AAJI Daily News - 8 November 2021


Senin 8 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Komunitas Korban Asuransi surati DPR harap ada penyelesaian kasus asuransi
  2. Ketahui Risiko Asuransi Unit Link dan Cara Mengatasinya
  3. 7 Tips Asuransi, Pilih Produk Sesuai Kebutuhan dan Bukan karena Promo
  4. Simak Hal Ini Sebelum Pilih Asuransi
  5. Jangan Salah Jalan Kelola Finansial, Generasi Milenial Harus Cerdas Pilih Investasi Masa Depan
  6. Ini Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari Generasi Muda
  7. Pilihan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia
  8. Bingung Pilih Asuransi Jiwa? Ini Daftar 10 Asuransi Terbaik 2021
  9. Bos IFG Pede Berefek Positif Ke Anak Usaha
  10. OJK Beri Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha WanaArtha Life
  11. OJK Resmi Jatuhkan Sanksi, Wanaartha Life Dilarang Tawarkan Produk Baru
  12. OJK Batasi Usaha Wanaartha Life
  13. Manfaat Rawat Jalan Dan Rawat Inap
  14. Zurich Asuransi Mengejar Posisi Tiga Besar Industri
  15. Kelas Standar BPJS

INDUSTRI & ASURANSI

Komunitas Korban Asuransi surati DPR harap ada penyelesaian kasus asuransi

Koordinator komunitas korban asuransi, Maria Trihartati, kembali mengirim surat kepada Komisi IX DPR-RI untuk membantu korban asuransi untuk menyelesaikan kasus terkait asuransi khususnya unitlink. Ini merupakan surat kedua Maria yang dikirimkan untuk komisi tersebut. Maria menyampaikan dalam suratnya bahwa ia ingin diadakan RDP para perwakilan korban, DPR, perusahaan asuransi, OJK, dan para ahli asuransi. Dia berharap RDP tersebut dapat diselenggarakan sebelum akhir November.

Kontan.co.id/7-11-2021

Ketahui Risiko Asuransi Unit Link dan Cara Mengatasinya

Menurut laman Sikapi Uangmu yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ), asuransi jiwa unit link adalah kontrak asuransi yang memberikan manfaat perlindungan dengan premi rendah sekaligus investasi. Jenis asuransi ini memberikan manfaat perlindungan asuransi kematian dan investasi sekaligus. Menurut Aidil Akbar Madjid, penulis buku Shocking Unit Link, produk unit link kurang memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk menghentikan investasinya ketika mengalami kesulitan finansial.

Tagar.id/6-11-2021

7 Tips Asuransi, Pilih Produk Sesuai Kebutuhan dan Bukan karena Promo

Memilih asuransi yang tepat sangat penting untuk perlindungan di masa depan. Namun, sebelum memilih asuransi, sebaiknya harus pahami terlebih dahulu produk asuransi yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agar tidak menyesal di kemudian hari. Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, dalam memilih produk asuransi untuk mendapatkan proteksi maksimal, pilihlah asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan diri. Pastikan perusahaan asuransi sudah memiliki izin OJK dan agen asuransi adalah agen profesional yang memiliki sertifikasi keagenan

Okezone.com/7-11-2021

Simak Hal Ini Sebelum Pilih Asuransi

Merujuk laman Allianz, asuransi jiwa bisa menjadi salah satu pilihan, meski tidak semua asuransi jiwa bisa dijadikan warisan. Beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa dijadikan perencanaan warisan adalah whole life atau unit link. Menurut Windi Teguh, banker dan certified financial planner, seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi kebutuhan dasar.

Liputan6.com/6-11-2021

Jangan Salah Jalan Kelola Finansial, Generasi Milenial Harus Cerdas Pilih Investasi Masa Depan

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi menekankan bahwa setiap orang, termasuk generasi milenial harus memiliki investasi karena hal ini sebenarnya telah menjadi suatu kebutuhan di masa depan. Allianz Life Indonesia pun memiliki berbagai pilihan jenis asuransi bagi para milenial ini. Asuransi menawarkan perlindungan terhadap risiko-risiko yang dapat terjadi di masa yang akan datang. Hal ini digunakan sebagai salah satu tindakan preventif finansial.

Tribunnews.com/7-11-2021

Ini Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari Generasi Muda

Dalam usaha mencapai kemerdekaan finansial, beberapa tahapan penting perlu diperhatikan oleh generasi muda yaitu dimulai dengan memenuhi kebutuhan dasar kemudian kebutuhan perlindungan/proteksi serta dana darurat. Setelah itu, fokus untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak, pensiun dan warisan serta mulai berinvestasi.Menurut Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, memiliki investasi sudah menjadi keperluan, sehingga harus disertakan dalam perencanaan keuangan.

Investor.id/7-11-2021

Pilihan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa asuransi kesehatan pilihan terbaik yang bisa dijadikan referensi yang cocok untuk Anda. Perusahaan asuransi Cigna menyediakan Cigna Family Care Optima yang cocok digunakan untuk kamu yang sudah berkeluarga karena bisa menanggung lima orang sekaligus dalam satu polis. AXA Mandiri Smartcare Executive adalah asuransi hospital cash plan yang memberikan santunan harian atas rawat inap di rumah sakit. 

Tagar.id/5-11-2021

Bingung Pilih Asuransi Jiwa? Ini Daftar 10 Asuransi Terbaik 2021

Sudah banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan fasilitas dan harga premi yang menarik. Berikut ini, TrenAsia.com merangkum kelompok perusahaan asuransi terbaik di Indonesia 2021: 1. PT Asuransi Simas Jiwa Asuransi Simas Jiwa memiliki program SIJI Guard 4 sebagai asuransi jiwa murni; 2. PT Prudential Life Assurance menawarkan dua produk seperti PRUPrime Healthcare dan PRUPrime Healthcare Syariah; PT AXA Mandiri Financial Services Asuransi AXA Mandiri memiliki produk unggulan seperti Smartcare Executive.

Trenasia.com/6-11-2021

Bos IFG Pede Berefek Positif Ke Anak Usaha

Indonesia Financial Group (IFG) akan menempatkan dana pengelolaan portofolio investasinya sebesar Rp 60 triliun ke bank pelat merah. Langkah ini diyakini memberikan banyak dampak positif terhadap kinerja anak usaha. Di antaranya, akan mengerek return.  Lewat kolaborasi dengan Bank di Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), IFG akan menempatkan 20 hingga 30 persen dari total dana pengelolaan portofolio investasi atau sebesar Rp 60 triliun sesuai dengan jadwal pemenuhan kewajiban korporasi (schedule of liabilities).

Rakyat Merdeka/7-11-2021

OJK Beri Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha WanaArtha Life

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjatuhkan sanksi berupa pembatasan kegiatan usaha (PKU) kepada PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha yang telah melanggar sejumlah ketentuan di bidang perasuransian; ketentuan mengenai kesehatan keuangan perusahaan asuransi berupa pemenuhan rasio pencapaian solvabilitas, rasio kecukupan investasi, dan jumlah ekuitas minimum.

Bisnis.com/5-11-2021

OJK Resmi Jatuhkan Sanksi, Wanaartha Life Dilarang Tawarkan Produk Baru

Otoritas Jasa Keuangan () resmimenjatuhkan sanksi kepada PT Jiwa Adisarana yang telah melanggar sejumlah ketentuan di bidang perasuransian. Sanksi itu berupa pembatasan kegiatan usaha (PKU).Adapun sejumlah aturan yang dilanggar oleh terkait kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

Tempo.co/5-11-2021

OJK Batasi Usaha Wanaartha Life

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatasi usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha akibat melanggar ketentuan kesehatan keuangan perusahaan. Otoritas mengumumkan sanksi kepada perusahaan karena perusahaan tak mampu memenuhi rasio pencapaian solvabilitas sebesar 120%, rasio kecukupan investasi, dan jumlah ekuitas minimum Rp 100 miliar. Adapun, OJK telah mengatur seluruh ketentuan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 71 /POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Bisnis Indonesia/6-11-2021

Manfaat Rawat Jalan Dan Rawat Inap

BPJS Kesehatan dengan program JKN-nya masih menjadi primadona bagi sebagian orang. Ini lantaran bisa mengkover biaya rawat jalan hingga rawat inap. Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting, mengatakan, layanan BPJS Kesehatan sebaiknya dimaksimalkan pada rawat jalan. Apalagi bagi orang yang tidak bergabung pada perusahaan sehingga ketika berobat tidak mendapat penggantian dari pihak mana pun.

Tabloid Kontan/8-11-2021

Zurich Asuransi Mengejar Posisi Tiga Besar Industri

Setelah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengubah nama dari Adira Insurance mei\jadi Zurich Asuransi Indonesia, perusahaan asuransi umum ini langsung mencoba tancap gas. Yakni, membidik pangsa pasar dengan menjadi tiga besar di industri asuransi pada tahun 2023.

Kontan/6-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Kelas Standar BPJS

BPJS Kesehatan bakal menerapkan kelas standar. Bagi peserta yang ingin dapat program rawat inap dengan nyaman, baiknya menambah asuransi swasta. Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Muttagien menyatakan pada kompas.com bahwa penerapan kelas standar BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk menjalankan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas di Program JKN.

Tabloid Kontan/8-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.327.00

IHSG (per 5 November 2021)

6.599,41

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF