AAJI Daily News - 10 September 2020


Tanggal terbit (10 / 09 / 2020)

Kamis, 10 September 2020  

 

 

FM-CC-AAJI-06-001

HEADLINE NEWS

  1. Asuransi Kesehatan Jalan Terus
  2. Bahana Geber Penggalangan Dana
  3. Asuransi Jiwasraya dan Asabri Diminta Periksa Laporan Keuangan 2020
  4. Peluncuran FWD Cancer Protection
  5. Jadi Penyelamat Jiwasraya, IFG Life Bakal Pangkas Manfaat Nasabah
  6. IFG Life, Nama Baru Pengganti Jiwasraya
  7. Kresna Life Mencicil Polis Nasabah Hingga 54 Bulan
  8. BPUI Selamatkan Jiwasraya
  9. Asuransi Kanker FWD Life Terintegrasi Digital
  10. Kresna Life Perbaharui Skema Penyelesaian Kewajiban Polis
  11. FWD Life Luncurkan Asuransi Kanker Online ‘FWD Cancer Protection’
  12. BPUI akan bentuk perusahaan asuransi baru selamatkan Jiwasraya
  13. Hanya Dua Bulan, Utang Klaim Jiwasraya Naik Rp700 Miliar
  14. Terkuak! Ini Dia IFG Life, Sang Penyelamat Asuransi Jiwasraya
  15. Jadi Penyelamat Jiwasraya, IFG Life Bakal Disuntik PMN Rp20 T
  16. Terungkap! Ini Nama Perusahaan Penyelamat Jiwasraya
  17. Nasabah Asuransi Datangi YLKI
  18. Wanaartha Life Siap Buka Dialog dengan Nasabah Pekan Depan
  19. Skema Baru Penyelesaian Kewajiban Polis Kresna Life
  20. Sri Mulyani Minta Jiwasraya dan Asabri Periksa Laporan Keuangan 2020, Kenapa?
  21. Kresna Life perbarui skema penyelesaian polis PIK dan K-LITA
  22. Kresna Life kembali revisi penyelesaian kewajiban polis produk PIK dan K-LITA
  23. Tahun Ini Nusantara Life Akan Hadir Menggantikan Jiwasraya
  24. WanaArtha Life Sebut Asuransi Kesehatan Masih Aman. Bagaimana Nasib Polis Lain?
  25. Inovasi Produk Asuransi Jiwa saat Lesu akibat Pandemi Covid-19
  26. Agen Profesional Salah Satu Kunci Literasi Asuransi
  27. Selamatkan Jiwasraya, Kementerian BUMN Mau Bikin Perusahaan Asuransi
  28. Pengganti Jiwasraya Disiapkan Melalui Lini Bisnis Asuransi Jiwa dan Kesehatan
  29. Salah Satu Alasan Mengapa Produk Asuransi Jiwa Alami Gagal Bayar
  30. Produk Asuransi Jiwa Banyak Gagal Bayar Karena Langgar Aturan
  31. Gagal Bayar Produk Asuransi Jiwa karena Aturan Dilanggar
  32. Mengapa Ramai Kasus Gagal Bayar Asuransi? Ini Biangnya

TENTANG AAJI

INDUSTRI & ASURANSI

Asuransi Kesehatan Jalan Terus

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha memastikan bahwa polis dengan proteksi kesehatan tak terkendala gagal bayar. Corporate Communication Manager WanaArtha Life Mustain melakukan pertemuan dengan sejumlah nasabah pada Rabu (9/9). Mustain menyebut, sejak masalah di rekening efek perusahaan terdeteksi, perusahaan melakukan klarifikasi. Menurutnya perseroan aktif melakukan komunikasi dengan Kejagung dan OJK.

