AAJI Daily News - 13 Juli 2021


Tanggal terbit (13 / 07 / 2021)

 FM-CC-AAJI-006-00

Selasa 13 Juli 2021                                                                                                                                                             

HEADLINE NEWS

  1.    AAJI: Bisnis Masih Menantang, Unit-Linked Terus Berkembang pada 2021
  2. Ini Empat Kriteria Nasabah yang Cocok Memilih Unit-Linked Versi AAJI
  3.    Cara Tutup Polis Asuransi: Inilah Prosedurnya dan Jangan Panik!
  4. Teknologi Selamatkan Industri Asuransi
  5. BERITA FOTO - Asuransi Covid-19
  6.    Dimulai Hari Ini, Berikut Ketentuan PPKM Darurat di 16 Daerah Luar Jawa-Bali
  7. Mulai Senin Ini 15 Wilayah di Luar Jawa-Bali Terapkan PPKM Darurat, Berikut Aturannya
  8.    Kota Padang PPKM Darurat, Ini Poin-poin Penting yang Wajib Dipatuhi Masyarakat
  9. Wagub Nilai PPKM DARURAT Di DKI Selama Sepekan Berjalan Baik
  10. PRUDENTIAL INDONESIA Luncurkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCERAH
  11. AXA Mandiri Memantapkan Perilaku Kerja Baru
  12. Insentif Berbuah Simalakama

TENTANG AAJI

AAJI: Bisnis Masih Menantang, Unit-Linked Terus Berkembang pada 2021

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI menilai bahwa 2021 masih menyimpan tantangan yang besar bagi bisnis proteksi. Pelaku industri pun perlu cermat mencari celah pengembangan bisnis dan menjaga kualitas layanan, termasuk dalam unit-linked sebagai produk utama. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon menjelaskan, produk unit-linked cukup memengaruhi kinerja industri, hal tersebut karena produk itu mencapai hampir tiga per empat portofolio industri. Dalam kondisi pasar modal yang tertekan seperti saat awal pandemi Covid-19, sebagian pemegang polis melakukan penarikan dana atau menghentikan polisnya, meskipun segelintir lainnya justru menambah komponen investasi. 

Bisnis.com/12-07-2021

Ini Empat Kriteria Nasabah yang Cocok Memilih Unit-Linked Versi AAJI

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI menilai bahwa setidaknya terdapat empat tipe calon pemegang polis yang sesuai untuk memilih produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi atau unit-linked. Utamanya, nasabah yang menginginkan pengembangan dana optimal dinilai cocok membeli produk tersebut. Hal tersebut tercantum dalam artikel resmi AAJI bertajuk "Mengapa Harus Memilih Asuransi Jiwa Unit-Linked" yang dikutip Bisnis pada Senin (12/7/2021). Artikel itu dipublikasikan di situs resmi AAJI sebagai bagian dari edukasi masyarakat terkait asuransi. Menurut AAJI, pemegang polis dimudahkan dalam mengelola asetnya, karena investasi diatur oleh perusahaan asuransi. Produk ini juga  menawarkan berbagai asuransi tambahan
Bisnis.com/12-07-2021

Cara Tutup Polis Asuransi: Inilah Prosedurnya dan Jangan Panik!

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau ( AAJI ), mengungkapkan bahwa: " Polis asuransi adalah kontrak perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Perusahaan memiliki kewajiban mengembalikan uang jika terjadi kematian atau cacat selama masa kontrak. Pemberian uang ini diberikan kepada pemohon atau ahli waris terkait " Sebagai pemegang polis, Anda memiliki hak untuk melakukan perubahan dalam polis asuransi, seperti mengubah cara pembayaran, meng- upgrade atau downgrade polis, mengubah ahli waris, termasuk menutup polis itu sendiri.

Finansialku.com/12-07-2021

Teknologi Selamatkan Industri Asuransi

Industri asuransi jiwa terselamatkan oleh fleksibilitas pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pemasaran produk. Hal ini beruntung diperkuat dengan dengan awareness masyarakat yang semakin tinggi selama era pandemi. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkap hal ini berkaitan dengan pendapatan premi industri asuransi jiwa yang mencapai pada kuartal 1/2021 mencapai Rp57,45 triliun atau naik 28,5% (year-on-year/yoy). AAJI berharap agen semakin inovatif dan semakin banyak, dengan harapan mendongkrak tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi sebagai perlindungan jangka panjang.

Harian Jogja/12-07-2021

BERITA FOTO - Asuransi Covid-19

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai masyarakat dapat memproteksi dirinya dengan asuransi yang memiliki manfaat terkait Covid-19. Proteksi itu dapat mengantisipasi risiko finansial jika terjangkit korona atau saat harus melakukan isolasi mandiri.

Kontan/13-07-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Dimulai Hari Ini, Berikut Ketentuan PPKM Darurat di 16 Daerah Luar Jawa-Bali

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2021. Di dalam Inmendagri tersebut diatur bahwa terdapat 16 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali yang juga akan melaksanakan PPKM Darurat . PPKM Darurat ini diberlakukan mulai hari ini tanggal 12 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021.

Sindonews.com/12-07-2021

Mulai Senin Ini 15 Wilayah di Luar Jawa-Bali Terapkan PPKM Darurat, Berikut Aturannya

Pemerintah memperluas kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ke 15 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pengaturan ini mulai berlaku 12 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021. Di perkantoran, khususnya pada sektor esensial meliputi keuangan dan perbankan hanya meliputi asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun dan lembaga pembiayaan (yang berorientasi pada pelayanan fisik dengan pelanggan atau customer) dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% staf untuk lokasi berkaitan pelayanan administrasi perkantoran guna mendukung pelayanan.
Kompas.com/12-07-2021

Kota Padang PPKM Darurat, Ini Poin-poin Penting yang Wajib Dipatuhi Masyarakat

 Kota Padang resmi memberlakukan emberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Selasa (12/7/2021). Ada sejumlah poin penting yang wajib dipatuhi masyarakat selama PPKM berlangsung. Kemudian, sejumlah poin tentang pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial yakni keuangan, perbankan hanya meliputi asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen pelayanan kepada masyarakat dan 25 persen untuk pelayanan perkantoran yang mendukung operasional.

Sumbar.suara.com/12-07-2021

Wagub Nilai PPKM DARURAT Di DKI Selama Sepekan Berjalan Baik

Wakil Gubernur DKI Jakarta menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama sepekan di Ibu Kota berjalan dengan baik. Semua unit kegiatan diminta untuk tidak melakukan kegiatan operasi, terkecuali bagi sektor esensial dan sektor kritikal, itupun dengan ketentuan pembatasan yang ketat. Untuk sektor esensial adalah meliputi: a. Keuangan dan perbankan hanya meliputi asuransi, bank, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan.

Antaranews.com/12-07-2021

PRUDENTIAL INDONESIA Luncurkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCERAH

Prudential Indonesia kembali berinovasi dengan meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah. PRUCerah merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia. Dimana menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan. President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, menjelaskan, Prudential Indonesia percaya bahwa membekali anak dengan pendidikan memadai menjadi penentu bagi lahirnya sumber daya manusia berkualitas.

Berita Kota Makassar/12-07-2021

AXA Mandiri Memantapkan Perilaku Kerja Baru

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terkemuka dan pelaku Bancassurance terdepan di Indonesia, PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) terus bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan beradaptasi dengan iklim usaha yang terus berevolusi. Bagi AXA Mandiri, people merupakan salah satu aspek terpenting. Menurut Elisabeth Evaty Dewi, Chief Human Capital AXA Mandiri, strategi perusahaan diibaratkan sebagai roda yang selalu berputar, dengan bagian as (yang menjadi titik sentral bergeraknya roda) adalah people.

Swa.co.id/12-07-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Insentif Berbuah Simalakama

Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam industri keuangan nonbank memberi tanggapan beragam atas prospek ekonomi ke depan setelah digelontorkannya berbagai paket stimulus oleh pemerintah, termasuk makin gencarnya vaksinasi saat ini. Bagi perusahaan pembiayaan, misalnya. Stimulus yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meringankan beban debitur justru membebani perusahaan pembiayaan. OJK telah memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit hingga 31 Maret 2022. Hal itu tertuang dalam Peraturan OJK No 48 /POJK.03/2020. Berbeda dengan perusahaan pembiayaan, nasib industri asuransi jiwa di masa pandemi covid-19 justru terbilang meningkat dan menjanjikan. Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengatakan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan justru naik saat ini. Apalagi berbagai perusahaan asuransi kesehatan kini sudah memasukkan covid-19 sebagai salah satu klausul di dalam polis.

Media Indonesia/12-07-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.548.00

IHSG (per 12  Juli 2021)

6.097,23

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF