AAJI Daily News - 19 November 2021


Jum’at 19 November 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Pentingnya Digitalisasi
  2. Tetap Optimistis Jalankan Bisnis Di Masa Kritis
  3. Mau Beli Asuransi Jiwa? Hindari 4 Kesalahan Ini!
  4. Rincian Biaya yang Dikenakan Pada Asuransi Jiwa Unit Link
  5. 8 Manfaat dan Pentingnya Asuransi Jiwa untuk Masa Depan
  6. Status "Single", Perlukah Punya Asuransi Jiwa?
  7. Mulai Berkendara Di Jalan Raya, Jangan Lupa Asuransi Kecelakaan
  8. 7 Asuransi yang Paling Banyak Dibeli secara Online oleh Penduduk ASEAN
  9. Emiten Nikmati Pertumbuhan Premi
  10. Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia Jalin Kerjasama
  11. Allianz Indonesia Dan Bank CTBC Indonesia Jalin Kerjasama Bancassurance
  12. Kerjasama Bancassurance
  13. BCA Life Gandeng Qoala Pasarkan Produk Asuransi Secara Digital
  14. Targetkan milenial berasuransi, BCA Life lakukan kerja sama pemasaran dengan Qoala
  15. Luncurkan Produk Asuransi Untuk Milenial, BCA Life Berkolaborasi Dengan Qoala
  16. BERITA FOTO- Tunjukin Dokumen Kerjasama BTN-IFG
  17. BERITA FOTO – Kerja Sama BTN – IFG
  18. BERITA FOTO - Kerjasama BTN Dan IFG
  19. BERITA FOTO – Kerja Sama Pengembangan Bisnis
  20. OVO Tawarkan Proteksi Kesehatan dengan Premi Terjangkau
  21. OVO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Melalui #OVOJalanTerus
  22. Klaim Pembayaran Covid-19 Bermasalah Di Sumut Rp 5 T

TENTANG AAJI

Pentingnya Digitalisasi

Gabungan pelaku asuransi jiwa yang tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menekankan pentingnya upaya digitalisasi dalam menggenjot upaya rebound tersebut. Menurut Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI, langkah teknis pemulihan lewat digitalisasi adalah pertama, perusahaan asuransi mengembangkan kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi agar tetap melayani nasabah dengan baik di tengah keterbatasan interaksi tatap muka yang ada. Kedua, mempermudah klaim dengan menggunakan online/web/mobile app. Ketiga, ujian bagi tenaga pemasar dengan menggunakan mobile apps yang dikembangkan oleh AAJI.

Kontan/19-11-2021

INDUSTRI & ASURANSI

Tetap Optimistis Jalankan Bisnis Di Masa Kritis

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang mempercepat perubahan perilaku masyarakat yang semakin digital oriented, bisnis asuransi masih dapat tetap tumbuh hingga akhir tahun 2021. Iwan Pasila, Direktur Utama (Dirut) BRI Life, mengatakan, bisnis selama 2021 ini sangat menantang, terutama karena pandemi menyebabkan adanya pembatasan ruang gerak dan daya beli masyarakat yang menurun. Generali Indonesia juga masih tumbuh positif. Hingga kuartal III-2021, pihaknya telah mencatatkan premi lebih dari Rp 2,2 triliun.

Tabloid Kontan/19-11-2021

Mau Beli Asuransi Jiwa? Hindari 4 Kesalahan Ini!

Biasanya ada empat kesalahan yang umum terjadi. yuk simak supaya Anda bisa menghindarinya saat sudah bulat membeli asuransi jiwa; 1. Tak Cermat Hitung Uang Pertanggungan; 2. Menyamakan Asuransi Sebagai Investasi; 3. Salah Mendapatkan Tertanggung; 4. Asal Beli Asuransi Tambahan

Tabloid Nova/18-11-2021

Rincian Biaya yang Dikenakan Pada Asuransi Jiwa Unit Link

Berikut biaya-biaya yang biasanya dikenakan pada polis unit link. Biaya ini digunakan untuk operasional perusahaan dan pembayaran komisi agen dan besarnya berbeda-beda disetiap produk unit link dari masing-masing perusahaan asuransi jiwa. Biasanya biaya ini dikenakan selama 3 -5 tahun sesuai dengan pemberian komisi kepada agen. Setelah mengetahui biaya-biaya yang dikenakan pada polis Unit Link, maka kita dapat lebih bijak dalam menentukan pilihan produk yang tepat untuk dapat mencapai tujuan kita dalam memaksimalkan hasil investasi polis Unit Link tersebut

Tagar.id/18-11-2021

8 Manfaat dan Pentingnya Asuransi Jiwa untuk Masa Depan

Berikut manfaat lainnya dari asuransi jiwa. Manfaat utama yang didapat dari asuransi jiwa adalah proteksi dari resiko meninggal dunia. Asuransi jiwa bermanfaat untuk membantu memastikan kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan apabila pemegang polis meninggal dunia. Dengan memiliki asuransi jiwa, anda akan merasa lebih tenang dan aman. Misalnya jika anda jatuh sakit, asuransi bisa menjadi dana darurat untuk kebutuhan anda. Manfaat asuransi dapat juga dijadikan sebagai dana warisan.

Tagar.id/18-11-2021

Status "Single", Perlukah Punya Asuransi Jiwa?

Memiliki status single atau lajang, pada umumnya memang hanya menanggung biaya hidup sendiri. Oleh sebab itu, sering kali merasa tak perlu memiliki asuransi jiwa. Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andi Nugroho mengatakan, keperluan akan asuransi memang tergantung pada kebutuhan dan kemampuan orang tersebut. Maka, bukan berarti asuransi jiwa hanya untuk yang sudah berkeluarga. Saat ini asuransi jiwa bahkan tak hanya meng-cover kasus meninggal dunia, tapi juga sakit kritis dan kecelakaan yang berakibat cacat fisik total. Kondisi-kondisi tersebut berpotensi membuat seseorang jadi tidak bisa lagi mencari nafkah.

Kompas.com/18-11-2021

Mulai Berkendara Di Jalan Raya, Jangan Lupa Asuransi Kecelakaan

Lifepal membagikan rekomendasi dari 6 asuransi kecelakaan lalu lintas yang bisa memudahkan kalian dalam bersiap menghadapi kejadian terburuk di jalan. Berikut adalah rekomendasi asuransi kecelakaan lalu lintas yang dapat menjadi pertimbangan. 1. AXA Mandiri; 2. Prudential; 3. Sinarmas MSIG Life; 4. Ciputra Life; 5. AIA Group Personal Accident; 6. Adira Proteku Basic

Medcom.id/18-11-2021

7 Asuransi yang Paling Banyak Dibeli secara Online oleh Penduduk ASEAN

Menurut laporan FinTech in ASEAN 2021: Digital Takes Flight , pandemi Covid-19 membuat pembelian polis asuransi secara online di wilayah Asia Tenggara semakin meningkat. Hal ini diprediksi akan terus bertumbuh di masa yang akan datang. Dari 1.379 responden yang berada di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, mayoritas menyatakan bahwa asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling banyak dibeli secara online, yaitu mencapai 53% pada 2021. Jenis asuransi yang paling banyak dibeli berikutnya adalah asuransi jiwa sebesar 48%.

Katadata.co.id/18-11-2021

Emiten Nikmati Pertumbuhan Premi

Bisnis asuransi umum dan asuransi jiwa masih berada di jalur positif. Sampai dengan kuartal 111/2021, perusahaan asuransi yang melantai di Bursa Efek Indonesia berhasil membukukan kenaikan premi. Dari 14 emiten asuransi yang telah mempublikasikan laporan keuangan kuartal III/2021, sebanyak 10 perusahaan mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan premi bruto. Beberapa perusahaan yang pertumbuhannya cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu antara lain PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE) tumbuh 10,35%.

Bisnis Indonesia/19-11-2021

Allianz Indonesia dan Bank CTBC Indonesia Jalin Kerjasama

Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi. Dengan memaksimalkan penggunaan digital tools yang disediakan Allianz Life Indonesia, baik untuk tenaga pemasar maupun untuk nasabah juga, kerjasama ini diharapkan untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan aman bagi nasabah Bank CTBC Indonesia.

Moeslimchoice.com/18-11-2021

Allianz Indonesia Dan Bank  CTBC Indonesia Jalin Kerjasama Bancassurance

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia) meresmikan kerja sama untuk menyediakan solusi dan layanan perlindungan asuransi dengan jalur pemasaran bancassurance. Dalam kolaborasi ini, Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi. 

Gatra/18-11-2021

Kerjasama Bancassurance

Asuransi Allianz Life Indonesia dan Bank CTBC Indonesia bekerjasama di jalur pemasaran bancassurance. Allianz Life Indonesia menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank CTBC Indonesia akan perlindungan asuransi

Kontan/19-11-2021

BCA Life Gandeng Qoala Pasarkan Produk Asuransi Secara Digital

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) dan PT Archor Technology Digital (Qoala) melakukan kerja sama pemasaran produk asuransi digital BCA Life melalui platform Qoala. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa, yang menyasar anak-anak muda di Indonesia.

Bisnis.com/18-11-2021

Targetkan milenial berasuransi, BCA Life lakukan kerja sama pemasaran dengan Qoala

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) & PT Archor Technology Digital (Qoala) melakukan kerja sama pemasaran produk digital BCA Life melalui platform Qoala yang dapat diakses melalui aplikasi Qoala. Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa yang menyasar anak-anak muda di Indonesia.

Kontan.co.id/18-11-2021

Luncurkan Produk Asuransi Untuk Milenial, BCA Life Berkolaborasi Dengan Qoala

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) dan PT Archor Technology Digital (Qoala) berkolaborasi meluncurkan produk asuransi jiwa berjangka BCA Life Perlindungan Jiwa. Produk ini dirilis untuk menyasar generasi milenial di Indonesia. Produk BCA Life Perlindungan Jiwa yang akan dipasarkan di Qoala memberikan manfaat uang pertanggungan hingga Rp500 juta dengan premi mulai dari Rp40 ribu per bulan.

Ekonomi Neraca/19-11-2021

BERITA FOTO- Tunjukin Dokumen Kerjasama BTN-IFG

Penandatanganan kerja sama bancassurance antara IFG dengan BTN serta kerja sama produk antara IFG dengan Mandiri Inhealth, di Jakarta, kemarin. Kerja sama ini merupakan bentuk realisasi pengembangan bisnis baru IFG Life.

Rakyat Merdeka/19-11-2021

BERITA FOTO – Kerja Sama BTN - IFG

Kerja sama tersebut merupakan bentuk realisasi dari pilar bisnis yang diamanatkan kepada IFG Life untuk pengembangan bisnis baru yang berbasis asuransi jiwa dan kesehatan.

Investor Daily/19-11-2021

BERITA FOTO - Kerjasama BTN Dan IFG

Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga (kiri) dan Direktur Distribution and Retail Funding BTN Jasmin (ketiga kiri) saat penandatanganan kerjasama di Jakarta, Kamis (18/11). Kerja sama ini realisasi pilar bisnis IFG Life untuk pengembangan bisnis baru yang berbasis asuransi jiwa dan kesehatan.

Kontan/19-11-2021

BERITA FOTO – Kerja Sama Pengembangan Bisnis

Direktur Operasional IFG Life Yusman Dedy Kusuma (ketiga kanan) dan Direktur Distribution and Retail Funding PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Jasmin (ketiga kiri) saat penandatanganan perjanjian kerja sama pengembangan bisnis baru asuransi jiwa dan kesehatan di Jakarta, Kamis (18/11).

Bisnis Indonesia/19-11-2021

OVO Tawarkan Proteksi Kesehatan dengan Premi Terjangkau

Harumi Supit, Head of Corporate Communications OVO, mengatakan OVO menyadari bahwa kesehatan adalah prioritas utama bagi setiap orang. Harumi menambahkan khususnya melalui layanan OVO | Proteksi, OVO mengembangkan layanan perlindungan kesehatan dengan harga yang terjangkau. PRUTect Care ialah sebuah produk asuransi jiwa kumpulan Syariah berbasis digital yang terjangkau dan dapat diakses di aplikasi OVO di layanan OVO | Proteksi, yang disediakan oleh Prudential Indonesia melalui pialang asuransi digital berlisensi penuh, PT Salvus Inti.

Investor.id/18-11-2021

OVO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Melalui #OVOJalanTerus

Head of Corporate Communications OVO , Harumi Supit mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan , dan proteksi diri sendiri serta keluarga agar selalu terlindungi, terlebih di masa sulit seperti saat ini melalui ajakan #OVOJalanTerus. Beberapa proteksi kesehatan yang tersedia dalam layanan OVO di antaranya PRUTect Care - Hospital Cash, PRUTect Care - Cancer & Critical Illness.

Beritasatu.com/19-11-2021

Klaim Pembayaran Covid-19 Bermasalah Di Sumut Rp 5 T

Komisi IX DPR RI menyoroti masalah pengawasan klaim Rumah Sakit (RS) untuk pembayaran Covid-19 yang terbilang tinggi. Tercatat klaim RS mencapai Rp5 triliun lebih. Dari jumlah itu, Rpl,99 triliun diantaranya merupakan klaim dispute (masih bermasalah).Masalah klaim RS untuk pembayaran Covid-19 tersebut dibahas dalam pelaksanaan kunjungan kerja (Kunker) Komisi IX, dipimpin Wakil Ketua Komisi Ansory Siregar, ke Dinas Kesehatan Sumut, Selasa (16/11).

Waspada/18-11-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.259.00

IHSG (per 18 November 2021)

6.636,47

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

DOWNLOAD PDF