AAJI Daily News - 27 November 2020


Tanggal terbit (27 / 11 / 2020)

Jumat, 27 November 2020

FM-CC-AAJI-06-001

 HEADLINE NEWS

  1. Aset Kelolaan Avrist Assurance Capai 11 T
  2. Restrukturisasi dan "bail in" dinilai konkret selamatkan Jiwasraya
  3. Transformasi Manajemen Jiwasraya, dari Setop Bunga Tinggi hingga Efisiensi
  4. AIA-Gojek Hadirkan Solusi Proteksi Mudah dan Terjangkau
  5. Skema Penyelesaian Kasus Jiwasraya Dinilai Sudah Tepat
  6. Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Satu Tersangka Korporasi
  7. Skema Penyelamatan Jiwasraya Disebut Sudah Tepat
  8. Masyarakat Kini Bisa Beli Asuransi di Gojek, Premi Mulai dari Rp50.000

INDUSTRI & ASURANSI

Aset Kelolaan Avrist Assurance Capai Rp 11 T

PT Avrist Assurance membukukan aset kelolaan mencapai Rp 11 triliun sampai dengan kuartal III-2020. Guna menggenjot produksi, perseroan terus mengakselerasi kanal penjualan secara digital. Head of Corporate Marketing Communications Avrist Assurance Ernest Febrianto menuturkan, risk based capital mampu terjaga pada level 371% per September 2020. Nilai tersebut di atas ketentuan OJK sebesar 120%. Di samping itu, dia mengemukakan, dari sejumlah riset yang dikumpulkan perseroan, generasi milenial ternyata mulai menunjukkan minat terhadap asuransi kesehatan.

Investor Daily / 27-11-2020 Hal. 23

Restrukturisasi dan "bail in" dinilai konkret selamatkan Jiwasraya

Langkah penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yang ditempuh pemerintah melalui program restrukturisasi polis dan skema bail in dengan pola PMN sebesar Rp22 triliun dinilai merupakan opsi konkret untuk menuntaskan persoalan BUMN itu. Menurut pengamat asuransi Azuarini Diah, IFG Life yang dibentuk melalui holding asuransi dan penjaminan bisa membuat bisnis Jiwasraya bergerak dan memiliki waktu untuk mencicil utang klaim dari nasabah yang sudah dipindah ke IFG Life. Di samping itu, IFG Life juga berpotensi menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia.

Antaranews.com / 26-11-2020

Transformasi Manajemen Jiwasraya, dari Setop Bunga Tinggi hingga Efisiensi

Sejak Januari 2019 terdapat sejumlah transformasi atau pembenahan yang dilakukan manajemen baru Jiwasraya. Pertama, transformasi pada sisi bisnis model dengan menghentikan produk-produk lama Jiwasraya yang menjanjikan bunga tinggi. Kedua, peningkatan kualitas tata kelola dan manajemen risiko dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness, menerapkan prinsip good corporate governance. Ketiga, menerapkan standardisasi penempatan portofolio investasi yang ideal dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bisnis.com / 26-11-2020

AIA-Gojek Hadirkan Solusi Proteksi Mudah dan Terjangkau

PT AIA FINANCIAL (AIA) kembali berkolaborasi dengan Gojek, Super App terdepan di Asia Tenggara, dalam memberikan proteksi asuransi bagi keluarga di Indonesia. AIA menawarkan proteksi program AIA1 dapat4 dan Share The Love dengan proses registrasi yang dapat dilakukan di microsite yang dapat diakses melalui inbox, personal notification, dan shuffle card pada aplikasi Gojek. Kolaborasi ini diwujudkan untuk meningkatkan penetrasi asuransi dan menjangkau seluas - luasnya masyarakat di Indonesia.

Industry.co.id / 26-11-2020

Skema Penyelesaian Kasus Jiwasraya Dinilai Sudah Tepat

Langkah penyelamatan polis Jiwasraya yang diambil Pemerintah sudah tepat. Langkah tersebut dinilai sangat tepat karena skema yang dipilih adalah restrukturisasi polis dan 'bail in' dengan PMN Rp 22 triliun. Ini karena dana PMN tadi akan diputar lebih dulu oleh IFG untuk mendirikan dan mengoperasikan IFG Life. Dengam begitu, selain memastikan penyelesaian masapah Jiwasraya, apa yang dilakukan pemerintah juga demi mencegah dampak ekonomi yang terlalu besar. Di samping itu, kata dia, IFG Life berpotensi jadi perusahaan asuransi Jiwa terbesar di Indonesia.

Liputan6.com / 26-11-2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Satu Tersangka Korporasi

Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung kembali mendalami kasus Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, mengatakan tersangka korporasi yang dimintai keterangan yaitu PT Propera Asset Management yang diwakili oleh Yoseph Chandra selaku direktur utama.

Merdeka.com / 26-11-2020

Skema Penyelamatan Jiwasraya Disebut Sudah Tepat

Pengamat Asuransi Azuarini Diah mengatakan, upaya restrukturisasi polis dan 'bail in' dengan PMN sebesar Rp 22 triliun merupakan hal yang wajar lantaran 100 persen saham Jiwasraya dan BPUI dimiliki negara. Azuarini menyebut IFG Life merupakan 'juru selamat' Jiwasraya melalui pembentukan holding asuransi dan penjaminan. Menurutnya langkah ini sudah tepat yang mana memungkinkan bisnis kembali bisa bergerak dan sembari jalan IFG Life memiliki waktu untuk mencicil utang klaim dari nasabah Jiwasraya yang polisnya sudah dipindah ke IFG Life.

Republika.co.id / 26-11-2020

Masyarakat Kini Bisa Beli Asuransi di Gojek, Premi Mulai dari Rp50.000

Untuk membantu masyarakat lebih mudah mengakses perlindungan diri sekaligus meningkatkan digitalisasi di industri asuransi jiwa di Indonesia, Gojek berkolaborasi dengan PT AIA Financial menawarkan proteksi program AIA1dapat4 dan Share The Love. Hanya dengan membeli satu polis asuransi untuk produk tertentu maka empat anggota keluarga yang tertera dalam satu KK mendapatkan manfaat perlindungan dari risiko Covid-19. Selain itu, AIA juga menawarkan program AIA Share The Love, perlindungan jiwa berkonsep buy one get one free yang dapat diperoleh dengan premi Rp50 ribu.

Bisnis.com / 27-11-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.100

IHSG (per 26 November 2020)

   5.759,92

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Investor Daily, Antaranews.com, Bisnis.com, Industry.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Republika.co.id.

 

DOWNLOAD PDF