AAJI Daily News - 1 Desember 2021


Rabu 01 Desember 2021                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. 2022, Asuransi Umum Terapkan Prudence Mode
  2. AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Unit Link dalam Mata Uang Dolar AS
  3. AIA-CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Saver Protection, Proteksi Jiwa Sekaligus Investasi
  4. AIA Gandeng CIMB Niaga Luncurkan Produk bancassurance
  5. Allianz Life Indonesia Hadirkan MyProtection Supreme untuk Nasabah Perbankan
  6. Astra Life Catat Pertumbuhan Premi 58 Persen pada Kuartal III 2021
  7. Jadi official partner Borobudur Marathon, Generali berikan proteksi pada pelari
  8. Generali Kembali Dukung Borobudur Marathon 2021
  9. Kinerja RoboARMS GENERALI 40% di Atas IHSG
  10. BCA Life Kerja Sama Pemasaran dengan Qoala
  11. OVO dorong transaksi digital lewat layanan keuangan terlengkap
  12. OVO Terus Dorong Transaksi Digital Lewat Layanan Keuangan Terlengkap
  13. Dorong Transaksi Digital, OVO Terus Perluas Layanan Keuangan
  14. IFG Progress Ungkap Sektor Keuangan Non-Perbankan adalah Aspek Penting Pertumbuhan Ekonomi
  15. Pemprov Banten Daftarkan 500.000 Warga Jadi Peserta JKN-KIS
  16. Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi, Aksesibilitas Asuransi Jadi Kunci
  17. BRI Insurance Raih 3 Penghargaan Bergengsi
  18. Asuransi Jiwa Pelita untuk Masa Depan Milenials
  19. Ahli Waris Hendra Liong Mengeluh, Klaim Asuransi Tak Bisa Cair Lantaran Nasabah Dianggap Tak Jujur
  20. LQ Indonesia Bantu Nasabah Cairkan Klaim Asuransi Jiwa Korban Covid-19

INDUSTRI & ASURANSI

2022, Asuransi Umum Terapkan Prudence Mode

Premi industri asuransi jiwa diproyeksi tumbuh double digit pada 2022. Sementara itu, sampai dengan Oktober 2021 asuransi jiwa membukukan pertumbuhan pendapatan premi sebesar 7,89% secara tahunan (yearonyear/yoy) menjadi Rp 150,53 triliun.Ketua Bidang Aktuaria, Produk dan Risk Management Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan menyampaikan, industri asuransi jiwa berpandangan optimistis bahwa situasi akan terus membaik. Terutama pada akhir tahun 2021 sejalan dengan mulai diberikannya vaksin Covid-19 di awal tahun ini..  

Investor Daily/01-12-2021

AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Unit Link dalam Mata Uang Dolar AS

PT AIA Financial (AIA) bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection. Produk asuransi unit link berbasis mata uang Dolar Amerika Serikat (USD) tersebut, membantu nasabah menyiapkan proteksi dan rencana keuangan jangka panjang. AAJI mencatat pendapatan premi dari produk unit-link meningkat sebanyak 17% di semester pertama 2021. Berdasarkan data-data tersebut, AIA dan CIMB Niaga optimis Fortuna Saver Protection akan disambut positif oleh masyarakat..

Marketing.co.id/30-11-2021

AIA-CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Saver Protection, Proteksi Jiwa Sekaligus Investasi

PT AIA Financial (AIA) bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection. Produk asuransi unit-link berbasis mata uang Dolar Amerika Serikat (US$) ini membantu nasabah menyiapkan proteksi dan rencana keuangan jangka panjang. Dengan premi yang singkat yakni tiga tahun, Fortuna Saver Protection menawarkan manfaat proteksi hingga 20 tahun dan loyalty bonus hingga 40% dari premi dasar.

Wartaekonomi.co.id/29-11-2021

AIA Gandeng CIMB Niaga Luncurkan Produk bancassurance

PT AIA Financial (AIA) bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection. Produk asuransi unit-link berbasis mata uang Dolar Amerika Serikat (US$) ini membantu nasabah menyiapkan proteksi dan rencana keuangan jangka panjang. Dengan premi yang singkat yakni tiga tahun, Fortuna Saver Protection menawarkan manfaat proteksi hingga 20 tahun dan loyalty bonus hingga 40% dari premi dasar..

Investor Daily/01-12-2021

Allianz Life Indonesia Hadirkan MyProtection Supreme untuk Nasabah Perbankan

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) menghadirkan solusi terbaru produk asuransi jiwa unit link yang memberikan perlindungan diri dan keluarga, sekaligus dapat mendukung tercapainya perencanaan keuangan yang dibuat oleh nasabah. Allianz Life Indonesia menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dua mitra perbankan, yaitu “MyProtection Supreme” untuk nasabah Bank Maybank Indonesia dan “Guardia Supreme Life” untuk nasabah Bank BTPN.

Rctiplus.com/30-11-2021

Astra Life Catat Pertumbuhan Premi 58 Persen pada Kuartal III 2021

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatatkan pertumbuhan positif pada kuartal III 2021. Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, capaian positif Astra Life terlihat dari pertumbuhan gross written premium (GWP) sebesar 58 persen jika dibandingkan kuartal yang sama pada 2020, yaitu Rp 4 triliun. Sementara, jumlah total tertanggung Astra Life mencapai 3,4 juta orang per September 2021. Secara keseluruhan, aset perusahaan juga tumbuh 22 persen atau mencapai Rp 6,9 triliun.

Kompas.com/30-11-2021

Jadi official partner Borobudur Marathon, Generali berikan proteksi pada pelari

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) kembali menjadi official insurance partner pada ajang lari marathon, Borobudur Marathon 2021. Sebagai official partner, Generali memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan bagi seluruh pelari jika mengalami risiko meninggal dunia atau menjalani perawatan karena kecelakaan saat berlari. Generali juga kembali memperkenalkan platform alive.generali.co.id, yang memberikan proteksi yang didapat secara online dengan fitur pengembalian premi 110% jika tidak terjadi klaim.

Kontan.co.id/30-11-2021

Generali Kembali Dukung Borobudur Marathon 2021

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) kembali menjadi official insurance partner pada ajang lari marathon, Borobudur Marathon 2021. Sebagai official partner, Generali memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan bagi seluruh pelari jika mengalami risiko meninggal dunia atau menjalani perawatan karena kecelakaan saat berlari. Generali juga kembali memperkenalkan platform alive.generali.co.id, yang memberikan proteksi yang didapat secara online dengan fitur pengembalian premi 110% jika tidak terjadi klaim.

Mediaasuransinews.co.id/30-11-2021

Kinerja RoboARMS GENERALI 40% di Atas IHSG

ROBOARMS dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) terus membuktikan kinerja positifnya. Meski kondisi pandemi berlangsung dalam 2 tahun terakhir, polis nasabah dengan ROBOARMS mayoritas menunjukkan kinerja dan tumbuh optimal di atas IHSG. Hingga September 2021, 97% nasabah yang sudah mengaktifkan ROBOARMS, kinerjanya di atas IHSG, bahkan diantaranya mencapai lebih dari 40%.

Trenasia.com/30-11-2021

BCA Life Kerja Sama Pemasaran dengan Qoala

PT Asuransi Jiwa BCA(BC-A Life)&PT Archor Technology Digital (Qoa!a) melakukan kerja sama pemasaran produk digital BCA Life melalui platform Qoala yang dapat diakses melalui aplikasi Qoala atau website di https://www.qoala.app/id. Melihat peluang yang masih terbuka luas, BCA Life mengembangkan kerj a sama pemasaran dengan Qoala, khususnya produk yang dipasarkan lewat jalur pemasaran digital. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Iife Perlindungan Jiwa yang menyasar anak-anak muda di Indonesia.

Harian Neraca/01-12-2021

OVO dorong transaksi digital lewat layanan keuangan terlengkap

OVO resmi menjalin kolaborasi dengan beberapa mitra yang memiliki jaringan luas di berbagai kota hingga daerah terpencil di pelosok Tanah Air, yaitu PT Pos Indonesia, PT Buka Mitra Indonesia (Mitra Bukalapak), dan PT Lotte Mart Indonesia. OVO juga bekerjasama dengan Prudential Indonesia dalam menghadirkan berbagai pilihan proteksi kesehatan dan jiwa yang terjangkau dan mudah diakses.

Antaranews.com/30-11-2021

OVO Terus Dorong Transaksi Digital Lewat Layanan Keuangan Terlengkap

OVO berkomitmen untuk berperan sentral dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. OVO pun terus berusaha untuk menghadirkan layanan keuangan terlengkap guna memudahkan berbagai transaksi digital. Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, OVO terus mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya sebagai platform pembayaran digital, OVO kini juga memperluas proposisi untuk menyediakan rangkaian layanan keuangan terlengkap, seperti investasi, proteksi, dan pinjaman. 

Investor Daily/01-12-2021

Dorong Transaksi Digital, OVO Terus Perluas Layanan Keuangan

Untuk mendorong transaksi digital di Indonesia, OVO terus mengembangkan bisnisnya dari sekedar perusahaan fintech payment , sekarang mulai masuk ke financial services. Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, menyadari tantangan dalam hal literasi dan inklusi keuangan yang ada di Indonesia, OVO juga berkomitmen untuk menjadi peranan sentral dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan melalui akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Beritasatu.com/30-11-2021

IFG Progress Ungkap Sektor Keuangan Non-Perbankan adalah Aspek Penting Pertumbuhan Ekonomi

Proses jual beli 10% saham PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia yang dikuasai oleh PT Asuransi Jasa Indonesia diproyeksikan tuntas pada akhir tahun ini. Jasindo telah menandatangani kerja sama dengan Indonesia Financial Group atau IFG.EFG nantinya akan menguasai 10% saham Asuransi Inhealth. IFG merupakan hol-ding perusahaan asuransi dan penjaminan milik pemerintah.Jasindo dan IFG telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sales and purchase agreement/ CSPA) tersebut pada 8 November 2021, guna memperkuat posisi holding di pasar asuransi.

Wartaekonomi.co.id/30-11-2021

Pemprov Banten Daftarkan 500.000 Warga Jadi Peserta JKN-KIS

Pemerintah Provinsi Banten mendaftarkan 500.000 warga setempat menjadi peserta jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Wahidin mengatakan upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah ProvinsiBanten untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat di wilayah provinsi itu..

Harian Neraca/27-11-2021

Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi, Aksesibilitas Asuransi Jadi Kunci

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menilai bahwa kemudahan akses masyarakat terhadap asuransi merupakan kunci untuk mengembangkan tingkat penetrasi layanan di tengah laju pemulihan ekonomi. Chief Marketing Officer Allianz Life Karin Zulkarnaen menilai bahwa pandemi Covid-19 menjadi katalis yang meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindungan. Indeks literasi asuransi pada 2019 yang hanya 19,4 persen diyakini naik pada tahun ini..

Bisnis.com/01-12-2021

BRI Insurance Raih 3 Penghargaan Bergengsi

BRI Insurance (Brins) berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan mendapat tiga penghargaan bergengsi sekaligus di "Top 20 Financial Institution Awards 2021" yang digelar di Jakarta, Senin, (29/11/2021). Hingga Kuartal-III 2021, Premi Bruto Brins tercatat sebesar Rp1,39 triliun. Angka ini naik 21,58% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Rp1,14 triliun. Aset perseroan juga naik 20,23% yoy (year-on-year) atau mencapai Rp 3,49 triliun..

Beritasatu.com/30-11-2021

Asuransi Jiwa Pelita untuk Masa Depan Milenials

PT. Asuransi BRI Life resmi meluncurkan Asuransi Pelita (25/11) di Brilian Center, Sentra Gedung BRI. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menjelaskan bahwa Asuransi Jiwa Pelita merupakan produk asuransi jiwa terobosan terbaru yang ditujukan untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan nasabah BRI khususnya generasi millennials dalam mempersiapkan masa depannya.

Palembang Express/30-11-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

Ahli Waris Hendra Liong Mengeluh, Klaim Asuransi Tak Bisa Cair Lantaran Nasabah Dianggap Tak Jujur

Ahli waris Hendra Liong, seorang nasabah asuransi warga Jakarta Barat. Hendra Liong meninggal dunia karena serangan virus Covid-19 dan klaim asuransi yang seharusnya menjadi hak keluarga tidak bisa dicairkan. Hal tersebut diungkapkan Advokat LQ Indonesia Law Firm, Pestauli Saragih. Ia mengungkapkan kasus yang dialami kliennya itu mirip dengan kasus yang dialami oleh politisi Wanda Hamidah.

Tribunnews.com/30-11-2021

LQ Indonesia Bantu Nasabah Cairkan Klaim Asuransi Jiwa Korban Covid-19

Pada musim pandemi Covid -19 banyak warga menjadi korban yang meninggal dunia, sehingga mereka yang memiliki asuransi jiwa mengajukan klaim meninggal ke perusahaan asuransi. Hal yang sama dialami ahli waris Hendra Liong yang diketahui meninggal karena Covid-19 dengan mengajukan klaim asuransi ke Panin Dai Chi Life. Namun jawaban dari Panin Dai Chi sangat mengejutkan, karena surat penolakan yang berisi alasan bahwa tertanggung dianggap tidak jujur dan tidak menyebutkan di PPAJ (Pengajuan Polis Asuransi Jiwa) bahwa sebelumnya di 2019 pernah ada batu ginjal.

Suarakarya.id/30-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.320.00

IHSG (per 26 November 2021)

6.559,98

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF