AAJI Daily News - 24 November 2020


Tanggal terbit (24 / 11 / 2020)

FM-CC-AAJI-06-001

 Selasa, 24 November 2020

HEADLINE NEWS

  1. Terus Bertambah, 9 Perusahaan Asuransi Kantongi Izin Jual Unit-Linked Virtual
  2. Oktober, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Rp 139,35 Triliun
  3. HUT ke-9, Jokowi hingga Bos-Bos Emiten Ungkap Peran Penting OJK di Industri Keuangan
  4. Perpaduan Human Touch dan Teknologi Jadi Solusi Industri Asuransi
  5. Sentuhan Personal Dipadukan dengan Digital
  6. Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejagung Lacak Aset Tersangka Piter Rasiman di Luar Negeri
  7. Langkah Transformasi Jiwasraya Selamatkan Polis
  8. Happy Monday! Pantau Dulu 8 Kabar Pasar ‘Hot’ Ini
  9. Klaim Asuransi Tak Kunjung Cair, Puluhan Nasabah Demo Bumiputera Probolinggo
  10. Kejagung Terus Melacak Aset Tersangka Kasus Jiwasraya di Dalam dan Luar Negeri
  11. Kasus Jiwasraya, Pengamat PSHK Dorong OJK dan BPK Gelar Audit Khusus
  12. Kerugian Tembus Rp50 M, Korban Kresna Life Kirim Surat ke OJK
  13. Perusahaan Asuransi Kantongi Izin Jual Unit-Linked Digital, Ini Daftarnya
  14. Premi Asuransi Jiwa
  15. Asuransi Dalam Ekosistem Digital

TENTANG AAJI

Terus Bertambah, 9 Perusahaan Asuransi Kantongi Izin Jual Unit-Linked Virtual

Tiga perusahaan asuransi memperoleh izin dalam dua bulan terakhir untuk memasarkan produk unit-linked secara langsung melalui kanal digital. Total perusahaan yang telah mengantongi izin itu pun menjadi bertambah menjadi sembilan. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Riswinandi menilai bahwa relaksasi penjualan unit-linked merupakan kebijakan yang penting karena produk tersebut mendominasi portofolio asuransi jiwa. AAJI mencatat bahwa produk itu mencakup sekitar 63,1 persen dari total polis asuransi jiwa.

Bisnis.com / 23-11-2020

Oktober, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Rp 139,35 Triliun

Industri asuransi jiwa membukukan premi mencapai Rp 139,35 triliun sampai Oktober 2020, atau terkontraksi -8,53% secara tahunan (yoy). Sampai akhir tahun, pelaku usaha meyakini kontraksi pendapatan premi bisa ditekan di level satu digit dengan dukungan sejumlah faktor. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyampaikan, perbaikan sekaligus pencapaian industri asuransi jiwa terkait pendapatan premi tersebut didukung sejumlah sentimen positif di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah relaksasi yang diberikan OJK sehubungan dengan penjualan PAYDI.

Investor.id / 23-11-2020

INDUSTRI & ASURANSI

Perpaduan Human Touch dan Teknologi Jadi Solusi Industri Asuransi

Chubb Life Indonesia menilai, perpaduan antara human touch dan teknologi digital merupakan rumus kunci untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah di tengah masa yang menantang ini dan seterusnya. Salah satu inovasi digital yang dilakukan oleh Chubb Life Indonesia adalah pengoptimalan platform online Customer Corner untuk berinteraksi dengan nasabah. Platform tersebut menyediakan sistem pengajuan klaim online yang menjadi virtual, lebih cepat dan lebih mudah.

Investor Daily / 24-11-2020 Hal. 23

Sentuhan Personal Dipadukan dengan Digital

Transformasi digital menjadi tantangan bagi bisnis yang mengandalkan pendekatan personal dan rasa percaya pada masa pandemi Covid-19, antara lain, diterapkan dalam industri asuransi. Bagi Chubb Life Indonesia, kombinasi sentuhan manusia dan teknologi digital adalah rumus kunci untuk memenuhi kebutuan nasabah. Perusahaan pun mengoptimalkan platform dalam jaringan sehingga proses klaim secara virtual lebih cepat. Klaim yang memenuhi syarat, yakni di bawah 200 dollar AS atau Rp2,8 juta dan diajukan secara digital melalui platform itu akan disetujui di hari yang sama.

Kompas / 24-11-2020 Hal. 10

Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejagung Lacak Aset Tersangka Piter Rasiman di Luar Negeri

Kejagung tengah melacak aset milik tersangka Direktur Utama PT Himalaya Energi Piter Rasiman di luar negeri dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menyebut, bahwa sejauh ini pihaknya baru menyita aset milik tersangka Piter Rasiman berupa sejumlah bidang tanah di Semarang Jawa Tengah.  Menurutnya, tim penyidik Kejagung sampai saat ini masih melakukan pelacakan aset milik tersangka Piter Rasiman baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

Bisnis.com / 23-11-2020

Langkah Transformasi Jiwasraya Selamatkan Polis

Manajemen Baru PT Jiwasraya tengah mendorong transformasi guna mendukung program penyelamatan polis atau restrukturisasi melalui pembenahan seluruh lini bisnis perusahaan. Menurut Direktur Kepatuhan dan SDM Jiwasraya, R. Mahelan Prabantarikso, dalam upaya mempertahankan Jiwasraya yang tengah berada dalam kondisi likuiditas penuh tekanan, sehingga perbaikan pada tata kelola perusahaan hingga menjaga mentalitas SDM.

Cnbcindonesia.com

Happy Monday! Pantau Dulu 8 Kabar Pasar ‘Hot’ Ini

Beberapa kabar pasar: Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja kembali menjual saham perseroan yang menjadi miliknya sebanyak 100.000 lembar. PT Asuransi Jiwa Kresna Life digugat lagi oleh nasabahnya terkait Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Perusahaan energi terintegrasi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mencatatkan laba bersih mencapai USD29,51 juta atau setara dengan Rp 413,19 miliar pada 9 bulan tahun ini atau per September 2020.

Cnbcindonesia.com / 23-11-2020

Klaim Asuransi  Tak Kunjung Cair, Puluhan Nasabah Demo Bumiputera Probolinggo

Sedikitnya 10 pemegang polis (nasabah) ngeluruk kantor Asuransi Bumiputera 1912 di Jalan Soekarno Hatta, Kota probolinggo, Senin (23/11) siang. Kedatangannya mempertanyakan klaim asuransi mereka yang tidak kunjung dicairkan pihak perusahaan. Nurul aini, salah seorang dari mereka mengatakan, setahun yang lalu mengajukan penghentian kontrak. Namun, keinginan warga Desa pabean, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo tersebut, ditolak Bumiputera.

Faktualnews.com / 23-11-2020

Kejagung Terus Melacak Aset Tersangka Kasus Jiwasraya di Dalam dan Luar Negeri

Kejagung terus melacak aset milik Piter Rasiman, salah seorang tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Piter Rasiman merupakan Direktur Utama PT Himalaya Energi. Aset yang tengah dilacak adalah aset yang berada di dalam dan di luar negeri. Menurut Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah, tim penyidik Kejagung  masih terus melacak aset milik tersangka Piter Rasiman. Untuk aset yang lain, baik di dalam maupun di luar negeri masih dalam proses pelacakan tim penyidik.

Koran-jakarta.com / 23-11-2020

Kasus Jiwasraya, Pengamat PSHK Dorong OJK dan BPK Gelar Audit Khusus

Pengamat hukum ekonomi Pusat Studi Hukum Kebijakan Indonesia (PSHK) Muhammad Faiz mendorong BPK untuk melakukan audit khusus terkait kasus Jiwasraya yang mempengaruhi nasib dana nasabah WanaArtha Life. Diharapkan, dana nasabah bisa dipisahkan dengan dana lain dalam rekening efek Wanaartha yang benar-benar terkait kasus. Menurut dia, sebagai otoritas keuangan, OJK bisa saja meminta kepada BPK untuk mengaudit khusus kasus ini, agar dana nasabah bisa diselamatkan dan industri keuangan punya reputasi yang bagus.

Pikiran-rakyat.com / 23-11-2020

Kerugian Tembus Rp50 M, Korban Kresna Life Kirim Surat ke OJK

LQ Indonesia Lawfirm yang menjadi kuasa hukum belasan nasabah korban gagal bayar Kresna Life, memberikan surat somasi kepada Otoritas Jasa Keuangan atas dicabutnya sanksi PKU (Pembatasan Kegiatan Usaha) oleh OJK dengan surat no S-458/NB.2/2020 tertanggal 4 Nopember 2020.  Diketahui sebelumnya, Deputi Komisioner Pengawas IKNB II Moch Ihsanuddin menyatakan pencabutan sanksi pembekuan usaha dilakukan karena Kresna Life dianggap telah mengatasi penyebab dikenakan sanksi dengan melaksanakan rekomendasi pemeriksaan pada 2019.

Wartaekonomi.co.id / 23-11-2020

Perusahaan Asuransi Kantongi Izin Jual Unit-Linked Digital, Ini Daftarnya

Sembilan perusahaan asuransi telah memperoleh izin untuk menjual produk unit-linked secara digital. Berikut daftar nama kesembilan perusahaan asuransi tersebut: PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT AIA Financial, PT Asuransi Jiwa Astra, PT Panin Dai Ichi Life, PT FWD Life Indonesia, PT Great Eastern Life Indonesia, PT Sun Life Financial Indonesia. Diharapkan bahwa bahwa perusahaan-perusahaan yang dapat menjual unit-linked secara digital harus mematuhi semua aturan yang berlaku.

Bisnis.com / 23-11-2020

Regulasi & Makro Ekonomi

Premi Asuransi Jiwa

Industri asuransi jiwa membukukan premi mencapai Rp139,35 triliun sampai Oktober 2020, atau terkontraksi -8,53% secara tahunan. Sampai akhir tahun, pelaku usaha meyakini kontraksi pendapatan premi bisa ditekan di level satu digit dengan dukungan sejumlah faktor.

Investor Daily / 24-11-2020 Hal. 23

Asuransi Dalam Ekosistem Digital

Pemain besar dalam ekonomi digital Indonesia memang masih didominasi oleh industry transportasi, travel, e-commerce dan teknologi finansial. Namun, yang menarik adalah insurtech sudah mulai banyak penggunanya. Industry perasuransian sudah berkontribusi dalam ekosistem digital, seperti dalam bisnis perjalanan dan e-commerce. Fitur asuransi perjalanan tersedia di situs/aplikasi agen perjalanan. Dalam platform e-commerce, ada opsi asuransi untuk memberikan jaminan atas kerusakan/kerugian pada barang yang dibeli.

Bisnis Indonesia / 24-11-2020 Hal. 2

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.149

IHSG (per 23 November 2020)

 5.652,76

BI Rate

 

 

 

 

 

 

Sumber Kontan.com

Sumber Media:

Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kompas.com, Bisnis.com, Cncbindonesia.com, Investor.id, Faktualnews.com, Koran-jakarta.com, Pikiran-rakyat.com, Wartaekonomi.co.id.

DOWNLOAD PDF