AAJI Daily News - 17 Juni 2020


Tanggal terbit (17 / 06 / 2020)

Rabu, 17 Juni 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Pemerintah Perlu Hadir
  2. Sampai Mana Kasus Jiwasraya Ditangani Kejaksaan Agung?
  3. Pemasaran Asuransi Secara Digital
  4. Prudential dan Eastspring Tegaskan Komitmen Melindungi dan Mengelola Investasi Nasabah
  5. Industri asuransi minimalisir volatilitas investasi nasabah
  6. Prudential Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi di Fase New Normal
  7. Prudential Yakinkan Nasabah Investasi Jangka Panjang
  8. Marak Kasus Gagal Bayar, PEPS: Banyak Saham di BEI Tak Layak Investasi
  9. Baru 16% emiten ikut program dapen, Avrist Assurance bakal optimalkan bisnis DPLK
  10. Pahami Profil Risiko Sebelum Berinvestasi di Tengah Covid-19
  11. Pemerintah Diminta Kembalikan Kepercayaan Masyarakat soal Produk Asuransi
  12. Reasuransi Waspadai Lonjakan Klaim
  13. Soroti Gagal Bayar Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, DPR: Pengawas Pasar Modal Harus...
  14. Kasus Gagal Bayar Asuransi Jiwa Dan Reksa Dana Coreng Citra Pengawas Pasar Modal

INDUSTRI & ASURANSI

Pemerintah Perlu Hadir

“Jika membandingkan AJB Bumiputera 1912 dengan PT Asuransi Jiwasraya, dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya kini memasuki tahap pengadilan, namun hal itu tidak dilakukan pada AJB Bumiputera. Saat ini jutaan pemilik polis AJB Bumiputera 1912 kesulitan mendapatkan klaim asuransinya. Oleh karena itu, saya berharap pemerintah hadir untuk menolong para pemegang polis dan bertindak konsisten dan tegas seperti para terduga PT Asuransi Jiwasraya.” Kutipan dari Prof Dr H. Edi Subroto.

Kompas / 17-06-2020 Hal. 7

Sampai Mana Kasus Jiwasraya Ditangani Kejaksaan Agung?

Kini kasus Jiwasraya telah dilimpahkan ke Kejagung yang bekerjasama dengan BPK. Tim ini bekerja sungguh-sungguh dan dalam waktu singkat sudah dapat menemukan bukti yang mendukung, baik dari internal perusahaan maupun dari eksternal. Masyarakat Indonesia menunggu kelanjutan kasus asuransi Jiwasraya diselesaikan oleh Kejagung dan BPK secara transparan dan professional.

Kontan / 17-06-2020 Hal. 15

Pemasaran Asuransi Secara Digital

PT Asuransi Allianz Life Indonesia menghadirkan Allianz eAZy Cover sebagai bentuk pemasaran dan cara membeli produk asuransi secara digital. Menurut Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia, Ginawati Djuandi, Allianz eAZy Cover juga ditujukan untuk membantu seluruh tenaga pemasar Allianz dalam proses konsultasi dengan nasabah terkait kebutuhan proteksi asuransi di masa new normal.

Warta Kota / 17-06-2020 Hal. 5

Prudential dan Eastspring Tegaskan Komitmen Melindungi dan Mengelola Investasi Nasabah

PT Prudential Life Assurance dan Eastspring Investment Indonesia mengajak nasabah untuk mengambil langkah jangka panjang dengan tetap berinvestasi untuk dapat mencapai imbal investasi yang lebih tinggi di tengah fase new normal. Menanggapi kondisi pasar dalam negeri yang terdampak oleh pandemi COVID-19 dan tekanan global, Prudential Indonesia Bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisir volatilitas investasi nasabah.

HE Neraca / 17-06-2020 Hal. 5

Industri asuransi minimalisir volatilitas investasi nasabah

Industri asuransi melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisasi volatilitas investasi nasabah terkait kondisi pasar dalam negeri yang terdampak oleh pandemi COVID-19 dan tekanan global. Chief Investment Officer Prudential Indonesia Novi Imelda mengatakan dalam mengelola investasi nasabah, khususnya di tengah fase normal baru ini, pihaknya menerapkan prinsip kehati-hatian secara optimal dalam memilih saham dan hanya yang memiliki fundamental baik dan pendanaan yang kuat.

Antaranews.com / 16-06-2020

Prudential Ajak Nasabah Tetap Berinvestasi di Fase New Normal

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia), mengajak nasabahnya untuk mengambil langkah jangka panjang dengan tetap berinvestasi di tengah fase normal baru (new normal). Novi Imelda, Chief Investment Officer Prudential Indonesia, mengatakan Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisir volatilitas investasi para nasabah.

Bisnis.com / 16-06-2020

Prudential Yakinkan Nasabah Investasi Jangka Panjang

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia), mengajak nasabahnya untuk mengambil langkah jangka panjang dengan tetap berinvestasi di tengah fase normal baru (new normal). Novi Imelda, Chief Investment Officer Prudential Indonesia, mengatakan Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisir volatilitas investasi para nasabah.

Industry.co.id / 16-06-2020

Marak Kasus Gagal Bayar, PEPS: Banyak Saham di BEI Tak Layak Investasi

Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan mengatakan, maraknya gagal bayar di sektor asuransi jiwa dan reksa dana lantaran banyak saham yang tercatat di BEI tidak layak investasi. Menurutnya, banyak perusahaan tercatat yang harus melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO) tidak memiliki performa dan berkinerja baik.

Jawapos.com / 16-06-2020

Baru 16% emiten ikut program dapen, Avrist Assurance bakal optimalkan bisnis DPLK

PT Avrist Assurance melihat peluang besar pasar dana pensiun (dapen) di tanah air. Berdasarkan data statistik OJK di tahun 2018, peserta dana pensiun baru mencapai 6,01% dari total pekerja Indonesia. Sedangkan Bloomberg mencatat bahwa laporan keuangan perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia hanya 16% yang memiliki aset untuk kewajiban imbalan pasti.

Kontan.co.id / 16-06-2020

Pahami Profil Risiko Sebelum Berinvestasi di Tengah Covid-19

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menilai seseorang yang hendak berinvestasi sebaiknya mengetahui lebih dalam mengenai profil risiko diri sendiri. Selain itu, guna memaksimalkan hasil investasinya maka seseorang juga perlu menetapkan tujuan dalam berinvestasi dan aset investasi yang dipergunakan guna mencapai targetnya.

Medcom.id / 16-06-2020

Pemerintah Diminta Kembalikan Kepercayaan Masyarakat soal Produk Asuransi

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy meminta supaya lembaga pengawas di sektor ini bebenah, supaya kejadian-kejadian yang merugikan banyak nasabah tidak terulang lagi. Sebagai contohnya, kata Vera, yakni kasus gagal bayar Jiwasraya yang sampai saat ini uang jatuh tempo nasabah saving plan belum juga dikembalikan. Oleh karena itu, ia meminta supaya pemerintah bisa memberikan Penanaman Modal Negara (PMN) kepada Jiwasraya untuk menyelesaikan pembayaran jatuh tempo tersebut.

Suara.com / 16-06-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Reasuransi Waspadai Lonjakan Klaim

Berdasarkan data OJK, restrukturasi kredit di perbankan telah menembus Rp609,07 triliun per 2 Juni 2020. Angka itu akan terus merangkak naik sebagai imbas kebijakan bantuan pelonggaran keuangan nasabah dari perbankan untuk mengurangi efek pandemic covid-19. Presiden Direktur PT Maskapal Reasuransi Indonesia Tbk. (MREI) Robby Loho menuturkan secara prinsip, apabila terdapat tambahan perlindungan bagi nasabah bank termasuk di dalamnya restrukturasi maka aka nada tambahan premi yang harus dibayarkan.

Bisnis Indonesia / 17-06-2020 Hal. 17

Soroti Gagal Bayar Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, DPR: Pengawas Pasar Modal Harus...

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy menilai maraknya kasus gagal bayar di sektor Asuransi Jiwa dan reksa dana menjadi preseden buruk bagi lembaga pengawas pasar modal seperti OJK dan lainnya. Terkait itu, ia meminta lembaga pengawas di sektor tersebut untuk bebenah, agar kejadian yang merugikan masyarakat tidak terulang lagi.

Wartaekonomi.co.id / 16-06-2020

Kasus Gagal Bayar Asuransi Jiwa Dan Reksa Dana Coreng Citra Pengawas Pasar Modal

Komisi XI DPR berharap kasus gagal bayar di sektor keuangan seperti Asuransi Jiwa dan reksa dana jangan terulang lagi. Kejadian ini dianggap mencoreng lembaga pengawas pasar modal seperti OJK dan lainnya. Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy mengatakan, lembaga pengawas di sektor tersebut perlu bebenah. Hal ini berbahaya karena menyangkut kepercayaan publik. Supaya kejadian-kejadian yang merugikan banyak nasabah tidak terulang lagi.

Rmco.id / 16-06-2020

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.090

IHSG (per 16 Juni  2020)

   4.986,46

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media: Kompas, Kontan, Warta Kota, HE Neraca, Bisnis Indonesia, Antaranews.com, Bisnis.com, Industry.co.id, Jawapos.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Suara.com, Wartaekonomi.co.id, Rmco.id.

DOWNLOAD PDF