AAJI Daily News - 28 Mei 2021


Tanggal terbit (28 / 05 / 2021)

FM-CC-AAJI-06-001

Jumat, 28 Mei 2021

HEADLINE NEWS

  1. KALA PRODUK UNIT LINK JADI SOROTAN
  2. PEREMPUAN TANGGUH & MANDIRI FINANSIAL
  3. Allianz Sukseskan Vaksinasi Covid-19 IKNB
  4. Bisnis AXA Mandiri Tumbuh 18% di 2020
  5. Prudential Indonesia Raih Premi Rp23,7 T
  6. Asuransi Umum Terangkat Daya Beli Masyarakat
  7. Marak Asuransi Digital, Waspada Pencurian Data Pribadi!
  8. 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Proteksi Keluarga dengan Asuransi
  9. BPJS Kesehatan Apresiasi Dukungan Media Massa Dalam Program JKN-KIS
  10. Data Peserta BPJS Bocor, Waspadai Sindikat Vaksin dan Produksi Farmasi
  11. Nasabah Bumiputera Kirim Pesan ke Presiden
  12. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (LIFE) bagikan dividen dengan yield 4,76%, ini jadwalnya
  13. Kolaborasi Astra Financial & Alibaba Cloud Operasikan Aplikasi MOXA
  14. Berita Foto - Laba Industri Asuransi Umum
  15. Tantangan Hidup Sehat Program 21 Days Workout Challenge
  16. ASTRA LIFE Beri Tantangan Pola Hidup Sehat 21 Hari
  17. Hidup Sehat Dengan Astra Life Melalui Program 21 Days Workout Challenge

TENTANG AAJI

KALA PRODUK UNIT LINK JADI SOROTAN

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu dalam keterangan kepada Investor mengatakan, nasabah dan masyarakat perlu memahami bahwa unit link merupakan produk asuransi yang menawarkan investasi yang juga memiliki risiko. Alasannya, likuiditas portofolio investasi (underlying investment) terkait dengan kondisi ekonomi makro, termasuk pasar modal. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan mencoba mengubah fokus dalam memasarkan produk-produknya.

Investor, hal. 22&23 / 28-05-2021

STAKEHOLDERS

PEREMPUAN TANGGUH & MANDIRI FINANSIAL

Atas dasar bahwa semua orang punya mimpi dan kesempatan untuk meraih kehidupan yang baik, berkembang, bahagia, dan sukses, AXA dan AXA Mandiri mengkampayekan program Aman Untuk Semua. Country CEO AXA Indonesia, Komisaris PT AXA Mandiri Financial Services, Presiden Komisaris PT Mandiri AXA General Insurance Julien Steimer mengatakan, sebagai perusahaan asuransi, AXA dan AXA Mandiri mengemban misi untuk melindung masyarakat. AXA Group berkomitmen melindungi kesehatan, termasuk kesehatan mental, melindungi kehormatan, kekerasan terhadap ibu dan anak, dan terpenting melindungi masa depan mereka.

Investor, hal. 20&21 / 28-05-2021

Allianz Sukseskan Vaksinasi Covid-19 IKNB

Industri Keuangan Non Bank bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Kesehatan, dan Dewan Asuransi Indonesia berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. Sebagai salah satu institusi keuangan non bank, Allianz Indonesia juga turut menyelenggarakan program vaksinasi di Hotel Bidakara, Jakarta dan kantor pusat Allianz Indonesia untuk lansia dan karyawan perusahaan. Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier menyebut, rangkaian inisiatif tersebut merupakan komitmen Allianz Indonesia kepada masyarakat dan dukungan berkelanjutan terhadap upaya pemerintah dalam percepatan program vaksinasi. Melalui kampanye "#AwaliDenganKebaikan, Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) bekerjasama dengan Halodoc dan Gojek Indonesia untuk menyediakan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru gratis untuk para lansia di lima kota terpilih sejak 17 Maret 2021.

Investor, hal. 16&17 / 28-05-2021

Bisnis AXA Mandiri Tumbuh 18% di 2020

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) berhasil membukukan premi sebesar Rp 11 triliun sepanjang 2020, atau bertumbuh 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian kinerja yang impresif di tengah kondisi pandemi dan ekonomi yang sedang sulit. Perolehan premi ini menjadi kontributor terbesar dari total pendapatan perusahaan yang sebesar Rp 12 triliun. Laba bersih tercatat sebesar Rp 1 triliun.

Investor, hal. 19 / 28-05-2021

Prudential Indonesia Raih Premi Rp23,7 T

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatat total pendapatan premi sebesar Rp23,7 triliun pada 2020. Perolehan ini sedikit turun dibandingkan dengan tahun 2019. Kendati demikian, secara industri, perolehan tersebut masih tertinggi di industri asuransi jiwa, apalagi di tengah tantangan pandemi yang masih terjadi. Selain premi, total aset dan total investasi Prudential Indonesia, yang sebesar Rp76,3 triliun dan Rp70,2 triliun juga merupakan yang tertinggi di industri asuransi jiwa. Di tahun 2020 pun Prudential Indonesia membayarkan total klaim sebesar Rp 12,8 triliun.

Investor, hal. 18 / 28-05-2021

Asuransi Umum Terangkat Daya Beli Masyarakat

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pendapatan premi asuransi umum tumbuh 4,20% yoy menjadi Rp 26,77 triliun per April 2021. Realisasi itu berasal dari premi penutupan langsung dan tidak langsung yang masing -masing sebesar Rp 23,75 triliun dan Rp 1,94 triliun. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dody Achmad Dalimunthe menjelaskan, kinerja industri dipengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Jika ekonomi membaik, maka makin banyak orang yang menggunakan produk asuransi.

Kontan, hal. 10 / 28-05-2021

Marak Asuransi Digital, Waspada Pencurian Data Pribadi!

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan signifikan dan pesat menuju digitalisasi. Bisnis digital sudah mengalami evolusi yang cukup besar. Namun, kemudahan digital juga mengundang kekhawatiran akan keamanan, terutama dalam hal privasi data. Perlindungan data pribadi pengguna tentunya menjadi salah satu perhatian utama bagi Allianz Indonesia. PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia telah meraih Sertifikat ISO 27001:2013 yang menjadi penilaian standar internasional terhadap sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data.

  • / 28-05-2021

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Proteksi Keluarga dengan Asuransi

Asuransi merupakan salah satu bagian dari keamanan pada piramida keuangan kita. Kita bisa melakukan survei dan analisa, kira-kira opsi produk asuransi mana yang sesuai, misal tradisional atau unit link. Setelah itu, baru bisa memilih mana yang lebih cocok untuk kita, apakah melalui agen, bancass, dan sebagainya.

nova.grid.id / 28-05-2021

INDUSTRI  & ASURANSI

BPJS KESEHATAN APRESIASI DUKUNGAN MEDIA MASSA DALAM PROGRAM JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Mohammad Yusrizal mengapresiasi peran serta dan dukungan media massa dalam mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JN-KIS). Yusrizal mengatakan, media massa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengetahui informasi terbaru program JKN-KIS, termasuk Peraturan Presiden tentang regulasi dari jaminan kesehatan kepada masyarakat luas.

Gorontalo Post, hal. 16 / 28-05-2021

Data Peserta BPJS Bocor, Waspadai Sindikat Vaksin dan Produksi Farmasi

Kasus dugaan bocornya data 279 juta peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi sorotan banyak pihak. Sebab, kebocoran data ini patut dicurigai adanya keterlibatan orang dalam dan antisipasi pada tindak kejahatan sindikat di tengah gencarnya vaksinasi COVID-19.

jabar.idntimes.com/ 28-05-2021

Nasabah Bumiputera Kirim Pesan ke Presiden

Memasuki hari ketiga, aksi demo tunggal Fitria Cahyarani, 40, nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputra Cabang Jombang terus berlanjut. Seperti hari sebelumnya, warga asal Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang mendirikan tenda dan memajang sejumlah poster berisi tuntutan di depan kantor AJB Bumiputera Cabang Jombang.

radarjombang.jawapos.com/ 28-05-2021

Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (LIFE) bagikan dividen dengan yield 4,76%, ini jadwalnya

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) akan membagikan dividen Rp 510,30 miliar. Pembagian dividen ini telah mengantongi persetujuan rapat umum pemegang saham pada 25 Mei 2021 lalu. Dividen yang dibagi ini sebesar Rp 243 per saham. Dengan harga saham LIFE pada Rp 5.100 per saham, Kamis (27/5), yield dividen Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG sebesar 4,76%.

kontan.co.id/ 28-05-2021

Kolaborasi Astra Financial & Alibaba Cloud Operasikan Aplikasi MOXA

Dalam mempercepat upaya transformasi digital perusahaan, Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama), anak perusahaan PT Astra International Tbk di hidang jasa keuangan, berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk menjalankan aplikasi MOXA yang baru diluncurkan pada akhir bulan Maret. MOXA yang berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub ini merupakan aplikasi finansial lengkap yang dapat membantu pengguna mencari berbagai macam layanan keuangan, mulai dari pembiayaan pembelian kendaraan, umroh, haji, gadget, dana tunai, hingga asuransi jiwa ataupun mobil. Direktur Astra yang juga menjabat sebagai Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan, Astra Financial menyambut baik kolaborasi ini dan percaya untuk bermitra dengan Alibaba Cloud, perusahaan penyedia layanan cloud terpercaya di Indonesia.

Investor, hal. 18&19 / 28-05-2021

Berita Foto - Laba Industri Asuransi Umum

Laba Industri Asuransi Umum: Seorang montir memperbaiki mobil di salah satu lokasi parkir perkantoran di Jakarta, Kamis (27/5). Berdasarkan statistik asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laba industri asuransi umum pada kuartal 1-2021 mencapai Rp 1,7 triliun, tumbuh hingga 53,9% (yoy) dibandingkan dengan periode sama sebelumnya yang senilai Rp 1,1 triliun.

Kontan, hal. 10 / 28-05-2021

Tantangan Hidup Sehat Program 21 Days Workout Challenge

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) sejak awal tahun 2021 mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menghadapi kondisi pandemi ini dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya melalui program 21 Days Workout Challenge berkolaborasi dengan #PertemananSehat.

validnews.id / 28-05-2021

ASTRA LIFE Beri Tantangan Pola Hidup Sehat 21 Hari

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) sejak awal tahun 2021 mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menghadapi kondisi pandemi ini dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya melalui program 21 Days Workout Challenge berkolaborasi dengan #PertemananSehat.

bandungside.com / 28-05-2021

Hidup Sehat Dengan Astra Life Melalui Program 21 Days Workout Challenge

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) sejak awal tahun 2021 mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menghadapi kondisi pandemi ini dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya melalui program 21 Days Workout Challenge berkolaborasi dengan #PertemananSehat.

sinarharapan.id / 28-05-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.335

IHSG (per 27 Mei 2021)

5.855,06

BI Rate

3.50%

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Gorontalo Post, jabar.idntimes.com, radarjombang.jawapos.com, kontan.co.id, Investor, Kontan, cnnindonesia.com, validnews.id, bandungside.com, sinarharapan.id, nova.grid.id

DOWNLOAD PDF