AAJI Daily News - 5 Maret 2020


Tanggal terbit (05 / 03 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

Kamis, 5 Maret 2020  

HEADLINE NEWS

  1. Imbal Hasil Unitlink Kena Efek Korona
  2. Asuransi Tanggung Biaya Pengobatan Corona Gak Ya? AAJI Jawab Begini
  3. Korban Corona di Indonesia, Asosiasi Asuransi: Nasabah Ayo Periksa Polis
  4. Asuransi Masih Tanggung Biaya Pasien Virus Corona Selama Belum Pandemik
  5. Avrist Bayar Uang Muka Klaim Gudang Alfamidi yang Alami Kebakaran
  6. Menjaga Trust di Asuransi Jiwa
  7. Ingin Merasa Aman
  8. Bumiputera Minta Nasabah Tunda Pencairan Dana
  9. Generali Luncurkan Layanan Fitur Sleep & Strees
  10. Kinerja Unit Link Allianz
  11. Allianz Life Targetkan Hasil Investasi Tumbuh Moderat
  12. Generali Perkenalkan Fitur Mengenali Stres dan Pola Tidur Lewat DNA
  13. Kerugian Negara Diumumkan Pekan Depan
  14. Pembobolan Direncanakan Sebelumnya
  15. [Foto] Dana Kelolaan Allianz Indonesia
  16. Bukit Asam Berpeluang Ambil Alih Tambang Sitaan Kasus Jiwasraya
  17. DPR Pastikan Pembayaran Jiwasraya Mulai Akhir Maret
  18. Peluncuran PRUCinta
  19. Allianz Indonesia Bukukan Dana Kelolaan Rp 40,18 Triliun
  20. Dana Nasabah Allianz Life Rp40,18 Triliun, Unit-Linked Fixed Income Jadi Pilihan
  21. Dampak Virus Corona, Asuransi Jiwa Optimis Pasar Unit-linked Tumbuh
  22. Prudential Rilis Asuransi Syariah Tanda Cinta untuk Keluarga
  23. Bantu Kelola Keuangan Nasabah, AIA Luncurkan AIA Income Pro
  24. Allianz Bukukan Total Dana Kelolaan Rp 40,18 Triliun
  25. Allianz Berikan Fitur Switching bagi Pemegang Unit Link
  26. Prudential Indonesia Luncurkan Prucinta: Bentuk Cinta yang Tak Lekang oleh Waktu
  27. AIA Income Pro Solusi Optimalkan Kemampuan Finansial Nasabah Selama Masa Produktif
  28. Prudential Indonesia Perluas Asuransi Jiwa Syariah
  29. Prudential Berikan Dana Darurat untuk Penggunaan Asuransi Jiwa
  30. Allianz Tawarkan Polis Asuransi yang Meng-cover Penderita Corona
  31. Kembangkan Asuransi Syariah, Prudential Rilis PRUCinta
  32. Unit-Linked Tak Goyah

TENTANG AAJI

Imbal Hasil Unitlink Kena Efek Korona

Kinerja unitlink di awal tahun tersengat juga dampak virus corona. Data PT Infovesta Utama menunjukkan imbal hasil tiga produk utilink cukup tertekan. Produk utilink berbasis saham menjadi produk yang imbal hasilnya paling Jeblok. Di Februari ini, secara rata-rata imbal hasilnya minus 6,81%.

Kontan / 05-03-2020 Hal. 20

Asuransi Tanggung Biaya Pengobatan Corona Gak Ya? AAJI Jawab Begini

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menginformasikan bahwa polis asuransi bisa menanggung biaya pengobatan bagi pasien terjangkit virus corona atau Covid-19. Dengan catatan, virus tidak dikategorikan dalam kondisi pandemik oleh pemerintah.

Investing.com / 03-03-2020

Korban Corona di Indonesia, Asosiasi Asuransi: Nasabah Ayo Periksa Polis

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengimbau para pemilik polis asuransi jiwa untuk memeriksa kembali cakupan manfaat klaim dari polisnya. Pemeriksaan ini guna memastikan apakah polis yang dimiliki menanggung risiko dari virus corona setelah ada korban diumumkan. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menjelaskan secara umum, polis asuransi tidak mengecualikan dampak dari virus Covid-19.

Bisnis.com / 03-03-2020

Asuransi Masih Tanggung Biaya Pasien Virus Corona Selama Belum Pandemik

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memastikan biaya pengobatan pasien terjangkit virus corona, Covid-19, masih bisa ditanggung perusahaan asuransi. Namun biaya tanggunga itu bisa dilakukan sepanjang penyakit tersebut belum ditetapkan sebagai pandemik.

Dream.co.id / 03-03-2020

Avrist Bayar Uang Muka Klaim Gudang Alfamidi yang Alami Kebakaran

Perusahaan asuransi PT Avrist General Insurance membayar uang muka klaim pertama asuransi harta benda untuk PT Midi Utama Indonesia atau Alfamidi. Uang muka yang dibayarkan sebesar Rp 36.423.000.000. PT Kalibesar Raya Utama (KBRU) sebagai Perusahaan Pialang Asuransi dari Alfamidi menyelesaikan proses klaim tersebut.

Kompas.com / 04-03-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Menjaga Trust di Asuransi Jiwa

AAJI berharap, pemerintah dapat terus melaksanakan pengawasan berbasis resiko secara intensif dan efektif sebagai upaya deteksi dini terhadap potensi kegagalan perusahaan dalam memenuhi kewajibanya kepada nasabah. Karena tantangan yang dihadapi  industri asuransi semakin berat ke depannya jika masyarakat tidak bisa sepenuhnya percaya kepada asuransi jiwa.

Infobank / Ed. Maret 20 Hal. 54-56

Ingin Merasa Aman

Ketika menjadi karyawan, Gen Z menganggap fasilitas adalah hal yang sangat penting. Concordia University, St. Paul dalam risetnya menyebutkan 70% Gen Z mengatakan bahwa mereka harus memiliki asuransi kesehatan ketika bekerja. Permintaan Gen Z terhadap apa saja yang masuk dalam cakupan asuransi juga terbilang luas, mulai perawatan gigi hingga mata.

Marketeers / Ed. Maret 20 Hal. 53

Bumiputera Minta Nasabah Tunda Pencairan Dana

AJB Bumiputera 1912 mengimbau pemegang polis program Solusi Bumiputera Taktis untuk menunda pencairan dana pada bulan ke-13, seiring tekanan likuiditas yang merundung perusahaan. Hal tersebut tertuang dalam surat No. 157/Sobat/Dir/Eks/II/2020. Program Sobat dibuat untuk mengurangi masalah klaim. Pemegang polis akan mendapat cashback dan bisa menebus polis seluruh premi mulai dari bulan ke-13.

Bisnis Indonesia / 05-03-2020 Hal. 14

Generali Luncurkan Layanan Fitur Sleep & Strees

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meluncurkan fitur Sleep and Stress yang akan membantu nasabah mengenali profil tidur, tingkat ketahanan & toleransi terhadap stres serta potensi gangguan tidur sesuai dengan DNA masing-masing.

HE Neraca / 05-03-2020 Hal. 3

Kinerja Unit Link Allianz

Allianz Indonesia menutup tahun 2019 dengan perkembangan return investasi yang baik dengan total dana kelolaan sebesar Rp 40,18 triliun atau naik sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 35,33 triliun, termasuk dana kelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Allianz. Portofolio ini terdiri dari dana yang dikelola dari unit link sebesar 53%, asuransi jiwa dan kesehatan 24% dan DPLK 22%.

Investor Daily / 05-03-2020 Hal. 23

Allianz Life Targetkan Hasil Investasi Tumbuh Moderat

PT Asuransi Allianz Life Indonesia memasang ekspektasi moderat untuk hasil investasi sepanjang paruh pertama 2020. Chief Investment Officer Allianz Life Ni Made Daryanti menjelaskan, tahun ini sejumlah peristiwa seperti wabah virus korona turut menggangu rantai pasok dan perekonomian. Pihaknya pun memprediksi tahun ii sepertinya volatile dan harus memanage ekspektasi lebih rendah dibandingkan tahun 2019.

Investor Daily / 05-03-2020 Hal. 23

Generali Perkenalkan Fitur Mengenali Stres dan Pola Tidur Lewat DNA

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia meluncurkan fitur Sleep and Stress yang akan membantu nasabah mengenali profil tidur, tingkat ketahanan & toleransi terhadap stres serta potensi gangguan tidur sesuai dengan DNA masing-masing.

Investor Daily / 05-03-2020 Hal. 23

Kerugian Negara Diumumkan Pekan Depan

Pemberkasan kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya hampir rampung. Begitupula dengan perhitungan kerugian negara oleh BPK. Ketua BPK Agung Firman Sampurna siap membuka hasil penghitungan kerugian negara kasus Jiwasraya pekan depan.

Jawa Pos / 05-03-2020 Hal. 4

Pembobolan Direncanakan Sebelumnya

Tim penyidik dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya yakin kasus gagal bayar polis perusahaan asuransi milik negara yang menyebabkan kerugian triliunan rupiah hampir selama 10 tahun telah direncanakan sejak awal oleh para tersangka. Keyakinan itu muncul setelah adanya sejumlah bukti yang berhasil dikumpulkan. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah mengatakan tim penyidik dan auditor dari BPK semakin yakin Asuransi Jiwasraya selama ini memang direncanakan untuk dibobol. Jaksa Agung ST Burhanuddin pernah menyatakan nilai kerugian Jiwasraya sekitar Rp27 triliun. Pengajar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Yenti Garnasih, menyatakan para tersangka Jiwasraya semestinya dapat dijerat dengan TPPU.

Kompas / 05-03-2020 Hal. 4

[Foto] Dana Kelolaan Allianz Indonesia

Total dana kelolaan atau asset under management (AUM) tahun 2019 Allianz Indonesia sebesar Rp40,18 triliun, naik 14% dibandingkan tahun sebelumnya Rp35,33 triliun, termasuk dana kelolaan DPLK Allianz.

Kontan / 05-03-2020 Hal. 20

Bukit Asam Berpeluang Ambil Alih Tambang Sitaan Kasus Jiwasraya

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berpotensi mengambil alih pengelolaan PT Gunung Bara Utama, perusahaan tambang batu bara hasil sitaan Kejakgung dari kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Aset tersebut ditengarai milik salah seorang tersangka, Heru Hidayat. Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menyatakan telah menerima penugasan dari Kementerian BUMn terkait aset yang terletak di Kutai Barat tersebut.  Saham Gunung Bara Utama dimiliki Batu Kaya Berkat (74,81%) dan Black Diamond Energy (25,19%). Seluruh saham PT GBU telah dijaminkan kepada Adaro Capital Ltd. sebagai agunan atas fasilitas pinjaman.

Koran Tempo / 05-03-2020 Hal. 24

DPR Pastikan Pembayaran Jiwasraya Mulai Akhir Maret

Head of Product Development Prudential Indonesia Himawan Purnama bersama Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo dan penyanyi Baim saat peluncuran asuransi jiwa syariah PRUCinta di Jakarta, Selasa (3/3).

Media Indonesia / 05-03-2020 Hal. 14

Peluncuran PRUCinta

Head of Product Development Prudential Indonesia Himawan Purnama bersama Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta pada Selasa (3/3).

Media Indonesia / 05-03-2020 Hal. 14

Allianz Indonesia Bukukan Dana Kelolaan Rp 40,18 Triliun

Allianz Indonesia membukukan dana kelolaan senilai Rp 40,18 triliun pada 2019. Kinerja asset under management (AUM) tersebut berhasil tumbuh di tengah tahun politik dalam negeri dan ketidakpastian global. Angka tersebut naik sebesar 14 persen dibandingkan tahun 2018 yang hanya sebesar Rp35,33 triliun," kata Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti. Made menjelaskan, portfolio AUM Allianz Infonesia ini terdiri dari dana yang dikelola dari produk unit link sebesar 53 persen, asuransi jiwa dan kesehatan sebesar 25 persen dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) sebesar 22 persen. Adapun jumlah nasabah Allianz Indonesia tahun 2019 juga mengalami peningkatan sebesar 4,23 persen menjadi 626.310 dari 600.869 nasabah. Sedangkan jumlah tertanggung juga mengalami kenaikan sebesar 18,99 persen menjadi 9,49 juta dari 7,92 juta. Menurut Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, salah satu rider yang baru diluncurkan tahun lalu, Hospital Surgical Care Premier, menjadi pendorong utama pertumbuhan unitlink di 2018. Selain itu, dengan memilih unitlink nasabah masih memungkinkan mendapatkan tambahan potensi investasi. Melihat sejumlah katalis positif tersebut, Karin optimtis bisnis perusahaan dapat tumbuh dengan baik. "Kita menargetkan double digit growth. Potensi untuk bisa berkembang masih sangat tinggi," tutur Karin.

Republika / 05-03-2020 Hal. 14

Dana Nasabah Allianz Life Rp40,18 Triliun, Unit-Linked Fixed Income Jadi Pilihan

Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti menjelaskan perusahaan mencatat portofolio produk unit-linked fixed income hingga 38,76 persen pada tahun lalu. Secara keseluruhan dana kelolaan (asset under management/AUM) perseroan mencapai Rp40,18 triliun. Jumlahnya meningkat 13,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp35,3 triliun.

Bisnis.com / 04-03-2020

Dampak Virus Corona, Asuransi Jiwa Optimis Pasar Unit-linked Tumbuh

Chief Investment Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti menjelaskan bahwa kombinasi proteksi asuransi dan investasi menjadi daya tarik produk unit linked bagi masyarakat. Produk ini memberi ruang bagi nasabah memilih profil risiko investasinya sendiri. Bagi yang enggan risiko rendah, maka unit-linked pendapatan tetap menjadi pilihan.

Bisnis.com / 04-03-2020

Prudential Rilis Asuransi Syariah Tanda Cinta untuk Keluarga

Untuk mendorong literasi keuangan syariah, Prudential Indonesia memperkenalkan pendekatan berbeda kepada masyarakat. Diberi nama PRUCinta, Sharia Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo  mengatakan produk asuransi ini berusaha melindungi keluarga lebih optimal, terjangkau, lebih mudah dipahami, dan relevan untuk melengkapi kebutuhan keluarga.

Dream.co.id / 04-03-2020

Bantu Kelola Keuangan Nasabah, AIA Luncurkan AIA Income Pro

PT AIA Financial (AIA) meluncurkan produk asuransi terbarunya yakni AIA Protection Income Plan (AIA Income Pro) sebagai solusi untuk membantu kalangan usia produktif menyiapkan proteksi serta perencanaan keuangan demi mewujudkan aspirasi keuangan.

Investing.com / 04-03-2020

Allianz Bukukan Total Dana Kelolaan Rp 40,18 Triliun

Perusahaan asuransi PT Asuransi Utama Allianz Indonesia membukukan total dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) sebesar Rp 40,18 triliun sepanjang 2019. Total dana kelolaan ini naik 14 persen dibanding dengan tahun 2018 yakni Rp 35,33 triliun yang termasuk dana kelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Alianz.

Kompas.com / 04-03-2020

Allianz Berikan Fitur Switching bagi Pemegang Unit Link

Untuk menghadapi ketidakpastian pasar global, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, kembali membuka free switching untuk pemegang polis asuransi jenis unit link. Dengan fasilitas ini nasabah unit link bisa mengubah produk investasinya.

Kompas.com / 04-03-2020

Prudential Indonesia Luncurkan Prucinta: Bentuk Cinta yang Tak Lekang oleh Waktu

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta (PRUCinta) untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka. Dengan sejumlah keunggulan seperti santunan meninggal yang lebih optimal.

Kontan.co.id / 04-03-2020

AIA Income Pro Solusi Optimalkan Kemampuan Finansial Nasabah Selama Masa Produktif

PT AIA FINANCIAL (AIA) pada hari ini meluncurkan produk asuransi terbarunya yakni AIA PROTECTION INCOME PLAN (AIA INCOME PRO)  yang hadir sebagai solusi untuk membantu kalangan usia produktif menyiapkan proteksi serta perencanaan keuangan demi mewujudkan aspirasi keuangan.

Kontan.co.id / 04-03-2020

Prudential Indonesia Perluas Asuransi Jiwa Syariah

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperluas produk asuransi jiwa berbasis syariah. Asuransi jiwa syariah PRUCinta (PRUCinta) diharapkan bisa memenuhi kebutuhan perlindungan nasabah dan masyarakat Indonesia. PRUCinta memberikan manfaat santunan meninggal dunia dari dana tabarru yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun.

Medcom.id / 04-03-2020

Prudential Berikan Dana Darurat untuk Penggunaan Asuransi Jiwa

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus meningkatkan kemudahan penggunaan asuransi jiwa oleh masyarakat. Salah satunya melalui dana darurat untuk keperluan mendesak seperti memiliki riwayat penyakit. Terkait dana darurat asuransi tersebut, Prudential meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta (PRUCinta) untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka.

Sindonews.com / 04-03-2020

Allianz Tawarkan Polis Asuransi yang Meng-cover Penderita Corona

Asuransi Allianz menawarkan produk polis suransi yang memberikan proteksi kepada nasabahnya dari risiko terpapar virus corona. Polis asuransi yang ditawarkan meliputi asuransi jiwa dan kesehatan dan asuransi perjalanan.

Tribunnews.com / 04-03-2020

Kembangkan Asuransi Syariah, Prudential Rilis PRUCinta

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan asuransi jiwa syariah PRUCinta (PRUCinta) untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka. Dengan sejumlah keunggulan seperti santunan meninggal yang lebih optimal.

Wartaekonomi.co.id / 04-03-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Unit-Linked Tak Goyah

Gejolak perekonomian tidak akan menyurutkanminat masyarakat untuk membeli produk asuransi dikaitkan investasi (PAYDI) atau dikenal sebagai unit-linked. Hanya saja, pelaku usaha memperkirakan adanya potensi perlambatan kinerja imbal hasil unit-linked pada 2020. Chief Investment Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia ni Made Daryanti menyampaikan produk unit-linked bisa tetap mencatatkan imbal hasil positif tahun ini meskipun melambat. Pertumbuhan portofolio perseroan mencapai 38,76% sepanjang 2019. Produk unit linked mendominasi portofolio Allianz sebesar 53% dari total dana kelolaan Rp40,18 triliun pada 2019. Selain itu, portofolio asuransi jiwa dan kesehatan mencapai 25% dan portofolio DPLK mencapai 22%. CEO Generali Indonesia Edy Thuirman mengatakan PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menggeser jenis pendapatan premi dari model tunggal menjadi pembayaran reguler. Pada 2019, perseroan membukukan premi Rp2,4 triliun, turun 13% dari 2018 sekitar Rp2,8 triliun. Chief Investment Officer PT Prudential Life Assurance Novi Imelda menilai bahwa terdapat sejumlah sentimen negatif yang dikhawatirkan akan memengaruhi perekonomian seperti penyebaran COVID-19 yang telah ditemukan di Indonesia.

Bisnis Indonesia / 05-03-2020 Hal. 14

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.113

IHSG (per 4 Maret 2020)

   5.650,13

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Jawa Pos, Kompas, Kontan, Koran Tempo, Media Indonesia, Republika, Infobank, Marketeers, Bisnis.com, Dream.co.id, Investing.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Medcom.id, Sindonews.com, Tribunnews.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF