AAJI Daily News - 2 September 2021


Tanggal terbit (02 / 09 / 2021)

Kamis 2 September 2021                                                                                                                                                  

 FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Goodbye Resesi! Menggantung Asa Lebih Tinggi
  2.  Astra Life luncurkan produk ASLI Flexi Life Protection
  3. AIA dan Gopay Hadirkan Asuransi Bagi Para Gamers
  4.  Kelamaan Main Gadget, Gamer eSports Berisiko Kena Saraf Terhimpit
  5. AIA dan Gopay Hadirkan Asuransi Bagi Para Gamers
  6. AIA dan GoPay Luncurkan Asuransi untuk Gamers, Apa Manfaatnya?
  7. AIA dan Gojek Rilis Asuransi Kesehatan Khusus Gamers di Indonesia
  8. Dampak PPKM, Pembatalan Polis Asuransi Meningkat
  9. Butuh dana segar? Begini tips tarik dana unitlink
  10. ALLIANZ Tingkatkan Asuransi Syariah Melalui Fitur Wakaf
  11. IFG Cari Cara Galang Pendanaan
  12.  Jangan Asal Pilih Produk Asuransi
  13.  Seperti Ini Tren Pencarian Asuransi di Search Engine
  14.  Pengamat: Perombakan Pengurus Dapat Selamatkan Asuransi Bumiputera
  15. Dorong Penyelesaian Kasus AJBB
  16. OJK Dorong Penyelesaian Kasus Asuransi BUMIPUTERA
  17.  Darurat Perlindungan Data Pribadi
  18.  Indonesia Darurat Kebocoran Data, Nasdem: Perlindungannya Tak Cukup UU ITE
  19. Kebocoran Data Kembali Terjadi, Pemerintah Didesak Serius Bahas UU PDP
  20. Kebocoran Data Seolah Dibiarkan Terus Terjadi
  21. Indonesia Darurat Kebocoran Data Pribadi
     

TENTANG AAJI

Goodbye Resesi! Menggantung Asa Lebih Tinggi

Sektor asuransi jiwa mengalami pertumbuhan positif di semester pertama tahun ini. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, mengemukakan, pertumbuhan itu tak lepas dari kesadaran serta meningkatnya kebutuhan masyarakat akan asuransi di masa pandemi. Persoalan yang tengah melilit beberapa perusahaan asuransi jiwa tak serta-merta menggambarkan kondisi industri secara umum. Masih jauh lebih banyak perusahaan asuransi yang sehat ketimbang yang "batukbatuk".

Info Bank/2-09-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Astra Life luncurkan produk ASLI Flexi Life Protection

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menghadirkan ASLI Flexi Life Protection. Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life mengatakan, produk ASLI Flexi Life Protection yang dipasarkan melalui jalur distribusi ini dapat memberikan manfaat perlindungan jiwa maksimal hingga Rp 5 miliar

Kontan.co.id/1-09-2021

AIA dan Gopay Hadirkan Asuransi Bagi Para Gamers

AIA bersama GoPay menghadirkan produk asuransi untuk gamers di fitur GoSure sebagai terobosan untuk meningkatkan penetrasi dan akses masyarakat kepada produk asuransi. Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Monika Parapak mengatakan, Proteksi Gamers hadir untuk mengenalkan manfaat asuransi kepada kalangan muda penyuka games juga pelaku esports di Indonesia.

Harianaceh.co.id/1-09-2021

Kelamaan Main Gadget, Gamer eSports Berisiko Kena Saraf Terhimpit

Perusahaan asuransi jiwa AIA berkolaborasi dengan GoPay menghadirkan produk asuransi untuk para gamer bernama Proteksi Gamers di platform GoSure sebagai terobosan dalam meningkatkan penetrasi dan akses masyarakat kepada produk asuransi.

Viva.co.id/1-09-2021

AIA dan Gopay Hadirkan Asuransi Bagi Para Gamers

AIA bersama GoPay menghadirkan produk asuransi untuk gamers di fitur GoSure sebagai terobosan untuk meningkatkan penetrasi dan akses masyarakat kepada produk asuransi. Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Monika Parapak mengatakan, Proteksi Gamers hadir untuk mengenalkan manfaat asuransi kepada kalangan muda penyuka games juga pelaku esports di Indonesia.

Rctiplus.com/1-09-2021

AIA dan GoPay Luncurkan Asuransi untuk Gamers, Apa Manfaatnya?

PT AIA Financial bekerjasama dengan Gojek, melalui GoPay, meluncurkan produk asuransi baru yang ditujukan khusus untuk gamers. Chief Marketing Officer AIA Kathryn Monika Parapak mengatakan, Proteksi Gamers ini juga menjawab kebutuhan masyarakat seiring dengan meningkatnya penggunaan gadget berdampak pada kebutuhan proteksi dari risiko kesehatan.

Kompas.com/1-09-2021

AIA dan Gojek Rilis Asuransi Kesehatan Khusus Gamers di Indonesia

Perusahaan asuransi jiwa PT AIA Financial kembali berkolaborasi dengan GoPay untuk menghadirkan produk asuransi untuk gamers di fitur GoSure sebagai terobosan untuk meningkatkan penetrasi dan akses masyarakat kepada produk asuransi. Chief Marketing Officer AIA Kathryn Monika Parapak mengatakan, Proteksi Gamers ini juga menjawab kebutuhan masyarakat seiring dengan meningkatnya penggunaan gadget berdampak pada kebutuhan proteksi dari risiko kesehatan.

Bisnis.com/1-09-2021

Dampak PPKM, Pembatalan Polis Asuransi Meningkat

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mencatat klaim surrender industri asuransi jiwa naik 30,6% year on year (yoy) menjadi Rp 28,54 triliun pada kuartal pertama 2021. Direktur Keuangan BNI Life, Eben Eser Nainggolan pernah menjelaskan, pendapatan premi BNI Life menurun pada Juli 2021. Salah satunya dipengaruhi beberapa nasabah yang ajukan surrender. Pendapatan premi produk unitlink BNI Life mencapai Rp 867 miliar sampai Juli 2021 kemarin.

Kontan/2-09-2021

Butuh dana segar? Begini tips tarik dana unitlink

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mencatat klaim nilai tebus ( surrender ) industri asuransi jiwa naik 30,6% yoy menjadi Rp 28,54 triliun pada kuartal pertama 2021. Perencana keuangan Ahmad Gozali mengatakan, penarikan dana tunai dari polis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana segar. Sebelum menarik dananya, ia meminta nasabah berpikir matang dan hati - hati. Jika nasabah masih memilik saldo investasi yang mencukupi, mereka masih bisa melanjutkan polisnya.

Kontan.co.id/1-09-2021

ALLIANZ Tingkatkan Asuransi Syariah Melalui Fitur Wakaf

Allianz Life Syariah meluncurkan fitur Wakaf pada produk asuransi jiwa unit link AlliSya Protection
Plus. Yoga Prasetyo. Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia mengatakan,  fitur ini sangat sejalan dengan prinsip tolong menolong dalam asuransi syariah

Majalah Mix/1-09-2021

IFG Cari Cara Galang Pendanaan

Indonesia Financial Group atau IFG bakal mencari cara menggalang dana guna menyelesaikan proses restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang masih menjadi tanggung jawab perusahaan itu. Wakil Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan bahwa berdasarkan koordinasi bersama pemerintah, perseroan belum mendapatkan alokasi dana penyertaan modal negara (PMN) pada tahun anggaran 2022.

Bisnis Indonesia/2-09-2021

Jangan Asal Pilih Produk Asuransi

Manulife Indonesia meluncurkan sebuah produk baru bernama MiSmart Insurance Solution (Mission). Mission dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi. Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie mengatakan, Mission merupakan produk asuransi yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Preminya terjangkau, hanya Rp4 juta per tahun. Instrumen investasi yang ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan profil keuangan nasabah.

Medcom.id/1-09-2021

Seperti Ini Tren Pencarian Asuransi di Search Engine

 Lifepal melakukan riset data trafik terhadap sejumlah situs broker asuransi dan tren pencarian asuransi periode yang sama, yaitu pada kuartal I dan II 2021. Untuk kata kunci asuransi jiwa, tren pencariannya mengalami kenaikan di Mei awal hingga akhir bulan. Kondisi tersebut juga terjadi pada bulan Juli seperti pada akhir Maret 2021.

Marketing.co.id/1-09-2021

Pengamat: Perombakan Pengurus Dapat Selamatkan Asuransi Bumiputera

Persoalan gagal bayar yang menimpa Asuransi Jiwa Bersama (AJBB) tak kunjung menemui titik terang. Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, langkah awal yang harus dilakukan ialah merombak pengurus dan pengelola AJBB yakni Badan Perwakilan Anggota (BPA) dengan yang lebih profesional.

Infobanknews.com/31-08-2021

Dorong Penyelesaian Kasus AJBB

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam mengatakan, Seperti permasalahan gagal bayar yang terjadi di perusahaan asuransi besar seperti Jiwasraya dan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) harus segera diselesaikan untuk menyelamatkan industri asuransi. Kunci penyelesaian permasalahan AJBB ada di pengelola AJBB. 

Padang Ekspres/1-09-2021

OJK Dorong Penyelesaian Kasus Asuransi BUMIPUTERA

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam mengatakan, Seperti permasalahan gagal bayar yang terjadi di perusahaan asuransi besar seperti Jiwasraya dan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) harus segera diselesaikan untuk menyelamatkan industri asuransi. Kunci penyelesaian permasalahan AJBB ada di pengelola AJBB. 

Radar Bogor/1-09-2021

REGULASI & MAKRO EKONOMI

Darurat Perlindungan Data Pribadi

Anggota Komisi I DPR M Farhan kemarin mengatakan, kondisi kebocoran data pribadi ini sudah sangat darurat. Kebocoran data BRI Life, data BPJS Kesehatan, dan data Kementerian Kesehatan bocor merupakan hal yang mengkhawatirkan. Karena itu. dalam RUU PDP. harus ada otoritas perlindungan data.

Suara Merdeka/1-09-2021

Indonesia Darurat Kebocoran Data, Nasdem: Perlindungannya Tak Cukup UU ITE

Baru-baru ini Indonesia kembali mengalami kasus kebocoran data pribadi masyarakat, melalui aplikasi e-HAC. Anggota Komisi I RI Muhammad Farhan mengatakan Indonesia sudah dalam kondisi darurat kebocoran data pribadi. Rancangan Undang-Undang tentang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan membantu para penguasa data untuk mengelola penyimpanan, penguasaan dan pengolahan data pribadi agar sesuai dengan UU.

Pikiran-rakyat.com/1-09-2021

Kebocoran Data Kembali Terjadi, Pemerintah Didesak Serius Bahas UU PDP

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mendesak pemerintah segera merampungkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi ( RUU PDP ). Menurut dia, hacker-hacker atau peretas tersebut justru bisa dijadikan hal positif dengan bertugas melindungi kedaulatan siber Indonesia.

Kompas.com/1-09-2021

Kebocoran Data Seolah Dibiarkan Terus Terjadi

Instansi pengelola data pribadi tak belajar dari kasus-kasus kebocoran sebelumnya. RUU Perlindungan Data Pribadi tak kunjung dituntaskan. Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang diyakini bisa meminimalkan kebocoran data pribadi karena mengatur prinsip-prinsip perlindungan data, selain memastikan instansi pengelola data menerapkan prinsip-prinsip tersebut.

Kompas/2-09-2021

Indonesia Darurat Kebocoran Data Pribadi

Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan memaparkan, rentetan kebocoran data pribadi yang terjadi di Indonesia dipandang sudah dalam kondisi darurat. Apalagi, kebocoran data tidak hanya pada sektor swasta, tetapi juga pemerintah.  Perlindungan data pribadi tidak cukup dengan UU ITE. RUU PDP akan membantu para penguasa data untuk mengelola penyimpanan, penguasaan dan pengolahan data pribadi agar sesuai dengan UU.

Fajar/2-09-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.306.00

IHSG (per 1 September 2021)

6.090,93

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF