AAJI Daily News - 10 Januari 2020
FM-CC-AAJI-06-001
Jumat, 10 Januari 2020
HEADLINE NEWS
- Tantangan industri asuransi jiwa yang bermain di lini bisnis unitlink tahun ini
- Menteri BUMN Siapkan Formula Penyehatan Jiwasraya
- Babak Lanjutan Jiwasraya
- Bersifat Sistemik, Masalah Jiwasraya Bakal Menyeret Sektor Lain
- Menteri BUMN Jiwasraya Diselamatkan
- Layanan Cepat Manulife
- Manulife Hadirkan Inovasi Layanan Digital Untuk Nasabah dan Agen
- Jaksa Menyisir Manajemen Lama Jiwasraya
- Tiga Aplikasi Baru Manulife
- Pacu Penjualan, Manulife Perkuat Layanan Digital
- Trimegah Sekuritas Siap Dukung Penyelidikan Kasus Jiwasraya
- Manulife Indonesia Perkuat Layanan Digital
- Ajak Generasi Milenial Lebih Sehat
- BPK Perluas Cakupan Pemeriksaan Skandal Jiwasraya
- Trimegah Dukung Penyelidikan Kasus Jiwasraya
- Manulife Tingkatkan Layanan Digital
- Bisnis Asuransi Jiwa Tingkatkan Kemudahan Layanan
- Erick Pastikan Jiwasraya Kembalikan Dana Nasabah
- Jiwasraya could have knock-on effect on financial sector
- Manulife Perkuat Layanan Digital
- Manulife Perkuat Layanan Digital, Bakal Dongkrak Penjualan
- Servis Cepat Manulife
- Pengamat: Krisis Jiwasraya Bisa Merembet ke Sektor Perbankan
- Ancaman Risiko Sistemik di Balik Skandal Jiwasraya
- Skandal Jiwasraya Sistemik, Industri Asuransi Kena Getahnya
- Digitalisasi Manulife Hadirkan 3 Layanan Baru
- Manulife awali tahun 2020 dengan penguatan layanan digital lewat 3 aplikasi baru
- Perkuat Layanan Digital Cara Asuransi Manulife Genjot Kinerja di 2020
- Pengawasan OJK di Kasus Jiwasraya Dipertanyakan
- FWD Life Digitalisasi Seluruh Proses Berasuransi
- FWD Life Genjot Pengembangan Kualitas Agen
- OJK Siap Fasilitasi Investigasi Kasus Jiwasraya
- Kenapa Asuransi Jiwasraya Bangkrut Harus Di-bailout?
- Pacu Penjualan, Manulife Perkuat Layanan Digital
- [Foto] Service Cepat Manulife
- [Foto] Inovasi Layanan Nasabah
TENTANG AAJI
1. Tantangan industri asuransi jiwa yang bermain di lini bisnis unitlink tahun ini
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperingatkan kepada perusahaan asuransi jiwa yang bermain di lini bisnis unitlink perihal berbagai tantangan di tahun ini. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, tantangan yang akan dihadapi ke depannya terkait dengan produk unitlink adalah semakin perlunya kehati-hatian dalam pengelolaan investasi. Menurut Togar, untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh masing-masing perusahaan asuransi jiwa di antaranya: perlu memiliki dan mengaplikasikan manajemen risiko yang baik serta melakukan perhitungan yang cermat dan akurat. Tujuannya agar produk yang ditawarkan kepada masyarakat tersebut nantinya tidak merugikan masyarakat dan juga perusahaan.
Kontan.co.id / 09-01-2020
INDUSTRI ASURANSI
2. Menteri BUMN Siapkan Formula Penyehatan Jiwasraya
Menteri BUMN Erick Thohir segera menindaklanjuti formula yang sudah disiapkan untuk menyehatkan Jiwasraya usai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengumumkan hasil temuan atas perusahaan asuransi tersebut. Erick juga menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi hasil kerja BPK yang sebetulnya juga sudah memberikan laporan mengenai hal ini sudah sejak 2008 menurut catatan dirinya.
Harian Terbit / 9-01-2020, Hal 10
3. Babak Lanjutan Jiwasraya
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan akan mengkaji lebih jauh temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyusut kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat berdampak sistemik di sistem keuangan. Sri Mulyani menambahkan, kasus ini juga akan dikembangkan berdasarkan sejumlah indikator yang telah ditentukan KSSK soal dampak sistemik sebuah lembaga keuangan terhadap stabilitas sistem keuangan.
Bisnis Indonesia / 10-01-2020, Hal 14
4. Bersifat Sistemik, Masalah Jiwasraya Bakal Menyeret Sektor Lain
Wakil Direktur Eksekutif Institute for Development and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan kasus PT Asuransi Jiwasraya yang disebut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berisiko sistemik, berpotensi menyeret sektor lain karena bisnisnya melibatkan banyak pihak mulai perbankan hingga perusahaan. Untuk itu, Eko mengharapkan pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk segera dan tidak ragu menetapkan jalan keluar bagi Asuransi Jiwasraya.
HE Neraca / 10-01-2020, Hal 5
5. Menteri BUMN Jiwasraya Diselamatkan
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pemerintah akan menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero), bukan melikuidasinya. Erick juga meminta nasabah untuk tetap tenang karena pemerintah tengah menyiapkan tiga skema penyelamatan Jiwasraya. Dari tiga skema itulah dana nasabah akan dibayar. Selain dari tiga skema itu, dana nasabah akan dibayar dari hasil pemulihan aset dan opsi dana talangan pemerintah. Adapun ketiga skema tersebut adalah; pertama, Jiwasraya bakal melepas kepemilikan sahamnya di Jiwasraya Putra kepada mitra strategis. Kedua, yaitu menerbitkan obligasi subordinasi yang dapat dikonversi menjadi saham. Ketiga, yaitu membuat produk reasuransi dengan investor.
Investor Daily / 10-01-2020, Hal 1&11
6. Layanan Cepat Manulife
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan produk layanan nasabah ePOS. Layanan nasabah yang memiliki kecepatan waktu dalam persetujuan polis, pembayaran premi via kartu kredit, transfer dan auto debet ini merupakan respon dari hasil survei Google Indonesia pada 2018.
Investor Daily / 10-01-2020, Hal 24
7. Manulife Hadirkan Inovasi Layanan Digital Untuk Nasabah dan Agen
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) pada tahun ini memperkuat layanan digital dengan menghadirkan tiga layanan berbasis teknologi untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran (agen). Ketiga layanan tersebut adalah online payment, e-POS dan MiLearn. Ini memberi kemudahan buat nasabah dalam melakukan pembayaran premi, sehingga memastikan proteksi mereka tetap berlangsung.
Investor Daily / 10-01-2020, Hal 24
8. Jaksa Menyisir Manajemen Lama Jiwasraya
Kejaksaan Agung masih terus mendalami kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), salah satunya dengan memeriksa orang yang diduga mengetahui persoalan kasus tersebut. Kemarin Kamis (9/1) manajemen lama Jiwasraya menjadi orang yang diperiksa. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Toegarisman menjelaskan nama-nama manajemen lama ini diperiksa pertama kalinya sebagai saksi. Adi mengatakan pemanggilan para saksi lain terus dilakukan untuk memenuhi berkas penyidikan kasus Jiwasraya.
Kontan / 10-01-2020, Hal 20
9. Tiga Aplikasi Baru Manulife
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) pada tahun ini memperkuat layanan digital dengan menghadirkan tiga layanan berbasis teknologi untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran (agen). Ketiga layanan tersebut adalah online payment, e-POS dan MiLearn. Ini memberi kemudahan buat nasabah dalam melakukan pembayaran premi, sehingga memastikan proteksi mereka tetap berlangsung.
Kontan / 10-01-2020, Hal 20
10. Pacu Penjualan, Manulife Perkuat Layanan Digital
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) fokus memperkuat layanan digital untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Manulife optimistis kehadiran layanan online payment, e-POS, dan MiLearn mampu memacu kinerja perusahaan, termasuk meningkatkan penjualan produk asuransi kepada masyarakat. Berdasarkan survei Google Indonesia pada 2018, terjadi peningkatan waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk online. Dalam survei itu terungkap, sekitar 68 persen dari responden yang bergantung pada smartphone saat mencari informasi terkait pembelian, akan memutuskan untuk membeli. “Perubahan pola masyarakat itu secara tidak langsung juga memicu Manulife Indonesia untuk terus meningkatkan layanan,” kata Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland. Sementara itu, layanan ePOS dan MiLearn diperuntukkan untuk mendukung kinerja tenaga pemasar.
Koran Jakarta / 10-01-2020, Hal 5
11. Trimegah Sekuritas Siap Dukung Penyelidikan Kasus Jiwasraya
PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (Trimegah) menyatakan, pihaknya telah dan akan selalu bersikap kooperatif terhadap proses penyelidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) ataupun instansi-instansi lainnya terkait masalah dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). “Sikap kooperatif tersebut ditunjukkan Trimegah dengan memberikan penjelasan dan data-data kepada penegak hukum. Sebab, sebagai salah satu perusahaan sekuritas yang menerima order pembelian atau penjualan saham dari para nasabahnya, termasuk Jiwasraya,” kata Corporate Secretary Trimegah Sekuritas, Agus Priyambada. Trimegah merupakan salah satu pihak yang dimintai keterangan sebagai saksi oleh Kejaksaan Agung berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana di Jiwasraya. Agus juga menegaskan, pihaknya selalu mematuhi seluruh ketentuan/peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik. Inisiatif keterbukaan informasi yang dilakukan Trimegah ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen Perseroan sebagai salah satu perusahaan terbuka yang tercatat di BEI.
Koran Sindo / 10-01-2020, Hal 11
12. Manulife Indonesia Perkuat Layanan Digital
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperkuat layanan digital. Ketiga layanan itu adalah online payment, e-POS, dan MiLearn yang ditujukan untuk nasabah dan tenaga pemasaran. Inovasi di teknologi digital ini termasuk saluran baru pembayaran premi, mengubah tampilan notifikasi surat koresponden kepada para nasabah, termasuk juga melengkapi para tenaga pemasar dengan aplikasi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan respons yang cepat, tepat, dan real-time, ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland. Manulife Indonesia juga menghadirkan aplikasi MiLearn atau aplikasi untuk pelatihan digital. MiLearn berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist. Selain itu, tambah dia, Manulife Indonesia juga meluncurkan dua aplikasi untuk mendukung kinerja tenaga pemasar yakni ePOS dan MiLearn. Lewat aplikasi ePOS, agen dapat sepenuhnya submit bisnis-bisnis baru secara digital. Director and Chief Operating Officer Manulife Indonesia Hans De Waal mengatakan, Manulife Indonesia tidak hanya ingin fokus pada penjualan produk proteksi, tetapi terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah.
Koran Sindo / 10-01-2020, Hal 12
13. Ajak Generasi Milenial Lebih Sehat
PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) mempertegas komitmennya untuk menanggulangi diabetes dengan kembali menyelenggarakan Sun Life Resolution Run 2020. Acara ini diadakan tanggal 12 Januari 2020, bertempat di ICE BSD, Tangerang Selatan. Lebih dari 2.500 peserta serta berbagai komunitas akan berpartisipasi pada ajang tahunan yang menjadi bagian dari kampanye kesehatan #LiveHealthierLives, sekaligus ambil bagian sebagai motor penggerak dalam meyebarkan semangat hidup sehat dan melawan diabetes, #TeamUpAgainstDiabetes. Elin Waty, Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia menyatakan Mempersiapkan komunitas yang peduli terhadap hidup sehat seperti pola makan seimbang dan aktif bergerak, menjadi langkah penting untuk menjaga kualitas kesehatan serta mencegah penyebaran berbagai penyakit tidak menular, salah satunya diabetes. Kegiatan yang melibatkan komunitas juga dilakukan Sun Life melalui berbagai aktivitas termasuk ‘Sun Life Virtual Charity Run’ yang digelar sejak November lalu, bersama duta kampanye ‘Live Healthier Lives’: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. “Dalam 1 bulan penyelenggaraannya, kegiatan virtual run berhasil mengumpulkan donasi senilai lebih dari Rp 400 juta.
Koran Sindo / 10-01-2020, Hal 14
14. BPK Perluas Cakupan Pemeriksaan Skandal Jiwasraya
BPK memperluas cakupan pemeriksaan investigasi dalam skandal keuangan PT Asuransi Jiwasraya antar alain melakukan pengawasan OJK, Kementerian BUMN, dan akuntan publik terkait. Auditor III BPK Achsanul Qosasi mengatakan lembaganya berhak melakukan pemeriksaan tersebut untuk kepentingan investigasi dalam mengungkap ketidakpatuhan. “Kami akan memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan investigasi oleh BPK,” ujar Juru Bicara OJK, Sekar Putih. Kementerian BUMN telah menyampaikan empat alternatif skema penyelamatan dan restrukturisasi keuangan Jiwasraya antara lain: partnership melalui Jiwasraya Putra, pembentukan holding asuransi di bawah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia, skema finansial reasuransi, dan menghimpun dana penyelamatan dari pemilik saham.
Koran Tempo / 10-01-2020, Hal 21
15. Trimegah Dukung Penyelidikan Kasus Jiwasraya
PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (Trimegah) menegaskan akan selalu bersikap kooperatif terhadap proses penyelidikan yang dilakukan Kejaksaan Agung ataupun instansi-instansi lainnya terkait dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya (persero). Trimegah menjadi salah satu pihak yang dimintai keterangan sebagai saksi oleh Kejaksaan Agung berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana di Jiwasraya. Kejagung mengungkapkan telah mengantongi nama yang potensial menjadi tersangka. "Trimegah memberikan jasa layanan transaksi yang sama kepada seluruh nasabah yang dilakukan secara prudent sesuai instruksi nasabah," jelas Agus Priyambada, Corporate Secretary Trimegah Sekuritas. Lebih jauh Agus menegaskan bahwa Trimegah selalu mematuhi seluruh ketentuan/peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik. Ia juga memastikan bahwa Trimegah Asset Management, entitas anak perusahaan Trimegah Sekuritas, tidak termasuk perusahaan yang diperiksa dalam kasus Jiwasraya. "Menyikapi yang disampaikan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan Kejaksaan Agung, OJK mendukung dan akan memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan investigasi lebih lanjut oleh BPK," ungkap juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot.
Media Indonesia / 10-01-2020, Hal 10
16. Manulife Tingkatkan Layanan Digital
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memperkuat layanan digital untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. "Inovasi di teknologi digital ini berupa saluran baru pembayaran premi, mengubah tampilan notifikasi surat koresponden kepada para nasabah, termasuk juga melengkapi para tenaga pemasar dengan aplikasi digital, yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan respons yang cepat, tepat, dan realtime," ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland dalam kegiatan Agent Manulife-Kick-off 2020 di Jakarta, kemarin. Ia mengaku bergembira, saat memasuki usia 35 tahun Manulife di Indonesia, pihaknya bisa menghadirkan tiga layanan yang baik untuk nasabah dan tenaga pemasar. Ketiga layanan itu ialah Online Payment, e-POS, dan MiLearn. Online Payment atau pembayaran daring dihadirkan demi memudahkan para nasabah. Manulife Indonesia juga menghadirkan aplikasi MiLearn atau aplikasi untuk pelatihan digital. MiLearn berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist. Director and Chief Operating Officer Manulife Indonesia, Hans De Waal, mengatakan Manulife Indonesia tidak hanya ingin fokus pada penjualan produk proteksi, tetapi juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Saat ini Manulife Indonesia memiliki 2,5 juta nasabah dan 7.000 agen di seluruh Indonesia.
Media Indonesia / 10-01-2020, Hal 10
17. Bisnis Asuransi Jiwa Tingkatkan Kemudahan Layanan
Peningkatan kemudahan layanan dan peningkatan tenaga pemasaran menjadi terobosan yang dilakukan bisnis asuransi jiwa di Indonesia tahun 2020 ini. “Inovasi di teknologi digital ini termasuk saluran baru pembayaran premi, mengubah tampilan notifikasi surat koresponden kepada para nasabah, termasuk juga melengkapi para tenaga pemasar dengan aplikasi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan respons yang cepat, tepat, dan real-time,” ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland. Berdasarkan survei Google Indonesia pada 2018 terungkap, saat ini terjadi peningkatan waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk online. Pengaruh keterlibatan online terhadap keputusan pembelian yang mereka buat juga meningkat. Dalam survei itu terungkap, sebanyak 68% dari mereka yang bergantung pada smartphone saat mencari informasi terkait pembelian, akan memutuskan untuk membeli. Director and Chief Operating Officer Manulife Indonesia, Hans De Waal, mengatakan Manulife Indonesia tidak hanya ingin fokus pada penjualan produk proteksi, tetapi juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Saat ini Manulife Indonesia memiliki 2,5 juta nasabah dan 7.000 agen di seluruh Indonesia
Pikiran Rakyat / 10-01-2020, Hal 12
18. Erick Pastikan Jiwasraya Kembalikan Dana Nasabah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah menyampaikan hasil pemeriksaan investigatif pendahuluan atas kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Menurut Erick, hasil pemeriksaan BPK menjadi titik terang bagi Kementerian BUMN dan pemangku kepentingan terkait dalam menyelesaikan permasalahan Jiwasraya. Erick menilai, BPK telah menjelaskan secara gamblang terkait kasus Jiwasraya, sehingga BUMN dapat memiliki sejumlah tahapan demi memastikan pembayaran klaim nasabah. Ia pun menegaskan, pemerintahan Presiden Joko Widodo bakal menyelesaikan kasus Jiwasraya agar nasabah mendapatkan haknya, kendati permasalahan Jiwasraya sudah terjadi sejak lebih dari satu dekade silam. Segudang permasalahan di Jiwasraya membuat perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia itu tak mampu membayar polis yang jatuh tempo pada Oktober-Desember 2019 untuk produk JS Saving Plan. Jumlahnya mencapai Rp 12,4 triliun. Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Teogarisman menegaskan, Kejakgung bakal memeriksa semua orang yang dianggap tahu atau terlibat dalam kasus tersebut. Kejakgung, kata dia, juga tak akan pandang bulu jika pemeriksaan harus menyertakan sejumlah mantan pejabat setingkat menteri. Dia menerangkan, ada tujuh nama yang diperiksa pada Kamis (9/1). Tiga di antaranya adalah mantan direktur utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan direktur pemasaran De Young Adrian, dan mantan direktur SDM dan kepatuhan Muhammad Zamkhani.
Republika / 10-01-2020, Hal 1&9
19. Jiwasraya could have knock-on effect on financial sector
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan bahwa pemerintah akan mengambil beberapa tindakan termasuk mendirikan holding perusahaan asuransi untuk memastikan agar Jiwasraya memiliki arus kas yang cukup untuk membayar klaim para nasabahnya. Kasus Jiwasraya menjadi sorotan setelah mengalami gagal bayar atas produk JS Saving Plan senilai Rp802 miliar pada Oktober 2018. Kejaksaan Agung telah melangsungkan investigasi atas dugaan kasus korupsi di Jiwasraya dan telah mencekal 10 orang ke luar negeri meskipun belum berstatus tersangka. Kekhawatiran atas risiko sistemik diungkap pertama kali oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna pada Rabu. Skandal ini telah mendorong parlemen untuk membuat pansus atas kasus tersebut. Setidaknya ada lima fraksi, Gerindra, Golkar, Nasdem, PKS, dan Demokrat yang secara informal telah mengajukan wacana pansus ke DPR.
The Jakarta Post / 10-01-2020, Hal 1
20. Manulife Perkuat Layanan Digital
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) pada tahun ini memperkuat layanan digital dengan menghadikan tiga layanan berbasis teknologi untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran (agen). Ketiga layanan tersebut adalah online payment, e-POS dan MiLearn. Ini memberi kemudahan buat nasabah dalam melakukan pembayaran premi, sehingga memastikan proteksi mereka tetap berlangsung.
Beritasatu.com / 09-01-2020
21. Manulife Perkuat Layanan Digital, Bakal Dongkrak Penjualan
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) membuka 2020 dengan memperkuat layanan digital, menghadirkan tiga layanan untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Tiga layanan itu adalah online payment, e-POS, dan MiLearn. Online Payment atau pembayaran daring diperuntukkan untuk memudahkan para nasabah. Melalui layanan ini, kata Charland, nasabah cukup klik dengan ujung jari pada link yang tersedia dan melakukan pembayaran. Manulife Indonesia juga menghadirkan aplikasi MiLearn atau aplikasi untuk pelatihan digital. MiLearn berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist.
Bisnis.com / 09-01-2020
22. Servis Cepat Manulife
Direktur & Chief Operating Officer Hans de Waal (dari kiri), Presiden Direktur & CEO Ryan Charland, General Manager Agency PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia John Curtis, Head of Center of Excellence Oke Pitrajayakusuma, dan Chief Agency Officer Jeffrey Kie berbincang usai meluncurkan produk layanan nasabah ePOS, di Jakarta, Kamis (9/1). Layanan nasabah yang mempunyai percepatan waktu dalam persetujuan polis, pembayaran premi via kartu kredit, transfer, dan auto debet ini merupakan respon dari hasil survei Google Indonesia pada 2018, bahwa keterlibatan online terhadap keputusan pembelian di masyarakat mencapai 68%, dan mereka sudah sangat tergantung pada smartphone dalam mencari informasi pembelian.
Bisnis.com / 09-01-2020
23. Pengamat: Krisis Jiwasraya Bisa Merembet ke Sektor Perbankan
Potensi dampak sistemik dari masalah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan sektor perasuransian dinilai kerap luput dari perhatian Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK. Pengamat asuransi Irvan Rahardjo menjelaskan bahwa potensi risiko sistemik dari industri asuransi sudah muncul sejak masalah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 tak kunjung terselesaikan. Dia menjelaskan bahwa dampak sistemik tersebut berarti krisis yang dialami perusahaan asuransi akan berdampak terhadap keseluruhan industri asuransi. Dampak itu pun secara perlahan menurutnya dapat menjalar ke industri perbankan.
Bisnis.com / 09-01-2020
24. Ancaman Risiko Sistemik di Balik Skandal Jiwasraya
Persoalan defisit keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) semakin panas. Yang terbaru, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengklaim skandal di perusahaan asuransi itu bersifat gigantik atau berskala besar. Bahkan, apabila tak segera diselesaikan, dampaknya akan sistemik yang berarti pengaruh dari persoalan keuangan Jiwasraya akan meluas, bukan hanya di tubuh perusahaan saja. Ketua BPK Agung Firman Sampurna tak ingin masalah Jiwasraya kian membesar seperti kasus Bank Century. Makanya, BPK bersama sejumlah kementerian/lembaga (K/L) seperti Kejaksaan Agung dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang bekerja sama membuka 'borok' Jiwasraya dan menyembuhkan keuangan perusahaan.
Cnnindonesia.com / 09-01-2020
25. Skandal Jiwasraya Sistemik, Industri Asuransi Kena Getahnya
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan kasus yang membeli PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berskala besar dan memiliki risiko sistemik. Hal itu dinilai merugikan sektor perasuransian dalam negeri. Menurut Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara, risiko sistemik tersebut akan terjadi pada kepercayaan para nasabah asuransi. Kepercayaan nasabah akan menurun akibat kasus gagal bayar Jiwasraya. Bhima menilai, kasus Jiwasraya terjadi karena adanya kelalaian dalam pengawasan, dalam hal ini pihak regulator. Menurutnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus ikut bertanggung jawab.
Detik.com / 09-01-2020
26. Digitalisasi Manulife Hadirkan 3 Layanan Baru
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) pada tahun ini memperkuat layanan digital dengan menghadikan tiga layanan berbasis teknologi untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran (agen). Ketiga layanan tersebut adalah online payment, e-POS dan MiLearn. Ini memberi kemudahan buat nasabah dalam melakukan pembayaran premi, sehingga memastikan proteksi mereka tetap berlangsung.
Kompas.com / 09-01-2020
27. Manulife awali tahun 2020 dengan penguatan layanan digital lewat 3 aplikasi baru
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) membuka 2020 dengan memperkuat layanan digital, menghadirkan tiga layanan untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Tiga layanan itu adalah online payment, e-POS, dan MiLearn. Online Payment atau pembayaran daring diperuntukkan untuk memudahkan para nasabah. Melalui layanan ini, kata Charland, nasabah cukup klik dengan ujung jari pada link yang tersedia dan melakukan pembayaran. Manulife Indonesia juga menghadirkan aplikasi MiLearn atau aplikasi untuk pelatihan digital. MiLearn berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist.
Kontan.co.id / 09-01-2020
28. Perkuat Layanan Digital Cara Asuransi Manulife Genjot Kinerja di 2020
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) memperkuat layanan digital. Ketiga layanan itu adalah online payment, e-POS, dan MiLearn yang ditujukan untuk nasabah dan tenaga pemasar. Penguatan layanan bisnis digital juga diharapkan memperkuat kinerja perusahaan, termasuk dalam meningkatkan penjualan produk ke masyarakat. Serta memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. “Inovasi di teknologi digital ini termasuk saluran baru pembayaran premi, mengubah tampilan notifikasi surat koresponden kepada para nasabah, termasuk juga melengkapi para tenaga pemasar dengan aplikasi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan respons yang cepat, tepat, dan real-time,” ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta, Kamis (9/1/2020).
Liputan6.com / 09-01-2020
29. Pengawasan OJK di Kasus Jiwasraya Dipertanyakan
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai peran pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) perlu dipertanyakan. Apalagi masalah ini berpotensi merugikan negara hingga puluhan triliun. Menurutnya ada keterlibatan direksi yang menyebabkan kerugian di Jiwasraya. Bahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya penyimpangan pada produk JS Saving Plan yang sejak 2015 memberikan keuntungan bagi perusahaan asuransi pelat merah itu.
Medcom.id / 09-01-2020
30. FWD Life Digitalisasi Seluruh Proses Berasuransi
Perusahaan asuransi jiwa PT FWD Life Indonesia (FWD Life) mengaplikasikan teknologi dalam seluruh proses berasuransi. Mulai dari prospek calon nasabah hingga pembelian polis, proses berasuransi tersebut dilakukan secara digital. Perusahaan juga fokus terhadap pengembangan agen. FWD Life punya beberapa program pelatihan keagenan, di antaranya menyekolahkan para agency leaders terpilih di INSEAD, Prancis. Kemudian menggandeng perusahaan konsultan marketing MarkPlus, hingga program pelatihan agency leaders di perguruan tinggi ternama Indonesia.
Medcom.id / 09-01-2020
31. FWD Life Genjot Pengembangan Kualitas Agen
Perusahaan asuransi jiwa PT FWD Life Indonesia (FWD Life) mengawali 2020 dengan berfokus pada pengembangan kualitas agen melalui program Agency Kick-Off 2020. Chief Agency Officer FWD Life Adi Chandra mengatakan, ada sekitar 400 agen yang ikut serta dalam Agency Kick-Off 2020 ini. Program yang digelar setiap awal tahun ini bertujuan untuk memberi informasi kepada agen dalam upaya mencapai target-target yang dicanangkan perusahaan selama 2020.
Medcom.id / 09-01-2020
32. OJK Siap Fasilitasi Investigasi Kasus Jiwasraya
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap mendukung pelaksanaan investigasi mendalam kasus gagal bayar polis asuransi Jiwasraya yang disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kejaksaan Agung, Rabu, 8 Januari 2020. juru bicara OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Sekar Putih Djarot mengatakan OJK telah memberikan beberapa hal yang berkaitan dengan penanganan kasus Jiwasraya.
Medcom.id / 09-01-2020
33. Kenapa Asuransi Jiwasraya Bangkrut Harus Di-bailout?
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan skala besar dan memiliki risiko sistemik. Kepala BPK Agung Firman Sampurna mengatakan karena besarnya kasus Jiwasraya, maka pihaknya akan mengambil kebijakan yang berhati-hati. Ia menyebut besarnya kasus ini dengan skala gigantic alias sangat besar.
Viva.co.id / 09-01-2020
34. Pacu Penjualan, Manulife Perkuat Layanan Digital
Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) fokus memperkuat layanan digital untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Manulife optimistis kehadiran layanan online payment, e-POS, dan MiLearn mampu memacu kinerja perusahaan, termasuk meningkatkan penjualan produk asuransi kepada masyarakat. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland mengungkapkan inovasi di teknologi digital yang dihadirkan pada awal 2020 meliputi saluran baru pembayaran premi, mengubah tampilan notifikasi surat koresponden kepada para nasabah, termasuk juga melengkapi para tenaga pemasar dengan aplikasi digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan respons yang cepat, tepat, dan real-time. Dia meyakini, dengan adanya penguatan pada layanan digital itu, tentu akan meningkatkan target penjualan di tahun ini.
Koran-jakarta.com / 10-01-2020
Berita Foto
35. [Foto] Service Cepat Manulife
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia meluncurkan produk layanan nasabah ePOS. Layanan nasabah yang memiliki kecepatan waktu dalam persetujuan polis, pembayaran premi via kartu kredit, transfer dan auto debet ini merupakan respon dari hasil survei Google Indonesia pada 2018.
Bisnis Indonesia / 10-01-2020, Hal 14
36. [Foto] Inovasi Layanan Nasabah
Manulife Indonesia meluncurkan produk layanan nasabah ePOS dan MiLearn. Produk ini memiliki percepatan waktu dalam persetujuan polis, pembayaran premi via kartu kredit, transfer atau auto debet.
Kontan / 10-01-2020, Hal 20
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
13.854 |
IHSG (per 9 Januari 2020) |
6.274,49 |
BI Rate |
|
Sumber Kontan.com
Sumber Media:
Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Kontan, Koran Sindo, Koran Jakarta, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Republika, The Jakarta Post, Beritasatu.com, Bisnis.com, Cnnindonesia.com, Detik.com, Kompas.com, Kontan.co.id, Liputan6.com, Medcom.id, Viva.co.id