Bisnis Indonesia / 10-09-2020 Hal. 15

Bahana Geber Penggalangan Dana

Berdasarkan bahan paparan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), kebutuhan dana untuk membenahi JIwasraya mencapai Rp24,7 triliun. Direktur Bisnis BPUI, Pantro Pander Silitonga menjelaskan bahwa setidaknya terdapat tiga sumber dana pembentukan IFG Life. Sumber utama berasalh dari suntikan modal negara senilai Rp20 triliun. Kemudian, anak-anak perusahaan dan Bahana atau anggota holding asurnasi dan penjaminan akan turun menggalang dana. Dana sebear Rp4,7 triliun diproyeksikan tersedia dari sumber ini.

Bisnis Indonesia / 10-09-2020 Hal. 15

Asuransi Jiwasraya dan Asabri Diminta Periksa Laporan Keuangan 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri untuk merencanakan pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) tahun 2020. Sri Mulyani mengatakan permintaan itu sebagai tindak lanjut atas temuan BPK terkait Penyertaan Modal Negara di kedua perusahaan tersebut. Selain itu, ia menuturkan pemeirntah juga menindaklanjuti temuan BPK terkait kewajiban atas program pensiun dan potensi unfunded past service liability pada PT Asabri.

HE Neraca / 10-09-2020 Hal. 5

Peluncuran FWD Cancer Protection

PT FWD Life meluncurkan produk asuransi kanker online yang terjangkau, FWD Cancer Protection, dengan proses digital end-toend mulai dari pembelian hingga proses klaim. Produk perlindungan ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal, dan bisa didapatkan dengan premi terjangkau yang mulai dari Rp10.000 per bulan.

Investor Daily / 10-09-2020 Hal. 23

Jadi Penyelamat Jiwasraya, IFG Life Bakal Pangkas Manfaat Nasabah

Penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) semakin jelas lewat pembentukan perusahaan baru bernama IFG Life, berikut dengan opsi penyelamatan berupa restrukturisasi, transfer dan bail-in. Namun demikian, selisih ekuitas negative dari Jiwasraya yang telah membengkak membuat skema restrukturisasi polis harus memangkas manfaat nasabah. Di sisi lain, Robertus mengemukakan, pendirian IFG Life didasarkan pada kebutuhan industri asuransi. Selanjutnya, IFG Life akan fokus pada produk yang sehat dengan menerapkan manajemen risiko lewat implementasi three lines of defense.

Investor Daily / 10-09-2020 Hal. 23

IFG Life, Nama Baru Pengganti Jiwasraya

Pemerintah batal menggunakan nama Nusantara Life perusahaan yang akan menggantikan PT Asuransi Jiwasraya. Nama tersebut dinilai kurang menguntungkan, maka itu diganti menjadi Indonesia Finansial Group (IFG) Life. Nantinya, IFG Life akan mengambil alih portofolio Jiwasraya yang sudah direstrukturisasi. Direktur Utama BPUI, Robertus Bilitea mengatakan, pendirian IFG Life salah satunya melalui suntikan PMN yang diperoleh Bahana senilai Rp20 triliun. Ke depan, pendirian IFG Life akan didukung oleh ekosistem asuransi yang lengkap.

Kontan / 10-09-2020 Hal. 10

Kresna Life Mencicil Polis Nasabah Hingga 54 Bulan

Penyelesaian kewajiban PT Asuransi Jiwa Kresna ke nasabah terus berlangsung. Perusahaan telah menyampaikan perbaikan penyelesaian kewajiban polis bagi nasabah produk Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Protecto Investa Kresna (PIK) dengan premi di atas Rp50 juta lewat surat per tanggal 7 September 2020. Pada skema penyelesaian yang baru, Kresna Life akan menyelesaikan kewajiban bagi pemegang polis dengan premi di atas Rp50 juta selama 8 hingga 54 bulan. Periode itu tergantung pada nominal premi yang dimiliki masing-masing pemegang polis.

Kontan / 10-09-2020 Hal. 10

BPUI Selamatkan Jiwasraya

Saga episode patan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih berlanjut. Holding asuransi dan penjaminan BUMN, BPUI akan membentuk perusahaan asuransi baru, yakni IFG Life sebagai upaya menyelamatkan Jiwsraya. Direktur Utama BPUI Robertus Billitea menyebutkan, ada sejumlah scenario penyelamatan asuransi Jiwasraya, yakni bail out, restrukturisasi, transfer dan bailin; serta dibubarkan. Dari ketiga opsi tersebut, diputuskan untuk menyelamatkan dan memberikan perlindungan para pemegang polis lewat restrukturisasi karena jauh lebih member manfaat.

Republika / 10-09-2020 Hal. 9

Asuransi Kanker FWD Life Terintegrasi Digital

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) meluncurkan produk asuransi penyakit kanker bernama FWD Cancer Protection. Produk tersebut telah terintegrasi secara digital mulai dari proses pembelian hingga proses klaim. FWD Cancer Protection bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mempersiapkan diri secara proaktif dalam menghadapi beban keuangan yang tidak terduga.

Investor.id / 08-09-2020

Kresna Life Perbaharui Skema Penyelesaian Kewajiban Polis

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengaku telah memperbaharui skema penyelesaian kewajiban polis yang tertunda. Dengan terbitnya skema penyelesaian per 7 Agustus 2020, skema penyelesaian yang telah disampaikan pada 3 Agustus 2020 kini tidak berlaku. Jadwal Rencana Penyelesaian Polis PIK dan K-LITA (JRPPK) kini dibuat berdasarkan usaha terbaik perseroan. Termasuk terkait prediksi dan perhitungan yang sifatnya indikatif di tengah-tengah terjadinya krisis multidimensi yang sedang perseroan hadapi.

Investor.id / 08-09-2020

FWD Life Luncurkan Asuransi Kanker Online ‘FWD Cancer Protection’

Kanker masih menjadi salah satu ancaman kesehatan terbesar dan penyebab kematian utama di Indonesia. Karenanya, dalam tele conference pada Selasa, (8/9), PT FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi kanker online, yakni ‘FWD Cancer Protection’. FWD Cancer Protection bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mempersiapkan diri secara proaktif dalam menghadapi beban keuangan yang tidak terduga.

Pikiran-rakyat.com / 08-09-2020

BPUI akan bentuk perusahaan asuransi baru selamatkan Jiwasraya

Perusahaan induk asuransi dan penjaminan BUMN, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) akan membentuk perusahaan asuransi jiwa baru, yakni IFG Life, sebagai upaya menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Direktur Utama BPUI Robertus Billitea menyampaikan terdapat tiga opsi penyelamatan Asuransi Jiwasraya yakni bail out; restrukturisasi, transfer, dan bail in; serta dibubarkan. Setelah didiskusikan, akhirnya diputuskan untuk menyelamatkan dan memberikan perlindungan para pemegang polis lewat restrukturisasi karena jauh lebih memberikan manfaat.

Antaranews.com / 09-09-2020

Hanya Dua Bulan, Utang Klaim Jiwasraya Naik Rp700 Miliar

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatatkan kenaikan utang klaim hingga Rp700 miliar dalam dua bulan seiring adanya klaim yang jatuh tempo setiap harinya. Berdasarkan paparan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI selaku induk holding asuransi dan penjaminan di rapat bersama Komisi VI DPR, per 31 Juli 2020 Jiwasraya mencatatkan utang klaim Rp18,7 triliun. Utang klaim tersebut meningkat dari paparan terakhir Kementerian BUMN, di mana pada 31 Mei 2020, Jiwasraya memiliki utang klaim Rp18 triliun. Terjadi kenaikan utang klaim hanya dalam selang waktu dua bulan.

Bisnis.com / 09-09-2020

Terkuak! Ini Dia IFG Life, Sang Penyelamat Asuransi Jiwasraya

Holding BUMN penjaminan dan perasuransian, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) akan membentuk sebuah perusahaan asuransi jiwa guna menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang tengah mengalami kesulitan likuiditas dalam menyelesaikan kewajiban kepada para nasabahnya. Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea mengatakan, perusahaan baru yang akan dibentuk ini bernama IFG Life yang nantinya akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 20 triliun, melalui Bahana.

Cnbcindonesia.com / 09-09-2020

Jadi Penyelamat Jiwasraya, IFG Life Bakal Disuntik PMN Rp20 T

Holding BUMN penjaminan dan perasuransian, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI/Bahana akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 20 triliun. Dari PMN ini sebagian juga akan digunakan untuk menopang pendirian asuransi baru penyelamat PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yakni IFG Life.

Cnbcindonesia.com / 09-09-2020

Terungkap! Ini Nama Perusahaan Penyelamat Jiwasraya

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau (BPUI) akan membentuk sebuah perusahaan asuransi jiwa. Perusahaan ini dibentuk untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea mengatakan, perusahaan baru yang akan dibentuk ini bernama IFG Life. IFG Life nantinya yang akan mendapat PMN Rp 20 triliun melalui PT BPUI. Pendirian IFG Life juga didasarkan kebutuhan yang ada saat ini di industri asuransi.

Detik.com / 09-09-2020

Nasabah Asuransi Datangi YLKI

Sejumlah nasabah asuransi jiwa mendatangi kantor Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) dan kantor Badan Perlindungan Konsumen Nasional atau BPKN pada Selasa (8/9). Nasabah tersebut mengaku menolak dengan skema pembayaran yang diusulkan oleh pihak asuransi jiwa. Kuasa Hukum Nasabah Asuransi Jiwa Imas Naeni menuturkan, hingga kini belum ada kepastian dari pihak Kresna Life. Dia menambahkan, kedatangan para nasabah Kresna Life di kantor BPKN diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi Advokasi 3, Renti Maharani dan akan segera ditindaklanjuti.

Indopos.co.id / 09-09-2020

Wanaartha Life Siap Buka Dialog dengan Nasabah Pekan Depan

Manajemen PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) siap membuka dialog dengan para nasabah mengenai penyelesaian tunggakan klaim manfaat dan nilai pokok polis. Corporate Communication Manager Wanaartha Life Mustain menyatakan, para nasabah nantinya akan dipertemukan dengan Presiden Direktur Wanaartha Life Yanes Matulatuwa dan Komisaris Utama Wanaartha Life Evelina F Pietruschka. 

Investor.id / 09-09-2020

Skema Baru Penyelesaian Kewajiban Polis Kresna Life

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) telah menyampaikan perbaikan penyelesaian kewajiban polis bagi nasabah produk asuransi PIK dan K-LITA dengan premi di atas Rp 50 juta. Manajemen mengumumkan skema itu lewat surat bernomor 099/KL-DIR/IX/2020 per tanggal 7 September 2020. Terdapat perbedaan dengan skema penyelesaian yang diumumkan sebelumnya pada Senin (3/7/2020), yang otomatis tidak berlaku lagi.

Kompas.com / 09-09-2020

Sri Mulyani Minta Jiwasraya dan Asabri Periksa Laporan Keuangan 2020, Kenapa?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan 2020. Hal tersebut sebagai tindak lanjut atas temuan BPK mengenai penyertaan modal negara (PMN) di kedua BUMN asuransi tersebut. Selain itu, pemerintah juga menindaklanjuti temuan BPK mengenai program pensiun dan potensi unfunded past service liability.

Kompas.com / 09-09-2020

Kresna Life perbarui skema penyelesaian polis PIK dan K-LITA

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengklaim telah memperbarui skema penyelesaian polis untuk produk Polis PIK dan K-LITA. Manajemen telah mengirimkan pemberitahuan itu pada Senin (7/9). Skema baru ini menggantikan skema penyelesaian yang telah diumumkan pada Kamis (3/9) sehingga secara otomatis sudah tidak berlaku lagi.

Kontan.co.id / 09-09-2020

Kresna Life kembali revisi penyelesaian kewajiban polis produk PIK dan K-LITA

PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) kembali menyampaikan perbaikan penyelesaian kewajiban polis bagi nasabah produk asuransi PIK dan K-LITA dengan premi di atas Rp 50 juta. Manajemen mengumumkan skema itu lewat surat bernomor 099/KL-DIR/IX/2020 per tanggal 7 September 2020. Surat itu ditulis oleh Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata. Terdapat perbedaan dengan skema penyelesaian yang diumumkan sebelumnya pada Senin (3/7), yang otomatis tidak berlaku lagi.

Kontan.co.id / 09-09-2020

Tahun Ini Nusantara Life Akan Hadir Menggantikan Jiwasraya

Pemerintah sedang menyiapkan entitas baru untuk menggantikan PT Asuransi Jiwasraya dengan Nusantara Life. Target realisasinya tahun ini juga. Pendirian Nusantara Life akan mencuil sebagian dana penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 20 triliun yang diberikan permintah kepada PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Nusantara Life yang berada di bawah naungan BPUI nanti, bakal membawahi seluruh polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi. BPUI tengah menyiapkan beberapa rencana untuk merealisasikan Nusantara Life.

Kontan.co.id / 09-09-2020

WanaArtha Life Sebut Asuransi Kesehatan Masih Aman. Bagaimana Nasib Polis Lain?

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau WanaArtha Life memastikan bahwa polis yang hanya memiliki manfaat proteksi kesehatan masih aman. Namun, untuk polis yang berkaitan dengan investasi di perseroan saat ini mengalami gagal bayar klaim. Corporate Comunication Manager WanaArtha Life Mustain menjelaskan bahwa sejak pertama kali pihaknya mengetahui terdapat masalah di rekening efek perusahaan, WanaArtha Life sudah melakukan klarifikasi, bahkan mengajukan praperadilan.

Bisnis.com / 09-09-2020

Inovasi Produk Asuransi Jiwa saat Lesu akibat Pandemi Covid-19

Menyikapi dampak dari Covid-19 dan kasus mega korupsi di perusahaan asuransi, berbagai inovasi disiapkan untuk membangkitkan lesunya pasar asuransi jiwa. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh PT. Bhinneka Life Indonesia (BLI) dengan membuat program yang menyasar masyarakat menengah ke bawah. Progam ini dibuat untuk lebih mengenalkan produk-produk asuransi dengan harga terjangkau dan memadai namun punya manfaat besar bagi nasabah dengan melakukan jalinan kerjasama antara agen asuransi BLI dengan warga.

Kumparan.com / 09-09-2020

Agen Profesional Salah Satu Kunci Literasi Asuransi

Chief Agency Officer Prudential Indonesia, Rusli Chan, mengatakan, agen asuransi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang asuransi. Karenanya, ia harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Ia mencontohkan di Prudential Indonesia, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas agen melalui berbagai program. Salah satu targetnya, agar semakin banyak agen yang memiliki status anggota Million Dollar Round Table (MDRT).

Mediaindonesia.com / 09-09-2020

Selamatkan Jiwasraya, Kementerian BUMN Mau Bikin Perusahaan Asuransi

Kementerian BUMN bakal membuat perusahaan asuransi jiwa untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kementerian BUMN menugaskan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) untuk membuat perusaaan asuransi jiwa tersebut. Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Robertus Bilitiea mengatakan, pembentukan perusahaan asuransi jiwa itu terlaksana dalam waktu dekat ini dan nantinya perusahaan itu akan diberi nama Indonesian Financial Group. IFG akan mendapatkan dana modal dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

Suara.com / 09-09-2020

Pengganti Jiwasraya Disiapkan Melalui Lini Bisnis Asuransi Jiwa dan Kesehatan

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) siap mendirikan Indonesia Finansial Group (IFG) Life tahun ini untuk menggantikan Asuransi Jiwasraya. BPUI menyiapkan skema bisnis dan tata kelola anak usaha. Dirut BPUI, Robertus Bilitea, mengatakan, IFG Life hanya memasarkan asuransi proteksi bukan produk yang memberikan garansi keuntungan. Rencananya, produk yang dipasarkan seperti unitlink, term life, dan whole life untuk grup maupun ritel. Ada pula produk kesehatan yaitu group health, kolaborasi dengan BPJS Kesehatan, dan produk kesehatan ritel.

Tribunnews.com / 09-09-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Salah Satu Alasan Mengapa Produk Asuransi Jiwa Alami Gagal Bayar

Pengamat Hukum Bisnis dan Asuransi Universitas Airlangga Surabaya, Budi Kagramanto, menilai banyaknya kasus tersebut disebabkan oleh perusahaan asuransi yang seharusnya hanya menjamin jiwa pemegang polis justru memberikan garansi imbal hasil pasti melalui produk asuransi berbalut investasi. Seperti contohnya Asuransi Jiwa Kresna Life dan Asuransi Jiwasraya. Kehadiran produk tersebut sejatinya ditujukan untuk menarik masyarakat membeli produk asuransi. Namun, produk tersebut justru disalahgunakan. Sebab dibumbui dengan janji imbal hasil pasti dengan return tinggi.

Viva.co.id / 08-09-2020

Produk Asuransi Jiwa Banyak Gagal Bayar Karena Langgar Aturan

Pengamat Hukum Bisnis dan Asuransi Universitas Airlangga Surabaya, Budi Kagramanto, menilai banyaknya kasus tersebut disebabkan oleh perusahaan asuransi yang seharusnya hanya menjamin jiwa pemegang polis justru memberikan garansi imbal hasil pasti melalui produk asuransi berbalut investasi. Seperti contohnya Asuransi Jiwa Kresna Life dan Asuransi Jiwasraya. Kehadiran produk tersebut sejatinya ditujukan untuk menarik masyarakat membeli produk asuransi. Namun, produk tersebut justru disalahgunakan. Sebab dibumbui dengan janji imbal hasil pasti dengan return tinggi.

Batampos.co.id / 09-09-2020

Gagal Bayar Produk Asuransi Jiwa karena Aturan Dilanggar

Maraknya kasus gagal bayar investasi di perusahaan asuransi jiwa menjadi bukti adanya kekacauan di industri asuransi nasional. Perusahaan asuransi yang seharusnya hanya menjamin jiwa pemegang polis justru memberikan garansi imbal hasil pasti melalui produk asuransi berbalut investasi. Pengamat Hukum Bisnis dan Asuransi Universitas Airlangga Surabaya Budi Kagramanto menjelaskan, kehadiran produk tersebut sejatinya ditujukan untuk menarik masyarakat membeli produk asuransi. Namun disalahgunakan karena dibumbui dengan janji imbal hasil pasti dengan return tinggi.

Sindonews.com / 09-09-2020

Mengapa Ramai Kasus Gagal Bayar Asuransi? Ini Biangnya

Maraknya kasus gagal bayar investasi di perusahaan asuransi jiwa menjadi bukti adanya kekacauan di industri asuransi nasional. Perusahaan asuransi yang seharusnya hanya menjamin jiwa pemegang polis justru memberikan garansi imbal hasil pasti melalui produk asuransi berbalut investasi. Pengamat Hukum Bisnis dan Asuransi Universitas Airlangga Surabaya Budi Kagramanto menjelaskan, kehadiran produk tersebut sejatinya ditujukan untuk menarik masyarakat membeli produk asuransi. Namun disalahgunakan karena dibumbui dengan janji imbal hasil pasti dengan return tinggi.

Wartaekonomi.co.id / 09-09-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.765

IHSG (per 09 September  2020)

   5.224,07

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Republika, Antaranews.com, Bisnis.com, Batampos.co.id, Cnbcindonesia.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Indopos.co.id, Investor.id, Kontan.co.id, Kumparan.com, Mediaindonesia.com, Riaugreen.com, Sindonews.com, Suara.com, Pikiran-rakyat.com, Tribunnews.com, Viva.co.id.

DOWNLOAD PDF