AAJI Daily News - 20 Agustus 2021


Tanggal terbit (20 / 08 / 2021)

Jum’at 20 Agustus 2021                                                                                                                                                    

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1.     Proteksi Hebat-Keuangan Kuat untuk Lindungi Keluarga saat Pandemi
  2.     Ini Cara Memilih Asuransi yang Tepat Saat Pandemi Covid-19
  3.     Intimate Gathering AXA Mandiri, Belajar Keuangan dari Ahlinya
  4. Meningkat, AXA Mandiri Bayar Klaim Rp 4,8 T di 2020
  5. Asuransi Jiwa: Pengertian, Manfaat, dan Daftar Perusahaan
  6. Jangan Abai, Ini Pentingnya Asuransi Kesehatan
  7. ASTRA LIFE Bukukan Premi Rp 2,8 Triliun
  8. BERITA FOTO – Premi ASTRA LIFE
  9. Moncer, Premi Astra Life Semester I/2021 Tumbuh 78,4 Persen
  10.  Astra Life Bukukan Premi Rp 2,8 Triliun pada Semester I 2021
  11.  BCAP Memperkenalkan Motioninsure Aplikasi Asuransi Digital di Bawah Ekosistem Motion
  12.  Greysia/Apriyani Dapat Asuransi Perlindungan Jiwa Sebesar Rp2 Miliar dari MNC Life
  13.  FWD Insurance rangkul Halodoc tingkatkan layanan konsultasi daring
  14. FWD Insurance Permudah Nasabah Konsultasi Medis Secara Online
  15. Asuransi Jiwa Raup Premi Rp104,54 T
  16. Bisnis AIA Group Terus Berkembang Termasuk Indonesia
  17. Pengaturan Data Pribadi Masih Sporadis
  18. OJK Luncurkan Aturan Bank Digital

INDUSTRI & ASURANSI

Proteksi Hebat-Keuangan Kuat untuk Lindungi Keluarga saat Pandemi

AXA Mandiri Intimate Customer Gathering "Proteksi Kuat, Keuangan Hebat", sebagai wadah bagi nasabah untuk belajar langsung dari para pakar seputar proteksi untuk mewujudkan keuangan hebat. Melalui AXA Mandiri Intimate Customer Gathering "Proteksi Kuat, Keuangan Hebat", diharapkan masyarakat bisa semakin termotivasi serta berani #WujudkanMimpiBarengAXAMandiri.

Detik.com/19-08-2021

Ini Cara Memilih Asuransi yang Tepat Saat Pandemi Covid-19

Direktur AXA Mandiri, Joshua Rudi Nugraha mengatakan bagaimana pentingnya memiliki asuransi, terutama pada usia yang masih muda. Untuk yang masih muda, proteksi dulu yang harus dibeli, diutamakan. Hal itu disampaikan pada Intimate Gathering AXA Mandiri "Proteksi Hebat, Keuangan Kuat!" secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Cnbcindonesia.com/19-08-2021

Intimate Gathering AXA Mandiri, Belajar Keuangan dari Ahlinya

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto mengatakan salah satunya adalah bisnis jasa keuangan dalam hal ini asuransi yang harus berubah menyesuaikan dengan perilaku nasabahnya. Hal tersebut disampaikan pada Intimate Gathering AXA Mandiri "Proteksi Hebat, Keuangan Kuat!" secara virtual, Kamis (19/8/2021). Sebagai bentuk partisipasi aktif dalam rangka meningkatkan literasi nasabah, diadakan AXA Mandiri Gathering. Dia berharap dengan adanya acara ini, bisa menjadi inspirasi dalam perencanaan keuangan yang sesuai dengan risk profile.

Cnbcindonesia.com/19-08-2021

Meningkat, AXA Mandiri Bayar Klaim Rp 4,8 T di 2020

AXA Mandiri mencatat klaim yang dibayarkan sepanjang tahun 2020 mencapai Rp 4,8 triliun. AXA Mandiri juga membayar klaim yang berkaitan dengan kondisi covid-19 seperti saat ini. Premi asuransi mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Asuransi menjadi kebutuhan penting. Hal itu disampaikan  Direktur AXA Mandiri Joshua Rudi Nugraha mengatakan pada Intimate Gathering AXA Mandiri "Proteksi Hebat, Keuangan Kuat!" secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Cnbcindonesia.com/19-08-2021

Asuransi Jiwa: Pengertian, Manfaat, dan Daftar Perusahaan

Asuransi jiwa merupakan perlindungan bagi keluarga peserta pemegang polis asuransi apabila terjadi kematian. Asuransi jiwa memungkinkan keluarga peserta polis asuransi untuk mendapatkan keamanan finanasial serta perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan. Berikut adalah beberapa jenis asuransi jiwa.

Katadata.co.id/19-08-2021

Jangan Abai, Ini Pentingnya Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan hadir sebagai penanggung yang mencakup pembayaran biaya medis, bedah, maupun perawatan kesehatan lainnya. Polis asuransi diterbitkan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti biaya tertanggung untuk membayarkan biaya medis dikarenakan sakit atau mengalami cedera. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mendaftar di suatu perusahaan asuransi, di antaranya membayar premi asuransi secara tepat waktu. Pastikan pula polis asuransi kesehatan Anda telah melampaui masa tunggu untuk mengajukan klaim asuransi.

Katadata.co.id/19-08-2021

ASTRA LIFE Bukukan Premi Rp 2,8 Triliun

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) membukukan pendapatan premi bruto (gross written premium/GWP) mencapai Rp 2,8 triliun atau tumbuh 78% secara tahunan (year on year/ yoy) hingga semester 1-2021. Perseroan optimistis premi terus meningkat hingga akhir tahun ini. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menyatakan, pihaknya terus memperkuat inovasi-inovasi digital di segala lini.

Investor Daily/20-08-2021

BERITA FOTO – Premi ASTRA LIFE

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) di semester 1-2021 mencatatkan peningkatan angka gross written premium (GWP) mencapai Rp 2,8 triliun atau meningkat 78% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Kontan/20-08-2021

Moncer, Premi Astra Life Semester I/2021 Tumbuh 78,4 Persen

PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life membukukan premi Rp2,8 triliun pada semester I/2021, tumbuh sejalan dengan kenaikan jumlah tertanggung. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan bahwa perolehan premi itu tumbuh 78,4 persen ( year-on-year /yoy) dari posisi semester I/2020 senilai Rp1,5 triliun.

Bisnis.com/19-08-2021

Astra Life Bukukan Premi Rp 2,8 Triliun pada Semester I 2021

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) terus melanjutkan kinerja positif di semester I 2021. Perusahaan mencatatkan peningkatan angka pendapatan premi bruto (GWP) mencapai Rp 2,8 triliun atau meningkat 78 persen dari periode yang sama di tahun 2020. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengungkapkan, sepanjang semester I 2021, Astra Life terus memperkuat inovasi-inovasi digital di segala lini untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan perlindungan jiwa dan kesehatan.

Republika.co.id/19-08-2021

BCAP Memperkenalkan Motioninsure Aplikasi Asuransi Digital di Bawah Ekosistem Motion

PT MNC Life Assurance (MLIFE), yang sepenuhnya dimiliki oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melakukan rebranding aplikasi asuransi digitalnya (insurtech) yang sebelumnya bernama Hario menjadi MotionInsure. Versi terbaru dari MotionInsure akan semakin mengatalisasi tren positif dalam lanskap industri asuransi yang bertransformasi cepat di Indonesia, mendorong munculnya ruang teknologi asuransi yang berkembang pesat.

Pressrelease.kontan.co.id/19-08-2021

Greysia/Apriyani Dapat Asuransi Perlindungan Jiwa Sebesar Rp2 Miliar dari MNC Life

Presiden Direktur PT. MNC Life Febriyani Sjofjan Yahya saat memberikan apresiasi secara simbolis berupa Perlindungan Asuransi Jiwa sebesar Rp2 miliar untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang di wakilkan oleh ketua umum PBSI Agung Firman Sampurna di Pelatnas PBSI, Cipayung, Rabu (18/8/21).

Okezone.com/19-08-2021

FWD Insurance rangkul Halodoc tingkatkan layanan konsultasi daring

Perusahaan asuransi jiwa berbasis digital PT FWD Insurance Indonesia merangkul Halodoc guna meningkatkan layanan di aplikasi milik perseroan FWD MAX. Chief Commercial Officer Halodoc Dionisius Nathaniel mengatakan, setelah menjadi telehealth pertama yang menjalin kolaborasi dengan penyedia asuransi, pihaknya melanjutkan misi untuk menyederhanakan akses ke layanan kesehatan.

Antaranews.com/19-08-2021

FWD Insurance Permudah Nasabah Konsultasi Medis Secara Online

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), perusahaan asuransi jiwa berbasis digital telah meningkatkan layanan aplikasi FWD MAX melalui kerjasama dengan Halodoc. irektur Utama FWD Insurance, Anantharaman Sridharan mengatakan, FWD Insurance bersama Halodoc telah menjalin kerja sama pada 2018 dan inisiatif ini sejalan dengan visi perusahaan untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi serta didukung oleh teknologi digital terdepan. 

Sindonews.com/19-08-2021

Asuransi Jiwa Raup Premi Rp104,54 T

Industri asuransi jiwa membukukan premi Rp 1 ()4,54 triliun pada semester 1/2021, tumbuh optimal setelah sempat tertekan pada tahun lalu akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT MNC Life Febriyani Sjofjan Yahya dalam acara peluncuran Motionlnsure, layanan asuransi digital perseroan pada Rabu (18/8). Pertumbuhan pada tahun ini tercatat meningkat signifikan dibandingkan dengan capaian tahun lalu.

Haluan Padang/19-08-2021

Bisnis AIA Group Terus Berkembang Termasuk Indonesia

AIA Group Limited mencatatkan peningkatan nilai bisnis baru sebesar 22% menjadi US$1,81 milar pada semester I/2021. Capaian positif itu dipengaruhi oleh membaiknya sebagian besar bisnis AIA Group. Di Tanah Air, AIA juga mencatatkan kinerja yang baik pada kuartal II/2021. Pendapatan premi meningkat menjadi Rp7 triliun dari Rp6,1 triliun, dan total aset menjadi Rp52 triliun dari Rp48,9 triliun. AIA Indonesia juga membayar klaim dan manfaat lebih dari Rp1,1 triliun.

Bisnis.com/20-08-2021

OJK Luncurkan Aturan Bank Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan peraturan tentang bank umum, termasuk di dalamnya bank digital, serta tentang penyelenggaraan produk bank umum. Direktur Manajemen Risiko PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Ahmad Siddik Badruddin menyambut baik langkah OJK dalam menerbitkan POJK baru yang mendukung industri perbankan untuk mengembangkan digital.  Nantinya, dalam satu aplikasi, nasabah bisa menemukan berbagai macam layanan yang dibutuhkan. Apabila nasabah ingin membeli polis asuransi jiwa, ada AXA Mandiri, ingin jual beli saham ada Mandiri Sekuritas, ingin membeli reksa dana bisa melalui Mandiri Manajer Investasi.

Investor Daily/20-08-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Pengaturan Data Pribadi Masih Sporadis

Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam), Wahyudi Djafar menilai, saat ini pengaturan mengenai data pribadi masih dilakukan secara sporadis, terpencar dalam berbagai peraturan perundang-undangan sektoral.  Terdapat setidaknya UU Otoritas Jasa Keuangan, UU Perasuransian, dan Peraturan OJK No l/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan yang mengatur data pribadi. Lemahnya hukum pelindungan data pribadi yang tersebar secara sektoral mestinya mendorong percepatan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi

Koran Jakarta/20-08-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.384.00

IHSG (per 19 Agustus 2021)

5.988,76

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF