurance Indonesia mendorong literasi keuangan masyarakat meningkat dan sadar akan proteksi asuransi. Hal itu diwujudkan perusahaan dengan memastikan asuransi lebih mudah dipahami, mudah dibeli, dan mudah dalam klaim. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, pihaknya  berharap kampanye #ProteksiOn Lucky Draw ini dapat menginspirasi masyarakat untuk semakin sadar pentingnya asuransi, meningkatkan tingkat literasi keuangan mereka sehingga lebih banyak lagi orang dapat terlindungi

Investor.id/29-07-2021

FWD Insurance Ajak Masyarakat Lebih Sadar Pentingnya Proteksi Kesehatan dan Keuangan

Perusahaan asuransi FWD Insurance berupaya mengajak masyarakat mengakses perlindungan finansial dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 melalui sebuah kampanye. Direktur Utama FWD Insurance, Anantharaman Sridharan mengatakan, kampanye diharapkan menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk perlindungan. Apalagi, saat pandemi Covid-19, banyak keluarga yang mulai sadar tentang pentingnya asuransi. Dalam kampanye ini, ada 9 produk asuransi FWD yang bisa dipilih tergantung kebutuhan masyarakat. Sembilan produk tersebut, di antaranya, FWD Critical Armor, Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy Protection, Asuransi Bebas Handal, FWD Multiple Protection, dan lain-lain.

Kompas.com/28-07-2021

FWD Insurance Luncurkan Kampanye #ProteksiON

FWD Insurance meluncurkan kampanye #ProteksiON. Proteksi ON merupakan kampanye FWD untuk mengajak semua nasabah agar dapat menjalani hidup dengan penuh passion dan selalu ON.  Peluncuran ini untuk menyongsong hari jadi ke-30 FWD Group, induk dari FWD Insurance. Menurut Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memberikan kesadaran yang lebih baik kepada kita dan keluarga kita. Dengan kampanye ini, FWD dapat menyebarkan kesadaran mengapa perlindungan asuransi itu penting. Hal tersebut dikarenakan di masa pandemi ini, masyarakat harus tetap sehat badan dan finansial untuk bisa mengejar passion mereka.

Marketeers.com/28-07-2021

FWD Kampanyekan Perlindungan Asuransi di Hari Jadi ke-29

PT FWD Insurance Indonesia mengajak masyarakat indonesia untuk mengaktifkan perlindungan asuransi dengan kampanye yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw. Di hari jadinya yang ke-29 itu, perusahaan menegaskan komitmennya untuk merubah cara pandang masyarakat mengenai asuransi dengan menjadikan asuransi lebih mudah dipahami, dibeli, dan diklaim. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, pihaknya  berharap kampanye #ProteksiOn Lucky Draw ini dapat menginspirasi masyarakat untuk semakin sadar pentingnya asuransi, meningkatkan tingkat literasi keuangan mereka sehingga lebih banyak lagi orang dapat terlindungi.

Swa.co.id/28-07-2021

FWD Insurance Meluncurkan Kampanye Undian ProteksiOn Lucky Draw untuk Merayakan Hari Jadinya yang 

 ke-29

PT FWD Insurance Indonesia (“FWD Insurance”), Perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, hari ini merayakan hari jadinya yang ke-29 di Indonesia dengan meluncurkan kampanye undian berhadiah yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw. Kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengaktifkan perlindungan asuransi mereka dengan FWD Insurance, sehingga mereka dapat menjalani hidup penuh dengan passion yang selalu On, karena memahami bahwa FWD Insurance hadir mendukung mereka. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, pihaknya  berharap kampanye #ProteksiOn Lucky Draw ini dapat menginspirasi masyarakat untuk semakin sadar pentingnya asuransi, meningkatkan tingkat literasi keuangan mereka sehingga lebih banyak lagi orang dapat terlindungi.

Pressrelease.kontan.co.id/28-07-2021

FWD Insurance Ajak Masyarakat Mengaktifkan Perlindungan Asuransi

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) perusahaan asuransi jiwa berbasis digital, hari ini merayakan hari jadinya yang ke-29 di Indonesia dengan meluncurkan kampanye undian berhadiah yang bertajuk #ProteksiOn Lucky Draw. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan mengatakan, kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengaktifkan perlindungan asuransi mereka dengan FWD Insurance, sehingga mereka dapat menjalani hidup penuh dengan passion yang selalu On, karena memahami bahwa FWD Insurance hadir mendukung mereka.

Suara.com/28-07-2021

Commonwealth Bank catatkan pertumbuhan FBI dari bisnis bancassurance sebesar 15%

Commonwealth Bank mencatatkan pertumbuhan fee based income (FBI) dari bisnis Bancassurance sebesar 15% year on year (yoy) di paruh pertama tahun ini walaupun penjualan produk agak tertekan menjelang akhir kuartal II  seiring meningkatnya kasus Covid-19. Kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah guna menekan penyebaran Covid-19 membatasi interaksi antara tenaga pemasar dengan nasabah. Chief of Retail & SME Business Commonwealth Bank, Ivan Jaya, menjelaskan, bancassurance  secara industri pada kuartal I telah menunjukkan pertumbuhan baik di tengah pandemi. Namun, penjualan perseroan di kuartal II melambat dari kuartal sebelumnya. 

Kontan.co.id/28-07-2021

Pandemi Jadi Monentum Para Agen Asuransi Jiwa untuk Terus Berinovasi, Meraih Harapan Baru di 2021

Agen asuransi profesional yang tergabung dalam wadah MDRT atau Million Dollar Round Table, hari ini, Rabu 28 Juli 2021 memulai pagelaran Virtual Event ‘MDRT Day Indonesia 2021’. Acara tahun ini akan berlangsung selama dua hari, hingga Kamis 29 Juli 2021, dengan tema Beyond The Horizon. Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2021, Johan Fanggara mengatakan, walaupun ada penurunan peserta di kondisi pandemi ini, tetapi antusiasme peserta terhadap acara MDRT Day masih cukup tinggi, terbukti dengan ada lebih dari 5000 peserta yang turut hadir pada acara tahun ini.

Akurat.co/28-07-2021

Pandemi Covid-19, Anggota MDRT Indonesia Justru Meningkat 33%

Pandemi Covid-19 justru merupakan peluang bagi MDRT Indonesia meningkatkan jumlah anggotanya. Menurut Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten, anggota MDRT Indonesia 0,5% dari total agen asuransi jiwa yang mencapai 610.744. Pihaknya optimis tahun 2022 nanti jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 5.000 member. Tema Beyond The Horizon menjadi pilihan MDRT Day Indonesia 2021 mengingat tahun 2020 adalah tahun yang sangat menantang untuk semua lini industri termasuk asuransi. Banyak agen asuransi dihadapkan dengan ketidakpastian dari pandemi Covid-19.

Sinarharapan.id/28-07-2021

Allianz Siap Dirikan Perusahaan Manajemen Aset Usai Akuisisi RHB Asset Management

Allianz Global Investors Asia Pacific Ltd. menyatakan bahwa pihaknya akan membentuk perusahaan manajemen aset tersendiri setelah menyelesaikan akuisisi PT RHB Asset Management Indonesia. Hal tersebut akan melengkapi bisnis grup Allianz di Indonesia, setelah unggul di sektor asuransi jiwa dan umum. Pada Selasa (27/7/2021), RHB Asset Management Indonesia mengumumkan di harian Bisnis Indonesia bahwa Allianz Global Investors Asia Pacific Limited merupakan calon pemegang saham pengendali baru. Allianz Global akan melakukan pembelian sebagian besar saham untuk pengambilalihan tersebut. Head Communications Allianz Global Investors Asia Pacific Angie Tang menjelaskan bahwa akuisisi tersebut memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk berkontribusi di tengah pasar Asia Tenggara yang berkembang pesat.

bisnis.com/28-07-2021

KRESNA SEKURITAS Beri Waktu 30 Hari Kepada Nasabah Untuk Pindah

Kresna Sekuritas memberi waktu selama 30 hari kepada para nasabah untuk memindahkan saham dan uangnya ke perusahaan efek anggota bursa (AB) sesuai pilihan masing-masing. Di lain pihak, RHB Banking Group mengumumkan bahwa PT RHB Sekuritas Indonesia, anak usaha RHB Investment Bank Bhd, telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat (CSPA) dengan Allianz Global Investors Asia Pacific Ltd (Al-lianzGI) dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) atas pelepasan jasa pengelolaan investasinya di PT RHB Asset Management Indonesia (RHBAMI).

Investor Daily/29-07-2021

KRESNA SEKURITAS Beri Waktu 30 Hari Kepada Nasabah Untuk Pindah

Kresna Sekuritas memberi waktu selama 30 hari kepada para nasabah untuk memindahkan saham dan uangnya ke perusahaan efek anggota bursa (AB) sesuai pilihan masing-masing. Di lain pihak, RHB Banking Group mengumumkan bahwa PT RHB Sekuritas Indonesia, anak usaha RHB Investment Bank Bhd, telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat (CSPA) dengan Allianz Global Investors Asia Pacific Ltd (Al-lianzGI) dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) atas pelepasan jasa pengelolaan investasinya di PT RHB Asset Management Indonesia (RHBAMI).

Investor.id/29-07-2021

Chubb Life Indonesia menyasar nasabah High Net Worth melalui Asuransi Loyalty Link

Di situasi pandemi yang masih belum mereda, membuat kalangan High Net Worth (HNW) mencari kepastian dan semakin meningkatkan minat untuk beralih ke asuransi jiwa sebagai mekanisme perencanaan warisan dan perlindungan aset.  Hal ini mendorong PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) untuk memperbarui produk Loyalty Link sebagai jawaban atas kekhawatiran tersebut. Reguel Pakpahan, Chief Sales Officer Chubb Life Indonesia mengatakan, Loyalty Link memungkinkan mereka untuk mendapatkan pilihan manfaat yang telah dilengkapi dengan perlindungan atas kematian akibat kecelakaan serta cacat tetap total dengan Uang Pertanggungan yang besar hingga Rp 10 miliar

Kontan.co.id/28-07-2021

Saham Perusahaan Teknologi Global Kini Jadi Incaran Investor Indonesia

Prudential merilis produk dana investasi (fund) PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund hasil kerjasama Prudential dan Bank UOB Indonesia dan Standard Chartered Bank. President Director of Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan, produk dana investasi ini terdiri dari Dana iInvestasi PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund pada Produk Asuransi Dasar VERSALink Maxima Protection Plus hasil kerja sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia, dan produk asuransi dasar BUILDERAssurance Account Max dan BUILDERInvestor Account Max kerja sama dengan Bank UOB Indonesia.

Tribunnews.com/28-07-2021

Prudential Luncurkan Layanan Dana Investasi dalam Dolar AS

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan dana investasi (fund) PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund pada Rabu (28/7). Layanan ini berupa dana investasi dalam mata uang dolar AS yang bertujuan memberikan hasil investasi yang optimal secara jangka panjang bagi nasabah. PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund melakukan investasi secara global di saham perusahaan-perusahaan yang mayoritas kegiatan ekonominya berada di sektor teknologi. President Director of Prudential Indonesia, Jens Reisch, mengatakan, peluncuran PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund merupakan perwujudan komitmen perseroan untuk terus meningkatkan kerja sama dengan dua mitra strategis, yaitu Standard Chartered Bank Indonesia dan Bank UOB Indonesia dalam memberikan solusi proteksi jiwa, kesehatan, dan finansial bagi nasabah. 

Republika.co.id/28-07-2021

Hadirkan Dana Investasi

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Dana Investasi PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund, Dana Investasi dalam mata uang US Dollar. President Director of Prudential Indonesia Jens Reisch dalam keterangan resminya mengatakan, peluncuran PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund merupakan perwujudan komitmen Prudential Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia dan Bank UOB Indonesia yang merupakan mitra strategis dalam memberikan solusi proteksi jiwa, kesehatan, dan finansial bagi nasabah.

Radar Sulbar/28-07-2021

PRUDENTIAL INDONESIA Kenalkan PRULINK US DOLLAR GLOBAL TECH EQUITY FUND

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Dana Investasi (fund) PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund. Ini adalah dana investasi dalam mata uang US Dollar yang bertujuan memberikan hasil investasi yang optimal secara jangka panjang bagi nasabah. President Director of Prudential Indonesia, Jens Reisch mengatakan, peluncuran PRULink US Dollar Global Tech Equity Fund merupakan perwujudan komitmen Prudential Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan mitra strategis, Standard Chartered Bank Indonesia dan Bank UOB Indonesia dalam memberikan solusi proteksi jiwa, kesehatan dan finansial bagi nasabah.

Duta Masyarakat/28-07-2021

Kebocoran Data Nasabah BRI LIFE Diselidiki

Bareskrim Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkom-info) secara terpisah menyelidiki kasus dugaan kebocoran data 2 juta nasabah BRI Life. Jutaan data nasabah anak usaha Bank Rakyat Indonesia itu diduga dijual secara daring melalui sebuah forum di dunia maya. Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Agus Andrianto mengaku belum dapat menjelaskan secara perinci mengenai dugaan awal terjadinya kebocoran tersebut. Menurutnya, kasus tersebut merupakan pelanggaran pidana berkaitan dengan perbankan, 

Republika/29-07-2021

Data Bocor Diduga Hasil Pembobolan

Sebanyak 2 juta data nasabah yang diduga trasai dari perusahaan asuransi jiwa BRI Life diretas dan diperjualbelikan di internet. Data diduga berasal dari proses pembobolan situs. Pihak BRI Life menyatakan tengah menelusuri hal itu dan berkoordinasi dengan penegak hukum guna proses lebih lanjut. Sekretaris Perusahaan BRI Life Ade Nasution mengatakan, pihaknya bersama tim independen spesialis keamanan siber tengah menelusuri jejak digital guna investigasi dan meningkatkan perlindungan data pemegang polis BRI Life.

Kompas/29-07-2021

BRI LIFE Selidiki Dugaan Kebocoran Data

Kebocoran data nasabah kembali terjadi. Kali ini menimpa BRI Life. Perusahaan asuransi ini langsung bertindak cepat.
Sekretaris Perusahaan BRI Life, Ade Nasution mengungkapkan, BRI Life bersama tim independen yang memiliki spesialisasi di bidang cyber security tengah melakukan penelusuran jejak digital. Langkah ini dalam rangka investigasi dan melakukan hal-hal yang diperlukan guna meningkatkan perlindungan data pemegang polis BRI Life.

Kontan/29-07-2021

BRI LIFE Jamin Keamanan Polis Nasabah

BRI Life bersama dengan tim independen yang memiliki spesialisasi di tidang keamanan siber (cyber security) tengah melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi dan melakukan hal-hal yang diperlukan guna meningkatkan perlindungan data pemegang polis BRI Life. Hal tersebut sebagai tindaklanjut atas adanya berita di beberapa media sosial baru-baru ini. Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution mengungkapkan pihaknya menjamin hak pemegang polis sesuai dengan polis yang dimiliki.

Koran Sindo/29-07-2021

Waktunya Perkokoh Keamanan Siber

PT Asuransi BRI Life menyatakan bahwa akses masuk pelaku kejahatan siber ke sistem BRI Life Syariah ditemukan. Namun, sistem itu disebutkan terpisah dari sistem utama BRI Life dan jumlah data yang ada tidak sebanyak yang diklaim peretas. Corporate Secretary BRI Life Ade Ahmad Nasution menjelaskan bahwa berdasarkan investigasi, perseroan mencatatkan sejumlah temuan. Informasi bocornya data BRI Life sebelumnya beredar di dunia maya dan menyebut data 2 juta nasabah BRI Life ditransaksikan secara daring oleh peretas.

Bisnis Indonesia/29-07-2021

BRI LIFE Jamin Keamanan Polis Nasabah

BRI Life menegaskan komitmennya untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa dengan terus mengembangkan penerapan prinsip tata kelola yang baik. Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution dalam keterangan resmi, kemarin menjelaskan, BRI Life berupaya melindungi data pemegang polis melalui penerapan tata kelola teknologi informasi dan tata kelola data sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Media Indonesia/29-07-2021

Polisi Dalami Kasus Dugaan Kebocoran 2 Juta Data Nasabah BRI Life

Polisi mendalami kasus dugaan kebocoran 2 juta data nasabah BRI Life yang bahkan diperjualbelikan di internet. Kabar itu awalnya diungkapkan oleh akun Twitter Under The Breach @underthebreach. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipiddeksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Helmy Santika menyampaikan, pihaknya menghimpun berbagai informasi termasuk dari media. Menurut dia, penyidik masih melakukan pengecekan kebenaran informasi yang dikumpulkan dari berbagai pihak.

Liputan6.com/28-07-2021

Komisi I DPR Ajak Pemerintah Segera Selesaikan RUU Perlindungan Data Pribadi

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta, mengajak pemerintah untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).Sukamta kembali menekankan pentingnya RUU ini untuk melindungi data rakyat Indonesia setelah dugaan kebocoran data kembali terjadi. Data 2 juta pengguna BRI Life, perusahaan asuransi milik BRI, diduga bocor dan diperjualbelikan di internet oleh hacker yang belum teridentifikasi.

Tribunnews.com/28-07-2021

Kementerian Kominfo Investigasi Soal Kebocoran Data Nasabah BRI Life

Sebanyak 2 juta data nasabah BRI Life diduga bocor dan dijual pelaku peretasan di forum hacker. Informasi soal kebocoran data ini diungkap oleh akun Twitter Under The Breach. Terkait hal ini, Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) menyatakan sedang melakukan investigasi. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi. Sebagai informasi, dugaan kebocoran data nasabah BRI Life ini ditunjukkan oleh akun Under The Breach lewat empat tangkapan layar berisi informasi apa saja yang ditawarkan peretas.

Liputan6.com/28-07-2021

BRI Life Jamin Keamanan Polis Nasabah

BRI Life bersama dengan tim independent yang memiliki spesialisasi di bidang cyber security tengah melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi dan melakukan hal-hal yang diperlukan guna meningkatkan perlindungan data pemegang polis BRI Life. Corporate Secretary BRI Life, Ade Nasution mengungkapkan BRI Life menjamin hak pemegang polis sesuai dengan polis yang dimiliki.

Tribunnews.com/28-07-2021

Kominfo-BRI Life tangani dugaan data bocor

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama BRI Life saat ini sedang menangani dugaan data nasabah yang bocor serta diperdagangkan di situs gelap (dark web). Juru bicara Kominfo, Dedy Permadi mengucapkan, Kementerian Kominfo akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan melakukan komunikasi intensif dengan BRI Life dan memberikan pendampingan terhadap upaya BRI Life dalam mengamankan sistem maupun tata kelola data yang ada.

Antaranews.com/28-07-2021

BRI Life Investigasi Dugaan Kebocoran Data Nasabah

Sebanyak 2 juta data nasabah BRI Life diduga bocor dan dijual oleh pelaku peretasan di forum hacker. Kabar ini diungka oleh akun Twitter Under The Breach (@underthebreach). Terkait hal itu, BRI Life mengaku tengah melakukan investigasi kebocoran data tersebut dan menegaskan terus menjamin keamanan polis nasabah. Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution menegaskan BRI Life menjamin hak pemegang polis sesuai dengan polis yang dimiliki.

Merdeka.com/28-07-2021

Kominfo Masih Selidiki Dugaan Bocornya Data BRI Life

HINGGA saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) masih menyelidiki dugaan data nasabah PT Asuransi BRI Life yang bocor. Kasus ini juga sedang ditangani Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri. Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan dugaan awal perkara kebocoran data ini berkaitan dengan perbankan.

Okezone.com/28-07-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.489.00

IHSG (per 28 Juli 2021)

6.088,52

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF