AAJI Daily News - 17 September 2020


Tanggal terbit (17 / 09 / 2020)

Kamis, 17 September 2020  

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Nasib Nasabah Wanaartha
  2. Pagi Ini (16/9) Bos Bumiputera, Kresna Life, Wanaartha Hingga Minna Padi ke DPR. Untuk Apa?
  3. Ahli Hukum: Ada Itikad Jahat Berjamaah di Skandal Jiwasraya
  4. Sidang Jiwasraya, Jaksa Minta Keterangan 3 Saksi Ahli
  5. Bos Bumiputera, Kresna Life hingga MPAM ke DPR, Bahas Apa?
  6. Klaim Tak Cair, Puluhan Nasabah Geruduk Kantor AJB Bumiputera 1912 Lamongan
  7. WanaArtha Life Bahas Skema Menyehatkan Keuangan Perusahaan
  8. Pacu bisnis di tengah PSBB, Generali optimalkan digitalisasi
  9. Menkeu Gelontorkan Rp20 T untuk Skandal Jiwasraya, PKS: Akhirnya Negara yang Menanggung
  10. Di Sidang Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Pertanyakan Dasar Perhitungan BPK Soal Kerugian Negara
  11. Nasabah Bumiputera Cabang Lamongan Ramai-ramai Tagih Pencairan Klaim Asuransi
  12. Menkeu Gelontorkan Rp 20 T Untuk Skandal Jiwasraya, PKS: Akhirnya Negara Yang Menanggung

INDUSTRI & ASURANSI

Nasib Nasabah Wanaartha

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha masih menggodok kepastian kapan klaim nasabah segera dibayar. Hingga saat ini, manajemen masih memnbahas rencana penyehatan keuangan (RPK) termasuk suntikan modal dari pemegang saham. Head of Corporate Marketing and Communincation Wanaartha Life, Mustain mengatakan, pada dasarnya semua opsi masih tersedia untuk rencana penyehatan keuangan perusahaan. Opsi-opsi tersebut sat aini masih dalam pembahasan manajemen. Saat ini pihaknya fokus pada upaya agar aset yang telah disita Kejagung bisa dikembalikan ke perusahaan.

Kontan / 17-09-2020 Hal. 15

Pagi Ini (16/9) Bos Bumiputera, Kresna Life, Wanaartha Hingga Minna Padi ke DPR. Untuk Apa?

Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Industri Jasa Keuangan DPR RI pagi ini, Rabu (16/9) memanggil Badan Perwakilan Anggota Asuransi Jiwa Bersama (BPA AJB) Bumiputera 1912, Kresna Life, Wanaartha Life untuk memperjelas nasib klaim nasabah yang tidak terbayar hingga saat ini. Hendrawan Supratikno, Anggota Komisi XI DPR menyebutkan ublic Panja ini bagian dari upya DPR untuk menjalankan fungsi pengawasan. Panja sendiri akan melihat peran OJK yang memiliki peran mengatur, mengawasi dan melindungi nasabah industri keuangan.

Bisnis.com / 16-09-2020

Ahli Hukum: Ada Itikad Jahat Berjamaah di Skandal Jiwasraya

Pakar hukum pidana Profesor Mudzakir menyebut ada itikad jahat yang dilakukan secara ublic-sama yang dilakukan oleh para terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Akibat hal tersebut, negara mengalami kerugian sebesar Rp 16,8 triliun menurut catatan potensi kerugian negara yang dihitung BPK. Menurut Profesor Mudzakir, masing-masing pelaku juga melakukan suatu perbuatan yang mempunyai hubungan dengan pelaku yang lain.

Cnbcindonesia.com / 16-09-2020

Sidang Jiwasraya, Jaksa Minta Keterangan 3 Saksi Ahli

Sidang lanjutan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ublic digelar pada Rabu (16/9) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur. Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan tiga orang saksi ahli, yakni Ahli Hukum Pidana Muzakir, Ahli Keuangan Negara, Eko Sambodo dan Dosen Yayasan Internal Audit, Saleh Basyir. Ketiganya akan memberikan pendapat di persidangan ini berdasarkan keahlian dari para saksi.

Cnbcindonesia.com / 16-09-2020

Bos Bumiputera, Kresna Life hingga MPAM ke DPR, Bahas Apa?

Komisi XI DPR RI hari ini menggelar rapat panitia kerja (Panja) terkait degan pengawasan industri jasa keuangan. Rapat ini menyusul permasalahan yang muncul di beberapa perusahaan asuransi dalam negeri. Rapat ini merupakan lanjutan dari pembahasan permasalahan perasuransian yang dilakukan pada 25 Agustus 2020 lalu. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Serikat Pekerja AJB Bumiputera, nasabah AJB Bumiputera, nasabah Minna Padi Aset Manajemen, Nasabah Wanaartha, nasabah Pan Pasific dan nasabah Asuransi Kresna dengan konsep Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

Cnbcindonesia.com / 16-09-2020

Klaim Tak Cair, Puluhan Nasabah Geruduk Kantor AJB Bumiputera 1912 Lamongan

Puluhan orang dari ribuan nasabah mendatangi kantor AJB Bumiputera (BP) 1912 Cabang Lamongan di jalan Mastrip, Lamongan, Rabu (16/9). Para nasabah tersebut menuntut AJB Bumiputera 1912 segera membayar klaim asuransi yang sudah lama jatuh tempo alias sudah waktunya dibayar. Kepala Cabang AJB Bumiputera 1912 Lamongan, Suwandi mengaku hanya sebagai pelaksana dari kantor pusat. Namun pihaknya yang ada di cabang tidak bisa memberikan janji, serta memberikan apapun terkait permasalahan yang dirasakan nasbah saat ini.

Faktualnews.co / 16-09-2020

WanaArtha Life Bahas Skema Menyehatkan Keuangan Perusahaan

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) masih menggodok kepastian kapan klaim nasabah segera dibayar. Hingga saat ini, manajemen masih membahas rencana penyehatan keuangan (RPK) termasuk suntikan modal dari pemegang saham. Head of Corporate Marketing and Communication Wanaartha Life, Mustain mengatakan jika pada dasarnya semua opsi masih tersedia untuk rencana penyehatan keuangan perusahaan dan masih dalam pembahasan manajemen.

Kontan.co.id / 16-09-2020

Pacu bisnis di tengah PSBB, Generali optimalkan digitalisasi

Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama menyatakan perusahaan sudah beradaptasi pada kondisi pengetatan social dan proses bisnis sudah dijalankan secara digital. Aplikasi nasabah Gen iClick memfasilitasi nasabah untuk melakukan seluruh transaksi polis dari smartphone. Kegiatan tenaga pemasar juga sudah lama dilakukan secara online. Guna mengoptimalkan pendapatan premi, Generali terus memperkuat inovasi, digitalisasi, automatisasi bisnis.

Kontan.co.id / 16-09-2020

Menkeu Gelontorkan Rp20 T untuk Skandal Jiwasraya, PKS: Akhirnya Negara yang Menanggung

Skema penyelesaian kasus Jiwasraya sangat disesalkan lantaran pada akhirnya negara yang harus menanggung beban. Negara melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani akan memberikan Penyertaan Modal Negara kepada PT BPUI pada 2021 sebesar Rp. 20 triliun. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, dalam kondisi keuangan negara sangat berat, skema penyelesaian Jiwasraya menjadi preseden buruk bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Mardani berharap kepada masyarakat untuk terus menekan pemerintah agar bersikap transparan dalam membongkar dan menyelesaikan kasus ini.

Nkriku.com / 16-09-2020

Di Sidang Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Pertanyakan Dasar Perhitungan BPK Soal Kerugian Negara

Benny Tjokro mengaku telah melakukan perhitungan atas data hasil audit BPK terkait kerugian negara dalam BUMN tersebut. Berdasarkan portotolio investasi Asuransi Jiwasraya di sejumlah saham itu, total alokasi perseroan pada saham PT Hanson International Tbk. (MYRX) tidak sampai 2 persen. Selain itu, ada sekitar 20 persen investasi Asuransi Jiwasraya ditempatkan di emiten-emiten di bawah Grup Bakrie. Oleh karena itu, Benny mempertanyakan dasar perhitungan BPK dalam menentukan kerugian negara yang ditimbulkan oleh pihaknya.

Pojoksatu.id / 16-09-2020

Nasabah Bumiputera Cabang Lamongan Ramai-ramai Tagih Pencairan Klaim Asuransi

Sekitar 43 nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 mendatangi Kantor Bumiputera Cabang Lamongan, mereka menagih klaim asuransi yang seharusnya cair setelah kontrak habis. Para nasabah memutuskan bersama-sama untuk mendatangi Kantor Cabang Bumiputera Lamongan lantaran mereka sudah merasa kesal berulang kali dijanjikan pencairan, namun hingga saat ini belum ada realisasi. Sementara itu, Kepala Cabang AJB Bumi Putera 1912 Lamongan, Suwandi mengatakan bahwa pihaknya akan meneruskan keluhan nasabah di Lamongan kepada kantor pusat.

Timesindonesia.co.id / 16-09-2020

Menkeu Gelontorkan Rp 20 T Untuk Skandal Jiwasraya, PKS: Akhirnya Negara Yang Menanggung

Skema penyelesaian kasus Jiwasraya sangat disesalkan lantaran pada akhirnya negara yang harus menanggung beban. Pasalnya, negara melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) pada 2021 mendatang sebesar Rp 20 triliun.

Rmol.id / 16-09-2020   
INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.843

IHSG (per 16 September 2020)

   5.058,48

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Kontan, Bisnis.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Faktualnews.co, Kontan.co.id, Nkriku.com, Pojoksatu.id, Timesindonesia.co.id, Rmol.id

 

DOWNLOAD PDF