AAJI Daily News - 29 Oktober 2021
Jum’at 29 Oktober 2021
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- AAJI Lakukan Transformasi Brand
- Industri Asuransi Jiwa Catat Kinerja Positif Di Semester I/2021
- Agen Asuransi Jiwa Masih Jadi Tumpuan Mencari Cuan
- Tak Sekedar Jualan Online
- Efek Pandemi, Angka Literasi Dan Inklusi Asuransi Indonesia Meroket
- Pelaku Industri Asuransi Proyeksi Kanal Keagenan Tetap Jadi Penopang Premi
- Prudential Indonesia Dorong Peningkatan Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
- Pentingnya Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
- Pentingnya Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
- Prudential dorong peningkatan literasi asuransi jiwa syariah bagi perempuan
- OVO Dan PRUDENTIAL INDONESIA Ajak Proteksi Pendapatan
- Allianz Life Indonesia Hadirkan Unit Link untuk Segmen Upper Mass Affluent
- Allianz Indonesia dan NOVA Berpartisipasi dalam FinExpo BIK 2021
- Hari Sumpah Pemuda, Kematangan Finansial Masih Jadi Tantangan Bagi Generasi Muda
- Kesalahan Finansial Yang Sering Dilakukan Anak Muda
- Mengenal Lebih Dekat Soal Asuransi Syariah, Finansial Aman dan Hidup Lebih Tenang
- Bermimpi Jadi Pemain Besar Di Liga Asuransi Jiwa
- Peduli Asuransi Jiwa bagi Milenial, MotionBanking x MotionInsure Berikan Premi Gratis, Ini Syaratnya!
- Perluas Pasar Insurtech, BCAP Pacu Kolaborasi Dua Aplikasi
TENTANG AAJI
AAJI Lakukan Transformasi Brand
Di tengah pandemi Covid-19, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meluncurkan transformasi brand. AAJI memiliki anggota 65 perusahaan asuransi jiwa. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon, menjelaskan bahwa saat ini adalah momentum emas bagi industri asuransi jiwa untuk menciptakan produk asuransi yang menjawab berbagai kebutuhan dan melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.
Media Asuransi/29-10-2021
Industri Asuransi Jiwa Catat Kinerja Positif Di Semester I/2021
Perusahaan asuransi jiwa yang tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berhasil mencatatkan kinerja yang positif selama semester pertama di tahun ini. Total pendapatan mengalami kenaikan 64 persen menjadi Rp119,74 triliun. Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon, menyampaikan bahwa sinyal kuat pemulihan ekonomi muncul secara meyakinkan dalam kinerja industri asuransi jiwa semester pertama tahun ini. Dia menambahkan, selama pandemi Covid-19 unitlink masih menjadi primadona masyarakat. Hal ini terlihat dari kontribusinya naik 62 persen.
Media Asuransi/29-10-2021
INDUSTRI & ASURANSI
Agen Asuransi Jiwa Masih Jadi Tumpuan Mencari Cuan
Ketua Bidang Operasional dan Perlindungan Konsumen Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Freddy Thamrin menuturkan, di tengah situasi yang sulit saat ini, industri asuransi jiwa terus membuka kesempatan dan peluang bagi masyarakat untuk berperan sebagai tenaga pemasar tanpa ada syarat latar belakang atau dari kalangan tertentu. Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, bahwa Allianz Life akan menggunakan berbagai cara untuk menjaring nasabah baru dengan mengembangkan jaringan distribusi yang ada, di antaranya menambah jumlah agen.
Media Asuransi/29-10-2021
Tak Sekedar Jualan Online
Di industri asuransi, pemanfaatan teknologi digital masih dilihat sebagai sebuah proses penjualan produk asuransi secara online. Alhasil, tingkat adopsi teknologi digital menjadi terlihat sangat kecil perannya. Misalnya, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan saluran pemasaran produk asuransi umum dan asuransi jiwa melalui distribusi digital tercatat hanya 3,94 persen dari total premi industri asuransi Tanah Air. Bahkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa kontribusi saluran distribusi melalui e-commerce tidak sampai 0,1 persen dari total premi.
Media Asuransi/29-10-2021
Efek Pandemi, Angka Literasi Dan Inklusi Asuransi Indonesia Meroket
Berdasarkan hasil survei Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) yang dilakukan pada periode September--Oktober 2021, sebanyak 99,3 persen responden menyatakan tahu tentang asuransi dan hanya 0,7 persen responden yang menyatakan tidak tahu. Senada dengan LRMA, survei lembaga riset Nielsen juga mengungkapkan kesadaran untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota besar Indonesia sebesar 24 persen, atau meningkat setelah Pandemi Covid-19. Saat ini, adaptasi digital terjadi dengan massif sehingga pemasaran proteksi secara online perlu digalakkan perusahaan asuransi.
Media Asuransi/29-10-2021
Pelaku Industri Asuransi Proyeksi Kanal Keagenan Tetap Jadi Penopang Premi
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pendapatan premi dari kanal keagenan tercatat mencapai Rp30,44 triliun sepanjang semester I/2021. Capaian tersebut turun 4,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai Rp32,02 triliun. PT BNI Life Insurance (BNI Life) mencatatkan penurunan kinerja dari kanal keagenan. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menuturkan, kinerja kanal distribusi keagenan hingga pertengahan tahun ini masih terdampak oleh pandemi Covid-19.
Bisnis.com/28-10-2021
Prudential Indonesia Dorong Peningkatan Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengadakan workshop perencanaan finansial untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi jiwa Syariah bagi masyarakat Indonesia, khususnya ibu rumah tangga pada (26/10/2021). Luskito Hambali, Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia menjelaskan, pemahaman masyarakat Indonesia mengenai keuangan maupun asuransi masih rendah.
Wartaekonomi.co.id/28-10-2021
Pentingnya Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
Melalui acara bertajuk ‘Membangun keluarga yang tangguh secara finansial melalui asuransi jiwa Syariah’ , perusahaan asuransi Prudential Indonesia mengadakan workshop guna memaparkan seluk beluk serta manfaat asuransi jiwa Syariah sebagai pilihan proteksi keluarga Indonesia. Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia Luskito Hambali dalam keterangan resminya mengatakan bahwa pemahaman masyarakat Indonesia mengenai keuangan maupun asuransi masih rendah.
Jawapos.com/28-10-2021
Pentingnya Literasi Asuransi Jiwa Syariah Bagi Perempuan Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengadakan workshop perencanaan finansial untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi jiwa Syariah bagi masyarakat Indonesia. Workshop yang dilaksanakan pada Selasa, (26/10) dan digelar dalam rangka peringatan Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini dihadiri oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) secara virtual.
Nova.grid.id/28-10-2021
Prudential dorong peningkatan literasi asuransi jiwa syariah bagi perempuan
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengadakan workshop perencanaan finansial untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi jiwa Syariah bagi masyarakat Indonesia, khususnya ibu rumah tangga untuk memperoleh pengetahuan dalam mengatur finansial rumah tangga dan mempelajari cara yang paling sesuai untuk mengelola arus kas ( ), mengatur alokasi pendapatan dan perlindungan asuransi berbasis Syariah keluarga.
Kontan.co.id/28-10-2021
OVO Dan PRUDENTIAL INDONESIA Ajak Proteksi Pendapatan
OVO dan Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan PRUTect Care. yaitu produk asuransi jiwa kumpulan Syariah berbasis digital terjangkau yang memberikan perlindungan santunan harian tambahan untuk penyakit kanker dan penyakit kritis bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki riwayat penyakit tersebut sebelumnya. Produk ini tersedia di aplikasi OVO yang disediakan oleh Prudential Indonesia melalui pialang asuransi digital berlisensi penuh, PT Salvus Inti.
Waspada/28-10-2021
Allianz Life Indonesia Hadirkan Unit Link untuk Segmen Upper Mass Affluent
Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan solusi perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah mitra perbankan, sertadapat memberikan manfaat jangka panjang, terutama yang dapat memberikan proteksi yang baik serta untuk tujuan perencanaan transfer asset ke generasi berikutnya, yang saat ini menjadi perhatian besar bagi banyak keluarga kelas menengah atas di Indonesia. Bianto Surodjo, Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia berharap program ini dapat menjadi solusi bagi para nasabah perbankan
Marketing.co.id/28-10-2021
Allianz Indonesia dan NOVA Berpartisipasi dalam FinExpo BIK 2021
Allianz Indonesia bekerja sama dengan NOVA kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan FinExpo yang dimulai sejak 30 September - 6 November 2021. Terdapat 5 kegiatan dalam rangkaian acara FinExpo BIK 2021 yaitu pertama Kuliah WhatsApp (kulwap) untuk komunitas dengan tema Uang Bisnis Bukan untuk Belanja Bulanan. Selain itu, juga dibahas tentang pentingnya asuransi untuk bisnis demi kelangsungan usaha.Seperti produk asuransi bisnis Allianz UsahaKu, yang memberi proteksi pengembangan bisnis yang dirintis sejak awal dari segala risiko musibah, seperti kebakaran dan bencana alam.
Kompas.com/28-10-2021
Hari Sumpah Pemuda, Kematangan Finansial Masih Jadi Tantangan Bagi Generasi Muda
Anak muda di Indonesia masih tergolong rentan secara finansial. Perencana keuangan dan CEO Finansialku.com Melvin Mumpuni menjelaskan manajemen risiko serta pengaturan cashflow yang baik sangat diperlukan. Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, memiliki investasi sudah menjadi keperluan, sehingga harus disertakan dalam perencanaan keuangan. Meta pun mengungkapkan bahwa memiliki asuransi di usia muda sama pentingnya dengan sebuah investasi.
Tribunnews.com/28-10-2021
Kesalahan Finansial Yang Sering Dilakukan Anak Muda
Survei dari Insider dan Morning Consult (2019) menunjukkan hampir sepertiga dari generasi milenial merasa berada pada kondisi finansial yang lebih buruk dibandingkan dengan ekspektasi mereka 10 tahun lalu. Perencana keuangan dan CEO Finansialku.com Melvin Mumpuni dalam siaran pers pada Selasa menjelaskan bahwa manajemen risiko serta pengaturan cashflow yang baik sangat diperlukan.
Tribun Sumsel/28-10-2021
Mengenal Lebih Dekat Soal Asuransi Syariah, Finansial Aman dan Hidup Lebih Tenang
Asuransi syariah bisa menjadi solusi untuk proteksi finansial diri dan keluarga, sekaligus juga membantu memberikan proteksi finansial kepada peserta lain. Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, Yoga Prasetyo mengatakan, asuransi syariah menempatkan perusahaan asuransi sebagai pengelola dana tanpa hak memiliki. Allianz memiliki produk asuransi syariah, yaitu Allisya AMAN. Yoga mengatakan, Allisya AMAN ini masuk ke dalam kategori asuransi jiwa yang memberikan santunan apabila peserta mengalami risiko meninggal dunia.
Nova.grid.id/28-10-2021
Bermimpi Jadi Pemain Besar Di Liga Asuransi Jiwa
PT Asuransi BRI Life memiliki ambisi lima tahun ke depan bisa menjadi perusahaan asuransi jiwa pilihan masyarakat dan menjadi pemain besar di liga asuransi jiwa di Tanah Air. Berbagai langkah yang progresif sudah disusun. Di tengah tantangan selama pandemi Covid-19, BRI Life melihat masih banyak peluang yang dapat digarap dan dimaksimalkan. Di bawah kepemimpinan Iwan Pasila sebagai Direktur Utama, BRI Life awal tahun ini resmi sebagai perusahaan asuransi jiwa joint venture (JV), hal itu terjadi setelah mendapat suntikan modal sebesar 29,86 persen dari FWD. BFI Life pun bertekad untuk menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa yang terbaik ke depannya.
Media Asuransi/29-10-2021
Peduli Asuransi Jiwa bagi Milenial, MotionBanking x MotionInsure Berikan Premi Gratis, Ini Syaratnya!
MotionBanking dan MotionInsure bekerja sama untuk memberikan proteksi kepada nasabahnya. Manfaat ini dapat diterima nasabah yang meninggal dunia akibat kecelakaan atau Covid-19. Syarat kepesertaan program ini adalah calon nasabah perlu mengunduh aplikasi MotionBanking dan melakukan pembukaan rekening. Setelah terdaftar sebagai nasabah MNC Bank, nasabah perlu mengisi saldo sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah) maksimal 30 hari setelah terdaftar menjadi nasabah MotionBanking.
Sindonews.com/28-10-2021
Perluas Pasar Insurtech, BCAP Pacu Kolaborasi Dua Aplikasi
PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagai unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) lewat MotionBanking dan MotionInsure bekerja sama memberikan proteksi kepada nasabahnya dalam rangka menggarap pasar insurtech (asuransi digital). Manfaat ini dapat diterima nasabah yang meninggal dunia akibat kecelakaan atau Covid-19. Setelah terdaftar sebagai nasabah MNC Bank, nasabah perlu mengisi saldo sebesar Rp 100.000 maksimal 30 hari setelah terdaftar menjadi nasabah MotionBanking. Dengan demikian nasabah otomatis, melalui notifikasi di aplikasi MotionBanking, mendapatkan perlindungan jiwa dari MotionInsure.
Beritasatu.com/29-10-2021
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.184.00 |
IHSG (per 28 Oktober 2021) |
6.524,08 |
BI Rate |
3,50% |
Sumber Media:
Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com
