AAJI Daily News - 6 Oktober 2021


Rabu 6 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Industri Asuransi Minta Relaksasi
  2. Industri Asuransi Jiwa Siapkan Rencana Tindak Lanjut Qanun Aceh
  3. Pemulihan Asuransi Jiwa, Luar Biasa!
  4. Prahara Asuransi Bumiputera Nasabah Kecewa
  5. BERITA FOTO – Pemasaran Asuransi Melalui Digital
  6. Humas Dan Literasi Keuangan
  7. Edukasi Di Semua Lini
  8. Merencanakan Finansial Bisa Menekan Tekanan Mental
  9.   Astra Life beri manfaat tambahan bagi nasabah terpapar Covid-19 dan jalani isoman
  10. Astra Life Akomodasi Penginapan Nasabah ISOMAN
  11. Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Bagi Nasabah Terpapar Covid Dan ISOMAN
  12. 569 Anggota PWI Sumut Diasuransikan di MNC Life, Meninggal Dapat Santunan Rp70 Juta
  13. Tips Persiapakan Keuangan Pasca Pandemi Ala Allianz Indonesia
  14. Gandeng Prodia, AIA Edukasi tentang Pentingnya Memantau Kondisi Kesehatan Melalui AIA Vitality
  15. Manulife Dan Danamon Penuhi Proteksi Masa Depan
  16. OJK Ajak 47 Lembaga Keuangan Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan
  17. OJK Bentuk Task Force untuk Kembangkan Ekosistem Keuangan Berkelanjutan
  18. Industri keuangan sambut positif pembentukan task force oleh OJK
  19. OJK Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan, Apa Fungsinya?
  20. OJK Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan Sektor Jasa Keuangan

INDUSTRI & ASURANSI

Industri Asuransi Minta Relaksasi

Pelaku usaha industri asuransi mengajukan permohonan untuk mendapat relaksasi kepada Pemerintah Provinsi Aceh sebagai masa transisi pelaksanaan Qanun Lembaga Keuangan Syariah secara penuh di Aceh. Kepala Departemen Syariah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Mudzakir mengatakan bahwa industri asuransi jiwa menghadapi sejumlah tantangan terkait implementasi Qanun LKS. Salah satunya terkait dengan kompleksitas produk asuransi yang tidak dapat digeneralisasi apabila harus dilakukan konversi.

Bisnis Indonesia/6-10-2021

Industri Asuransi Jiwa Siapkan Rencana Tindak Lanjut Qanun Aceh

Pelaku industri asuransi jiwa telah menyiapkan rencana untuk menindaklanjuti ketentuan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang akan diterapkan pada 2022. Kepala Departemen Syariah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Mudzakir menyampaikan, rencana tindak lanjut tersebut meliputi kelembagaan, pemasaran, produk, serta operasional dan pelayanan.

Bisnis.com/5-10-2021

Pemulihan Asuransi Jiwa, Luar Biasa!

Lembaga tertinggi Badan Perwakilan Anggota (BPA) di perusahaan asuransi jiwa AJB Bumiputera masih kosong. Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah, sebagai perusahaan asuransi bersama, peran BPA sangat vital dalam pengawasan dan pengelolaan Bumiputera. Publik terus berharap penyelesaian masalah yang dialami Bumiputera. Terlepas dari permasalahan Bumiputera, kinerja industri asuransi jiwa ternyata masih oke. Industri asuransi jiwa memiliki ketahanan yang cukup kuat dan mampu bangkit dengan cepat dari tekanan akibat pandemi.

Info Bank/5-10-2021

Prahara Asuransi Bumiputera Nasabah Kecewa

Asuransi Bumi Putera kini menuai prahara di karenakan banyak nasabah yang kecewa tidak bisa meng klem asuransinya seperti yang di alami,ibu Nunung nuraisya. Melalui kuasa hukum Sunoko. Sh ,ibu Nunung Nuraisya menanyakan kejelasan tentang klem asuransi beliau yang tak ada kejelasan dari pihak Bumi putera

Sidikkasus.co.id/5-10-2021

BERITA FOTO – Pemasaran Asuransi Melalui Digital

Peningkatan pemanfaatan teknologi digital di sek tor industri asuransi turut meningkatkan potensi berkembangnya insurance technology (insurtech) sebagai jalur distribusi alternatif pemasaran produk asuransi. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Juli 2021, premi asuransi yang dibukukan melalui pemasaran digital sudah mencapai Rp6 triliun atau 3,94% dari total premi asuransi umum dan jiwa.

Bisnis Indonesia/6-10-2021

Humas Dan Literasi Keuangan

Di era digital, upaya meliterasi keuangan berkejaran dengan derasnya inovasi baru maupun bentuk produk usaha di sektor keuangan yang makin beragam. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks inklusi keuangan nasional tahun 2019 mencapai 76,19% dengan tingkat literasi keuangan sebesar 38,03%. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019, indeks literasi asuransi hanya 19,4%. Lebih rendah ketimbang indeks literasi perbankan.

PR Indonesia/6-10-2021

Edukasi Di Semua Lini

Fakta masih rendahnya tingkat literasi dan inkluasi finansial di tanah air, apalagi tentang asuransi, mendorong Prudential untuk melakukan edukasi ke segala lini. Menurut Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo, ada empat alasan yang mendasari masyarakat enggan menggunakan asuransi jiwa. Pertama, tidak memiliki cukup dana untuk membayar premi asuransi setiap bulan. Kedua, tidak tahu banyak mengenai asuransi. Ketiga, dianggap terlalu mahal. Keempat, merasa tidak perlu karena sudah ditanggung atau difasilitasi oleh kantor.

PR Indonesia/6-10-2021

Merencanakan Finansial Bisa Menekan Tekanan Mental

Salah satu cara mencegah terjadinya stres adalah menjaga kondisi finansial. Mike Rini Sutikno, Perencana Keuangan dan Pendiri Mitra Rencana Edukasi (MRE) menyebutkan di saat sekarang masyarakat harus bisa memilah terlebih dahulu mana yang bisa prioritaskan kebutuhan. Di tengah ketidakpastian yang masih sangat tinggi, Mike menganjurkan memiliki asuransi kesehatan. Jika sudah punya tanggungan, sebaiknya ada asuransi jiwa.

Kontan/6-10-2021

Astra Life beri manfaat tambahan bagi nasabah terpapar Covid-19 dan jalani isoman

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberikan manfaat tambahan untuk tertanggung yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri (isoman). Program yang berlangsung sejak tanggal 20 September 2021 hingga 19 Desember 2021 ini diberikan kepada seluruh tertanggung yang memiliki produk asuransi Astra Life perorangan yang dilengkapi dengan Asuransi Tambahan Perawatan Medis dan Bedah, Asuransi Tambahan Perawatan Medis dan Bedah Plus, dan Asuransi Tambahan Medicare Premier, yang polisnya masih berlaku (aktif) saat tertanggung menjalani isoman.

Kontan.co.id/5-10-2021

Astra Life Akomodasi Penginapan Nasabah ISOMAN

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberi manfaat bagi nasabah yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman). Manfaat tambahan untuk nasabah ini berlangsung sejak 20 September hingga 19 Desember mendatang. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi, menyampaikan, meski tren penyebaran virus korona sudah menurun tapi kesehatan nasabah menjadi perhatian utama pada masa pandemi.

Suara Merdeka/6-10-2021

Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Bagi Nasabah Terpapar Covid Dan ISOMAN

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberi manfaat bagi nasabah yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman). Manfaat tambahan untuk nasabah ini berlangsung sejak 20 September hingga 19 Desember mendatang. Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi, menyampaikan, meski tren penyebaran virus korona sudah menurun tapi kesehatan nasabah menjadi perhatian utama pada masa pandemi.

Ekonomi Neraca/6-10-2021

569 Anggota PWI Sumut Diasuransikan di MNC Life, Meninggal Dapat Santunan Rp70 Juta

Sebanyak 569 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diasuransikan di MNC Life Insurance Medan.  

Sindonews.com/4-10-2021

Tips Persiapakan Keuangan Pasca Pandemi Ala Allianz Indonesia

Allianz Indonesia menggelar webinar series yang bertajuk Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan. Dalam acara ini, hadir Melvin Mumpuni, CEO Finansialku.com yang membagikan tips mengenai persiapan keuangan apa saja yang diperlukan, terutama setelah terjadi pandemi, dan menghadapi masa depan.

Marketeers.com/5-10-2021

Gandeng Prodia, AIA Edukasi tentang Pentingnya Memantau Kondisi Kesehatan Melalui AIA Vitality

Perusahaan asuransi PT AIA Financial berkolaborasi dengan PT Prodia Widyahusada Tbk. memaparkan fakta tentang pentingnya medical check-up secara rutin. Kolaborasi ini juga untuk mendorong penerapan gaya hidup sehat dengan memantau kondisi kesehatan melalui AIA Vitality.

Mix.co.id/5-10-2021

Manulife Dan Danamon Penuhi Proteksi Masa Depan

Danamon dan Manulife meluncurkan produk proteksi prima masa depan (PPMD). CEO & Presiden Direktur Manulife Indonesia Ryan Charland mengatakan, tumbuhnya minat terhadap asuransi jiwa ini mendukung komitmen bersama untuk memenuhi kebutuhan perlindungan keluarga Indonesia.

Inilah Koran/6-10-2021

OJK Ajak 47 Lembaga Keuangan Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan di Sektor Jasa Keuangan (SJK) sebagai upaya mewujudkan pengembangan Ekosistem Keuangan Berkelanjutan. Dalam proses pembentukan task force, OJK melibatkan seluruh SJK baik Perbankan, Pasar Modal dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB). Hal ini didasari pertimbangan bahwa isu perubahan iklim dan keuangan berkelanjutan (sustainable finance) telah menjadi perhatian global dan nasional.

Wartaekonomi.co.id/5-10-2021

OJK Bentuk Task Force untuk Kembangkan Ekosistem Keuangan Berkelanjutan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membentuk satuan tugas atau task force keuangan berkelanjutan di sektor jasa keuangan atau SJK. Dalam proses pembentukan task force, OJK melibatkan seluruh sektor jasa keuangan (SJK) baik perbankan, pasar modal dan industri keuangan non-bank (IKNB). Keanggotaan task force ini terdiri atas 47 lembaga jasa keuangan.

Bisnis.com/5-10-2021

Industri keuangan sambut positif pembentukan task force oleh OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan di Sektor Jasa Keuangan (SJK). Satuan tugas ini berperan mengembangkan ekosistem keuangan secara berkelanjutan. Keanggotaan yang terdiri dari 47 lembaga jasa keuangan yang mewakili asosiasi di industri perbankan, pasar modal dan industri keuangan non-bank (IKNB).

Kontan.co.id/5-10-2021

OJK Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan, Apa Fungsinya?

Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan di Sektor Jasa Keuangan (SJK). Keberadaan task force ini sebagai upaya mewujudkan pengembangan Ekosistem Keuangan Berkelanjutan. Serta bentuk dukungan komitmen OJK pada upaya mitigasi serta adaptasi perubahan iklim (komitmen Paris Agreement) yang dituangkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Liputan6.com/5-10-2021

OJK Bentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan Sektor Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membentuk Task Force Keuangan Berkelanjutan di sektor jasa keuangan (SJK) sebagai upaya mewujudkan pengembangan ekosistem keuangan berkelanjutan. Hal itu juga bentuk dukungan komitmen OJK pada upaya mitigasi serta adaptasi perubahan iklim (komitmen Paris Agreement) yang dituangkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC).

Investor Daily/6-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

 

USD/IDR

14.276.00

IHSG (per 5 Oktober 2021)

6.313,65

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF