AAJI Daily News - 12 Juli 2021


Tanggal terbit (12 / 07 / 2021)

FM-CC-AAJI-006-00

Senin 12 Juli 2021                                                                                                                                                              

HEADLINE NEWS

  1.    AAJI: Perusahaan Asuransi Jiwa Jalankan Operasi Sesuai Aturan PPKM Darurat
  2.    AAJI Jalankan Operasi Sesuai Aturan PPKM Darurat
  3. AAJI Dorong Agen Asuransi Tingkatkan Kompetensi
  4. Pandemi Covid-19 Belum Usai, MDRT Day Indonesia 2021 Tetap Digelar, Jumlah Anggota Melebihi Target
  5. Agen Asuransi Tertahan
  6. BERITA FOTO – Agen Asuransi Jiwa
  7. Meski pandemi, agen masih dibutuhkan pasarkan produk asuransi jiwa
  8. Allianz Catat Kenaikan APE Hingga 43% Selama 2 Tahun
  9. Prudential, Raksasa Unit-Linked Getol Luncurkan Produk Asuransi Tradisional, Ini Alasannya
  10. Prudential Indonesia Luncurkan PRUCerah – Asuransi Jiwa Syariah Bekal Dana Pendidikan Tinggi Sekaligus Perlindungan untuk Cerahnya Masa Depan Buah Hati
  11. Milenial Kudu Melek Asuransi Sejak Dini, Ini Alasannya

TENTANG AAJI

AAJI: Perusahaan Asuransi Jiwa Jalankan Operasi Sesuai Aturan PPKM Darurat

 Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) beserta seluruh anggotanya sangat mendukung kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang. Togar Pasaribu Direktur Eksekutif AAJI menjelaskan bahwa compliance di industri asuransi jiwa selalu mengacu pada kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

Jurnas.com/9-07-2021

AAJI Jalankan Operasi Sesuai Aturan PPKM Darurat

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia beserta seluruh anggotanya sangat mendukung kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang. AAJI sepenuhnya mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, langkah pembatasan operasional dan mobilitas pegawai di anggotanya juga sesuai dengan regulasi dan arahan OJK.Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menjelaskan bahwa compliance di industri asuransi jiwa  mengacu pada kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19
neraca.co.id/9-07-2021

INDUSTRI & ASURANSI

AAJI Dorong Agen Asuransi Tingkatkan Kompetensi

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mendorong para agen asuransi jiwa untuk terus , meningkatkan kompetensi dan etika profesi sebagai pemasar dan perencana keuangan. Salah satunya dengan memanfaatkan Million Dollar RoundTable (MDRT) yang fokus untuk menaikkan kapasitas agen, baik sebagai pribadi maupun profesional. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, Salah satu cara untuk meningkatkan kapabilitas agen melalui MDRT Day khususnya dalam pandemi saat ini. AAJI tidak bosan-bosan mengajak agen-agen asuransi jiwa untuk meningkatkan kompetensi dan etika agen dengan bergabung ke MDRT 

Koran Sindo/10-07-2021

Pandemi Covid-19 Belum Usai, MDRT Day Indonesia 2021 Tetap Digelar, Jumlah Anggota Melebihi Target

Pandemi Covid-19 belum usai, MDRT Day Indonesia 2021 tetap digelar, jumlah peserta melebihi target. Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia tetap kembali menyelenggarakan MDRT Day Indonesia 2021 dengan konsep virtual event. Tahun ini tema yang diangkat adalah Beyond The Horizon, yang akan diselenggarakan pada tanggal 28-29 Juli 2021. Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu menegaskan, keanggotaan MDRT pun akan meningkat karena asosiasi akan terus mendorong pertumbuhan anggota MDRT untuk sejalan dengan pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa secara keseluruhan. 

Wartakota.tribunnews.com/12-07-2021

Agen Asuransi Tertahan

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan, kontribusi keagenan asuransi jiwa di kuartal 1-2021 terhadap pendapatan premi turun 5,8% secara tahunan menjadi Rp 16,15 triliun. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI mengatakan, kebutuhan terhadap agen asuransi ini masih akan ada jika literasi masyarakat terhadap produk asuransi masih kurang. Agen asuransi tetap berperan untuk memberikan penjelasan para calon nasabah yang belum memahami asuransi.

Kontan/12-07-2021

BERITA FOTO – Agen Asuransi Jiwa

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, kuartal pertama tahun ini jumlah agen asuransi jiwa sebanyak 610.744 orang. Dari total jumlah tersebut, sekitar 90,6% berasal dari saluran keagenan.

Kontan/12-07-2021

Meski pandemi, agen masih dibutuhkan pasarkan produk asuransi jiwa

Adanya pandemi covid-19 tampaknya tak berpengaruh signifikan pada kinerja kanal keagenan asuransi jiwa. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, Walaupun penjualan produk asuransi memang banyak melalui bancassurance, jangan lupa di bancassurance ini juga ada agen yang melupakan penjualan. Artinya yang melakukan penjualan-penjualan ini kebanyakan agen. Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti menjelaskan bahwa meskipun suasana pandemi covid-19 menyebabkan agen kesulitan untuk bertatap muka langsung dengan nasabah, namun agen Generali Indonesia masih terus aktif menjalankan profesinya secara online.

Kontan.co.id/11-07-2021

Allianz Catat Kenaikan APE Hingga 43% Selama 2 Tahun

Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo mencatat total Annual Premium Aquivalent (APE) dalam dua tahun terakhir tumbuh tinggi mencapai 43%. Dia juga mengatakan, berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pertumbuhan APE Allianz sebesar 29%. Hal ini menurutnya meningkatkan market share dari 5 ke 10%.

Cnbcindonesia.com/9-07-2021

Jurus Allianz Hadapi Tantangan Kala Pandemi

Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo mengatakan jika jalur cabang atau tele marketing untuk penjualan asuransi akan tetap berkontribusi di tengah era digital seperti saat ini. Meski begitu, secara bertahap Allianz bakal mulai mengambil peran channel digital melalui internet banking atau mobile banking yang saat ini penggunaannya semakin meningkat. Sehingga, Allianz akan meningkatkan porsi investasi di kanal-kanal tersebut.

Cnbcindonesia.com/9-07-2021

Prudential, Raksasa Unit-Linked Getol Luncurkan Produk Asuransi Tradisional, Ini Alasannya

PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia, perusahaan yang memiliki portofolio kuat dalam produk unit-linked, meluncurkan sejumlah produk asuransi tradisional selama pandemi Covid-19. Banyaknya pilihan proteksi dinilai menjadi penting untuk bisa memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin nasabah. Hal tersebut disampaikan oleh President Director Prudential Indonesia Jens Reisch dalam peluncuran produk teranyar PRUCerah, Kamis (8/7/2021). Produk tersebut merupakan asuransi jiwa syariah tradisional yang memberikan manfaat pendidikan bagi anak dan perlindungan jiwa orang tuanya.
bisnis.com/9-07-2021

Prudential Indonesia Luncurkan PRUCerah – Asuransi Jiwa Syariah Bekal Dana Pendidikan Tinggi Sekaligus Perlindungan untuk Cerahnya Masa Depan Buah Hati

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali berinovasi dengan meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah (PRUCerah). PRUCerah merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan. Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, menjelaskan, inovasi PRUCerah yang kami luncurkan hari ini merupakan produk asuransi jiwa yang diharapkan dapat membantu memastikan bahwa perjalanan panjang orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi anak-anak terus terlindungi secara optimal dari berbagai risiko.

Eksekutif.com/9-07-2021

Milenial Kudu Melek Asuransi Sejak Dini, Ini Alasannya

Kebutuhan asuransi bagi generasi milenial terus meningkat. Kendati demikian, masih banyak anak muda yang belum menjadikannya prioritas utama. Jadi, masih ragu untuk memiliki asuransi sedari dini? Apalagi saat sudah tersedia asuransi yang bisa diakses secara online. Salah satunya melalui dompet digital DANA. Cukup pilih fitur DANA Siaga pada aplikasi DANA untuk mendapatkan produk asuransi, baik asuransi jiwa maupun kesehatan.

Detik.com/9-07-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.548.00

IHSG (per 9  Juli 2021)

6.039,84

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF