AAJI Daily News - 30 Januari 2020


Tanggal terbit (30 / 01 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 30 Januari 2020 

HEADLINE NEWS

  1. Pembayaran Klaim Jiwasraya
  2. Jiwasraya Diselamatkan
  3. Gandeng Bank Commonwealth, FWD Life Luncurkan Asuransi Penyakit Kritis
  4. Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Berjangka
  5. Sudah Ada Panja, Tetap Usul Pansus
  6. FWD Life Luncurkan Asuransi FWD Multiple Protection
  7. Uang Nasabah Dicicil Akhir Maret
  8. FWD Life Dan Bank Commonwealth Luncurkan Asuransi FWD Multiple Protection
  9. Utang Jiwasraya di Bank
  10. Dana Nasabah Jiwasraya Dikembalikan Akhir Maret
  11. Allianz Life Gaet Pasar Kaum Milenial
  12. Jiwasraya Pastikan Bayar Klaim Maret 2020
  13. Jiwasraya Sakit Jiwaraga
  14. Paloh Temannya Lawan
  15. 3 Kantor Perusahaan Sekuritas Digeledah
  16. Dana Nasabah Jiwasraya Dibayar Mulai Maret
  17. Dana Jiwasraya untuk Pilkada
  18. DPR Bentuk Panitia Kerja Jiwasraya
  19. Potensi Klaim Rp9,6 Triliun AJB Bumiputera
  20. Agility Itu Atribut Yang Harus Dimiliki
  21. Tiga Panitia Kerja Jiwasraya Dibentuk
  22. Virus Corona, Prudential Sebut 4 Bagian Polis Wajib Baca
  23. Ada Asuransi yang Terima Klaim Pengobatan Virus Corona?
  24. Asuransi Ini Beri Perlindungan untuk 65 Jenis Penyakit Kritis
  25. Ajak Keluarga Milenial Berasuransi
  26. Tingkatkan Layanan, FWD Life Luncurkan Produk Baru
  27. Ancaman Wabah Virus Corona, Nasabah Asuransi Ter-cover?
  28. Sebelum Memilih Asuransi, Lakukan Hal Penting Ini
  29. Asuransi Allianz Indonesia Layani Klaim Pengobatan Virus Corona
  30. FWD Life luncurkan asuransi penyakit kritis dengan klaim hingga tiga kali
  31. Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Berjangka Joint Life Care
  32. FWD Life dan Bank Commonwealth Luncurkan Produk Asuransi FWD Multiple Protection
  33. Gandeng HSBC Indonesia, Allianz Luncurkan Asuransi Joint Life Care
  34. Critical Armor, Asuransi Penyakit Kritis dengan Beragam Klaim
  35. Hal-Hal yang Harus Kaum Milenial Ketahui Sebelum Punya Asuransi
  36. HSBC Gandeng Allianz Sediakan Asuransi Khusus Untuk Suami Istri
  37. Allianz Indonesia Bidik Perlindungan Jiwa Suami Istri
  38. HSBC dan Allianz Indonesia Luncurkan Joint Life Care
  39. Lebih Suka Traveling, Pasangan Milenial Malas Ikut Asuransi Jiwa
  40. Ini Tips Pilih Asuransi yang Relevan dengan Kebutuhan
  41. Alhamdulillah... FWD Life Bikin Asuransi Khusus Penyakit Kritis
  42. Bikin Induk untuk Perbaiki Tata Kelola
  43. [Foto] Peluncuran Asuransi Jiwa Berjangka
  44. [Foto] Penjelasan Kasus Jiwasraya
  45. [Foto] Produk Asuransi Jiwa Gabungan
  46. [Foto] FWD Luncurkan Produk Anyar

INDUSTRI & ASURANSI

1. Pembayaran Klaim Jiwasraya

Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama Asuransi Jiwasraya seusai rapat kerja bersama Komisi VI DPR, Rabu (29/1). Pemerintah merancang pembayaran tunggakan klaim dilakukan mulai akhir Maret 2020.

Bisnis Indonesia / 30-01-2020 Hal. 1

2. Jiwasraya Diselamatkan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sebagai pemilik saham PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memastikan akan melakukan langkah penyelamatan atas perusahaan yang sedang menghadapi masalah likuiditas tersebut, alih-alih menutup. Menteri BUMN Erick Thohir akan menentukan skema penyelamatan untuk pemegang polis selambat-lambatnya Maret 2020. Di antara skema yang disiapkan antara lain pembentukan holding asuransi dan penjaminan. Manajemen Jiwasraya juga mempertimbangkan langkah restrukturisasi polis-polis yang ada. Kejagung telah menyita 1.400 sertifikat tanah terkait dugaan korupsi Jiwasraya dan hasil sitaan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembalian uang nasabah. Perseroan juga mengalami kekurangan solvabilitas. Ekuitas perseroan hingga Desember 2019 tercatat negatif Rp 28 triliun. Sementara itu, investasi yang dilakukan terkonsentrasi pada saham dan reksa dana saham yang berkualitas rendah serta indikasi adanya rekayasa dalam pembentukan harga saham.

Bisnis Indonesia / 30-01-2020 Hal. 14

3. Gandeng Bank Commonwealth, FWD Life Luncurkan Asuransi Penyakit Kritis

PT FWD Life Indonesia dan PT Bank Commonwealth mengumumkan peluncuran Asuransi FWD Multiple Protection, sebuah produk asuransi perlindungan penyakit kritis yang memberikan solusi komprehensif untuk membantu nasabah fokus pada penyembuhan penyakit kritis dan mengurangi rasa khawatir terhadap kerentanan keuangan. Asuransi FWD Multiple Protection adalah produk keempat dari kerjasama strategis antara dua perusahaan. Wakil Direktur Utama FWD Life, Adit Trivedi mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen FWD Life dengan Bank Commonwealth untuk terus berinovasi mengembangkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan para nasabah. Dengan visi mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi, “FWD Life ingin mengajak nasabah untuk memberikan arti lebih dalam setiap langkah perjalanan hidup, baik saat terhadang hambatan dan risiko hidup, sehingga nasabah dapat merayakan hidup tanpa khawatir, ujarnya.  

Investor Daily / 30-01-2020 Hal. 23

4. Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Berjangka

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia menggandeng PT Bank HSBC Indonesia menghadirkan produk Joint Life Care. Produk ini merupakan asuransi jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi. Produk ini melindungi terhadap risiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia. Adapun manfaat dari produk ini ialah santunan jiwa hingga Rp 1,5 miliar. Ekstra proteksi lima tahun serta premi bulanan mulai dari Rp 500.000. "Studi HSBC yang dilakukan tahun 2017 bertajuk Power of Protection bahkan menunjukkan 71% dari responden yang memiliki tanggungan finansial tidak memiliki asuransi yang memberi perlindungan bila hal yang tidak diinginkan terjadi pada mereka,” kata Edhi Tjahja Negara, Head of Network Retail Banking & Wealth Management Bank HSBC Indonesia.   "

Investor Daily / 30-01-2020 Hal. 23

5. Sudah Ada Panja, Tetap Usul Pansus

DPR telah membentuk tiga panitia kerja (Panja) untuk menangani sengkarut PT Asuransi Jiwasraya. Panja tersebut terdapat di Komisi III, VI, dan XI. Meski demikian, dua fraksi DPR, Demokrat dan PKS, tetap menginginkan dibentuknya panitia khusus. Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan usulan pembentukan pansus hak angket Jiwasraya merupakan hasil rapat pleno Fraksi Demokrat. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyebut syarat dibentuknya pansus juga sudah bisa dipenuhi berdasarkan pasal 199 UU 2/2018.

Jawa Pos / 30-01-2020 Hal. 2

6. FWD Life Luncurkan Asuransi FWD Multiple Protection

PT FWD Life Indonesia dan PT Bank Commonwealth mengumumkan peluncuran Asuransi FWD Multiple Protection, sebuah produk asuransi perlindungan penyakit kritis yang memberikan solusi komprehensif untuk membantu nasabah fokus pada penyembuhan penyakit kritis dan mengurangi rasa khawatir terhadap kerentanan keuangan. Asuransi FWD Multiple Protection adalah produk keempat dari kerjasama strategis antara dua perusahaan. FWD Multiple Protection memberikan solusi komprehensif dalam melindungi nasabah saat didiagnosis penyakit kritis dengan manfaat klaim hingga tiga kali untuk penyakit kritis major dan satu kali untuk penyakit kritis minor sampai akhir masa perlindungan, dengan total manfaat hingga 420% dari uang pertanggungan. Wakil Direktur Utama FWD Life, Adit Trivedi mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen FWD Life dengan Bank Commonwealth untuk terus berinovasi mengembangkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan para nasabah.  

Jawa Pos / 30-01-2020 Hal. 3

7. Uang Nasabah Dicicil Akhir Maret

Kementerian BUMN memastikan pembayaran klaim pemegang polis Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya dimulai akhir Maret 2020. Pembayaran awal akan dikumpulkan dari hasil usaha perusahaan asuransi pelat merah tersebut. Ketidak Hati-hatian dalam investasi dinilai memicu masalah keuangan Jiwasraya. Investasi terkonsentrasi pada saham dan reksa dana saham berkualitas rendah. Jiwasraya akan mengurai kesulitan likuiditas melalui pendirian anak usaha, Jiwasraya Putra. Pembentukan anak usaha akan memanfaatkan kerja sama empat BUMN: BTN, Pegadaian, Telkomsel, dan PT Kereta Ap Indonesia. Dana yang dibidik mencapai Rp5 triliun.

Kompas / 30-01-2020 Hal. 13

8. FWD Life Dan Bank Commonwealth Luncurkan Asuransi FWD Multiple Protection

PT FWD Life Indonesia dan PT Bank Commonwealth mengumumkan peluncuran Asuransi FWD Multiple Protection, sebuah produk asuransi perlindungan penyakit kritis yang memberikan solusi komprehensif untuk membantu nasabah fokus pada penyembuhan penyakit kritis dan mengurangi rasa khawatir terhadap kerentanan keuangan. Asuransi FWD Multiple Protection adalah produk keempat dari kerjasama strategis antara dua perusahaan. FWD Multiple Protection memberikan solusi komprehensif dalam melindungi nasabah saat didiagnosis penyakit kritis dengan manfaat klaim hingga tiga kali untuk penyakit kritis major dan satu kali untuk penyakit kritis minor sampai akhir masa perlindungan, dengan total manfaat hingga 420% dari uang pertanggungan. FWD Multiple Protection dapat dibeli di Bank Commonwealth seluruh Indonesia.

Kompas / 30-01-2020 Hal. 15

9. Utang Jiwasraya di Bank

Outstanding transaksi repo Asuransi Jiwasraya masih terdapat di dua bank pelat merah yakni BRI dan BTN. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan, nilai kewajiban ke BRI mencapai Rp 800 miliar. Selain BRI, Jiwasraya mempunyai kewajiban ke BTN senilai Rp200 miliar. Pada 6 September 2018, Menteri BUMN saat itu Rini Soemarno menyetujui transaksi repo Jiwasraya atas aset investasi berupa surat berharga pemerintah dan korporasi dengan proses indikatif RP1,38 triliun (repo BRI) dan Rp379 miliar (repo BTN). Pinjaman itu akan dicicil oleh Jiwasraya.

Kontan / 30-01-2020 Hal. 20

10. Dana Nasabah Jiwasraya Dikembalikan Akhir Maret

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan proses pengembalian dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya dimulai akhir Maret. Tujuan mengembalikan fokus tata kelola perusahaan, baik actuarial product dan risiko manajemen yang selama ini diabaikan.  Erick menjelaskan Jiwasraya kekurangan kewajiban membayar solvabilitas Rp 28 triliun untuk memenuhi ketentuan risk base capital sebesar 120 persen. Selain itu, ada kewajiban membayar dana nasabah sebesar Rp16 triliun. Mantan Sekretaris Meneg BUMN, Said Didu, mengatakan terjadinya gagal bayar Jiwasraya bukan hanya disebabkan adanya pencucian uang para direksi. Lemahnya pengawasan OJK juga merupakan salah satu faktor kecurangan terus berjalan. Untuk itu, pemeriksaan terhadap OJK mutlak dilakukan.

Koran Jakarta / 30-01-2020 Hal. 2

11. Allianz Life Gaet Pasar Kaum Milenial

Menarik generasi milenial di Indonesia dimana sampai dengan saat ini mencapai 63 juta jiwa, PT Asuransi Allianz Indonesia bekerja sama dengan PT Bank HSBC Indonesia meluncurkan produk dengan target rumah tangga muda. Chief of Partnership Distribution Officer, Allianz Life Indonesia, Bianto Surodjo, mengatakan produk ini ditujukan untuk membantu milenial dalam mewujudkan impian tanpa rasa khawatir atas risiko yang terjadi. “Setiap kali nasabah membayar premi untuk produk ini, maka dia akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher nonton, belanja, atau ngopi,” ujar Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen.

Koran Jakarta / 30-01-2020 Hal. 6

12. Jiwasraya Pastikan Bayar Klaim Maret 2020

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan PT Jiwasraya akan mulai melunasi kewajibannya kepada pemilik polis atau nasabah di Maret 2020. Pelunasan utang Jiwasraya tersebut akan dilakukan secara bertahap. “Insya Allah dari jajaran kementerian, tim Jiwasraya sesuai saran yang disampaikan, kita akan berupaya selesaikan mulai pembayaran awal di akhir Maret. Tapi kalau memang bisa lebih cepat, kita coba lakukan,” tutur Erick di hadapan anggota Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/1). Sejalan dengan itu, Kementerian BUMN akan menggelar rapat internal dengan PT Jiwasraya guna membahas mekanisme pembayaran klaim nasabah untuk selanjutnya disetujui dalam rapat bersama Panja Komisi VI. Total utang PT Jiwasraya saat ini mencapai Rp 44 triliun. Rp16 triliun di antaranya merupakan kewajiban pembayaran klaim polis. Sedangkan Rp 28 triliun sisanya merupakan kekurangan solvabilitas. Total utang PT Jiwasraya saat ini mencapai R p44 triliun. Rp16 triliun di antaranya merupakan kewajiban pembayaran klaim polis. Sedangkan Rp 28 triliun sisanya merupakan kekurangan solvabilitas.

Media Indonesia / 30-01-2020 Hal. 8

13. Jiwasraya Sakit Jiwaraga

Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan masalah yang melilit Jiwasraya sehingga gagal bayar senilai Rp 13,7 triliun. Erick menyebut, Jiwasraya sudah lama sakit. Sakit jiwanya, sakit raganya. Hal itu disampaikan Erick dalam rapat Panja Jiwasraya, Komisi VI DPR, di Senayan, Jakarta, kemarin. Ini rapat pertama Panja setelah disahkan, pekan lalu. Di rapat ini, Panja memanggil Erick dan Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko. Erick dan rombongan tiba di DPR pukul 2.10 siang. Erick ditemani Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Permasalahan itu misalnya, Jiwasraya menawarkan produk asuransi dengan bunga tinggi di atas bunga pasar. Hasilnya, terlihat kemarin ketika beliau wafat. Guru-guru beliau datang untuk mengurus jenazahnya. Bukan hanya satu, namun semua gurunya. Seperti pepatah yang biasa kita dengar, “Apa yang kita tanam, maka itu yang akan kita tuai”. Sekarang, perusahaan asuransi plat merah itu sedang sakit jiwaraga. Jiwasraya punya tanggungan wajib pembayaran klaim kepada nasabah sebesar Rp 16 triliun. Sementara, perusahaan plat merah tersebut memiliki kekurangan solvabilitas (kemampuan bayar kewajiban) sebesar Rp 28 triliun. “

Rakyat Merdeka / 30-01-2020 Hal. 1&9

14. Paloh Temannya Lawan

Ketum Nasdem Surya Paloh menerima kedatangan Presiden PKS Sohibul Iman. Dalam pertemuan tersebut, Sohibul menyebutkan ada tiga poin. Pertama, Nasdem dan PKS saling memaparkan perkembangan masing-masing. Kedua, membahas perkembangan teknologi di Indonesia. Ketiga, Sohibul meminta penjelasan Nasdem terkait Omnibus Law. Setelah itu, Paloh juga berbicara mengenai kasus Jiwasraya. Pada dasarnya ia mengaku Nasdem mendukung pembentukan Pansus, seperti PKS. Namun setelah melihat dinamika di DPR, ia akhirnya mendukung Panja. Namun apabila Panja tidak dapat menyelesaikan kasus tersebut, tidak menutup kemungkinan partainya akan mengusulkan pembentukan Pansus Jiwasraya.   

Rakyat Merdeka / 30-01-2020 Hal. 1&9

15. 3 Kantor Perusahaan Sekuritas Digeledah

Tim penyidik Kejaksaan Agung kembali menggeledah kantor perusahaan sekuritas untuk mengumpulkan dokumen transaksi jual beli saham yang dilakukan Jiwasraya. Semua dokumen transaksi yang disita dari tiga kantor perusahaan sekuritas akan diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk keperluan audit. Sementar itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono memaparkan, tim penyidik telah menggeledah kantor PT Lotus Andalan Sekuritas atau PT Lautan Dana Sekurindo di Wisma Keiai, Kantor PT Mirae Sekuritas atau PT Daewoo Sekuritas, dan Kantor PT Cipta Dana Sekuritas.

Rakyat Merdeka / 30-01-2020 Hal. 3

16. Dana Nasabah Jiwasraya Dibayar Mulai Maret

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pembayaran polis asuransi nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan dimulai pada akhir Maret 2020. Panja Jiwasraya Komisi VI menargetkan masalah di Jiwasraya  dapat selesai dalam waktu setahun. Sedangkan pembayaran klaim nasabah diharapkan mulai akhir Februari sudah mulai dicicil.

Republika / 30-01-2020 Hal. 1&9

17. Dana Jiwasraya untuk Pilkada

Tarik menarik kepentingan antar fraksi di DPR masih terjadi, menyusul terkuaknya kasus penyelewengan dana di Jiwasraya. Menurut sumber SP perbedaan pandangan fraksi karena ada fraksi yang tidak ingin kasus tersebut dibuka hingga terang benderang. Hal ini dikarenakan sebagian dana ada yang mengalir ke parpol sehingga ada yang kebakaran jenggot. Dana tersebut kemudian dimanfaatkan untuk pemenangan calon kepala daerah dari parpol tertentu dalam pemilihan daerah di beberapa wilayah. Meski demikian, beberapa fraksi di DPR tak patah arang untuk menggolkan pembentukan Pansus Jiwasraya.

Suara Pembaruan / 30-01-2020 Hal. 1

18. DPR Bentuk Panitia Kerja Jiwasraya

Komisi VI DPR memutuskan membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengawal perkembangan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero), serta opsi penyelamatannya. Wakil Komisi VI dari PDI-Perjuangan, Aria Bima, ditunjuk sebagai Ketua Panja. Meski belum ada keputusan internal dari Demokrat, Aria memastikan sikap tersebut tak akan menjegal tim ini bekerja. Ada ataupun tidak ada usulan nama dari Demokrat, panja tetap efektif bekerja mulai pekan ini.

Gatra / 23-29-01-2020 Hal. 4

19. Potensi Klaim Rp9,6 Triliun AJB Bumiputera

Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 di Surabaya mencatat, pengaduan nasabah terhadap industri asuransi di wilayah setempat sepanjang 2019 didominasi nasabah Jiwasraya dan Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) 1912. Belakangan, manajemen Bumiputera mengungkapkan potensi klaim di 2019 dan 2020 nilainya mencapai Rp9,6 triliun. Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta pengurus dan Badan Perwakilan Anggota Bumiputera untuk menjelaskan kondisi keuangan kepada pemegang polis dalam upaya penyehatan asuransi tertua di Indonesia itu.

Gatra / 23-29-01-2020 Hal. 6

20. Agility itu Atribut Yang Harus Dimiliki

Joos Louwerier bergabung dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai country manager dan direktur utama sejak 2017. Menurut Joos, tantangan utama untuk industri asuransi adalah masih rendahnya kesadaran akan pentingnya asuransi dan tingkat penetrasinya. Demi memanfaatkan peluang tersebut, menurut Joos, Allianz Life memakai teknologi digital, media sosial dan gamifikasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai asuransi. Joos mengatakan, Allianz Life telah melakukan transformasi digital dengan memperkenalkan berbagai digital tool yang memungkinkan para agen dan mitra bisnis memberikan layanan kepada nasabah. Untuk melengkapi hal tersebut, Allianz Life menggunakan metode “agile” dalam bekerja sehingga mengubah secara dramatis pengalaman pelanggan dalam mendapat layanan. Bentuk inovasi lainnya, Allianz Life merupakan perintis di industri asuransi dengan berinvestasi dan menjalin kolaborasi dengan unicorn digital, seperti Gojek dan Bukalapak.

Swa / 23 Jan – 5 Feb 2020 Hal. 36-37

21. Tiga Panitia Kerja Jiwasraya Dibentuk

Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat sepakat membentuk panitia kerja terkait dengan dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Komisi itu akan membahas persoalan tersebut bersama Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Selain dibentuk di Komisi Hukum, panitia kerja dibentuk di dua komisi lain. Ketua Komisi Keuangan DPR Dito Ganinduto mengatakan panitia kerja di komisinya akan membahas kasus Jiwasraya dan industri keuangan secara menyeluruh. Wakil Ketua Komisi Badan Usaha Milik Negara Aria Bima mengatakan, panitia kerja di komisinya akan berfokus pada penyehatan Jiwasraya.

Tempo / 27 Jan – 2 Feb 2020 Hal. 23

22. Virus Corona, Prudential Sebut 4 Bagian Polis Wajib Baca

Serangan Virus Corona yang menimbulkan kematian membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya payung perlindungan meningkat. Termasuk kesadaran apakah polis asuransi jiwa yang dimiliki apakah memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Guna memastikan proses pengobatan tidak terkendala, maka beberapa bagian polis harus dibaca dengan detail terlebih dahulu. Bagian yang harus dipahami pembeli polis asuransi agar klaimnya tidak ditolak yakni apakah jenis asuransi yang dibeli. Apakah mencakup pertanggungan rawat inap, kecelakaan atau hanya penyakit kritis dengan kondisi tertentu. Selanjutnya harus diperhatikan masa berlaku polis.

Bisnis.com / 29-01-2020

23. Ada Asuransi yang Terima Klaim Pengobatan Virus Corona?

Di Indonesia sendiri hingga kini belum ada yang terbukti terjangkit virus Corona. Meski begitu, dugaan terjangkit virus ini sudah cukup banyak mengkhawatirkan publik. Beberapa asuransi kesehatan swasta seperti Allianz Indonesia menjamin siap menanggung pengobatan nasabahnya yang terjangkit virus corona bahkan secara penuh. Demikian pula untuk nasabah yang terjangkit yang sedang berada di luar negeri, Allianz Indonesia pun siap menanggung biaya pengobatan nasabahnya tersebut.

Detik.com / 29-01-2020

24. Asuransi Ini Beri Perlindungan untuk 65 Jenis Penyakit Kritis

FWD Life Indonesia meluncurkan FWD Critical Armor, yakni produk asuransi perlindungan untuk penyakit kritis untuk membantu nasabah fokus pada penyembuhan dan mengurangi rasa khawatir terhadap kerentanan keuangan. Asuransi ini akan memberikan klaim kepada nasabah hingga tiga kali dari 50 jenis penyakit kritis major dan satu kali dari 15 jenis penyakit kritis minor. Produk ini juga dilengkapi dengan manfaat pembebasan premi, manfaat meninggal dunia, dan pengembalian premi dengan total manfaat hingga 420% dari uang pertanggungan.

Genpi.co / 29-01-2020

25. Ajak Keluarga Milenial Berasuransi

Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia meluncurkan produk Asuransi Berjangka ‘Joint Life Care’ solusi perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi untuk wujudkan rencana masa depan melindungi resiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu meninggal dunia.

Indopos.co.id / 29-01-2020

26. Tingkatkan Layanan, FWD Life Luncurkan Produk Baru

Dalam meningkatkan layanannya kepada nasabah, FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi penyakit kritis yakni FWD Critical Armor. Wakil Direktur Utama FWD Life, Adit Trivedi mengatakan, produk ini memungkinkan nasabah untuk klaim hingga tiga kali dari 50 jenis penyakit kritis dan satu kali dari jenis penyakit kritis minor. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan ke nasabah, Ia menambahkan, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat pembebasan premi, manfaat meninggal dunia dan pengembalian premi dengan total manfaat hingga 420 persen dari uang pertanggungan.

Infobanknews.com / 29-01-2020

27. Ancaman Wabah Virus Corona, Nasabah Asuransi Ter-cover?

Saat ini virus corona telah melanda sejumlah negara, hal itu pun membuat masyarakat Indonesia khawatir akan terdampak. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) mengatakan bahwa jika ada nasabah yang terkena coronavirus, pihaknya akan menanggung hal tersebut. Namun, untuk nominal klaim yang akan diterima nasabah, ia mengatakan bahwa akan disesuaikan dengan program asuransi yang diambil. Selain itu, untuk nasabah yang saat ini berada di luar negeri pun juga bisa mendapatkan haknya. Dengan begitu, nasabah pun diminta untuk tidak khawatir.

Jawapos.com / 29-01-2020

28. Sebelum Memilih Asuransi, Lakukan Hal Penting Ini

Saat ini masih banyak orang yang tidak sadar akan betapa pentingnya asuransi dalam kehidupan, baik dari kalangan milenial hingga orang tua. Chief Marketing Officers Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki asuransi untuk memproteksi diri dalam jangka panjang. Karin mengatakan ada hal yang harus diperhatikan untuk memilih asuransi yang tepat. Pertama, melakukan konsultasi ke salah satu pakar finansia. Kedua, buat planning atau perencanaan.

Kompas.com / 29-01-2020

29. Asuransi Allianz Indonesia Layani Klaim Pengobatan Virus Corona

Saat ini virus korona telah melanda sejumlah negara, hal itu pun membuat masyarakat Indonesia khawatir akan terdampak. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) mengatakan bahwa jika ada nasabah yang terkena coronavirus, pihaknya akan menanggung hal tersebut. Namun, untuk nominal klaim yang akan diterima nasabah, ia mengatakan bahwa akan disesuaikan dengan program asuransi yang diambil.Selain itu, untuk nasabah yang saat ini berada di luar negeri pun juga bisa mendapatkan haknya. Dengan begitu, nasabah pun diminta untuk tidak khawatir.

Kompas.com / 29-01-2020

30. FWD Life luncurkan asuransi penyakit kritis dengan klaim hingga tiga kali

PT FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi kritis bertajuk FWD Critical Armor. Produk ini memungkinkan nasabah untuk klaim hingga tiga kali dari 50 jenis penyakit kritis major dan satu kali dari 15 jenis penyakit kritis minor. Produk ini juga dilengkapi dengan manfaat pembebasan premi, manfaat meninggal dunia, dan pengembalian premi dengan total manfaat hingga 420% dari uang pertanggungan.

Kontan.co.id / 29-01-2020

31. Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Berjangka Joint Life Care

Berdasarkan survei Nielsen 2018, sebanyak 47% responden milenial mengatakan salah satu hambatan mereka dalam memiliki asuransi adalah prosesnya yang panjang dan rumit, sehingga menginginkan proses asuransi yang mudah dan sesuai dengan karakteristik mereka. Memahami tantangan tersebut dan untuk mendukung tujuan pasangan suami istri atau keluarga muda di kemudian hari, HSBC Indonesia bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menawarkan produk Joint Life Care, yakni solusi perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi. Produk ini melindungi terhadap risiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia.

Kontan.co.id / 29-01-2020

32. FWD Life dan Bank Commonwealth Luncurkan Produk Asuransi FWD Multiple Protection

Dalam meningkatkan layanannya kepada nasabah, FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi penyakit kritis yakni FWD Critical Armor. Wakil Direktur Utama FWD Life, Adit Trivedi mengatakan, produk ini memungkinkan nasabah untuk klaim hingga tiga kali dari 50 jenis penyakit kritis dan satu kali dari jenis penyakit kritis minor. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan ke nasabah, Ia menambahkan, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat pembebasan premi, manfaat meninggal dunia dan pengembalian premi dengan total manfaat hingga 420 persen dari uang pertanggungan.

Kontan.co.id / 29-01-2020

33. Gandeng HSBC Indonesia, Allianz Luncurkan Asuransi Joint Life Care

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia menggandeng PT Bank HSBC Indonesia menghadirkan produk Joint Life Care. Produk ini merupakan asuransi jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi. Produk ini melindungi terhadap risiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia. Adapun manfaat dari produk ini ialah santunan jiwa hingga Rp 1,5 miliar. Ekstra proteksi lima tahun serta premi bulanan mulai dari Rp 500.000.

Kontan.co.id / 29-01-2020

34. Critical Armor, Asuransi Penyakit Kritis dengan Beragam Klaim

Adit Trivedi selaku Wakil Direktur Utama FWD Life mengatakan bahwa diagnosis penyakit kritis adalah hal yang tak terduga, dan tak diharapkan semua orang. Oleh karena itu, jika melihat riwayat kesehatan keluarga dan berisiko, artinya Anda perlu asuransi kritis seperti FWD Critical Armor dari PT FWD Life Indonesia (FWD Life). 

Adapun keuntungan FWD Critical Armor adalah memiliki banyak manfaat klaim. Ade Bungsu selaku Direktur, Chief of Proposition & Syariah FWD Life menjelaskan bahwa FWD Critical Armor melindungi nasabah tidak hanya satu kali, tapi berulang kali.

Liputan6.com / 29-01-2020

35. Hal-Hal yang Harus Kaum Milenial Ketahui Sebelum Punya Asuransi

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, asuransi sangat penting dimiliki semua orang di segala usia. Termasuk bagi generasi milenial yang masih memiliki banyak kegiatan, sehingga membutuhkan perlindungan lebih. Untuk milenial yang baru mau memulai berasuransi, ada banyak hal yang harus diketahui agar produk asuransi sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya berkonsultasi dengan ahli keuangan atau financial expert. Kemudian Karin menambahkan untuk membuat rencana asuransi yang ingin diprioritaskan.

Merdeka.com / 29-01-2020

36. HSBC Gandeng Allianz Sediakan Asuransi Khusus Untuk Suami Istri

Studi PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) menunjukkan bahwa 71 persen dari responden yang memiliki tanggungan finansial, seperti pasangan muda yang sudah menikah, tidak memiliki asuransi sebagai perlindungan jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Menanggapi hal itu, HSBC Indonesia bekerjasama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) membawa produk Joint Life Care sebagai asuransi dengan sistem perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi.

Merdeka.com / 29-01-2020

37. Allianz Indonesia Bidik Perlindungan Jiwa Suami Istri

PT asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menawarkan produk Joint Life Care yakni perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi. Produk ini melindungi terhadap risiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia. Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo menambahkan Allianz Indonesia percaya dibutuhkan produk asuransi yang simpel, terjangkau, dan relevan dengan kebutuhan nasabah berisiko middle class milenial market, pasangan suami istri atau keluarga muda, yang dapat memberikan income protection.

Medcom.id / 29-01-2020

38. HSBC dan Allianz Indonesia Luncurkan Joint Life Care

Chief of Bancassurance Allianz Life Indonesia Leroy Loo, Perwakilan Generasi Milenial Tanya Larasati dan Pandu Winata, Head of Network Retail Banking and Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia Edhi Tjahja Negara, Chief of Partnership Distribution Officer, Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo dan Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen berfoto bersama di sela acara peluncuran produk proteksi "Joint Life Care" kerjasama Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia di Jakarta. PT Bank HSBC Indonesia bekerjasama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menawarkan produk "Joint Life Care" yaitu solusi perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri dalam satu polis dengan satu premi. Produk ini melindungi terhadap resiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia.

Sindonews.com / 29-01-2020

39. Lebih Suka Traveling, Pasangan Milenial Malas Ikut Asuransi Jiwa

Pasangan milenial ternyata masih ogah ikuti asuransi jiwa. Malasnya generasi milenial ikut asuransi, lantaran mereka lebih mementingkan kebutuhan lainnya lebih dahulu, seperti kuliner, traveling, dan fesyen. Untuk itulah, sudah seharusnya para penyedia jasa asuransi sadar akan masalah ini, sekaligus menjaga masa depan generasi muda agar mereka memiliki perencanaan matang di masa depan. Produk Join Life Care, yang baru diluncurkan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) disebut-sebut bisa jadi solusi, karena menawarkan satu polis dan satu premi untuk 2 orang, yakni suami dan istri pasangan muda. Hal ini dapat mengurangi risiko berkurangnya penghasilan akibat salah satu atau pasangan pencari nafkah meninggal dunia.

Suara.com / 29-01-2020

40. Ini Tips Pilih Asuransi yang Relevan dengan Kebutuhan

Memiliki asuransi saat ini juga dinilai penting karena jika musibah terjadi, pemilik asuransi tak perlu menanggung semua biayanya. Konsultan Keuangan Usaha dan Pribadi, Mada Aryanugraha memberikan tips untuk memilih asuransi yang tepat. Berikut tips memilih asuransi yang tepat: 1. Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan, 2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Terpercaya, 3. Baca Polis Asuransi yang Dibeli.

Tribunnews.com / 29-01-2020

41. Alhamdulillah... FWD Life Bikin Asuransi Khusus Penyakit Kritis

Dalam meningkatkan layanannya kepada nasabah, FWD Life Indonesia meluncurkan produk asuransi penyakit kritis yakni FWD Critical Armor. Wakil Direktur Utama FWD Life, Adit Trivedi mengatakan, produk ini memungkinkan nasabah untuk klaim hingga tiga kali dari 50 jenis penyakit kritis dan satu kali dari jenis penyakit kritis minor.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan ke nasabah, Ia menambahkan, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat pembebasan premi, manfaat meninggal dunia dan pengembalian premi dengan total manfaat hingga 420 persen dari uang pertanggungan

Wartaekonomi.co.id / 29-01-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

42. Bikin Induk untuk Perbaiki Tata Kelola

Selain pengembalian uang nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero), pembentukan perusahaan induk atau holding badan usaha milik negara bidang asuransi diharapkan memperbaiki tata kelola investasi. Selain perusahaan induk, pemerintah mengusulkan pembentukan lembaga penjamin. Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait untuk mencari solusi atas kesulitan likuiditas Jiwasraya. Sejauh ini, mereka akan mengupayakan kewajiban pembayaran klaim pada pemegang polis produk Saving Plan sebesar Rp 16 triliun mulai akhir Maret 2020.

Kompas / 30-01-2020 Hal. 14

Berita Foto

43. [Foto] Peluncuran Asuransi Jiwa Berjangka

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen, Chief of Partnership Distribution Officer Bianto Surodjo, dan Head of Network Retail Banking & Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia Edhi Tjahja saat peluncuran Joint Life Care pada Rabu (29/1). Produk ini melindungi terhadap risiko berkurangnya sumber penghasilan dalam rumah tangga jika salah satu atau kedua pencari nafkah meninggal dunia.

Bisnis Indonesia / 30-01-2020 Hal. 14

44. [Foto] Penjelasan Kasus Jiwasraya

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan penjelasan mengenai kasus Jiwasraya saat rapat kerja bersama Panja Komisi VI DPR, Rabu (29/1). Rapat membahas langkah-langkah penyelesaian sengkarut Jiwasraya, khususnya menyangkut pengembalian dana nasabah.

Kompas / 30-01-2020 Hal. 2

45. [Foto] Produk Asuransi Jiwa Gabungan

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen, Chief of Partnership Distribution Officer Bianto Surodjo, dan Head of Network Retail Banking & Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia Edhi Tjahja saat peluncuran Joint Life Care pada Rabu (29/1). Allianz Life bekerja sama dengan HSBC Indonesia dalam peluncuran Joint Life Care, yang merupakan asuransi perlindungan jiwa berjangka gabungan bagi suami istri.

Kontan / 30-01-2020 Hal. 20

46. [Foto] FWD Luncurkan Produk Anyar

Wakil Direktur Utama FWD Life Adit Trivedi, Chief of Proposition & Syariah FWD Life Ade Bungsu, dan Chief Agency Officer Adi Chandra saat meluncurkan produk asuransi kritis bertajuk FWD Critical Armor di Jakarta (29/1).

Kontan / 30-01-2020 Hal. 20

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.634

IHSG (per 29 Januari 2020)

   6.113,04

BI Rate

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Jawa Pos, Kompas, Kontan, Koran Jakarta, Media Indonesia, Rakyat Merdeka, Republika, Suara Pembaruan, Gatra, Swa, Tempo, Bisnis.com, Detik.com, Genpi.co, Indopos.co.id, Infobanknews.com, Jawapos.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Medcom.id, Sindonews.com, Suara.com, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF