AAJI Daily News - 16 Maret 2020


Tanggal terbit (16 / 03 / 2020)

Senin, 16 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa
  2. Aset Industri Rp 570 T, AAJI: Asuransi Jiwa Tumbuh Positif
  3. Dukung reformasi industri keuangan non bank, AAJI syaratkan 4 hal ini ke OJK
  4. Hasil investasi industri asuransi jiwa capai Rp 34,19 triliun hingga 2019
  5. Kejakgung Sita Fee Broker Jiwasraya Rp 53 Miliar
  6. MYRX Hadapi Pidana Korporasi
  7. Asuransi Turut Atasi Dampak Corona
  8. [Foto] Kantor General Agency
  9. Perlindungan Asuransi
  10. Prudential Dorong Literasi Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Lewat PRUCinta
  11. Allianz Life Raup Premi dari Nasabah KPR Bank Mestika
  12. Perkuat Distribusi di Area Sumatera, Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika
  13. Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika
  14. Perkuat Area Sumatera, Allianz Indonesia dan Bank Mestika Perkuat Kerjasama
  15. Kerja Sama Allianz Life dengan Bank Mestika
  16. Perluas Penetrasi Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Agen Baru di Jambi
  17. Generali Indonesia Buka Kantor Agen di Jambi
  18. Prudential Luncurkan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah
  19. Dampak Covid-19,Asuransi Tak Tanggung Jemaah Gagal Umrah
  20. Industri Asuransi Jiwa Syariah Catatkan Kenaikan Total Aset
  21. Umrah Batal, Asuransi Syariah Tak Tanggung Kerugian Jemaah
  22. Dampak Covid-19, Asuransi Tak Tanggung Jemaah Gagal Umrah
  23. Sikap AASI Terkait Pertumbuhan Asuransi Syariah di Indonesia

TENTANG AAJI

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Pentingnya asuransi jiwa, terlihat dari semakin banyaknya masyarakat yang meminatinya. Hal ini dapat dilihat dari pendapatan industri asuransi jiwa yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kejadian ini, dibuktikan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Vivanews.com / 14-03-2020

Aset Industri Rp 570 T, AAJI: Asuransi Jiwa Tumbuh Positif

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menyebutkan premi berkala tumbuh 14%, premi baru tumbuh 11,1% dan total premi tumbuh 6% dengan total aset industri hampir mencapai Rp 570 triliun, selain itu AAJI juga melakukan pembayaran manfaat kepada nasabah sebesar lebih dari Rp 140 triliun.

Cnbcindonesia.com / 15-03-2020

Dukung reformasi industri keuangan non bank, AAJI syaratkan 4 hal ini ke OJK

OJK tengah gencar melakukan reformasi di industri keuangan non-bank (IKNB) Ketua umum AAJI Budi Tampubolon berharap reformasi tersebut memuat empat hal penting dalam mendukung industri asuransi jiwa. Pertama, percepatan pembentukan Lembaga penjamin Pemegang Polis (LPPP), Kedua, secara konsisten memberikan kesempatan industri untuk tetap tumbuh, Ketiga, pemberian insentif bagi industri asuransi dan dilakukan reformasi jasa keuangan secara menyeluruh.

Kontan.co.id / 15-03-2020

Hasil investasi industri asuransi jiwa capai Rp 34,19 triliun hingga 2019

Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), sampai 2019 hasil investasi industri asuransi jiwa mencapai Rp 34,19 triliun atau tumbuh 336,8% secara year on year (yoy). Padahal hasil investasi tahun sebelumnya hanya sebesar Rp 7,83 triliun

Kontan.co.id / 15-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Kejakgung Sita Fee Broker Jiwasraya Rp 53 Miliar

Kejagung menyita uang sebanyak Rp 53,5 miliar jasa manajemen investasi PT Asuransi Jiwasraya. Uang tersebut diduga sebagai hasil dari kegiatan free boker (uang jasa) dalam pengalihan dana penjualan produk asuransi JS Saving Plan ke dalam saham dan reksa dana bermasalah.

Republika / 14-03-2020 Hal. 2

MYRX Hadapi Pidana Korporasi

Badan Reserse dan Kriminal Polri menetapkan PT Hanson International Tbk. dan Koperasi PT Hanson Mitra Mandiri melakukan pelanggaran dan menetapkan sebagai tersangka korporasi dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Dalam penetapannya itu, selain dua entiitas usaha, Bareskrim juga menetapkan 11 tersangka lainnya.

Bisnis Indonesia / 16-03-2020 Hal. 8

Asuransi Turut Atasi Dampak Corona

Sejumlah perusahaan asuransi jiwa menyatakan akan turut berkontribusi dalam penanganan penyakit akibat virus corona seperti PT Asuransi Simas Jiwa yang menyatakan akan membayar klaim kematian jika terdapat nasabah yang meninggal akibat terjangkit virus corona. Demikian dengan PT Prudential Life Assurance akan menanggung biaya tes pemeriksaan dari virus corona bagi nasabahnya jika diperlukan.

Bisnis Indonesia / 16-03-2020 Hal. 14

[Foto] Kantor General Agency

Panin Dai-Ichi Life meresmikan kantor general agency di kawasan bisnis Tangerang untuk menjangkau kebutuhan serta melayani nasabah di sekitar kota itu.

Kontan / 16-03-2020 Hal.20

Perlindungan Asuransi

Allianz Life memberikan perlindungan asuransi jiwa untuk nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan KPR.

Warta Kota / 16-03-2020 Hal. 14

Prudential Dorong Literasi Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Lewat PRUCinta

PT Prudential Life Assurance  kembali memperkenalkan produk terbarunya di Makassar berbasis syariah bernama PRUCinta. Head of Sharia Business Prudential Indonesia Ari Purnomo menjelaskan kehadiran PRUCinta juga merupakan upaya Prudential untuk mendorong literasi masyarakat tentang pentingnya asuransi jiwa. Hal itu juga diiringi dengan tingginya permintaan atas produk keuangan berbasis syariah yang terus meningkat.

Bisnis.com / 13-03-2020

Allianz Life Raup Premi dari Nasabah KPR Bank Mestika

Allianz Life selalu berupaya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu strategi Allianz Life adalah dengan bekerja sama dengan mitra perbankan yang memiliki visi misi yang sama dengan perusahaan.

Bisnis.com / 13-03-2020

Perkuat Distribusi di Area Sumatera, Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk (Bank Mestika) memperkuat kerja sama strategis untuk memberikan penawaran spesial dan kemudahan dalam persyaratan pemberian perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan.

Kontan.co.id / 13-03-2020

Allianz Indonesia Berikan Penawaran Spesial bagi Nasabah KPR Bank Mestika

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk (Bank Mestika) sepakat memperkuat kerjasama strategis diantara kedua perusahaan keuangan tersebut untuk memberikan penawaran spesial dan kemudahan dalam persyaratan pemberian perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan.

Pewarta-indonesia.com / 13-03-2020

Perkuat Area Sumatera, Allianz Indonesia dan Bank Mestika Perkuat Kerjasama

Allianz Life dan Bank Mestika memperkuat kerja sama strategis untuk memberikan penawaran spesial dan kemudahan dalam persyaratan pemberian perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan.

Beritasatu.com / 15-03-2020

Kerja Sama Allianz Life dengan Bank Mestika

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk (Bank Mestika) memperkuat kerja sama strategis untuk memberikan penawaran spesial dan kemudahan dalam persyaratan pemberian perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah Bank Mestika yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan.

Bisnis.com / 15-03-2020

Perluas Penetrasi Pasar Sumatera, Generali Resmikan Kantor Agen Baru di Jambi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meresmikan kantor keagenan baru di Kota Jambi dengan nama AG - Jambi All Star. Pembukaan kantor keagenan merupakan upaya perusahaan untuk lebih dekat dengan masyarakat serta mengetahui kebutuhan perlindungan asuransi sekaligus mempermudah akses mereka dalam mendapatkan solusi proteksi dari Generali.

Industry.co.id / 15-03-2020

Generali Indonesia Buka Kantor Agen di Jambi

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meresmikan kantor keagenan baru di Kota Jambi dengan nama AG- Jambi All Star yang terletak di Jalan Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro No. 5D. Peresmian ini dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memperkuat jalur distribusi keagenan di wilayah Sumatera.

Jurnas.com / 15-03-2020

Prudential Luncurkan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

Di tengah masih minimnya pemahaman pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, khususnya pada produk-produk asuransi syariah, Prudential Indonesia meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta (PRUCinta). Seiring waktu tren permintaan atas produk keuangan berbasis syariah terus meningkat. Oleh karena itu, Prudential Indonesia memperluas portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua.

Rakyatku.com / 15-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Dampak Covid-19, Asuransi Tak Tanggung Jemaah Gagal Umrah

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menyatakan, industri asuransi tidak menanggung pembatalan perjalanan umrah akibat peringatan perjalanan oleh Pemerintah Arab Saudi. Berkenaan dengan hal tersebut, AASI dan para pelaku usaha membuka diri untuk membahas langkah-langkah perbaikan pelayanan untuk ke depan, termasuk mengenai pengecualian pada polis.

Investor Daily / 14-15 March 2020 Hal. 6

Industri Asuransi Jiwa Syariah Catatkan Kenaikan Total Aset

Industri Asuransi Syariah mencatat kenaikan Total Aset yang cukup signifikan menyusul kontribusi Bruto yang tumbuh 10% serta membaiknya kondisi pasar modal. Di tahun 2019, Industri Asuransi Syariah mencatat kenaikan Klaim Bruto berupa pencarian dan manfaat jatuh tempo polis sebesar 48% dibanding tahun sebelumnya menjadi Rp 9,176 triliun.

Rakyat Merdeka / 14-03-2020 Hal. 15

Umrah Batal, Asuransi Syariah Tak Tanggung Kerugian Jemaah

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) mengatakan industri tidak akan menanggung pembatalan perjalanan umrah yang terjadi akibat penghentian layanan visa beberapa waktu lalu. AASI menyampaikan jaminan polis standar Asuransi Syariah Perjalanan Umroh (ASPU) maupun ASPU plus tidak meliputi risiko tersebut.

Cnnindonesia.com / 13-03-2020

Dampak Covid-19, Asuransi Tak Tanggung Jemaah Gagal Umrah

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menyatakan, industri asuransi tidak menanggung pembatalan perjalanan umrah akibat peringatan perjalanan (travel warning) oleh Pemerintah Arab Saudi. Terkait hal tersebut, para pelaku usaha turut membahas langkah-langkah perbaikan layanan.

Investor.id / 14-03-2020

Sikap AASI Terkait Pertumbuhan Asuransi Syariah di Indonesia

Pada tahun 2019, perkembangan industri perasuransian syariah Indonesia dinilai baik dengan hasil yang membanggakan. Menyusul catatan ini, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menyampaikan perlindungan jamaah ibadah umrah dalam jaminan Polis Standar Asuransi Syariah Perjalanan Umrah (ASPU) maupun Polis Standar ASPU PLUS tidak meliputi risiko pembatalan perjalanan.

Tempo.co / 14-03-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.778

IHSG

   4.905,57

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Bisnis Indonesia, Kontan, Republika, Investor Daily, Rakyat Merdeka, Bisnis.com, Beritasatu.com, Cnbcindonesia.com, Cnnindoensia.com, Kontan.co.id, Industry.co.id, Investor.id, Jurnas.com, Rakyatku.com, Tempo.co.

 

 

DOWNLOAD PDF